hit tracker
Cara Klaim Asuransi Mobil

Cara Klaim Asuransi Mobil Terbaru dengan Mudah

Pemilik kendaraan tentunya perlu mengetahui cara klaim asuransi mobil jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Tidak dapat dipungkiri bahwa angka kecelakaan di Indonesia masih sangat tinggi.

Tingginya angka kecelakaan disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah tingkat kedisiplinan dalam berlalu lintas yang masih sangat rendah. Hal ini membuat masyarakat harus memiliki perlindungan untuk mengurangi risiko kecelakaan di jalan, salah satunya adalah daftar polis asuransi.

Asuransi kendaraan kini menjadi kebutuhan penting bagi pemilik mobil. Kendaraan akan terlindungi dari berbagai risiko yang melekat pada produk asuransi yang sesuai.

Untuk mendapatkan asuransi mobil terbaik, Anda perlu memilih perusahaan asuransi dengan layanan lengkap. Premi juga harus kompetitif, tidak murah, tetapi tidak mahal.

Selain itu, Anda juga dituntut untuk memahami aturan main yang diterapkan oleh perusahaan asuransi agar dapat menggunakan layanan secara optimal. Karena banyak klien yang tidak membaca dan mempelajari polis asuransi dengan seksama sebelum menandatangani perjanjian.

Umumnya, masalah terjadi saat mengklaim asuransi mobil. Seringkali terjadi penolakan karena tidak sesuai dengan kebijakan.

Meskipun Anda pikir akan mudah untuk mengajukan klaim, nyatanya banyak kendala yang muncul ketika kita ingin mengajukan klaim asuransi mobil.

Jika Anda tidak menghiraukan himbauan untuk lebih cermat ini, Anda akan salah besar. Ketika kita membayar premi bulanan, tetapi giliran mengklaim asuransi tidak sesuai dengan aturan main, maka menjadi hal yang amat menyusahkan.

Cara Klaim Asuransi Mobil dengan Mudah

Sama halnya dengan produk asuransi lainnya, untuk asuransi kendaraan, proses pengajuan klaim harus dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan oleh perusahaan asuransi.

Jika Anda tidak memenuhinya, ada risiko klaim ditolak. Hindari menolak klaim asuransi dengan cara yang salah!

Asuransi dapat menjadi perlindungan jika mobil Anda pernah mengalami kerusakan atau mengalami kecelakaan. Dengan polis asuransi, Anda tidak perlu khawatir dengan biaya perbaikan karena asuransi akan menanggung semuanya.

Namun, untuk bisa mendapatkan klaim asuransi, ada beberapa persyaratan yang perlu Anda persiapkan. Pada artikel kali ini, Tukar Pikiran akan membahas secara detail cara klaim asuransi mobil. Silahkan disimak, berikut 4 langkah mudah agar klaim asuransi mobil berjalan lancar:

Segera Menghubungi Perusahaan Asuransi

Ketika terjadi sesuatu yang buruk pada mobil Anda, misalnya kecelakaan, kehilangan, kerusakan akibat banjir atau risiko lain yang harus segera ditangani, hubungi perusahaan asuransi mobil Anda.

Persyaratan pelaporan maksimal adalah 3 x 24 jam setelah kejadian. Jadi kalau bisa lapor secepatnya, agar tidak terlambat.

Laporan akan memudahkan Anda untuk mengajukan klaim dan proses survei sebagai salah satu prosedur klaim. Jelaskan kepada perusahaan asuransi kronologis kejadian yang Anda alami, agar dipahami dan jelas.

Jika misalnya mobil Anda mengalami kecelakaan, segera hubungi pihak asuransi dan ajukan klaim. Anda akan mendapatkan servis atau perbaikan mobil derek di bengkel rekanan atau lainnya.

Perusahaan asuransi akan memberi Anda formulir klaim. Isi dan lengkapi formulir ini, agar dapat digunakan untuk memperbaiki kendaraan di bengkel rekanan Anda. Jangan lupa untuk menunjukkan bahwa dokumen untuk mengajukan klaim sedang disiapkan.

Siapkan Bukti

Pengajuan klaim asuransi mobil harus memiliki bukti yang jelas. Ini menunjukkan bahwa Anda tidak mengarang acara untuk mendapatkan ganti rugi dari perusahaan asuransi.

Bukti kecelakaan, misalnya, bisa berupa foto bodi mobil yang penyok. Kendaraan itu hilang di tempat parkir, seperti yang ditunjukkan oleh manual CCTV, atau bukti lainnya. Selain itu, barang bukti ini juga dapat digunakan sebagai bahan laporan kepada pihak berwajib (polisi).

Menjelaskan Kronologi dengan Jelas dan Detail

Saat mengajukan klaim asuransi mobil, Anda akan diminta menjelaskan kronologis kejadian dengan jelas. Tidak hanya itu, Anda juga perlu menjawab banyak pertanyaan yang mungkin ditanyakan oleh petugas klaim asuransi.

Pastikan Anda menjawab pertanyaan dengan benar. Jadi ingatlah itu, kronologi kejadian, lokasi, waktu kecelakaan, lokasi pengemudi kendaraan pada saat kecelakaan, dll.

Lengkapi Dokumen yang Dibutuhkan

Untuk mengajukan klaim asuransi mobil, syaratnya Anda harus menyerahkan beberapa dokumen penting. Dokumen ini disesuaikan dengan kebutuhan klaim Anda dan bersifat insidentil.

Klaim Kecelakaan Mobil:

  • Formulir mengajukan klaim asuransi
  • Surat keterangan dari polisi
  • Salinan polis asuransi mobil
  • Fotokopi KTP dan SIM
  • Bukti kecelakaan (beberapa foto setelah kecelakaan).
TRENDING:  Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet dengan Mudah

Jika kecelakaan melibatkan orang lain atau pihak ketiga:

  • Fotokopi KTP, SIM, STNK dari pihak ketiga
  • Surat keterangan dari polisi
  • Pernyataan bermaterai klaim ganti rugi dari pihak lain
  • Surat pernyataan dari pihak ketiga yang menyatakan bahwa yang bersangkutan tidak memiliki jasa asuransi

Untuk klaim kerugian karena pencurian:

  • Formulir mengajukan klaim asuransi
  • Fotokopi KTP, SIM, STNK
  • Surat dari polisi tentang pencurian mobil Anda
  • Bukti pemblokiran STNK kendaraan Anda.

Macam-macam Asuransi Mobil

Pendaftaran asuransi bagi pemilik mobil penting karena memberikan banyak keuntungan jika mobil rusak atau bahkan hilang dengan asuransi, Anda tidak perlu khawatir dengan biaya jika mobil rusak. Bahkan jika terjadi kerugian, kendaraan dapat diganti oleh perusahaan asuransi melalui klaim asuransi kendaraan jika persyaratan klaim dapat dipenuhi.

Saat ini ada beberapa jenis asuransi mobil yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Bagi Anda yang ingin membeli polis asuransi kendaraan bermotor, ada dua jenis asuransi yang bisa Anda pilih yaitu Total Loss Only (TLO) dan All Risk. Untuk lebih jelasnya mengenai kedua jenis asuransi mobil tersebut, simak ulasannya berikut ini.

Asuransi Mobil TLO (Total Loss Only)

TLO atau Total Loss Only memiliki arti harfiah “(jika) kerugian total”. Artinya, klaim asuransi hanya dapat diajukan jika terjadi “kerugian total”. Asuransi mobil berarti kerugian total jika kerusakan kendaraan di atas 75% atau kerugian karena pencurian atau penyitaan.

Apabila kerugian yang dideritanya kurang dari ketentuan yang ditetapkan, maka cara klaim asuransi kendaraan tersebut tidak dapat diterapkan. Standar 75% digunakan karena dipastikan kendaraan tidak dapat digunakan.

Keuntungan dari asuransi TLO:

Biaya premi bulanan rendah
Tanggung jawab dapat diperluas

Kekurangan dari asuransi TLO:

Kerusakan kecil tidak dapat diklaim
Tidak dapat mengklaim jika terjadi kecelakaan kecil
Tidak bisa claim bila ada pencurian
Jika ada kerugian, uang tidak akan diganti 100%.

Asuransi Mobil All Risk

All Risk memiliki arti harfiah “semua risiko”. Ini adalah metode klaim asuransi mobil di mana perusahaan asuransi akan membayar segala macam klaim kerusakan, dari kerusakan kecil dan besar hingga kerugian.

Dengan membayar premi rutin yang ditentukan oleh pihak asuransi, Anda bisa mendapatkan perlindungan lengkap untuk mobil kesayangan Anda. Jenis asuransi ini sangat ideal untuk mobil atau kendaraan bernilai tinggi. Pasalnya, hanya jika ada kerusakan lecet, Anda bisa mengajukan klaim jika memilih jenis asuransi all risk ini.

Keunggulan Asuransi All Risk:

Menanggung resiko kerusakan kecil hingga besar
menanggung kehilangan mobil
Perlindungan jika terjadi kecelakaan
Tanggung jawab dapat diperluas

Kekurangan dari asuransi semua risiko:

Biaya bulanan mahal

Pada dasarnya TLO dan asuransi all risk sama pentingnya untuk melindungi kendaraan dari risiko kerusakan atau kehilangan. Namun pastikan untuk memilih jenis asuransi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

Pasalnya, ada premi bulanan yang harus dibayarkan sebagai jaminan jika kendaraan suatu saat membutuhkan klaim asuransi. Selain itu, jangan lupa untuk memilih polis asuransi yang terpercaya untuk menghindari hal-hal yang merugikan dan memudahkan saat ingin mengajukan klaim asuransi mobil.

Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet

Menemukan mobil kesayangan Anda rusak meski sedikit tergores pasti akan membuat pemiliknya tidak nyaman. Untuk pemilik mobil dengan asuransi all-risk, bahkan mobil kecil yang tergores pun dapat mengajukan klaim asuransi untuk biaya perbaikan.

Cara klaim asuransi mobil lecet sebenarnya sangat mudah jika Anda bisa menyiapkan dokumen dan persyaratan untuk proses aplikasinya. Untuk lebih jelasnya cara mengajukan klaim mobil tergores, simak langkah-langkah berikut ini.

  • Beri Tahu Otoritas Asuransi

Hal pertama yang harus dilakukan jika ingin mengajukan klaim asuransi mobil lecet adalah dengan melaporkannya ke pihak asuransi terlebih dahulu. Apabila kendaraan mengalami penyok, hubungi langsung pihak asuransi melalui telepon atau surat untuk mengajukan laporan.

Selanjutnya, dokumentasikan part mobil yang basah untuk dilampirkan pada proses klaim. Setelah menerima laporan, perusahaan asuransi akan menyiapkan laporan pengajuan dan menunggu untuk membawa dokumen yang diperlukan sebagai syarat cara klaim asuransi mobil ini.

  • Lampirkan Bukti Foto Bagian yang Tergores

Saat ingin mengajukan klaim, jangan lupa untuk memotret bagian-bagian mobil yang sudah rusak atau tergores. Gambar ini akan menjadi bukti pada saat pelaporan dan harus dilampirkan pada berkas persyaratan pengajuan. Jangan lupa untuk memberikan informasi yang jujur ​​mengenai kronologis kejadian agar kendaraan dapat mengalami kerusakan agar klaim asuransi dapat diterima.

  • Siapkan Dokumen yang Diperlukan
TRENDING:  Asuransi Mobil Terbaik Terbaru 2021

Setelah menyerahkan laporan dan mendokumentasikan kondisi mobil yang tergores, cara klaim asuransi mobil selanjutnya adalah dengan menyiapkan dokumen yang diperlukan.

Dokumen yang diperlukan untuk klaim asuransi mobil manja antara lain fotokopi STNK, fotokopi SIM, fotokopi polis asuransi, formulir klaim asuransi dan surat keterangan polisi yang menyatakan mobil tergores karena kecelakaan.

Siapkan semua dokumen dalam satu file yang nantinya akan ditransfer ke kantor asuransi untuk proses pengajuan klaim asuransi kerusakan.

  • Isi Formulir Klaim Asuransi Mobil Lecet

Setelah dokumen persyaratan siap, Anda bisa langsung mengajukan klaim asuransi. Cara klaim asuransi mobil selanjutnya adalah dengan mengisi formulir aplikasi yang telah disiapkan oleh perusahaan asuransi.

Anda dapat mengisi formulir asuransi secara online atau dengan datang langsung ke kantor asuransi. Saat ini sudah banyak polis asuransi yang menyediakan fasilitas klaim asuransi digital untuk mempermudah proses pengajuan. Setelah formulir siap, perusahaan asuransi akan memeriksa apakah mobil rusak.

  • Penyampaian Informasi dan Kronologis Peristiwa

Untuk menentukan apakah Anda bisa mendapatkan klaim kendaraan cacat atau tidak, pihak asuransi akan menanyakan kronologis kejadian kepada Anda.

Komunikasikan informasi kronologis peristiwa secara jujur ​​dan konsisten agar klaim motor dapat diterima. Jika perlu, perusahaan asuransi akan mengecek kerusakan langsung di bengkel rekanan.

  • Memantau Perkembangan Pengajuan Klaim

Umumnya, pihak asuransi tidak akan segera mengambil keputusan apakah Anda akan mengajukan klaim atau tidak. Karena itu, Anda harus selalu memantau perkembangan pengajuan klaim baik melalui aplikasi resmi atau menghubungi layanan pelanggan untuk memeriksa statusnya.

Jika metode klaim asuransi kendaraan diterima, segera kunjungi bengkel mitra kami untuk memperbaiki kendaraan yang rusak.

  • Penggunaan Layanan Bengkel Mitra

Klaim asuransi mobil hanya dapat digunakan di bengkel mitra asuransi. Jika asuransi disetujui, segera ke bengkel rekanan terdekat untuk diperbaiki.

Bengkel akan melakukan perbaikan sesuai dengan klaim yang disetujui oleh perusahaan asuransi. Jika ada bagian yang tidak disetujui, Anda akan dikenakan biaya tambahan.

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua cara klaim asuransi mobil saat mobil mengalami kerusakan dapat diterima oleh perusahaan asuransi. Asuransi hanya akan menerima klaim jika pemohon telah melengkapi semua dokumen yang dipersyaratkan.

Jika kendaraan rusak karena kelalaian pengemudi seperti mengemudi dalam keadaan mabuk atau tanpa Surat Izin Mengemudi, klaim asuransi pasti akan ditolak.

Cara Klaim Asuransi Mobil Kredit

Kebutuhan lalu lintas yang tinggi terkadang membuat orang rela mengambil kredit mobil untuk memenuhi kebutuhannya. Meski masih dalam masa kredit, mobil tetap bisa mendapatkan klaim asuransi jika mengalami kerusakan. Berikut cara klaim asuransi mobil kredit.

  • Laporkan Segera jika Terjadi Kerusakan

Meski masih dalam masa kredit, kemungkinan mobil akan tergores atau rusak. Di sinilah manfaat asuransi mobil bagi pemiliknya.

Bagi pemilik mobil kredit yang ingin mengajukan klaim, segera laporkan segala kerusakan pada perusahaan asuransi. Ceritakan juga kronologis kejadian hingga kendaraan mengalami kerusakan. Jangan lupa untuk memotret bagian-bagian mobil yang rusak untuk digunakan sebagai tanda menyerah.

  • Siapkan Dokumen yang Diperlukan

Selanjutnya siapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Beberapa dokumen yang diperlukan untuk klaim asuransi mobil kredit antara lain fotokopi STNK, polis asuransi kendaraan, fotokopi SIM dan surat keterangan dari polisi, yang menyatakan bahwa kendaraan mengalami kerusakan lebih dari 70%.

Letakkan semua dokumen pada file yang akan dibawa ketika persyaratan dokumen klaim diperiksa di kantor asuransi.

  • Ajukan Klaim Secara Digital

Di zaman yang semakin kompleks ini, proses pengajuan klaim kendaraan bisa dilakukan secara online. Saat ini sudah banyak polis asuransi yang menyediakan cara klaim asuransi kendaraan melalui aplikasi untuk mempermudah proses pengajuan klaim kerusakan kendaraan.

Untuk mendaftar, cukup masuk ke aplikasi yang diajukan dan kemudian isi formulir klaim yang diajukan. Jangan lupa untuk mengunggah foto kerusakan kendaraan sebagai bukti untuk mengajukan klaim ganti rugi.

Namun, jika klaim ditolak secara digital, tidak ada salahnya mencoba datang langsung ke kantor asuransi dengan membawa dokumen yang dibutuhkan.

  • Pantau Perkembangan Pengajuan Klaim Menggunakan Aplikasi
TRENDING:  Cara Klaim Asuransi Mobil Kredit Terbaru

Setelah proses pendaftaran di aplikasi berhasil, terus pantau perkembangan pengajuan klaim. Anda dapat memeriksa kemajuan aplikasi melalui aplikasi yang diajukan oleh perusahaan asuransi. Dengan begitu, pemohon tidak perlu lagi bolak-balik ke kantor asuransi untuk melihat perkembangan pengajuan klaim.

Di masa pandemi ini, cara klaim asuransi mobil menggunakan aplikasi ini sangat membantu untuk menghindari kontak dengan terlalu banyak orang. Namun, pengajuan klaim digital biasanya memakan waktu lebih lama dibandingkan datang langsung ke kantor asuransi.

  • Langsung ke Kantor Asuransi

Tidak semua orang yang melakukan klaim asuransi mobil melalui aplikasi berhasil dan diterima. Jika pengajuan klaim di aplikasi tidak diproses atau bahkan gagal, satu-satunya cara adalah dengan datang langsung ke kantor asuransi.

Jangan lupa untuk membawa dokumen yang diperlukan termasuk dokumen kerusakan kendaraan. Proses klaim akan diproses di kantor asuransi di hari yang sama sehingga Anda tidak perlu menunggu lama. Jika klaim diterima, kendaraan akan segera diterima untuk diperbaiki.

Perlu ditegaskan bahwa cara klaim asuransi kredit mobil ini hanya bisa dilakukan untuk pembelian mobil baru. Selama proses pengajuan kredit mobil, biasanya pihak kreditur akan segera mendaftarkan asuransi untuk melindungi mobil Anda meskipun masih dalam masa kredit.

Dengan cara ini, Anda tidak perlu khawatir jika mobil mengalami kerusakan selama masa kredit karena Anda masih bisa melakukan klaim asuransi.

Cara Klaim Asuransi Mobil All Risk

Asuransi mobil all risk merupakan salah satu jenis asuransi yang paling banyak digunakan, terutama bagi pemilik mobil dengan harga lebih mahal.

Dengan jenis asuransi ini, perusahaan asuransi dapat dituntut untuk segala macam kerusakan mulai dari kerusakan kecil hingga besar bahkan kerugian. Cara klaim asuransi mobil All Risk juga tidak sulit, berikut ini langkah-langkahnya;

  • Lampirkan Bukti Klaim Kerusakan Kendaraan

Hal pertama yang harus dilakukan jika ingin mengklaim semua asuransi mobil adalah mendokumentasikan kerusakan sekecil apa pun. Segera beri tahu perusahaan asuransi dengan mengirimkan foto untuk membuktikan klaim kerusakan. Selain itu, jangan lupa untuk menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan seperti fotokopi STNK, SIM, dokumen asuransi hingga surat keterangan dari polisi bahwa mobil tersebut rusak karena kecelakaan.

  • Hubungi Agen Asuransi Anda

Cara klaim asuransi mobil All Risk tidak harus dilakukan di kota tempat Anda mengajukan asuransi. Namun, jika Anda berada di luar kota, Anda tetap dapat mengajukan klaim asuransi apabila kendaraan mengalami kerusakan.

Caranya, hubungi agen asuransi Anda dan beri tahu timeline sampai mobil rusak. Jika klaim asuransi diterima, agen asuransi akan merekomendasikan bengkel rekanan yang ditunjuk di kota.

  • Mengisi Formulir Klaim Asuransi

Setelah mendapatkan rekomendasi bengkel untuk klaim asuransi, isi formulir klaim yang tersedia di bengkel. Jangan lupa untuk membawa dokumen persyaratan klaim kendaraan untuk segala resiko yang akan dipersyaratkan nantinya.

Selanjutnya bengkel akan melanjutkan proses pengajuan klaim ke agen asuransi. Jika metode klaim asuransi kendaraan diterima, bengkel akan segera melakukan perbaikan kendaraan yang rusak.

  • Menyerahkan Konfirmasi Klaim ke Pihak Asuransi

Jika formulir klaim dan persyaratan terpenuhi, pihak bengkel akan memberikan konfirmasi kepada agen asuransi. Bengkel akan segera melakukan perbaikan mobil yang rusak.

Dengan mengajukan klaim asuransi mobil seperti ini akan memudahkan pemilik asuransi untuk mengajukan klaim dimana saja dan kapan saja, bahkan saat sedang berada di luar kota.

Di zaman sekarang ini, melindungi aset seperti mobil dengan asuransi merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Risiko kecelakaan di jalan sangat tinggi, jadi Anda harus memiliki perlindungan jika terjadi sesuatu yang tidak terduga.

Dengan asuransi, Anda tidak perlu khawatir jika mobil mengalami kerusakan karena Anda bisa mengajukan ganti rugi dengan klaim asuransi mobil. Namun pastikan untuk memilih jenis asuransi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda agar lebih aman.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Cara Klaim Asuransi Mobil All Risk ,Cara Klaim Asuransi Mobil Bca ,Cara Klaim Asuransi Mobil Sinarmas ,Asuransi Mobil Terbaik,Berapa Lama Klaim Asuransi Mobil ,Cara Klaim Asuransi Mobil Toyota ,Biaya Klaim Asuransi Mobil ,Cara Klaim Asuransi Mobil Garda Oto

Check Also

Asuransi Mobil Terbaik dan Murah

Asuransi Mobil Terbaik dan Murah di Indonesia

Memiliki mobil adalah dambaan setiap orang. Tentunya mobil yang kita miliki harus selalu dijaga agar …