Cara Klaim Asuransi Mobil Kredit Terbaru

Berada di kota besar meningkatkan mobilitas dan memudahkan, Anda membutuhkan mobil untuk menunjangnya. Jika Anda memiliki mobil yang masih dalam masa kredit, tidak perlu khawatir jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan pada kendaraan Anda. Pada kesempatan kali ini Tukar Pikiran akan mengulas cara klaim asuransi mobil kredit dengan mudah.

Memiliki mobil akan membuat perjalanan lebih aman dan nyaman, terutama untuk perjalanan jauh. Membeli mobil dengan uang tunai mungkin tidak mudah bagi banyak orang. Oleh karena itu, kredit mobil adalah solusi terbaik. Cukup dengan sejumlah uang dan persyaratan yang lengkap, mobil sudah bisa langsung dibawa pulang.

Saat membeli mobil secara kredit, biasanya dilengkapi dengan asuransi. Oleh karena itu, jika terjadi kerusakan yang tidak disengaja, Anda dapat mengajukan klaim. Mungkin masih banyak yang bingung bagaimana cara klaim asuransi mobil kredit, dan berikut ini caranya.

Tips dan Cara Klaim Asuransi Mobil Kredit

Saat ini, jumlah pemilik mobil semakin meningkat dari tahun ke tahun. Dengan memiliki mobil, Anda dan keluarga dapat melakukan perjalanan dengan lebih mudah dan aman, terutama untuk tujuan jarak jauh.

Bagi yang tidak memiliki cukup uang untuk membeli mobil, kini Anda bisa mengikuti sistem pembelian mobil secara kredit. Dengan melakukan uang muka dan memenuhi persyaratan dari dealer mobil, kini Anda dapat membeli mobil baru secara kredit. Meski membeli secara kredit, tak ada salahnya mengikuti program asuransi mobil.

Dengan asuransi ini, Anda akan terbantu untuk membiayai kerusakan mobil akibat kecelakaan atau hal lainnya. Perusahaan asuransi akan menanggung biaya perbaikan yang harus Anda keluarkan ketika kendaraan roda empat Anda mengalami masalah yang cukup serius, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk perbaikan.

  Asuransi Mobil Terbaik di Indonesia dan Tips Memilihnya

Bagi Anda yang ingin mengajukan klaim asuransi mobil kredit, berikut cara yang bisa Anda lakukan.

Laporkan Segera

Meski masih dalam masa kredit, tidak menutup kemungkinan mobil mengalami kerusakan akibat kecelakaan. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melaporkan kecelakaan yang menimpa mobil Anda, seperti melampirkan gambar kerusakan mobil.

Menyiapkan Dokumen

Laporan yang baik tentunya juga harus menyertakan dokumen lengkap seperti SIM, STNK, surat keterangan dari kepolisian jika kerusakan kendaraan lebih dari 70 persen, serta polis asuransi kendaraan. Hal ini diperlukan agar proses pengajuan klaim berjalan lancar dan segera diproses.

Datang ke Cabang Terdekat

Setelah mengisi laporan, Anda masih harus datang ke cabang terdekat, tetapi Anda akan mendapatkan daftar tunggu khusus. Jadi, Anda tidak perlu menunggu lama untuk langsung dilayani.

Petugas asuransi akan mengecek kelengkapan data dan mengirimkan surveyor untuk mengetahui kerusakan kendaraan Anda. Setelah surveyor memeriksa kerusakan, Anda akan diberikan rencana perbaikan di bengkel.

Klaim Melalui Aplikasi

Di masa lalu, Anda mungkin harus sering menelepon perusahaan asuransi untuk menanyakan status klaim. Selain merepotkan, waktu Anda pasti akan terbuang percuma.

Sekarang ini bisa dilakukan dengan mudah. Bagi pemegang polis asuransi, pengajuan klaim sangat mudah. Anda tidak perlu bolak-balik karena petugas asuransi biasanya akan mendatangi Anda untuk langsung mengecek kondisi kendaraan di lokasi pilihan Anda.

Setelah survei selesai dan disetujui, kendaraan akan dibawa ke bengkel dan kemudian dikembalikan ke lokasi pilihan Anda. Layanan ini tersedia untuk pelanggan di kota-kota besar seperti Jakarta, Bogor dan Bandung.

Cara klaim bisa melalui aplikasi dari pihak jasa asuransi yang Anda gunakan. Biasanya ada fitur status klaim di dalam aplikasinya. Anda dapat mengetahui semuanya secara real time dan melihat seberapa jauh klaim asuransi Anda telah tercapai.

  Cara Klaim Asuransi Mobil Terbaru dengan Mudah

Karena itu, di era digital ini, segalanya menjadi lebih mudah ketika kita berlangganan jasa asuransi yang memiliki aplikasi. Sebab menghilangkan semua mimpi buruk sulitnya klaim asuransi.

Mengganti Mobil Selama Proses Perbaikan

Asuransi tidak membedakan status kepemilikan kendaraan. Oleh karena itu, mobil yang sudah lunas atau kredit akan memiliki perlindungan asuransi yang sama.

Jadi segala sesuatu yang terjadi pada mobil menjadi tanggung jawab perusahaan asuransi yang bersangkutan. Setelah itu, Anda juga bisa mendapatkan attachment mobil pengganti.

Oleh karena itu, selama proses perbaikan mobil, Anda akan mendapatkan pinjaman mobil dari perusahaan asuransi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari Anda.

Harap dicatat bahwa, tidak semua paket asuransi menawarkan mobil alternatif. Baca dengan cermat ketentuan yang tertulis di polis asuransi mobil Anda.

Pastikan ada beberapa hal penting dan umum yang harus ada seperti: perlindungan menyeluruh untuk kerusakan atau kehilangan kendaraan Anda, tanggung jawab hukum pihak ketiga, asuransi kecelakaan diri untuk pengemudi dan penumpang, serta yang terpenting ada manfaat tambahan yang tersedia misalnya penggantian mobil, truk derek Ambulans, layanan klaim keliling, perbaikan 24 jam dan jaminan layanan.

Jangka Waktu Proses Klaim Asuransi Mobil

Asuransi selalu memberikan batas waktu tertentu untuk proses klaim. Setelah itu, klaim dapat ditolak. Klaim asuransi mobil harus segera diurus karena deadlinenya singkat, hanya 3 x 24 jam kemudian proses klaim asuransi dan pengerjaan bengkel biasanya memakan waktu 3-5 hari.

Alasan Umum Klaim Asuransi Ditolak

File yang diminta tidak lengkap. Jika satu dokumen tidak diisi atau dilupakan secara keliru, klaim Anda dapat ditolak. Oleh karena itu, selalu siapkan dan lengkapi dokumen yang diperlukan agar klaim asuransi mobil Anda dapat diterima oleh perusahaan asuransi.

  Asuransi Mobil Terbaik Terbaru 2022

Batas waktu untuk mengajukan klaim telah berlalu. Selain menyiapkan berkas, Anda juga perlu mengetahui batas waktu pengajuan klaim yang ditentukan oleh perusahaan asuransi.

Terjadi pelanggaran hukum. Melewati rambu atau mengemudi di luar batas kecepatan normal mungkin merupakan pelanggaran hukum yang akan mengakibatkan klaim asuransi mobil Anda ditolak.

Kerusakan yang dimanipulasi. Meski tidak sering, terkadang ada pemilik polis yang dengan sengaja merusak mobilnya, hanya untuk mendapatkan ganti rugi dari pihak asuransi. Entah itu dengan sengaja menghancurkan mobil, merusak mesin, atau melakukan sesuatu yang membuat mobil tidak berfungsi. Ketika perusahaan asuransi menyelidiki dan menemukan upaya perusakan, atau melihat penyimpangan dalam kerusakan yang terjadi pada mobil Anda, klaim Anda dapat ditolak.

Kecelakaan tidak termasuk dalam risiko tanggung jawab. Anda harus membaca dokumen dengan seksama dan risiko yang diasuransikan. Memahami dan menjelaskan semua risiko yang ditanggung dan item yang tidak dijamin.

Cara klaim atau pelunasan asuransi kredit mobil sebenarnya sama saja. Mulai dari proses klaim hingga fasilitas pendukung saat melakukan perbaikan kendaraan. Dapatkan penawaran asuransi mobil terbaik di tukarpikiran.com.

📈 TRENDING PENCARIAN

Asuransi Kredit Mobil Orang Meninggal - Biaya Klaim Asuransi Mobil- Cara Klaim Asuransi Mobil Bca Finance - Klaim Asuransi Mobil Lecet -
error: This content is protected by DMCA