Cara Blokir Game dengan Windows Firewall Tanpa Ribet

tukarpikiran.com – Sebagian besar orang pasti ingin aplikasi atau gamenya online dan terhubung ke jaringan lokal dan internet yang lebih besar. Namun, ada kasus di mana orang ingin mencegah gamenya terhubung ke internet. Itulah mengapa pentingnya kita mengetahui cara blokir game dengan windows firewall tanpa ribet.

Beberapa dari Anda mungkin masih bingung cara memblokir aplikasi atau game. Orang lain yang telah membuka tutorial ini mungkin penasaran mengapa aplikasi diblokir.

Meskipun pada umumnya Anda ingin aplikasi Anda memiliki akses jaringan gratis (bagaimanapun juga, untungnya browser web tidak dapat mengakses web), ada berbagai situasi di mana Anda mungkin ingin mencegah aplikasi mengakses jaringan.

Beberapa contoh sederhana dan umum adalah sebagai berikut. Anda mungkin memiliki aplikasi yang bersikeras memperbarui dirinya sendiri secara otomatis, tetapi Anda menemukan bahwa pembaruan ini merusak beberapa fungsi dan Anda ingin menghentikannya.

Anda mungkin memiliki video game yang Anda rasa nyaman untuk dimainkan bersama anak Anda, tetapi Anda tidak nyaman dengan elemen multipemain daring (dan tanpa pengawasan). Anda mungkin menggunakan aplikasi dengan iklan kebencian yang dapat dibungkam dengan memutus akses internet aplikasi.

Cara Blokir Game dengan Windows Firewall

Terlepas dari alasan Anda ingin menghilangkan kerucut koneksi jaringan pada aplikasi tertentu, perjalanan ke dalam Windows Firewall adalah cara mudah untuk melakukannya. Mari kita lihat bagaimana cara blokir game dengan windows firewall. Berikut adalah caranya;

Buat Pengaturan Windows Firewall

Meskipun kami akan menunjukkan trik ini pada Windows 10, desain dasar dan pengenalan tidak banyak berubah selama bertahun-tahun dan Anda dapat dengan mudah menyesuaikan tutorial ini untuk versi Windows sebelumnya.

Untuk membuat aturan firewall jendela, Anda harus terlebih dahulu membuka antarmuka Firewall Lanjutan, yang diberi nama Windows Firewall dengan Keamanan Lanjutan, dengan tepat. Untuk melakukan ini, buka Control Panel dan pilih Windows Firewall. Di jendela Windows Firewall, klik tautan Pengaturan Lanjutan di sebelah kiri.

Catatan: Ada banyak hal yang terjadi di antarmuka lanjutan dan kami mendorong Anda untuk mengikuti dengan cermat, meninggalkan apa pun di luar cakupan tutorial dan tingkat pengalaman Anda sendiri. Bermain-main dengan aturan firewall adalah cara yang pasti untuk menyebabkan sakit kepala besar.

  Windows 10 yang Paling Ringan, Berikut Ulasannya

Di panel navigasi paling kiri, klik tautan “Aturan keluar” Ini menampilkan semua aturan firewall keluar yang ada di panel tengah. Jangan kaget karena sudah dipenuhi dengan puluhan entri yang dihasilkan oleh Windows.

Di panel paling kanan, klik “Aturan Baru” untuk membuat aturan baru untuk lalu lintas keluar.

Pada New Outbound Rules Wizard, pastikan opsi Software dipilih, lalu klik tombol Next.

Pada layar Program, pilih opsi Jalur program ini, lalu ketik (atau telusuri) jalur ke program yang ingin Anda blokir. Untuk keperluan tutorial ini, kami akan memblokir versi portabel dari browser web Maxthon – terutama karena akan mudah untuk menunjukkan kepada Anda bahwa browser tersebut diblokir. Tapi jangan klik “Next” sekarang.

Ada perubahan penting yang perlu Anda lakukan sebelum melanjutkan. Percayakan hal ini kepada kami. Jika Anda melewatkan langkah ini, Anda akan berakhir frustrasi.

Saat Anda menggunakan perintah Browse untuk memilih file EXE, Windows default untuk menggunakan apa yang dikenal sebagai variabel lingkungan jika jalur yang ditentukan menyertakan segmen jalur tertentu yang diwakili oleh salah satu variabel tersebut. Misalnya, alih-alih memasukkan C:\Users\Steve\, bagian ini akan ditukar dengan variabel lingkungan %USERPROFILE%.

Untuk beberapa alasan, terlepas dari kenyataan bahwa ini adalah cara default untuk mengisi bidang Jalur Program, itu akan melanggar aturan firewall. Jika file yang Anda telusuri di mana saja menggunakan variabel lingkungan (seperti /User/path atau /Program Files/path), Anda harus mengedit entri jalur program secara manual untuk menghapus variabel dan menggantinya dengan variabel yang benar dan jalur file lengkap. Jika ini membingungkan, mari kita ilustrasikan dengan contoh program di atas.

Ketika kami menelusuri file EXE dari browser web Maxthon kami, Windows menghubungkan informasi jalur program berikut ke file, yang ada di folder Documents kamu:

%USERPROFILE%\Documents\MaxthonPortable\App\Maxthon\Bin\Maxthon.exe

Windows memahami jalur file ini, tetapi untuk beberapa alasan tidak lagi dikenali saat dimasukkan ke dalam aturan firewall. Sebagai gantinya, kita perlu mengganti jalur file yang menyertakan variabel lingkungan dengan jalur file lengkap. Dalam kasus kami terlihat seperti ini:

  Windows 10 yang Paling Ringan, Berikut Ulasannya

C:\Users\Jason\Documents\MaxthonPortable\App\Maxthon\Bin\Maxthon.exe

Ini mungkin beberapa keanehan yang terisolasi dari versi Windows 10 Firewall saat ini, dan bahwa Anda dapat menggunakan variabel lingkungan di versi lain, tetapi kami mendorong Anda untuk menghapus variabel dan menggunakan jalur file lengkap dan absolut untuk menyelamatkan diri Anda dari sakit kepala hari dan di jalan.

Akhirnya, ada satu hal kecil tapi penting untuk dipertimbangkan di sini. Untuk sebagian besar aplikasi, file EXE utama adalah file yang ingin Anda blokir, tetapi ada beberapa contoh aplikasi yang agak kontra-intuitif. Ambil Minecraft, misalnya. Sepintas, sepertinya Anda harus memblokir Minecraft.exe, tetapi Minecraft.exe sebenarnya hanyalah file peluncur dan koneksi sebenarnya ke jaringan adalah melalui Java. Jadi, jika Anda ingin membatasi anak Anda untuk terhubung ke server Minecraft secara online, Anda harus memblokir Javaw.exe dan bukan Minecraft.exe. Ini tidak biasa, meskipun sebagian besar aplikasi dapat diblokir oleh executable utama.

Bagaimanapun, setelah Anda memilih aplikasi Anda dan mengkonfirmasi jalurnya, Anda akhirnya dapat mengklik tombol Berikutnya. Pada layar “Action” wizard, pilih opsi “Block connection”, lalu klik Next.

Pada layar Profil, Anda diminta untuk memilih kapan aturan akan diterapkan. Di sini, Anda memiliki tiga opsi:

  • Domain: Aturan berlaku saat komputer terhubung ke domain.
  • Pribadi: Aturan berlaku saat komputer Anda terhubung ke jaringan pribadi, seperti jaringan rumah atau bisnis kecil Anda.
  • Publik: Aturan berlaku saat komputer terhubung ke jaringan publik, seperti di warkop atau hotel.

Jadi, misalnya, jika Anda memiliki laptop yang Anda gunakan di rumah (jaringan yang Anda definisikan sebagai pribadi) dan di kedai kopi (jaringan yang Anda tetapkan sebagai publik) dan Anda ingin aturan berlaku di kedua tempat , Anda perlu memeriksa kedua opsi. Jika Anda ingin aturan diterapkan hanya saat Anda berada di area Wi-Fi publik kedai kopi, pilih saja Publik. Jika ragu, cukup periksa semuanya untuk memblokir aplikasi di semua jaringan. Ketika Anda telah membuat pilihan Anda, klik Next.

  Windows 10 yang Paling Ringan, Berikut Ulasannya

Langkah terakhir adalah memberi nama aturan Anda. Beri nama yang jelas yang nantinya akan Anda kenali. Kami menyebut aplikasi kami hanya “Blok Maxathon” untuk menunjukkan aplikasi yang kami blokir. Jika mau, Anda dapat menambahkan deskripsi yang lebih lengkap. Ketika Anda mengisi informasi yang sesuai, klik tombol “Selesai”.

Anda sekarang akan memiliki entri di bagian atas daftar Aturan Keluar untuk aturan baru Anda. Jika tujuan Anda adalah larangan total, Anda sudah selesai dengan semuanya. Jika Anda ingin mengubah dan meningkatkan aturan, Anda dapat mengklik dua kali entri dan membuat penyesuaian – seperti menambahkan pengecualian lokal (misalnya aplikasi tidak dapat mengakses internet tetapi dapat terhubung ke komputer lain di jaringan Anda sehingga Anda dapat menggunakan sumber daya jaringan atau serupa).

Pada titik ini, kami telah mencapai tujuan yang dijelaskan dalam judul artikel ini: Semua koneksi keluar dari masing-masing aplikasi sekarang terputus. Jika Anda ingin memiliki pegangan yang lebih erat pada aplikasi, Anda dapat memilih opsi Aturan Masuk di panel navigasi kiri Windows Firewall dengan Keamanan Lanjutan dan ulangi prosesnya, langkah demi langkah, membuat ulang aturan firewall identik yang mengontrol lalu lintas masuk untuk itu aplikasi Juga.

Saatnya Menguji

Sekarang penaturannya sduah aktif, saatnya meluncurkan dan menguji game atau aplikasi yang dimaksud. Aplikasi pengujian kami adalah browser web Maxthon. Dalam praktiknya, dan untuk alasan yang jelas, tidak terlalu berguna untuk memblokir browser web agar tidak mengakses Internet. Tetapi ini adalah contoh yang berguna, karena kita dapat dengan segera dan jelas menunjukkan bahwa aturan firewall sedang berlaku.

📈 TRENDING PENCARIAN

Block Game Mikrotik - Cara Block Aplikasi Di App Store - Cara Block Game Di Hp - Cara Blokir Game Online Di Wifi - Cara Membatasi Aplikasi Untuk Anak - Cara Memblokir Aplikasi Di Iphone- Mikrotik Block Pubg - Mikrotik Block Roblox -
error: This content is protected by DMCA