hit tracker
Cara Bermain Saham

Cara Bermain Saham dan Mulai Berinvestasi Segera

tukarpikiran.com – Berinvestasi adalah cara menyisihkan uang saat Anda sibuk dengan kehidupan dan membuat uang itu bekerja untuk Anda sehingga Anda dapat sepenuhnya menuai hasil kerja Anda di masa depan. Salah satu investasi yang menggiurkan adalah investasi saham. Oleh karena itu, kami akan berbagi tips cara bermain saham agar Anda bisa segera berinvestasi.

Berinvestasi adalah cara menuju akhir yang lebih bahagia. Investor legendaris Warren Buffett mendefinisikan investasi sebagai “…proses menyisihkan uang sekarang untuk menerima lebih banyak uang di masa depan.”

Tujuan berinvestasi adalah menginvestasikan uang Anda dalam satu atau lebih jenis kendaraan investasi dengan harapan dapat meningkatkan uang Anda dari waktu ke waktu.

Katakanlah Anda memiliki $1000 yang disisihkan, dan Anda siap memasuki dunia investasi. Atau mungkin Anda hanya memiliki tambahan $10 seminggu, dan Anda ingin berinvestasi.

Dalam artikel ini, kami akan memandu Anda melalui langkah pertama sebagai investor dan menunjukkan cara meningkatkan pengembalian sekaligus mengurangi biaya.

  • Investasi didefinisikan sebagai tindakan memberikan uang atau modal untuk suatu usaha dengan harapan memperoleh penghasilan tambahan atau keuntungan.
  • Berbeda dengan konsumsi, menginvestasikan uang yang ditujukan untuk masa depan, dengan harapan akan tumbuh seiring waktu.
  • Investasi, bagaimanapun, juga datang dengan risiko kerugian.
  • Berinvestasi di pasar saham adalah cara paling populer bagi pemula untuk mendapatkan pengalaman investasi.

Anda Tipe Investor Apa?

Sebelum Anda menginvestasikan uang Anda dan mengenal cara bermain saham, Anda terlebih dulu harus menjawab pertanyaan, Investor macam apa saya ini? Saat Anda membuka akun pialang, pialang online seperti Charles Schwab atau Fidelity akan menanyakan tujuan investasi Anda dan seberapa besar risiko yang bersedia Anda ambil.

Beberapa investor ingin mengambil peran aktif dalam mengelola pertumbuhan uang mereka, dan beberapa lebih memilih untuk “mengatur dan melupakannya”. Lebih banyak broker online “tradisional”, seperti yang disebutkan di atas, memungkinkan Anda berinvestasi di saham, obligasi, dana yang diperdagangkan di bursa (ETF), dana indeks, dan reksa dana.

Setelah menjawab pertanyaan tersebut, kami akan

Pialang Online

Pialang adalah layanan penuh atau diskon. Broker layanan lengkap, seperti namanya, menawarkan berbagai layanan broker tradisional, termasuk nasihat keuangan untuk masa pensiun, perawatan kesehatan, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan uang.

Mereka biasanya hanya berurusan dengan klien dengan kekayaan bersih yang lebih tinggi, dan mereka dapat membebankan biaya yang signifikan, termasuk persentase transaksi Anda, persentase aset Anda yang mereka kelola, dan terkadang biaya keanggotaan tahunan.

Adalah umum untuk melihat ukuran akun minimum $25.000 ke atas di broker layanan lengkap. Namun, broker tradisional membenarkan biaya tinggi mereka dengan memberikan saran yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

  Beli Saham BCA Online dengan Mudah Tanpa Ribet

Broker diskon dulunya pengecualian, tapi sekarang aturannya. Broker diskon online memberi Anda alat untuk memilih dan menyelesaikan transaksi Anda, dan banyak dari mereka bahkan menawarkan layanan konsultasi otomatis.

Seiring kemajuan ruang layanan keuangan di abad ke-21, pialang online telah menambahkan lebih banyak fitur, termasuk materi pendidikan di situs dan aplikasi seluler mereka.

Selain itu, meskipun ada sejumlah broker diskon tanpa batasan deposit (atau sangat rendah), Anda mungkin mengalami batasan lain, dan biaya tertentu dikenakan untuk akun yang tidak memiliki deposit minimum. Ini adalah sesuatu yang harus dipertimbangkan investor jika dia ingin berinvestasi di saham.

Roboadvisor

Setelah krisis keuangan 2008, generasi baru penasihat investasi lahir: roboadvisor. John Stein dan Eli Bruverman dari Betterment sering dikreditkan sebagai yang pertama di luar angkasa. Misi mereka adalah menggunakan teknologi untuk menurunkan biaya bagi investor dan menyederhanakan saran investasi.

Sejak peluncuran Betterment, perusahaan robo-first lainnya telah didirikan, dan bahkan broker online seperti Charles Schwab telah menambahkan layanan konsultasi seperti bot. Menurut sebuah laporan oleh Charles Schwab, 58% orang Amerika mengatakan mereka akan menggunakan beberapa jenis saran otomatis pada tahun 2025.

Tunjukkan keberhasilan investasi indeks, jika tujuan Anda adalah membangun kekayaan dalam jangka panjang, Anda dapat bekerja lebih baik dengan bot penasihat.

Berinvestasi Melalui majikan Anda

Jika anggaran Anda terbatas, cobalah untuk menginvestasikan hanya 1% dari gaji Anda dalam rencana pensiun yang tersedia untuk Anda di tempat kerja. Yang benar adalah bahwa Anda mungkin tidak akan melewatkan kontribusi kecil sekalipun.

Rencana pensiun berbasis pekerjaan mengurangi kontribusi Anda dari gaji Anda sebelum pajak, yang membuat kontribusinya tidak terlalu menyakitkan. Setelah Anda merasa nyaman dengan kontribusi 1%, Anda mungkin dapat meningkatkannya saat Anda mendapatkan peningkatan tahunan.

Anda mungkin tidak akan melewatkan kontribusi tambahan. Jika Anda memiliki akun pensiun 401(k) di tempat kerja, Anda mungkin sudah berinvestasi di masa depan Anda dengan alokasi ke reksa dana dan bahkan saham perusahaan Anda.

Minimum untuk membuka akun

Banyak lembaga keuangan memiliki persyaratan setoran minimum. Dengan kata lain, mereka tidak akan menerima permintaan akun Anda kecuali Anda menyetor sejumlah uang tertentu. Beberapa perusahaan bahkan tidak mengizinkan Anda untuk membuka akun dengan jumlah sekecil $1.000.

Merupakan ide bagus untuk melihat-lihat beberapa dan meninjau ulasan broker kami sebelum memutuskan di mana Anda ingin membuka akun. Kami menyertakan setoran minimum di bagian atas setiap ulasan. Beberapa perusahaan tidak memerlukan setoran minimum.

Orang lain mungkin sering memotong biaya, seperti biaya perdagangan dan biaya manajemen akun, jika Anda memiliki saldo di atas batas tertentu. Namun, orang lain mungkin memberikan sejumlah perdagangan bebas komisi untuk membuka akun. Hal ini adalah sesuatu yang wajib anda tahu dalam cara bermain saham itu sendiri.

  Aplikasi Saham Terbaik 2021 Pilihan Kami

Komisi dan biaya

Seperti yang para ekonom suka katakan, tidak ada makan siang gratis. Meskipun banyak pialang baru-baru ini berlomba untuk mengurangi atau menghilangkan komisi pada perdagangan, dan ETF menawarkan investasi indeks kepada semua orang yang dapat berdagang dengan akun pialang cerukan, semua pialang harus menghasilkan uang dari klien mereka dengan satu atau lain cara.

Dalam kebanyakan kasus, broker Anda akan membebankan komisi setiap kali Anda memperdagangkan saham, baik dengan membeli atau menjual. Biaya perdagangan berkisar dari minimal $2 per perdagangan, tetapi bisa mencapai $10 untuk beberapa broker diskon.

Beberapa broker tidak membebankan komisi perdagangan sama sekali, tetapi mereka menebusnya dengan cara lain. Tidak ada organisasi amal yang mengoperasikan layanan mediasi.

Bergantung pada seberapa sering Anda berdagang, biaya ini dapat meningkat dan memengaruhi profitabilitas Anda. Berinvestasi dalam saham bisa sangat mahal jika Anda sering melompat masuk dan keluar dari posisi, terutama dengan sedikit uang yang tersedia untuk diinvestasikan.

Ingatlah bahwa transaksi adalah perintah untuk membeli atau menjual saham dalam satu perusahaan. Jika Anda ingin membeli lima saham berbeda pada saat yang sama, ini terlihat sebagai lima perdagangan terpisah, dan Anda akan dikenakan biaya untuk masing-masingnya.

Sekarang, bayangkan setalah mengetahui cara bermain saham, Anda memutuskan untuk membeli saham kelima perusahaan tersebut seharga $1000. Untuk melakukan ini, Anda akan dikenakan biaya perdagangan $50 – dengan asumsi biaya $10 – yaitu 5% dari $1.000 Anda.

Jika Anda menginvestasikan seluruh $1000, akun Anda akan dikurangi menjadi $950 setelah biaya perdagangan. Ini mewakili kerugian 5% sebelum investasi Anda memiliki kesempatan untuk mendapat untung. Jika Anda menjual 5 saham ini, Anda akan dikenakan biaya perdagangan lagi, yang akan menjadi $50 lagi.

Melakukan perjalanan pulang pergi (beli dan jual) pada 5 saham ini akan dikenakan biaya $100, atau 10% dari deposit awal Anda sebesar $1.000. Jika investasi Anda tidak menghasilkan cukup untuk menutupi ini, Anda kehilangan uang hanya dengan masuk dan keluar dari posisi.

Beban reksa dana

Selain biaya perdagangan untuk membeli reksa dana, ada biaya lain yang terkait dengan jenis investasi ini. Reksa dana adalah kumpulan dana investor yang dikelola secara profesional yang berinvestasi secara terfokus, seperti saham AS berkapitalisasi besar.

Ada banyak biaya yang akan dikenakan investor ketika berinvestasi di reksa dana. Salah satu biaya yang paling penting untuk dipertimbangkan adalah rasio biaya manajemen (MER), yang dibebankan oleh tim manajemen setiap tahun, berdasarkan jumlah aset dalam dana tersebut.

Nilai tukar pasar berkisar dari 0,05% hingga 0,7% per tahun dan bervariasi menurut jenis dana. Tetapi semakin tinggi nilai tukar pasar, semakin besar dampaknya terhadap pengembalian dana secara keseluruhan.

  Investasi Jangka Pendek dan Jangka Panjang

Anda mungkin melihat sejumlah biaya penjualan yang disebut beban saat membeli reksa dana. Beberapa dari mereka adalah beban depan, tetapi Anda juga akan melihat uang tanpa beban dan pemuatan kembali. Pastikan Anda memahami jika dana yang Anda pertimbangkan memiliki beban penjualan sebelum Anda membelinya.

Periksa daftar dana dan dana yang tidak dibebankan broker Anda tanpa biaya transaksi jika Anda ingin menghindari biaya tambahan ini. Untuk investor pemula, biaya reksa dana sebenarnya merupakan keuntungan dibandingkan komisi pada saham. Alasan untuk ini adalah bahwa biayanya sama, tidak peduli berapa banyak Anda berinvestasi.

Jadi, selama Anda memenuhi persyaratan minimum untuk membuka rekening, Anda dapat berinvestasi sedikitnya $50 atau $100 per bulan di reksa dana. Istilah ini disebut biaya rata-rata dolar (DCA), dan ini bisa menjadi cara yang bagus untuk mulai berinvestasi setelah Anda mengetahui cara bermain saham.

Diversifikasi dan kurangi risiko

Diversifikasi adalah satu-satunya makan siang gratis dalam berinvestasi. Singkatnya, dengan berinvestasi dalam sekelompok aset, Anda mengurangi risiko kinerja investasi yang sangat merugikan hasil investasi Anda secara keseluruhan. Anda dapat memikirkannya dalam istilah keuangan untuk ‘jangan menaruh semua telur Anda dalam satu keranjang’.

Dari sisi diversifikasi, yang paling sulit dilakukan adalah berinvestasi di saham. Seperti disebutkan sebelumnya, biaya investasi dalam jumlah besar saham dapat merugikan portofolio. Dengan deposit $1.000, hampir tidak mungkin untuk memiliki portofolio yang terdiversifikasi dengan baik, jadi ketahuilah bahwa Anda mungkin perlu berinvestasi di satu atau dua perusahaan (paling banyak) untuk memulai. Ini akan meningkatkan risiko Anda.

Di sinilah fokusnya pada manfaat utama reksa dana atau exchange-traded fund (ETFs). Kedua jenis sekuritas tersebut cenderung memiliki sejumlah besar saham dan investasi lain dalam dana tersebut, yang membuatnya lebih terdiversifikasi daripada saham individual.

Kesimpulan

Dimungkinkan untuk berinvestasi jika Anda baru memulai dengan sejumlah kecil uang. Ini lebih rumit daripada hanya memilih investasi yang tepat (suatu prestasi yang cukup sulit dengan sendirinya) dan Anda harus menyadari keterbatasan yang Anda hadapi sebagai investor baru.

Anda harus melakukan pekerjaan rumah Anda untuk menemukan persyaratan setoran minimum dan kemudian membandingkan komisi dengan broker lain. Kemungkinannya adalah Anda tidak akan dapat membeli saham individu secara hemat biaya dan Anda masih akan terdiversifikasi dengan sejumlah kecil uang. Anda juga harus memilih broker yang ingin Anda buka akunnya.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Aplikasi Bermain Saham ,Cara Bermain Saham Online Gratis ,Cara Main Saham Bca ,Cara Main Saham Di Indonesia ,Cara Main Saham Pemula Di Hp ,Main Saham Adalah ,Aplikasi Saham Untuk Pemula,bermain bursa saham online,Cara Main Saham Pemula

Check Also

Cara Bermain Saham Pemula, Berikut Panduannya

Cara Bermain Saham Pemula, Berikut Panduannya

tukarpikiran.com – Berinvestasi dalam saham lebih mudah daripada yang mungkin dipikirkan pemula – yang Anda …

THIS CONTENT IS PROTECTED DMCA