hit tracker
Cara Berinvestasi Emas Praktis Tanpa Ribet

Cara Berinvestasi Emas Praktis Tanpa Ribet

tukarpikiran.com – Sepanjang sejarah, beberapa investasi menyaingi emas dalam popularitasnya sebagai lindung nilai terhadap hampir semua jenis masalah, mulai dari inflasi hingga gejolak ekonomi atau fluktuasi mata uang hingga perang. Meski begitu, cara berinvestasi emas tetap menyimpan keunikan tersendiri.

Saat mempertimbangkan untuk berinvestasi emas, jangan batasi diri Anda hanya dengan membeli emas fisik, seperti koin atau emas batangan. Alternatif untuk berinvestasi dalam emas termasuk membeli saham perusahaan pertambangan emas atau dana yang diperdagangkan di bursa emas (ETF). Anda juga dapat berinvestasi dalam emas dengan opsi perdagangan dan berjangka.

Cara Berinvestasi Emas Fisik

Cara berinvestasi emas fisik dapat menjadi tantangan bagi investor yang terbiasa berdagang saham dan obligasi secara online. Ketika berbicara tentang emas fisik, Anda biasanya akan berinteraksi dengan dealer di luar pialang tradisional, dan Anda mungkin perlu membayar untuk penyimpanan dan mendapatkan asuransi untuk investasi Anda. Tiga pilihan utama untuk berinvestasi dalam emas fisik adalah emas batangan, koin, dan perhiasan.

Emas Batangan

Ketika kebanyakan orang berpikir untuk berinvestasi dalam emas, yang mereka pikirkan adalah emas batangan – emas batangan besar dan berkilau yang terkunci di lemari besi. Cara berinvestasi emas, memang bisa dilakukan dengan berinvestasi di emas batangan.

Batangan emas tersedia dalam bentuk batangan mulai dari beberapa gram hingga 400 ons, tetapi paling sering tersedia dalam batangan 1 ons dan 10 ons. Mengingat bahwa harga emas saat ini adalah sekitar $1.900 per ons (per September 2020), ini membuat investasi dalam emas batangan menjadi proposisi yang mahal. Dan tidak seperti saham, tidak ada cara untuk mendapatkan bagian pecahan emas batangan.

  Investasi Jangka Pendek dan Jangka Panjang

Dengan harga emas batangan yang tinggi, sangat penting untuk menyewa dealer yang memiliki reputasi baik dan membayar pengiriman – dengan asuransi – atau menguangkannya untuk disimpan di brankas besar atau brankas.

Jika Anda memilih untuk berinvestasi emas dengan emas batangan, juga merupakan ide yang baik untuk tetap mengikuti perkembangan harga emas, sehingga Anda dapat memilih waktu yang tepat untuk membeli – sebagian besar pedagang memperbarui harga mereka berdasarkan harga spot saat ini.

Koin emas

Koin emas paling sering berbobot satu atau dua ons, meskipun koin setengah ons dan seperempat ons juga tersedia. Koin koleksi, seperti Krugerrands Afrika Selatan, Daun Maple Kanada, dan Elang Emas Amerika, adalah jenis koin emas yang paling banyak tersedia. Beberapa dealer bahkan menjual koin dan koin yang rusak atau aus.

Harga koin emas mungkin tidak sepenuhnya sesuai dengan kandungan emasnya. Koin sesuai permintaan yang dapat dikoleksi sering kali diperdagangkan dengan harga lebih tinggi. Misalnya, satu ons koin Elang Emas AS terjual lebih dari $2.000 pada pertengahan September 2020. Ini kira-kira meningkat 5% dibandingkan jumlah emas batangan yang serupa.

Anda mungkin dapat menemukan penawaran yang lebih baik untuk koin emas dari pengumpul lokal atau pegadaian, tetapi masih lebih aman untuk melakukan pembelian dengan dealer berlisensi yang bereputasi baik.

Perhiasan emas

Anda juga dapat memilih untuk membeli emas yang dapat Anda pakai – atau yang pernah dipakai seseorang tetapi telah rusak – dalam bentuk perhiasan emas. Namun, berinvestasi dalam perhiasan emas membawa banyak risiko yang tidak dimiliki berinvestasi dalam emas murni.

Pertama, Anda harus berhati-hati dalam membeli perhiasan karena tidak semua perhiasan bekas dijual oleh dealer yang memiliki reputasi baik. Keaslian tidak hanya penting bagi Anda, tetapi juga akan menarik minat siapa pun yang Anda coba untuk menjual kembali karya tersebut.

  Investasi Emas Online, Berikut Panduan dari Kami

Ini membuatnya penting untuk membeli perhiasan investasi dari dealer terkemuka dan memiliki dokumentasi sebanyak mungkin.

Kedua, Anda akan membayar sejumlah markup berdasarkan perusahaan yang merancang dan memproduksi perhiasan tersebut. Ini bisa di mana saja dari 20% hingga lebih dari tiga kali nilai bijih logam mulia.

Anda juga perlu menyadari kemurnian perhiasan Anda, atau berapa persentase emasnya. Kemurnian emas dihitung berdasarkan 24 karat, dimana emas 24 karat adalah 100%. Kemurnian yang lebih rendah mengurangi nilai leleh potongan atau nilai mentah komponen perhiasan Anda jika dilebur menjadi emas murni.

Investasikan emas dengan membeli saham di tambang emas

Berinvestasi dalam saham perusahaan yang menambang, memurnikan, dan memperdagangkan emas adalah proposisi yang lebih langsung daripada membeli emas yang sebenarnya. Karena ini berarti membeli saham perusahaan pertambangan emas, Anda dapat berinvestasi menggunakan akun pialang Anda.

Beberapa saham yang paling populer di sektor ini antara lain:

  • Newmont Corporation (NEM). Newmont adalah perusahaan pertambangan emas terbesar di dunia, yang berkantor pusat di Colorado. Ini mengoperasikan tambang di Amerika Utara dan Selatan serta Afrika.
  • Perusahaan Emas Barrick (Emas). Perusahaan tambang emas raksasa ini berkantor pusat di Toronto dan beroperasi di 13 negara di seluruh dunia.
  • Perusahaan Franco Nevada (FNV). Franco Nevada tidak memiliki tambang emas. Sebaliknya, ia membeli hak royalti dari penambang emas lainnya.

Namun, perlu diingat bahwa saham perusahaan emas terikat dengan harga emas tetapi juga didasarkan pada dasar-dasar mengenai profitabilitas dan pengeluaran saat ini dari masing-masing perusahaan. Ini berarti bahwa berinvestasi di perusahaan emas individu membawa risiko yang sama seperti berinvestasi di saham lainnya.

  Aplikasi Saham Terbaik 2021 Pilihan Kami

Saham individu mungkin mengalami beberapa tingkat volatilitas dan tidak memberi Anda keamanan dana yang terdiversifikasi.

Masalah utama dengan emas batangan adalah biaya penyimpanan, asuransi, dan merek dealer yang relatif besar menghambat potensi keuntungan. Juga, membeli emas batangan adalah investasi langsung dalam nilai emas, dan setiap perubahan dolar dalam harga emas akan secara proporsional mengubah nilai properti seseorang.

Investasi emas lainnya, seperti reksa dana, dapat dilakukan dalam jumlah dolar yang lebih kecil dari emas batangan, dan mungkin tidak memiliki eksposur harga langsung sebanyak emas batangan.

ETF dan Reksa Dana

Salah satu alternatif untuk membeli emas batangan secara langsung adalah dengan berinvestasi di salah satu dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) berbasis emas. Masing-masing alat khusus ini mewakili jumlah emas yang tetap, seperti sepersepuluh ons. Uang ini dapat dibeli atau dijual seperti saham, di akun pialang atau IRA mana pun.

Dengan demikian, metode ini lebih mudah dan hemat biaya daripada memiliki batangan atau koin secara langsung, terutama bagi investor kecil, karena investasi minimum hanya satu harga saham ETF. Tingkat pengeluaran tahunan rata-rata untuk dana ini seringkali sekitar 0,65%, jauh di bawah biaya dan pengeluaran untuk banyak investasi lainnya, termasuk sebagian besar reksa dana.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Aplikasi Investasi Emas ,Investasi Emas Online Terdaftar Di Ojk ,Cara Investasi Emas Agar Untung ,Cara Investasi Emas Di Pegadaian ,Cara Investasi Emas Online,Investasi Emas Adalah ,Investasi Emas Dalam Islam ,Rekomendasi Investasi Emas

Check Also

Aplikasi Saham Terbaik 2021 Pilihan Kami

Aplikasi Saham Terbaik 2021 Pilihan Kami

tukarpikiran.com – TD Ameritrade Mobile adalah aplikasi saham terbaik. Kami menerbitkan ulasan yang tidak bias; …

THIS CONTENT IS PROTECTED DMCA