Cara Membuat Video Animasi Terlengkap dan Termudah

tukarpikiran.com – Sampai kapan pun, permintaan pembuatan animasi tetap akan dibutuhkan. Pasalnya, banyak hari ini orang yang sudah mulai mengiklankan atau mengkampanyekan sesuatu lewat animasi. Nah, berangkat dari hal itu, pada kesempatan kali ini kami akan mengulas bagaimana cara membuat video animasi terlengkap dan termudah.

Sebagaimana yang kita ketahui, kartun selalu berhasil menarik perhatian banyak orang. Misalnya saja kartun-kartun dari Nickelodeon, Disney, dan Cartoon Network. Keunikan karakter dan cerita yang ada di animasi terkadang memang membuat kita ingin menonton dan menunggu sekuelnya.

Pada nyatanya, membuat video animasi juga tidak sulit. Secara khusus, Anda dapat menemukan berbagai situs web atau tutorial video tentang cara membuat video animasi. Berbagai aplikasi untuk membuat video animasi juga banyak tersedia saat ini.

Langkah-langkah Cara Bikin Video Animasi

Agar Anda tidak bingung, kami akan membahas langkah-langkah cara bikin video animasi bergerak yang bisa Anda coba sendiri. Ulasan yang kami buat ini sebenarnya bertujuan agar Anda tidak perlu repot-repot kursus dan bisa belajar membuat animasi secara otodidak di berbagai platform dan perangkat.

Membuat Naskah

Langkah pertama untuk membuat video animasi adalah dengan membuat script atau naskah. Menulis atau membuat skrip lebih mudah jika melibatkan sesuatu seperti:

  • Apa tujuan utama dari video tersebut?
  • Untuk siapa video tersebut?
  • Pesan yang ingin disampaikan dalam video tersebut.
  • Urutan video dan bahasa yang digunakan.
  • Panjang naskah yang diperlukan.
  • Reaksi seperti apa yang diharapkan dari penonton saat menonton video tersebut.

Buatlah video yang sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan, dan buatlah tidak terlalu rumit agar penonton  tidak bosan. Yang terpenting, penonton bisa memahami makna dari video animasi tersebut terlepas apa pun latar belakangnya.

Membuat Storyboard

Langkah kedua untuk membuat video animasi adalah dengan membuat storyboard. Setelah membuat skrip atau naskah tadi, Anda dapat melanjutkannya dengan membuat storyboard. Storyboard ini berfungsi untuk menulis ide cerita dari naskah yang kita buat. Bisa dibilang itu adalah gambaran kasar dari keseluruhan video, disusun secara berurutan sesuai dengan naskah cerita.

Ini akan sangat membantu terutama bagi pemula dalam memprediksi seperti apa video tersebut nantinya. Storyboard biasanya dibuat dalam bentuk panel dengan beberapa kotak yang berisi gambar-gambar adegan cerita. Selain memasukkan ide cerita visual dengan storyboard, cara ini berguna untuk menargetkan objek berdasarkan ide cerita, tetapi dengan mempertimbangkan sudut dan film.

Menentukan Jenis Video Animasi

Langkah ketiga untuk membuat video animasi adalah dengan memutuskan jenis video animasinya. Berikut beberapa jenis video animasi yang sering digunakan:

  • Animasi 2D
  • Animasi 3D
  • Motion Graphic
  • Stop Motion
  • Animasi whiteboard
  • Animasi tipografi
  • Animasi infografi

Membuat Voice Over

Langkah keempat untuk membuat video animasi adalah dengan membuat suara. Sekarang setelah usia persiapan skrip selesai dan Anda telah memutuskan jenis animasi yang Anda inginkan, Anda dapat melanjutkan membuat suara berdasarkan skrip.

Perlu diingat bahwa naskah yang sedang dikerjakan sudah harus memuat durasinya, agar pengisi suara tidak akan bingung dan hasilnya akan memuaskan. Dengan membuat voice over terlebih dahulu daripada animasi akan memudahkan kita. Lebih mudah mengubah animasi daripada mengubah suara jika ada kesalahan.

Tips memilih suara adalah menyetel karakter animasi untuk mengisi suara. Jika karakter animasi yang Anda tulis adalah anak-anak dengan karakter ceria, pengisinya harus sama. Di sisi lain, jika karakter anime adalah orang dewasa yang penuh wibawa, karakter tersebut harus memiliki suara dengan kesan yang sama.

Mengerjakan Video Animasi

Langkah kelima untuk membuat video animasi adalah dengan langsung mengerjakan video animasi. Setelah skrip dan suara selesai, Anda dapat mulai mengerjakan video animasi. Membutuhkan PC, perangkat lunak atau situs dan koneksi internet untuk pembuatan animasi.

Anda dapat mengandalkan kemampuan Anda sendiri. Namun, jika Anda tidak yakin dengan kemampuan Anda untuk menghasilkan video yang bagus, Anda dapat menyewa jasa yang berfokus pada pembuatan video animasi.

Background Musik

Langkah terakhir untuk membuat video animasi adalah dengan menambahkan musik latar. Videonya pasti terasa kurang tanpa efek background music. Musik latar ini menghidupkan dan mendukung suasana hati yang coba dibangun oleh karakter anime.

Jadi, jika tema yang diusung adalah upbeat, musik latar juga harus sesuai, sehingga suasana terlihat lebih nyata. Di sisi lain, jika tema video yang Anda buat adalah semangat atau sedih, efek musik juga harus mengikuti.

Anda bisa mendapatkan musik latar baik dengan mencari sendiri di internet atau dengan menjelajahi internet. Namun, pastikan audio musik yang Anda inginkan bebas hak cipta. Anda dapat menemukan musik latar bebas hak cipta di YouTube, musik stok gratis, perpustakaan audio, dan banyak lagi.

Aplikasi Pembuat Video Animasi

Setelah mengetahui langkah-langkah cara membuat video animasi bergerak, Anda juga harus mengetahui apa saja aplikasi pembuat video animasi yan bisa Anda coba.

  • FlipAclip adalah aplikasi khusus untuk pengguna smartphone. Meski terbatas pada ponsel, fitur yang ditawarkan FlipAclip sudah tidak diragukan lagi.
  • Pencil 2D Animation, aplikasi yang digunakan untuk membuat video animasi dua dimensi di laptop. Software ini cocok untuk pemula yang baru pertama kali belajar. Animasi Pencil2D gratis untuk diakses dan tersedia untuk semua platform seperti Windows, Mac, dan Linux.
  • Draw Cartoons 2, aplikasi yang banyak jenis template karakter yang tersedia secara gratis, jadi ada banyak jenis template karakter, jadi gambarlah kartun 2 yang Anda buat.
  • Synfig Studio, aplikasi yang hampir mirip dengan Pencile2D. Ini juga bisa menjadi pilihan terbaik bagi mereka yang memulai saluran YouTube. Anda dapat menggunakannya secara gratis tanpa biaya berlangganan.
  • Blender adalah aplikasi yang membantu Anda membuat video animasi 3D. Blender menawarkan sejumlah fitur menarik bagi pengguna yang ingin membuat pemodelan 3D, pelacakan gerak, game, dan banyak lagi.
  • Stick node, aplikasi dengan berbagai fitur yang disediakan oleh stick node yang memungkinkan Anda membuat animasi dengan karakter Stickman. Untuk membuat gerakan, triknya adalah dengan menganimasikan karakter di setiap frame.
  Aplikasi Bikin Video Animasi Terbaik Pilihan Kami

Anda tidak harus menjadi seorang animator yang handal jika ingin bisa membuat video animasi. Tujuan kami membuat artikel ini juga salah satunya agar setiap orang bisa membuat video animasi tanpa perlu menghabiskan banyak biaya.

Mungkin ada yang membaca artikel ini karena ingin tahu cara membuat video animasi seperti Dalang Pelo. Channel YouTube animasi adalah tempat agar Anda benar-benar dapat menikmati animasi-animasi yang menarik, dan terutama membuat pembelajaran Anda menjadi lebih nyaman.

Cara Membuat Video Animasi di HP

Cara bikin video animasi di android dalam format 2D dan 3D juga tidak sulit loh gaes, Terlebih kalau Anda benar-benar menyimak langkah-langkah yang sudah kami jelaskan di atas. Berikut adalah cara membuat video animasi pembelajaran di hp tanpa perlu punya skil dewa dalam membuat video animasi

Cara Membuat Video Animasi 2D

Cara pertama untuk membuat animasi bergerak adalah dalam format 2D alias dua dimensi, geng. Di sini Anda membutuhkan sebuah aplikasi semisal Flipaclip – Cartoon Animation. Dengan aplikasi ini, Anda sudah bisa melihat betapa mudahnya membuat animasi kartun sederhana dalam format 2D di hp Android Anda. Template yang disediakan juga banyak.

FlipAclip mengandalkan keterampilan menggambar Anda di layar ponsel Anda untuk memiliki alat pendukung seperti stylus dan membiasakan diri dengan aplikasi menggambar di Android. Jika Anda memilikinya, Anda harus memeriksa langkah-langkah untuk menggunakan FlipAclip seperti ulasan di bawah ini.

Langkah 1 – Buat proyek baru di FlipAclip

  • Buka aplikasi FlipAclip di ponsel Android Anda. Untuk pertama kalinya, kamu akan ditanya berapa umurmu, geng.
  • Saat Anda mencapai halaman utama seperti gambar di bawah, tekan ikon “+” untuk membuat kartun di Android di aplikasi FlipAclip.

Langkah 2 – Berikan judul animasi

  • Cara selanjutnya yang memungkinkan untuk membangun aplikasi Anda adalah dengan mengisi bagian Nama Proyek untuk memberikan judul berdasarkan konsep yang Anda inginkan.

Langkah 3 – Pilih Latar Belakang Animasi

  • Kemudian Anda bisa memilih background alias latar belakang untuk animasi yang ingin Anda buat. Tekan Select Background Section dan pilih sesuai dengan preferensi Anda, geng.

Langkah 4 – Tentukan ukuran video animasi

  • Bagian pemilihan Canvas Size Section meminta Anda untuk memilih ukuran dan format video animasi yang ingin Anda buat.
  • Youtube, Instagram, Tiktok, Facebook memiliki opsi untuk memilih resolusi dan rasio aspek masing-masing.

Langkah 5 – Tentukan jumlah FPS

  • Kemudian Anda menentukan jumlah frame per detik yang menentukan seberapa halus video animasi tersebut.
  • Secara default, pilih frame per detik adalah 12 fps, menunjukkan geng. Setelah semua pengaturan selesai, klik Buat Proyek.

Langkah 6 – Mulai Mengedit Video Animasi 2D

  • Aplikasi FlipAclip memiliki banyak atau sedikit halaman kerja. Cara membuat animasi gerakan 2D ini, gambarkan menggunakan toolset di atas.
  • Di sini Anda dapat membuat beberapa lapisan gambar yang dapat Anda tambahkan beberapa bingkai.

Langkah 7 – Tambahkan Efek Suara

  • Jika Anda ingin animasi berbicara di Android, cukup ketuk ikon speaker di sebelah kiri dan tambahkan efek suara, unduh dari internet atau rekam sendiri.

Langkah 8 – Lihat pratinjau video animasi

  • Flipaclip lebih cocok untuk membuat animasi kartun sederhana berdurasi pendek. Anda harus mengetuk ikon putar di tengah untuk melihat pratinjau video.
  • Misalnya, dalam ulasan ini, 32 frame diedit dalam format 12 FPS, menghasilkan video yang berdurasi 2 detik.

Langkah 9 – Ubah Video Animasi 2D menjadi Film

  • Terakhir, Anda dapat mengonversi animasi ke format video seperti MP4. Yang harus Anda lakukan adalah mengetuk ikon tiga titik di sudut kanan atas dan memilih opsi Make Movie.
  • Kemudian tulis nama untuk film Anda dan tekan buat film untuk menyimpannya ke galeri Anda. Secara default, FlipAclip menyertakan tanda air yang dapat dihapus dengan opsi berbayar.

Cara Membuat Video Animasi 3D

Lalu ada cara membuat film animasi 3D menggunakan aplikasi bernama Animate it. Animate it sendiri menggunakan dukungan Unity Engine untuk membuat video animasi. Anda juga diberikan pilihan banyak karakter dan elemen yang tidak tersedia.

  Aplikasi Bikin Video Animasi Terbaik Pilihan Kami

Cara menggunakan aplikasi animasi 3D ini cukup mudah dan tidak sulit. Namun, jika Anda mengikuti langkah-langkah ini, Anda seharusnya sudah mengetahui beberapa fitur dasarnya.

Langkah 1 – Buat file animasi 3D baru

  • Pertama, tap ikon hamburger di pojok kiri atas dan berikan judul animasi pada kolom yang disediakan.

Langkah 2 – Anda perlu mengetahui alat animasi

  • Animate It menyediakan berbagai alat untuk memindahkan bagian tubuh karakter, memindahkannya, menambahkan bingkai, dan banyak alat lainnya.
  • Kami juga tidak akan banyak membahas jika Anda perlu mengeksplorasi kemampuan masing-masing alat dalam aplikasi animasi 3D ini.

Langkah 3 – Ubah teks dan tambahkan objek

  • Anda juga dapat mengubah karakter dari tombol hamburger sebelumnya dan menambahkan objek untuk ditambahkan ke animasi.

Langkah 4 – Pratinjau dan Simpan Video Animasi 3D

  • Di bagian bawah, Anda akan melihat beberapa adegan yang dapat diatur untuk menonton karakter, geng bergerak. Untuk melihat pratinjau, tekan tombol putar di layar.
  • Untuk menyimpan hasil edit Anda, Anda perlu melakukan pengeditan tersebut. Ketuk ikon simpan di bagian atas. Sayangnya, biarkan bergerak! Itu tidak memberikan opsi untuk mengekspor hasil video ke galeri.

Anda dapat membuat video animasi di hp Android yang diulas di atas hanyalah pengantar. Untuk hasil yang lebih memuaskan, Anda bisa mengikuti video tutorial di youtube dan banyak berlatih. Ya!

Cara Membuat Video Animasi di Canva

Sangat mudah untuk membuat animasi sederhana di Canva. Anda bisa memuat animasi di platform ini karena mereka menyediakan berbagai aset untuk digunakan sebagai efek animasi menarik di Canva. Berbagai kemudahan kita temukan dalam aplikasi edit foto bernama Canva. Kegiatan desain menjadi mudah dan menyenangkan dengan aplikasi ini.

Canva adalah aplikasi pengeditan foto terbaik yang memiliki fitur animasi yang dapat Anda gunakan dalam desain Anda. Anda tidak perlu lagi repot membuat animasi secara manual seperti pada aplikasi berikut ini. Dalam tutorial ini, Anda dapat membuat efek animasi hanya dengan satu klik. Bagaimana Anda penasaran? Nah, simak langkah selanjutnya.

  • Buka aplikasi atau situs web Canva dan masuk.
  • Dari menu All Designs, pilih desain yang ingin Anda gunakan animasinya, menu ini terletak di sisi kiri halaman awal.
  • Saat Anda menemukannya, klik elemen yang ingin Anda animasikan.
  • Kemudian klik menu Animation pada menu bar.
  • Pilih efek animasi yang ingin Anda gunakan. Kali ini, tim okeguys dapat menggunakan efek yang mereka miliki di kanvas versi pro untuk membuatnya tampak hebat. Apakah Anda ingin menggunakan efek ini terlalu banyak? Bisa, klik di sini!
  • Selesai! Animasi sudah termasuk dalam desain. Sangat sederhana bukan?

Efek animasi ini pasti akan membaut desain Anda menjadi lebih keren, bahkan tanpa harus bekerja keras untuk menganimasikan animasi secara manual. Animasi jenis Cooled Cooler sekarang tersedia di Canvas Pro! Lebih banyak aset untuk lebih banyak digunakan dengan harga lebih rendah.

Cara Membuat Video Animasi di Kinemaster

Cara bikin video animasi di Kinemaster juga tidak kalah mudah dengan cara buat video animasi sebelum-sebelumnya. Berikut adalah cara-caranya;

  • Buka aplikasi kinemaster untuk mulai membuat gambar animasi. (Jika belum punya, silahkan download apk dongeng ini di PLAYSTORE) terlebih dahulu jalankan aplikasinya.
  • Pilih ikon bulat dengan +. Untuk memulai video ini, lalu pilih lingkaran di tengah atau tombol Proyek Baru.
  • Pilih rasio aspek 16. Pilih rasio 16:9 (misalnya ukuran video di YouTube) untuk dipilih oleh pengguna yang berbeda sesuai dengan kebutuhan mereka.
  • Klik Media. Pada langkah selanjutnya, Anda dapat mengklik menu media (lihat gambar di atas untuk detailnya).
  • Pilih latar belakang. Setelah masuk ke menu media, Anda akan dibawa ke folder background (oleh kinemaster generic images).
  • Pilih warna untuk gambar bergerak. Kemudian Anda bisa memilih warna yang digunakan sebagai background atau latar belakang gambar yang akan dipindahkan.
  • Centang klik. Setelah memilih satu atau beberapa warna, Anda tinggal klik tanda centang di pojok kanan atas.
  • Pemilihan lapisan. Kemudian Anda dapat mengklik menu lapisan untuk pergi ke tingkat berikutnya.
  • Pilih kertas Anda. Setelah itu, Anda akan melihat pilih media karena ada menu dengan beberapa opsi untuk menambahkan foto.
  • Pilih gambar yang ingin Anda pindahkan. Kemudian Anda hanya perlu mencari dan memindahkan atau mengklik gambar yang akan diberi efek animasi.
  • Klik kotak dengan garis di tengah (opsional). Klik kotak dengan garis di tengah (gambar di atas untuk catatan) untuk mengubah ukuran yang akan muncul setelah gambar dimasukkan.
  • Di samping Nonaktif, pilih satu kumpulan. Anda dapat memilih yang lengkap sehingga gambar memenuhi seluruh layar video.
  • Centang klik. Cukup klik centang jika Anda ada di sana.
  • Klik animasi login. Proses pembuatan gambar bergerak yang menyediakan animasi ini berada pada tahap input terlebih dahulu. Jadi pertama klik tombol animasi masuk sehingga Anda dapat memilih efek.
  • Pilih slide ke kanan (sesuaikan dengan selera Anda). Pilih efek animasi entri, berikut ini contoh yang meluncur ke kanan. Ini sangat penting untuk membuat visual bergerak modern, membuat logo animasi jam bergerak di Kinemaster, mengedit kutipan bergerak Kinemaster, membuat animasi kutipan bergerak, dll, bahkan untuk membuat animasi cerita untuk Android, sesuai dengan kebutuhan Anda (pilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan Anda) Anda dapat menggunakan .Creator).
  • Atur kecepatan gerakan dan klik centang. Saat Anda memilih salah satu efek item, Anda dapat menyesuaikan kecepatan efek (ditunjukkan di atas), dalam hal ini klik tanda centang.
  • Klik animasi akhir untuk memindahkan gambar kembali. Setelah memberikan efek entry, saatnya menganimasikan exit agar pergerakan gambar menjadi halus.
  • Pilih salah satu yang meluncur ke kiri (mengontrol gerakan yang diinginkan). Pilih efek yang diinginkan ini seperti sebelumnya (di sini saya memilih yang saya geser ke kiri).
  • Atur kecepatan gerakan dan klik centang. Setelah itu, atur kembali kecepatannya dan klik OK lagi seperti sebelumnya.
  • Klik tombol Bagikan untuk menyimpan video. Saya asumsikan Anda telah selesai mengedit, jadi klik tombol Bagikan untuk menyimpan hasil pengeditan ke galeri Anda.
  • Klik Ekspor. (Silahkan sesuaikan dengan setting yang ada, tapi jika kurang paham sebaiknya biarkan saja defaultnya) Kemudian, anda bisa klik tombol Export.
  • Tunggu prosesnya. Tunggu beberapa menit hingga proses selesai.
  Aplikasi Bikin Video Animasi Terbaik Pilihan Kami

Setelah selesai, berhasil membuat gambar bergerak di Kinemaster dan simpan ke galeri Anda. Yosh… akhirnya berhasil juga sekaligus membuat gambar animasi di Kinemaster, sekarang simpan di galeri.

Catatan: Anda dapat memilih opsi yang berbeda (dan animasi keluar atau animasi penuh) efek bergerak sesuai selera Anda. Jika menambahkan gambar, ulangi langkah di atas sebelum menyimpannya.

Kinemaster Pro menjadi pilihan editor saat ini, bukan hanya karena fiturnya yang lengkap, tetapi juga sangat mudah digunakan bahkan untuk pemula. Jadi meskipun Anda baru dan belajar sebentar, bahkan jika Anda tidak tahu cara menggunakan Kinemaster, Anda akan baik-baik saja.

Misal ingin menganimasikan story kinemaster, memindahkan postingan di kinemaster, dll, membuat video animasi belajar kinemaster, dll, apalagi sekarang banyak tutorial di youtube, bisa dilakukan dengan mudah.

Intinya, jangan mudah menyerah saat belajar mengedit, simpan saja dan jangan malu dengan hasil yang buruk. Ingat, orang bisa melakukan itu karena mereka menggunakannya.

Cara Membuat Video Animasi Pembelajaran di Laptop

Kita semua harus berterima kasih kepada Bill Gates, dan software Microsoft yang dia hasilkan karena bisa menjadi solusi untuk membuat video animasi yang menarik. Fitur Microsoft PowerPoint sangat mendukung untuk membuat animasi bergerak dengan output video berkualitas HD. Jika Anda terbiasa dengan perangkat lunak presentasi ini, Anda dapat membuat video ‘mulai dari awal’ dari awal.

Namun sekarang, membuat video animasi di laptop dengan PowerPoint tidak harus dimulai dari awal, yang membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Kami menggunakan template animasi PowerPoint yang mengagumkan ini.

Syarat Membuat Video Animasi di Laptop

  • Laptop/PC Desktop. Agar proses pembuatan video berjalan maksimal, laptop atau PC desktop yang Anda gunakan harus mendukung kinerjanya. Antara lain, kami merekomendasikan 2GB RAM (64-bit) untuk jumlah memori, dan jumlah minimum ruang disk adalah 3GB.
  • Sistem operasi. Gunakan sistem operasi yang mendukung kinerja, yaitu Windows 7 SP1 RAM 1 GB (32-bit), Windows 8, Windows 8.1 dan Windows 10. OS X versi 10.5.8 atau lebih baru.
  • Perangkat Lunak (aplikasi). Jelas ya, dalam hal ini Anda membutuhkan software PowerPoint. Tapi apa spesifikasinya?, minimum PowerPoint 2010, beberapa efek memerlukan perangkat lunak PPT 2016 yang dibundel 365. Untuk sistem operasi MAC, versi terbaru PowerPoint 2016 dibundel dengan Office 365.
  • Template PPT Video Animasi. Itu benar, Anda memerlukan template untuk membuat video animasi seperti video pratinjau di atas.
  • Naskah. Selanjutnya kita membutuhkan script materi untuk diwujudkan dalam video. Saatnya eksplorasi kreativitas dan imajinasi menjadi hidup. Maksimalkan bundel aset Anda di template Anda untuk mendapatkan perhatian audiens Anda.

Oh ya, puluhan bonus selain ratusan aset grafis template yang tak kalah menarik. Cukup geser kontra dari tautan di atas untuk menemukan bonus Anda di area anggota.

Download Template Animated Animated PowerPoint kali ini, Insya Allah tidak akan menyesal. Selain latar belakang dengan pemandangan kota khas kota di Nusantara (Vol.1), latar belakang 3D (Vol.2), template ini menawarkan lusinan set karakter yang sesuai dengan karakter Anda.

Misalnya, Hijab berkacamata, profesi medis, seragam tentara, polisi dan banyak lagi yang mudah disesuaikan, wanita dengan pria. Cukup seret dan lepas!.

 

error: This content is protected by DMCA