hit tracker
OnePlus 9

OnePlus 9; Tanggal Rilis, Harga, dan Bocoran

tukarpikiran.com – OnePlus 9 adalah ponsel Android besar berikutnya. Smartphone OnePlus 9 dan OnePlus 9 Pro (dan mungkin OnePlus 9 Lite) dijadwalkan untuk diluncurkan pada 23 Maret di acara peluncuran hipotetis perusahaan. Selain itu, merek smartphone telah mengungkapkan kemitraan baru dengan kamera Hasselblad.

Ini adalah ponsel Android besar berikutnya tahun ini – ini adalah Samsung Galaxy S21 pertama di bulan Januari – jadi dapat dimengerti jika Anda ingin mengetahui semua yang telah bocor tentang ponsel sejauh ini.

OnePlus 2020 telah menjadi tahun yang sibuk dengan OnePlus 8T, OnePlus Nord N10 5G dan OnePlus Nord N100 dalam beberapa bulan terakhir tahun ini, dan sebelumnya OnePlus 8, OnePlus 8 Pro dan OnePlus Nord.

Garis OnePlus 9 mungkin merupakan kombinasi dari bagian terbaik dari ponsel sebelumnya; Sekarang perusahaan memiliki lini kelas menengah, Anda tidak perlu mencoba segmen harga dengan rangkaian perangkat andalannya, sehingga lini OnePlus 9 dapat dengan serius menyertakan beberapa ponsel premium.

Itulah mengapa kami datang ke koleksi berita resmi yang terus diperbarui dan rumor tidak resmi tentang ponsel OnePlus 9 – dan kami juga telah menambahkan daftar keinginan fitur dan perubahan yang ingin kami lihat pada model baru.

Tanggal Rilis dan Harga OnePlus 9

Tanggal rilis dan harga OnePlus 9

Biasanya, kami memperkirakan tanggal rilis OnePlus 9 adalah April atau Mei, tetapi perusahaan telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan mengungkap seri smartphone baru pada 23 Maret tahun ini.

Acara peluncuran resmi akan menjadi siaran langsung – tidak akan ada acara yang setara dengan acara itu – dan akan dimulai pada pukul 07.00 PDT / 10.00 EDT / 15.00 GMT (atau 24 Maret pukul 01.00 bagi mereka yang berada di AEDT).

Tanggal rilis sebenarnya dari ponsel kemungkinan akan menjadi satu atau dua minggu setelah pengumuman resmi ini. Saat ini tidak jelas, dan kami berharap dapat mendengar informasi resmi di acara ini.

Sebuah sumber sebelumnya mengklaim bahwa Anda akan dapat melakukan pre-order kit OnePlus 9 pada 23 Maret. Ini menunjukkan bahwa ponsel akan segera dijual setelah itu, tetapi kami harus menunggu dan melihat detail ini.

Dalam hal harga, sulit untuk mengatakannya, terutama karena setiap ponsel OnePlus yang berturut-turut semakin merayap ke area harga premium, dan karena OnePlus Nord berarti OnePlus 9 tidak perlu melayani orang-orang dengan anggaran yang lebih kecil.

OnePlus 8 mulai dari $ 699 / £ 599 (sekitar $ 1.100) dan naik menjadi $ 799 / £ 699 (sekitar $ 1.372) untuk lebih banyak RAM dan penyimpanan, dan OnePlus 8 Pro mulai dari $ 899 / £ 799 dan naik. Menjadi $ 999 / £ 899.

Ini adalah beberapa harga yang lebih tinggi – tidak terlalu mahal di level Samsung Galaxy S, tetapi lebih mahal daripada ponsel OnePlus biasa. Dan karena Nord bukan apa-apa ketika seri kedelapan diluncurkan, kita dapat melihat ponsel OnePlus 9 menjadi lebih mahal.

Ada pembicaraan yang berkembang bahwa OnePlus 9E kelas bawah akan diperkenalkan di beberapa titik juga – terutama setelah tampak bahwa daftar produk terbaru secara keliru mengungkapkan nama tiga perangkat yang akan datang – yang mungkin menawarkan cara yang lebih terjangkau pada tahun 2021 mulai dari OnePlus. . Jika model yang lebih murah benar-benar tiba, kami mengharapkan harga di kisaran $ 599 / £ 499 (sekitar $ 900).

Anda mungkin juga mendapatkan setidaknya hadiah gratis dengan telepon, karena bocoran menunjukkan bahwa mereka yang melakukan praorder OnePlus 9 akan menerima sepasang headphone nirkabel OnePlus Buds Z gratis, sementara mereka yang memesan di muka OnePlus 9 Pro akan mendapatkan Versi Stephen Harrington dari Buds Z..

Bocoran dan rumor OnePlus 9

Kami telah mendengar beberapa bocoran dan rumor tentang OnePlus 9, yang cukup karena kami telah membagi bagian ini menjadi empat subbagian. Sebelumnya, ada bocoran dari OnePlus 9 yang tidak sesuai dengan bagian mana pun – ini tentang nama kode, yang tampaknya adalah “Limun”.

Referensi ke minuman manis terkenal, album Beyonce, lagu Adam Friedman, atau hanya kata acak yang dipilih seseorang di OnePlus untuk merujuk ke ponsel baru? Mungkin yang terakhir.

Design

Design OnePlus 9

OnePlus mulai menggairahkan desain OnePlus 9 Pro, yang berarti pada dasarnya kita telah melihat tampilan akhir dari ponsel mendatang yang telah dikonfirmasi di Twitter dari perusahaan yang sama. Misalnya, OnePlus 9 Pro dapat dilihat dalam warna Morning Mist baru di bawah di akun resmi perusahaan.

Kabut Pagi tampak seperti desain kaca cermin dengan efek putih dalam bidikan ini, tetapi saat ini tidak jelas apakah ini adalah efek pemandangan salju saat difoto atau sebenarnya warna ponsel. Tampaknya juga akan ada sedikit lekukan pada layar perangkat, dan juga terlihat serupa di bagian belakang.

OnePlus belum melakukan pekerjaan serupa dengan OnePlus 9 standar, jadi kami mungkin harus menunggu lebih lama hingga kami dapat melihat desain ponsel ini. Bidikan lain dari OnePlus 9 Pro di bawah ini menunjukkan kamera yang dapat Anda harapkan dari andalannya.

  Rekomendasi HP 4G Termurah Terbaik di 2021

Ini menunjukkan blok kamera besar bermerek Hassleblad dan empat lensa (selengkapnya di bawah). Berikut tampilan yang sangat komprehensif pada desain ponsel – Anda bahkan dapat melihat sebagian besar tepi ponsel – tetapi kami mengharapkan untuk melihat lebih banyak warna dan fitur lainnya pada peluncuran ponsel pada tanggal 23 Maret.

Sumber lain juga membocorkan foto OnePlus 9 dan OnePlus 9 Pro. Desainnya cocok dengan kebocoran di tempat lain, tetapi dengan detail tambahan, OnePlus 9 standar mungkin memiliki bingkai plastik, karena tidak ada jalur antena. Sumber tersebut berspekulasi bahwa bagian belakangnya mungkin juga plastik, tetapi mereka tidak yakin.

Secara keseluruhan, OnePlus 9 tampaknya memiliki desain yang mirip dengan OnePlus 9 Pro, hanya dengan lensa kamera yang lebih sedikit dan layar datar (bukan melengkung).

Dan jika Anda mengharapkan ketahanan air dari rangkaian OnePlus 9, Anda mungkin beruntung – tetapi hanya dengan satu model. Satu kebocoran mengklaim bahwa OnePlus 9 Pro akan memiliki peringkat IP68 (yang kemungkinan besar berarti dapat tenggelam hingga kedalaman 1,5 meter hingga 30 menit), tetapi OnePlus 9 dan OnePlus 9E tidak akan memiliki peringkat IP resmi.

Terakhir, pada tema desain, kami juga memiliki gagasan tentang warna yang mungkin ditawarkan oleh kisaran tersebut, dengan satu leaker mengklaim telah menemukan bukti bahwa OnePlus 9 akan tersedia dalam Arctic Blue, Arctic Sky, dan Winter Mist ( atau Gloss) Black and Glossy Gradient Purple. Jika dibeli dari Verizon), OnePlus 9 Pro akan hadir dalam warna Stellar Black, Forest Green, dan Morning Mist.

Sementara itu, sumber lain mengklaim bahwa OnePlus 9 akan hadir dalam warna hitam, biru dan ungu, dengan OnePlus 9 Pro diluncurkan dalam warna hitam, hijau dan perak.

Dengan OnePlus 9E menjadi model dengan kebocoran paling sedikit, kami masih belum menemukan ide tentang warna apa yang diharapkan untuk dilihat pada perangkat yang lebih murah ini.

Tampilan

Bocoran layar besar memberi kami petunjuk tentang teknologi yang diharapkan pada OnePlus 9 dan OnePlus 9 Pro. Stasiun Obrolan Digital – sumber yang telah memberikan informasi yang benar di masa lalu – mengatakan kedua ponsel akan memiliki layar 120Hz, tetapi ukuran dan teknologinya akan berbeda.

Tampaknya OnePlus 9 akan memiliki layar Full HD + 6,55 inci, sedangkan OnePlus 9 Pro akan bergerak ke 6,78 inci dengan resolusi QHD. Penggemar OnePlus dengan mata elang akan melihat bahwa ini berarti OnePlus 9 dapat memiliki layar OnePlus 8T yang sama, sesuatu yang disebutkan secara eksplisit oleh salah satu kebocoran.

Meskipun kebocoran ini menunjukkan bahwa OnePlus 9 Pro akan memiliki layar 120Hz, kami telah mendengar bahwa itu sebenarnya bisa menjadi kecepatan refresh variabel, karena kecepatan berubah tergantung pada apa yang Anda lakukan.

Ini dapat mengurangi penggunaan baterai, karena Anda tidak akan menggunakan 120Hz saat Anda tidak membutuhkannya. OnePlus 9E juga diharapkan menampilkan layar Full HD + 6,55 inci, tetapi dengan kecepatan refresh 90Hz yang sedikit lebih rendah.

Di tempat lain, kami telah mendengar bahwa bahkan OnePlus 9 Pro mungkin memiliki layar 6,55 inci, tetapi sepertinya itu kecil kemungkinannya, karena kami mengharapkannya lebih besar dari saudara kandungnya.
kamera

Pertama, kami memiliki beberapa info kamera resmi langsung dari OnePlus. Perusahaan bermitra dengan Hasselblad, merek kamera populer yang telah membuat teknologi kamera sejak abad ke-19.

CEO OnePlus, Pete Lau, mengatakan kepada Tukar Pikiran secara eksklusif, “Menerapkan keahlian warna Hasselblad ke smartphone kami sangat menantang, karena mereka menciptakan ilmu warna mereka sendiri untuk kamera konvensional, yang sangat berbeda dari cara kerja kamera smartphone dengan warna.”

“Meskipun ini adalah tantangan besar yang harus diatasi, tim R&D kami telah bekerja sama selama berbulan-bulan untuk berpartisipasi dalam pengembangan solusi warna baru kami.

“Kalibrasi warna natural dengan Hasselblad, yang bertujuan untuk memberikan persepsi warna yang lebih akurat dan tampak alami dari gambar yang diambil oleh kamera andalan OnePlus. Ini juga akan berfungsi sebagai standar baru OnePlus untuk kalibrasi warna untuk kamera smartphone masa depan.”

Perusahaan juga telah mengonfirmasi bahwa seri smartphone akan menggunakan sensor khusus Sony IMX 789. Sensor ini bocor akhir tahun lalu, dan beberapa berharap itu akan dimasukkan ke dalam Oppo Find X3 Pro, tetapi bukan itu masalahnya.

Mengenai kolaborasi dengan Sony, Lau berkata: “Kami juga dapat meningkatkan performa dan kemampuan video, menghasilkan kemampuan untuk merekam pada resolusi 4K pada 120 frame per detik, sesuatu yang sangat sedikit smartphone saat ini, dan DOL-HDR, memastikan bahwa subjek selalu tajam dalam lingkungan dengan cahaya latar.”

DOL-HDR adalah singkatan dari high dynamic range of digital interferensi dan bekerja dengan memotret dua frame pada waktu yang sama dengan dua eksposur berbeda. Kedua gambar tersebut kemudian akan digabungkan bersama untuk meningkatkan pencahayaan dalam pemandangan.

OnePlus mengonfirmasi bahwa sensor tersebut menyertakan dukungan untuk 12-bit RAW, yang mengatakan dalam siaran pers yang dikeluarkan oleh perusahaan “akan 64 kali lebih kuat dari sebelumnya.”

  Semua Jenis HP Vivo Terbaru dan Harganya

Menurut OnePlus, kemitraan baru ini akan membuat Hasselblad membantu OnePlus “menghadirkan persepsi warna yang lebih akurat dan tampak alami ke foto yang diambil oleh kamera andalan OnePlus.”

Juga akan ada mode Hasselblad Pro di ponsel, yang memungkinkan kontrol yang lebih baik saat menyesuaikan gambar. Kita harus belajar lebih banyak tentang bagaimana semua ini bekerja pada tanggal 23 Maret.

Kemitraan dengan Hasselblad ini juga bukan kesepakatan satu tahun. Menurut OnePlus, perusahaan akan menggunakan merek Hasselblad selama tiga tahun, jadi diharapkan akan serupa pada OnePlus 10 dan OnePlus 11.

OnePlus juga membagikan gambar dari blok kamera di OnePlus 9 Pro (yang dapat Anda lihat di atas di bagian desain), yang mengonfirmasi bahwa itu adalah pengaturan lensa-quad.

Perusahaan mengungkapkan bahwa kamera ultra-lebar akan lebih baik dalam menghindari distorsi ke tepi gambar daripada kamera ultra-lebar tradisional. Untuk membuktikannya, CEO perusahaan tersebut telah memposting foto perbandingan, yang bisa Anda lihat di bawah ini.

Terakhir ada informasi resmi yang rupanya tidak datang langsung dari OnePlus, yakni OnePlus 9 Pro bakal punya mode kamera tiltable. Foto ini menunjukkan dari aplikasi Kamera yang dibagikan oleh Marquis Brownlee (di bawah).

Ini bukan sesuatu yang cenderung kita temukan di ponsel cerdas, tetapi ini adalah efek visual cerdas yang dapat membuat foto sudut lebar terlihat seperti bidikan makro – ini sulit dijelaskan, tetapi beberapa contoh foto mudah dikenali di Google

Nah mengenai bocoran informasi tersebut, dan kami telah mendengar beberapa kata tentang spesifikasi kamera yang kami harapkan dari beberapa sumber. OnePlus 9 standar mungkin memiliki kamera utama 48MP (keluaran foto 12MP), kamera ultra-lebar 48MP dan kamera ketiga yang tidak diketahui.

Di tempat lain, foto bocoran (di bawah) menunjukkan bahwa OnePlus 9 akan memiliki kombinasi kamera 48MP, 50MP, dan 2MP, yang sedikit berbeda dari bocoran di atas.

Gambar yang sama menunjukkan bahwa OnePlus 9 Pro akan memiliki kombinasi 48MP, 50MP, 8MP dan 2MP. Kami juga mendengar dari sumber lain bahwa OnePlus 9 Pro akan memiliki kamera 48MP dan 50MP (di antara lensa lainnya).

Sementara itu, OnePlus 9E diyakini memiliki kamera utama 64MP dan satu kamera ultra-wide 8MP, meski tidak jelas apakah hanya akan memiliki dua lensa atau apakah akan ada lensa ketiga.

Ada sesuatu yang kurang positif yang kami dengar, dan tampaknya tidak ada model dalam kisaran OnePlus 9 yang akan memiliki kamera endoskopi, yang dapat membatasi kemungkinan zoom optik. Tidak ada ponsel OnePlus saat ini yang memiliki kamera periskop, tetapi itu berarti rentang zoom optik cenderung sekitar 3x, bukan 10x.

Faktanya, kebocoran kamera lain menunjukkan pembesaran 3,3x dan menyebutkan mode pemotretan kemiringan dan offset untuk menciptakan kedalaman bidang yang dangkal.

Spesifikasi dan baterai

Menurut bidikan di atas, OnePlus 9 akan hadir dengan prosesor Snapdragon 888, dengan RAM 8GB dan penyimpanan internal 128GB, yang cocok dengan bisikan lain yang pernah kami dengar. Perangkat ini juga telah muncul di eBay.

Ini akan mengecilkan kekuatan saudaranya yang lebih murah, OnePlus 9E, yang menurut bocoran akan ditenagai oleh prosesor Snapdragon 690 (bersama dengan RAM 8GB dan penyimpanan 128GB).

Dari sumber lain, kami telah mendengar bahwa OnePlus 9 Pro mungkin memiliki RAM 12GB dan penyimpanan 256GB. Sumber kedua juga menyarankan bahwa RAM 12 GB kemungkinan akan digunakan untuk setidaknya satu model ponsel.

Patokan yang diyakini khusus untuk OnePlus 9 Pro juga mengungkapkan chipset Snapdragon 888, bersama dengan RAM 8GB yang mengecewakan – meskipun konfigurasi lain hampir pasti akan tersedia, seperti yang bocor di atas.

Skor yang dicapai dalam benchmark juga merupakan campuran, dengan skor multi-core single-core yang tinggi tetapi sedikit rendah. Namun, dengan asumsi benchmark itu nyata, OnePlus punya banyak waktu untuk meningkatkan kinerja ponsel sejak ini keluar.

Rumor lain berpusat di sekitar baterai dan pengisian daya: OnePlus 9 tampaknya datang dengan pengisian cepat 65W, pengisian nirkabel cepat 30W, dan baterai 4.500mAh.

Kami juga telah mendengar klaim bahwa OnePlus 9 dan OnePlus 9 Pro akan memiliki baterai 4.500mAh, dan sumber kebocoran ini mengisyaratkan bahwa mereka akan menyertakan desain sel ganda, yang penting untuk pengisian daya 65W. Berbicara tentang pengisian daya, OnePlus telah mengonfirmasi bahwa ponsel dilengkapi dengan pengisi daya di dalam kotak.

Menariknya, OnePlus 9E tampaknya akan datang dengan baterai 5.000 mAh berdasarkan kebocoran, yang sedikit lebih besar dari baterai yang diharapkan pada saudara-saudaranya yang lebih besar. Apakah ini berarti OnePlus 9E mempertahankan masa pakai baterai yang lebih baik dengan mengorbankan lebih banyak bobot masih harus dilihat, meskipun kami berharap itu menjadi trade-off.

Pengisian nirkabel di ponsel selain Pro

OnePlus 8 Pro memiliki pengisian daya nirkabel, tetapi jangan memilih Pro dan Anda akan kehilangan fiturnya, yang tidak bagus untuk orang yang menginginkan telepon yang terjangkau tetapi tetap menginginkan kenyamanan pengisian nirkabel.

Mungkin ini hanya masalahnya karena OnePlus 8 Pro adalah ponsel pertama perusahaan dengan teknologi pengisian nirkabel, dan itu hanya menguji fitur – jika itu masalahnya, maka mungkin OnePlus 9 memiliki pengisian nirkabel selain saudara kandung Pro-nya. .

  HP Terbaik di Bawah 2 Juta Pilihan Kami

Lensa telefoto pada OnePlus 9 selain Pro

Inilah teknologi lain yang tidak dimiliki OnePlus 8 tetapi 8 Pro memilikinya – kamera telefoto. Ini memungkinkan Anda mengambil gambar dengan zoom optik, dan jarak dekat tanpa kehilangan resolusi apa pun.

Bidikan yang diperbesar bisa dibilang lebih berguna daripada bidikan ultra-lebar, jadi tidak ideal jika banyak perusahaan termasuk OnePlus lebih suka menggunakan lensa ultra-lebar tetapi tidak telefoto untuk perangkat yang kurang premium.

Untuk kemampuan pemotretan penuh, kami ingin melihat bahwa OnePlus 9 memiliki kamera telefoto dan kamera ultra lebar, bukan salah satu atau yang lain – meskipun jika harus dijatuhkan, simpan telefoto setidaknya.

Kamera utama beresolusi tinggi

OnePlus 8 dan 8 Pro sama-sama memiliki kamera utama 48MP. Karena begitu banyak perusahaan lain memiliki kamera 64MP dan hingga 108MP, itu tampaknya agak ceroboh, dan kami ingin melihat beberapa peningkatan.

Tentu, resolusi bukan satu-satunya faktor yang menentukan seberapa bagus gambar smartphone, karena ukuran piksel bisa jadi penting – tetapi OnePlus 8 tidak memiliki sensor 48MP yang lebih besar dari piksel yang ditemukan di beberapa ponsel lain, jadi itu melewatkan fitur ini.

Kami ingin melihat bahwa OnePlus 9, atau bahkan hanya 9 Pro, memiliki kamera utama resolusi tinggi, atau mungkin hanya alat dasar dengan piksel lebih besar untuk mengambil foto yang lebih baik.

Dua kamera selfie

OnePlus Nord memiliki dua kamera selfie, sehingga Anda dapat mengambil foto standar atau sudut lebar diri Anda dan teman Anda.

Kamera depan kedua tidak memerlukan bidang pandang yang luas – beberapa ponsel kamera selfie ganda memiliki alat tangkap utama yang terhubung ke sensor kedalaman, untuk meningkatkan efek bokeh atau latar belakang.

Layar 4K pada model Pro

Hanya ada sedikit ponsel dengan layar 4K – semuanya berasal dari Sony, contoh terbaru adalah Sony Xperia 1 dan Xperia 1 II. Tidak ada perusahaan lain yang mencoba jenis tampilan ponsel definisi ultra-tinggi ini.

Tentu, layar 4K agak tidak diperlukan dalam kebanyakan situasi, dan 2K OnePlus 8 Pro secara umum sudah cukup untuk kebanyakan orang. Tetapi ponsel “Pro” tidak cocok untuk semua orang, dan menurut definisi ponsel ini memiliki daya tarik yang terbatas, jadi orang yang mencarinya mungkin memerlukan layar resolusi tinggi semacam ini.

Sekarang 5G adalah singkatan dari streaming game, film, dan TV dalam HD, pertanyaannya bukan masalah lagi, kami ingin melihat tampilan 4K pertama di ponsel non-Sony.

Teknik penolakan telapak tangan

Salah satu masalah yang kami hadapi dengan OnePlus 8 dan 8 Pro adalah bahwa mereka tampaknya tidak memiliki teknologi penolakan telapak tangan, dan kami ingin melihat bahwa OnePlus 9 memiliki sesuatu di sepanjang garis itu.

Teknologi penolakan telapak tangan memastikan bahwa ketika Anda secara tidak sengaja mengetuk tepi lengkung layar ponsel, perangkat memahami bahwa Anda tidak bermaksud untuk menekannya, jadi tidak terjadi apa-apa.

Ini mencegah Anda dari menggesek menu atau membuka aplikasi saat tidak diinginkan, dan memecahkan masalah yang dihadapi banyak orang dengan ponsel dengan tepi melengkung.

Baterai lebih besar

OnePlus 8 memiliki baterai 4.300mAh, yang meningkat menjadi 4.500mAh pada OnePlus 8 Pro.

Meskipun demikian, baterai 5000 mAh di ponsel tidak biasa, karena ukuran ini memastikan bahwa ponsel akan bertahan selama mungkin di antara pengisian daya. Jika ponsel memiliki spesifikasi terbaik, seperti sensor utama 108MP atau layar 4K (seperti halnya dengan OnePlus 9 dalam mimpi kita), diperlukan baterai yang besar untuk menghadapinya.

Sekalipun ponsel tidak memiliki spesifikasi setinggi itu, ukuran yang lebih besar selalu lebih baik untuk baterainya, karena meningkatkan masa pakai secara umum.

Lebih banyak perbedaan dengan lini Oppo Find X.

OnePlus 8 Pro sangat mirip dengan Oppo Find X2 Pro, dengan satu-satunya perbedaan nyata adalah ponsel ini memiliki beberapa perbaikan layar yang lebih baik, kamera utama yang lebih baik dan harga yang lebih tinggi.

Ini bukan perbandingan acak – baik OnePlus dan Oppo dimiliki oleh BBK Electronics, seperti halnya Vivo dan Realme, jadi mereka adalah dua saudara kandung, dan banyak teknologi yang dikembangkan oleh satu perusahaan digunakan oleh perusahaan lain.

Namun di lini OnePlus 8 dan Oppo Find X2, tampaknya banyak teknologi yang dibagikan, dan ponselnya sangat mirip. Kami ingin OnePlus 9 memiliki banyak kesamaan dengan ponsel Oppo Find X3 sehingga kami dapat melihat lebih banyak persaingan di area ini.

Kesimpulan

Oke mungkin itu saja yang bisa saya berikan mengenai artikel ini, semoga dengan apa yang sudah saya berikan ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk like dan follow akun kami untuk mendapatkan info serta update terbaru dari kami. Jika ada Kesalahan atau ada Pertanyaan serta Tambahan bisa isi pada kolom komentar anda. Terimakasih.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Oneplus 9 Lite ,Oneplus 9 Price ,Oneplus 9 Pro ,Oneplus 9 Pro 5g ,Oneplus 9 Release Date ,Oneplus 9 Review,Oneplus 9 Series Launch Date In India ,Oneplus 9 Specs

Check Also

Semua Jenis HP Vivo Terbaru dan Harganya

Semua Jenis HP Vivo Terbaru dan Harganya

tukarpikiran.com – Vivo merupakan salah satu vendor hp yang produknya banyak digunakan. OPPO dan realme …

THIS CONTENT IS PROTECTED DMCA