APN iPhone Semua Tipe, Terlengkap, Tercepat, Anti Lemot

tukarpikiran.com – APN atau Access Point Name adalah konfigurasi/pengaturan yang akan digunakan oleh operator seluler untuk mengidentifikasi dan menentukan jaringan pada perangkat. Itulah mengapa, para pengguna iPhone harus megetahui cara setting APN iPhone agar bisa terhubung ke jaringan operator dan lancar internetan.

Selain itu, APN juga bisa dikatakan sebagai pintu masuk yang menghubungkan pengaturan Internet pada perangkat ke jaringan operator seluler yang digunakan. Biasanya tanpa memasukkan informasi APN, iPhone tidak dapat langsung mengaktifkan beberapa layanan terkait internet, misalnya fitur Personal Hotspot.

Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan pengaturan APN di iPhone. Bagi yang ingin melakukan setup atau setting APN di iPhone atau iPad, ikuti saja langkah-langkah di bawah ini.

Cara Mengatur APN atau APN Hotspot di iPhone dan iPad

Jika Anda memasukkan pengaturan APN yang salah, Anda mungkin kehilangan koneksi data seluler dan dikenakan biaya tambahan. Jangan mengedit APN, kecuali jika Anda memang merasa jaringan di iPhone Anda benar-benar lemot. Anda bisa menghubungi operator untuk memverifikasi pengaturan APN yang benar jika dirasa kebingungan.

Anda dapat menerapkan metode ini ke versi iOS terbaru untuk perangkat iPhone, termasuk iPhone 6,
iPhone 6S, iPhone 6S Plus, iPhone SE 2016, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone X, iPhone Xr, iPhone Xs, iPhone Xs Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone SE 2020, iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max atau lebih baru, dan semua versi iPadOS di iPad yang mendukung data seluler.

  • Pertama-tama silahkan buka aplikasi Setting (Pengaturan)
  • Lalu masuk ke menu Seluler > Jaringan Data Seluler
  • Sekarang silakan masukkan informasi APN Anda di semua bidang APN yang tersedia

Misalnya, untuk pengguna operator Telkomsel, masukkan telkomsel di semua kolom APN. Sedangkan untuk username, password, dll, Anda bisa Anda kosongan jika belum tahu cara mengaturnya. Setting APN iPhone Telkomsel sudah kami bahas sebelumnya, tapi kali ini kami juga melengkapi untuk operator lain.

Berikut adalah daftar APN untuk semua operator, ingat untuk memasukkan APN berikut di semua bidang APN di Pengaturan APN iPhone. Terutama daftar APN untuk Hotspot / Hotspot Pribadi agar fitur Hotspot dapat digunakan atau dibuka.

APN iPhone Telkomsel

Koneksi dengan Telkomsel Flash Unlimited

* APN: internet
* Username: (kosong)
* Password: (kosong)

Koneksi dengan Telkomsel Flash Reguler (Volume Based)

* APN: flash
* Username: (kosong)
* Password: (kosong)

Koneksi dengan Simpati

* APN: telkomsel
* Username: wap
* Password: wap123

APN iPhone Indosat

Koneksi dengan Broom Unlimited

* APN: indosatm2
* Username: (sesuai dengan nama saat registrasi kartu Broom)
* Password: (sesuai dengan password saat registrasi kartu Broom)

Koneksi dengan Broom Classic (Volume Based)

* APN: indosatm2
* Username: (sesuai dengan nama saat registrasi kartu Broom)
* Password: (sesuai dengan password saat registrasi kartu Broom)

Koneksi dengan Indosat 3.5G Broadband

* APN: indosat3g
* Username: indosat
* Password: indosat

Koneksi dengan IM3 & Mentari (Volume Based)

* APN: indosatgprs
* Username: indosat
* Password: indosat

Koneksi dengan IM3 & Mentari (Time Based)

* APN: indosatgprs
* Username: indosat@durasi
* Password: indosat@durasi

APN iPhone XL

Koneksi dengan ProXL (detil paket internet XL Prabayar)

* APN: www.xlgprs.net
* Username: xlgprs
* Password: proxl

APN iPhone Axis

Koneksi dengan Axis

* APN: AXIS
* Username: axis
* Password: 123456

APN iPhone Tri

Koneksi dengan Tri

* APN: 3gprs
* Username: 3gprs
* Password: 3gprs

3 Unlimited

* APN: 3data
* Username: 3data
* Password: 3data

Smartfren, Masukan APN: smartfren4g

By.u, masukkan APN: byu

Jika sudah selesai, silahkan kembali ke menu utama aplikasi iPhone Setting. Lalu nyalakan menu Airplane mode (Mode pesawat). Kemudian tunggu sekitar 5 detik, dan matikan kembali menu Airplane mode, selesai.

Sebagai informasi tambahan, jika menu Personal Hotspot Anda tidak muncul, silakan tutup aplikasi Pengaturan lalu buka kembali. Jika masih tidak muncul, coba mulai ulang iPhone Anda (matikan lalu nyalakan lagi). Anda dapat menemukan menu Personal Hotspot di halaman utama aplikasi Pengaturan, khususnya di bawah menu Seluler.

Untuk mengubah pengaturan, ketuk setiap bidang dan masukkan detail dari operator Anda. Pengaturan akan disimpan secara otomatis. Tergantung pada operator Anda, Anda mungkin tidak dapat mengubah pengaturan data seluler Anda.

Jika operator Anda memerlukan pengaturan APN yang berbeda, Anda mungkin dapat menggunakan profil konfigurasi dengan pengaturan yang benar. Pembaruan iOS akan mengatur ulang semua perubahan yang dibuat pada pengaturan APN Anda, kecuali jika Anda menggunakan profil konfigurasi.

Apabila Anda mengedit pengaturan APN Anda sebelum memperbarui iOS, pengaturan akan diatur ulang ke nilai defaultnya. Anda mungkin harus memasukkan kembali pengaturan setelah memperbarui iOS.

Mengatur Ulang Pengaturan APN

Untuk kembali ke informasi APN default operator Anda, buka Pengaturan > Operator > Jaringan Data Seluler > Atur Ulang Pengaturan. Jika Anda menginstal profil konfigurasi, informasi profil default akan digunakan.

Jika Anda menggunakan iPhone atau iPad di lingkungan perusahaan, Anda mungkin harus menghubungi administrator perangkat seluler Anda untuk mengubah APN. Jika Anda mengubah pengaturan APN yang disetel oleh administrator perangkat seluler dari profil konfigurasi, berikut cara mengubahnya kembali:

Di iPhone: Buka Pengaturan > Seluler > Jaringan Data Seluler, lalu ketuk Atur Ulang Pengaturan.
Di iPad: Hapus dan tambahkan kembali profil konfigurasi.

Jika Anda adalah administrator perangkat seluler, Anda dapat menggunakan Apple Configurator, Manajer Profil Server macOS, atau solusi manajemen perangkat seluler lainnya untuk mengubah APN dan pengaturan lanjutan lainnya.

Nah, ini semua informasi tentang cara mengatur, mengelola, atau mengakses APN untuk Internet dan Pribadi
Hostpot di iPhone dan iPad. Jika ada yang ingin ditanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan di kolom komentar dibawah, terima kasih 🙂

error: This content is protected by DMCA