Yuk Simak Cara Restart HP Samsung untuk Semua Tipe

tukarpikiran.com – Cara restart hp Samsung memanglah menjadi satu hal yang sangat penting untuk diketahui bagi para pengguna. Alasannya tidak bisa disangkal. Karena Samsung adalah salah satu merek hp paling populer dan penggunanya begitu banyak saat ini. Bagi kamu yang menggunakan Samsung, jangan lewatkan informasi berguna yang satu ini ya.

Seperti yang kita ketahui bareng-bareng, kecanggihan teknologi dan fitur yang ditawarkan membuat banyak orang lebih memilih hp Samsung ketimbang merk hp Android lainnya. Bukan hanya kecanggihannya saja, salah satu alasan Samsung tetap dipilih hingga sekarang bisa jadi lantaran merk ini adalah salah satu merk hp tertua yang pernah ada.

Namun, secanggih apapun teknologinya, ada saja kasus error yang terjadi pada hp Samsung atau merk hp android lainnya. Jika kamu mengalami masalah dengan hp kamu, seperti jika aplikasi macet, lag atau ngebug, tidak bersuara, atau tidak terhubung dengan koneksi internet, melakukan restart hp mungkin bisa menjadi solusinya.

Setelah direstart, biasanya hp akan mulai bekerja dari awal dan mengesampingkan berbagai gangguan. Dengan begitu, hp Samsung kamu dapat bekerja dalam kondisi yang lebih baik. Akan tetapi sayangnya, masih ada (dan bisa disebut banyak) orang yang bingung dengan langkah-langkah untuk merestart hp Samsung mereka.

Bagi kamu yang belum mengetahui caranya, jangan khawatir. Pada kesempatan kali ini, kami akan melanjutkan pembahasan sebelumnya yaitu cara reset hp Samsung J2 Prime. Berikut adalah beberapa cara restart hp Samsung yang kami anggap paling mudah dan praktis yang telah kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya.

Cara Restart HP Samsung Terlengkap dan Termudah

Setelah sebelumnya membahas tentang cara restart hp Samsung J2 Prime, pada kesempatan kali ini kami akan melanjutkan membahas bagaimana caranya merestart hp Samsung untuk semua tipe. Dengan kata lain, beberapa cara yang kami bagikan di bawah ini bisa diterapkan untuk tipe hp Samsung apa pun ya gaes.

Cara Restart HP Samsung dengan Tombol

Salah satu cara paling umum dan termudah untuk merestart hp Samsung kamu adalah dengan menekan tombol daya. Harap dicatat bahwa metode restart ini tidak akan menghapus data yang tersimpan di hp. Jadi efeknya di HP nanti tidak terlalu besar. Berikut adalah langkah-langkah untuk merestart hp Samsung kamu dari tombol power.

  • Tekan dan tahan tombol daya beberapa saat hingga muncul opsi “Mulai ulang” atau “Restart”.
  • Kemudian ketuk opsi “Mulai Ulang” atau “Restart”.
  • Secara otomatis hp Samsung memulai proses restart yang ditunjukkan dengan mematikan hp dan kemudian hidupkan kembali.
Cara ini sangat mudah bukan? Cara ini juga berlaku untuk cara restart hp Samsung J5, cara restart hp Samsung J7 Prime, dan cara restart hp Samsung J1 Ace. Nah tetapi, bagaimana kalau tombol power hp Samsung kamu rusak? Untuk tombol hp Samsung yang rusak, kamu bisa mencoba cara restart hp Samsung J5 tanpa tombol power seperti yang kami jelaskan di bawah ini.

Cara Merestart HP Samsung Melalui Menu Pengaturan untuk Sistem OneUI

Kamu dapat merestart hp Samsung lain melalui menu pengaturan atau Setting. Metode ini tidak hanya untuk memulai ulang atau merestart hp, tetapi juga mengatur ulang hp secara bersamaan seperti pada pertama kali hp baru diaktifkan . Hal ini membuat hp menjadi ringan seperti baru.

  • Saat ini, hp Samsung memiliki dua sistem operasi: OneUI dan TouchWiz. Kedua sistem operasi ini memiliki metode restart yang berbeda. Berikut cara merestart hp Samsung kamu melalui menu Pengaturan sistem OneUI.

    Buka menu Pengaturan atau Setting di hp kamu.

  • Temukan opsi menu general management atau manajemen umum. Lalu klik.
  • Setelah masuk ke menu general management, kamu bisa klik Reset.
  • Selanjutnya, pilih Factory Data Reset atau Reset Data Pabrik.
  • Lanjutkan pemrosesan saat muncul notifikasi atau pemberitahuan tentang data yang akan dihapus.
  • Cukup tekan reset untuk melanjutkan. Dengan melanjutkannya akan memulai proses restart dan reset pabrik untuk dijalankan. Di akhir proses, hp kamu akan seringan seperti hp baru.

Cara Merestart HP Samsung Melalui Menu Pengaturan untuk Sistem TouchWiz

Seperti disebutkan sebelumnya, cara merestart hp Samsung dengan sistem TouchWiz berbeda dengan OneUI. Namun jangan khawatir, merestart hp Samsung kamu dengan sistem TouchWiz juga mudah dan praktis. Berikut langkah-langkah cara restart hp Samsung tanpa tombol power.

Pertama masuk ke menu Setting atau pengaturan.

Kemudian cari opsi menu Backup & Reset.

Setelah itu pilih menu Factory Data Reset.

Aktifkan tanda centang pada opsi Back up my data before factory reset agar lebih aman.

Jika ya, kamu dapat mengklik opsi Factory Reset. Dengan menyetujuinya akan meluncurkan proses restart dan reset. Tunggu saja hp ​​menyala secara otomatis.

Cara Merestart HP Samsung dengan Mode Recovery

Kamu juga dapat memilih cara memulai ulang hp Samsung lain melalui mode pemulihan. Cara restart hp samsung tanpa touchscreen ini dikenal agak rumit dibandingkan dengan cara-cara yang sudah ada. Maka tak heran cara yang satu ini paling jarang digunakan oleh pengguna hp Samsung.

Meskipun demikian, cara ini diyakini paling optimal untuk mengatur data kamu dan membuat hp kamu menjadi seperti baru lagi. Berikut cara merestart hp Samsung dengan mode pemulihan yang berlaku juga untuk cara restart hp Samsung A10s dan cara restart hp Samsung A52.

  • Pertama matikan hp kamu untuk masuk ke mode pemulihan.
  • Setelah hp mati, tekan dan tahan tombol volume atas dan tombol daya beberapa saat. Tahan selama 4-10 detik.
  • Selanjutnya, layar mode pemulihan akan muncul.
  • Gunakan tombol volume untuk menavigasi pilihan kamu. Pilih menu Wide Data atau Factory Research, lalu tekan tombol power alih-alih Ok.
  • Selanjutnya akan muncul pilihan Yes – Delete All Data. Itu dapat dipilih dengan menekan tombol daya.
  • Proses reset akan berjalan secara otomatis. Kemudian cukup pilih menu Reboot System Now untuk me-restart hp Samsung kamu agar kembali normal.

Itulah beberapa cara mudah dan praktis untuk merestart hp Samsung kamu. Kami harap kamu juga membagikan artikel ini kepada orang-orang yang membutuhkan dan semoga berhasil! Tetap ikuti dan pantau Tukar Pikiran untuk info menarik seputar hp Samsung lainnya.

error: This content is protected by DMCA