Contoh Perbuatan Baik dalam Islam yang Mudah Dilakukan

tukarpikiran.com – Agama adalah keyakinan yang diyakini dan digunakan seseorang sebagai pedoman untuk memperoleh keselamatan di dunia dan akhirat. Setiap agama tentunya mengajarkan tentang kehidupan dan perbuatan yang baik, arif dan bijaksana. Berikut adalah contoh perbuatan baik dalam Islam yang bisa dilakukan.

Islam adalah salah satu agama yang dianut oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Ada banyak contoh amal shaleh dalam ajaran Islam yang bisa ditiru oleh para pemeluknya. Pengertian perbuatan baik dalam Islam tentunya akan berbeda-beda menurut penafsiran masing-masing orang.

Tetapi yang pasti, setiap orang akan sepakat bahwa perbuatan baik itu ada dua macam. Yaitu perbuatan baik yang dilakukan di jalan Allah, dan perbuatan baik untuk makhluk hidup. Perbuatan baik untuk Tuhan disebut ibadah atau Habluminallah. Sedangkan perbuatan baik kepada sesama makhluk hidup disebut Habluminannas.

Dalam agama Islam, kita menyadari bahwa baik buruknya tindakan seseorang, akan senantiasa dicatat oleh para malaikat. Itulah mengapa perbuatan baik dalam Islam disebut sebagai  upaya kita untuk mendekatkan diri kepada Tuhan, sekaligus juga untuk bekal nanti setelah kita meninggalkan dunia yang fana ini.

Setiap pekerjaan yang kita lakukan di dunia ini akan diketahui Tuhan, baik itu perbuatan yang dilakukan secara terang-terangan, maupun yang dilakukan secara sembunyi-sembunyi. Allah SWT memiliki dua malaikat yang mencatat perbuatan baik dan buruk, yang akan selalu mengikuti manusia kemanapun mereka pergi.

Contoh Perbuatan Baik dalam Islam

Dikutip dari buku The Islamic Mirror karya M. Helmy (2020), Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa dan memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan makhluk alam semesta lainnya. Hal ini karena manusia dibekali dengan kemuliaan dan keutamaan yang luar biasa, yaitu akal.

  20 Contoh Perbuatan Baik di Sekolah yang Bisa Dilakukan

Sebagai makhluk yang berakal, kita harus bisa membedakan perbuatan baik dan buruk. Berikut kami akan memberikan contoh amalan baik menurut ajaran islam yang perlu Anda ketahui. Apabila Anda sudah merasa sanggup melaksanakannya, maka tidak usah menunda dan menunggu waktu lama mengerjakannya.

Bersedekah

Memberikan harta, uang, atau makanan kita kepada mereka yang membutuhkan adalah contoh perbuatan baik dalam Islam yang pertama. Bersedekah hukumnya wajib bagi orang yang sudah mampu. Karena harta yang kita sedekahkan sebagai bentuk penyucian diri secara tidak langsung.

HablumMinal’Alam

Memberi makan hewan dan menyirami tanaman adalah bentuk perbuatan baik lainnya. Hal ini juga bisa menjadi bentuk ibadah kita. Karena dengan memperhatikan lingkungan sekitar, kita akan berkontribusi dalam melestarikan lingkungan yang kita tinggali. Agar kelak bisa dirasakan oleh generasi selanjutnya.

Selalu Ramah dan Menyapa Orang yang Dikenal

Menyapa orang-orang yang Anda kenal dan bersikap ramah kepadanya, adalah bentuk perbuatan baik berikutnya. Karena tindakan ini secara tidak langsung bentuk upaya kita mempererat silaturahmi.

Menghormati Orang Lain

Hormati sesama manusia, terutama yang lebih tua adalah tindakan baik sekaligus terpuji. Tugas sesama manusia memang harus saling menghormati. Karena menghina manusia, apa pun alasannya, adalah bentuk penghinaan terhadap pencintanya, yaitu Tuhan sendiri.

Selalu Bersikap Sopan

Bicaralah dengan sopan dan hindari kata-kata kasar. Karena seperti yang pepatah bilang, lidah itu lebih tajam daripada pedang. Ketika ada orang yang sakit hati karena kata-kata Anda, maka ia akan mengingatnya secara terus-menerus, dan kemungkinan kecil akan memaafkan perbuatan tersebut.

  50 Contoh Perbuatan Baik Pada Tahun 2022

Membantu Orang Tua

Membantu orang tua bekerja adalah perbuatan baik dalam Islam yang selayaknya dilakukan oleh setiap umat muslim. Meskipun kesannya kita membantu orang tua, tetap saja jasa orang tua tidak akan pernah bisa dibalas oleh anaknya. Oleh karena itu, membantu orang tua bisa kita sebut sebagai bentuk terima kasih sebagai seorang anak.

Membantu Orang Lain.

Membantu orang yang sedang kesusahan akan menjadi tabungan kita sendiri. Karena siapa yang memudahkan urusan orang lain, niscaya urusannya akan dimudahkan di kemudia hari.

Mengajarkan Ilmu kepada Orang Lain

Sebagaimana yang kita ketahui, ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang diamalkan. Menerapkan ilmu kepada orang lain atau mengajari orang lain, adalah bentuk tindakan baik dalam Islam. Karena ilmu tersebut tidak akan bermanfaat apabila hanya kita sendiri yang memakainya.

Selalu Bersyukur

Selalu bersyukur dalam setiap keadaan menjadi tanda bahwa kita tidak mengingkari nikmat yang diberikan oleh Tuhan. Karena mau bagaimanapun, kita tidak akan pernah bisa menghitung segala nikmat yang sudah Tuhan berikan kepada kita.

Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan kapanpun dan di manapun kita berada adalah contoh perbuatan baik yang dianjurkan untuk umat muslim. Karena kebersihan adalah sebagian dari aman itu sendiri.

Ini adalah beberapa contoh perbuatan baik dalam ajaran Islam. Pada dasarnya, masih banyak perbuatan baik yang dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Agar amal baik yang kita lakukan layak disembah dan mendapat pahala, maka kita harus melakukannya dengan ikhlas semata-mata karena Tuhan Yang Maha Esa.

error: This content is protected by DMCA