Yuk Intip Kelebihan dan Kekurangan Samsung A21s

tukarpikiran.com – Galaxy A21s adalah salah satu hp termurah di seri hp Samsung A 2020. Meski begitu, masih banyak yang belum tahu terkait kelebihan dan kekurangan Samsung A21s ini. Oleh karena itu kami akan mengulasnya secara lengkap pada kesempatan kali ini.

Ini istimewa karena dua alasan: ia memiliki baterai 5.000mAh di bawah kap, dan ditenagai oleh prosesor Exynos 850. Exynos 850 adalah yang pertama rendah -biaya chipset yang dibangun Samsung pada node proses 8nm, yang juga digunakan pada Exynos 9820 Galaxy S10 tahun lalu.

Hasilnya seharusnya cukup efisien, dan memasangkannya dengan baterai besar adalah langkah yang cerdas. Tapi daya tahan baterai bukan satu-satunya hal yang dicari di smartphone. Orang-orang juga menginginkan layar yang bagus, kamera yang bagus, dan kinerja yang cepat, bahkan di hp yang terjangkau.

Kekurangan dan Kelebihan Samsung A21s

Berapa harga Galaxy A21s di semua departemen tersebut? Jawaban atas pertanyaan ini sudah agak terjawab di judul ulasan ini, tetapi Anda harus terus membaca untuk detail yang lebih baik.

Desain dan Layar Galaxy A21

A21s memiliki desain polos yang kami harapkan dari ponsel kelas menengah Samsung yang terjangkau. Ponsel ini memiliki bagian belakang plastik dengan lapisan gradien yang memantulkan cahaya dengan indah.

Bagian belakangnya benar-benar polos, tanpa ukiran dan pola yang Anda lihat di perangkat seperti Galaxy A51. Ini terlihat ramping, dan ponsel juga terasa nyaman di tangan, sebagian karena bobot yang disebabkan oleh baterai 5.000mAh di dalamnya.

Sayangnya, sisi depan ponsel adalah cerita yang berbeda. Layar Infinity-O 6,5 inci, dengan lubang di sudut kiri, merupakan panel LCD dan memiliki resolusi HD+, sehingga agak kusam dan tidak terlalu tajam.

Galaxy A20s memiliki layar yang sama persis, jadi tidak ada peningkatan di sini. Maksud saya, layar menyelesaikan pekerjaan, tetapi layar AMOLED akan jauh lebih baik dan akan meningkatkan pengalaman menonton secara signifikan.

Galaxy A21s memiliki pembaca sidik jari yang menghadap ke belakang. Sementara Samsung telah sangat meningkatkan respons dan akurasi sensor sidik jari dalam-tampilannya tahun ini, saya masih berpikir pembaca fisik adalah fitur ponsel apa pun dengannya.

Ini tidak mewah, tetapi ini adalah teknologi pengenalan sidik jari tercepat dan paling akurat, kecuali kelemahan yang jelas terletak di bagian belakang dan mengharuskan seseorang untuk mengangkat telepon sebelum menggunakannya.

Kamera Galaxy A21s

Galaxy A21s memiliki empat kamera belakang. Namun tidak seperti ponsel seri-A yang lebih mahal, dua di antaranya – kamera kedalaman dan makro – memiliki sensor 2 megapiksel.

Kamera kedalaman hanya digunakan untuk memburamkan latar belakang dalam foto bokeh dan berfungsi dengan baik meskipun resolusinya terbatas, tetapi foto makro tidak memiliki banyak detail untuk ditawarkan.

Dan karena ini adalah lensa fokus tetap, sulit untuk mendapatkan jarak yang tepat ke subjek dengan kamera makro, dan itu sering kali berarti Anda akan mendapatkan gambar di luar fokus. Kamera makro ada jika Anda membutuhkannya, tetapi kualitasnya meninggalkan banyak hal yang diinginkan.

Kamera utama beresolusi 48 MP mampu mengambil gambar dengan detail yang sangat baik dan warna-warna cerah di siang hari. Rentang dinamis biasanya juga bagus. Namun, pertunjukan malam itu membuat frustrasi.

Detail hilang saat mengambil gambar di dalam ruangan dalam pencahayaan buatan, dan noise merayap masuk saat mengambil foto dengan cahaya rendah.

Seperti Galaxy A31 dan A41, A21s tidak memiliki mode malam khusus, jadi tidak ada cara untuk meningkatkan kualitas foto cahaya rendah secara manual. Ponsel ini juga tidak memiliki mode lain seperti gerakan lambat dan parameter hiper.

Kamera ultra-lebar sangat berguna, meskipun kualitas gambarnya sangat rata-rata. Selfie dengan kamera 13MP memiliki detail yang cukup dan warna yang akurat, tetapi ada banyak noise dalam kondisi cahaya rendah dan detailnya hampir hancur total.

Tidak ada yang unik di sini – hanya saja kinerja kamera selfie di segmen ini cenderung tidak peduli ponsel apa yang Anda ambil. Dan ya, Anda juga dapat mengambil foto bokeh menggunakan mode fokus langsung dari kamera depan. Anda dapat menyesuaikan tingkat keburaman latar belakang saat bepergian atau setelah mengambil foto, tetapi tidak ada efek latar belakang yang dapat dipilih.

Performa Galaxy A21

Exynos 850 di dalam Galaxy A21s efisien, tetapi kinerjanya hampir tidak memuaskan. Saya telah melihat kelambatan dalam semua yang saya coba lakukan, baik itu membuka aplikasi, beralih antar aplikasi, atau membuka layar beranda.

Mengklik tautan di dalam aplikasi seperti Slack terkadang membuat saya menunggu sekitar dua detik sebelum membuka browser, yang membuat saya frustrasi karena saya merasa itu memperlambat pekerjaan saya. Unit ulasan saya memiliki RAM 3 GB, tetapi alternatif dengan RAM 4 GB yang berlokasi di kantor kami di Belanda tidak lebih baik.

Anehnya, kamu bisa memainkan PUBG dan Call of Duty menggunakan pengaturan grafis minimal dengan frame rate yang cukup mulus. Saya pikir resolusi layar yang lebih rendah tidak terlalu membebani GPU, tetapi sekali lagi, Anda harus berada pada pengaturan grafis terendah untuk mendapatkan frame rate yang dapat di-boot.

Apa pun di atas level rendah memperlambat laju bingkai menjadi merangkak. Game yang lebih sederhana, seperti Clash of Clans atau Monument Valley, bekerja seperti sulap, seperti yang Anda harapkan dari smartphone mana pun di zaman sekarang ini.

Sejujurnya, kinerja pada A21s tidak terlalu buruk, tetapi Anda harus memperhitungkan fakta bahwa Samsung menjual perangkat seperti Galaxy M21 dan M31 di segmen yang sama. Kedua ponsel menawarkan kinerja dan spesifikasi yang jauh lebih baik.

Di India, M21 jauh lebih murah daripada A21 dan M31 juga sedikit lebih murah, yang menjadikannya pilihan yang lebih baik. Di banyak pasar Eropa dan Asia, M21 dan M31 berharga hampir €10-20 lebih mahal daripada A21, menjadikan ponsel seri-A ini sebagai entri yang dipertanyakan di segmen harga ini (hal yang akan saya tinjau kembali dalam penilaian ulasan ini).

Perangkat Lunak Galaxy A21s

Kelebihan dan kekurangan Samsung galaxy A21s memiliki perbedaan sebagai hp Galaxy pertama yang menjalankan versi dasar One UI 2.1. Tag Core berarti hanya memiliki fitur paling sederhana, mirip dengan ponsel seri Galaxy M.

Anda tidak mendapatkan fitur tradisional Samsung seperti Always On Display atau Secure Folder, yang tersedia di ponsel Galaxy M, dan tidak ada fitur baru seperti Satu perekam layar UI 2.0.

Fungsi berbagi satu UI 2.1 yang sangat baik disertakan, tetapi ini adalah pengalaman perangkat lunak barebone secara keseluruhan, seperti yang diharapkan dari perangkat Galaxy di ujung bawah skala harga.

Tentu saja, fitur Android 10 seperti Digital Wellbeing dan gerakan navigasi Google disertakan, seperti juga fitur Samsung seperti dukungan tema, Dual Messenger, Game Launcher, dan mode satu tangan.

Galaxy A21s harus mendapatkan pembaruan Android 11 dan One UI 3.0 di beberapa titik, dan kami dapat mengharapkannya diperbarui ke Android 12 juga. Samsung akan mendorong pembaruan keamanan baru untuk perangkat setiap tiga bulan. Pembaruan keamanan harus sampai pada frekuensi ini setidaknya selama tiga tahun.

Suara Galaxy A21, Kualitas Panggilan

Kelebihan dan kekurangan Samsung A21s tidak dilengkapi dengan earbud di dalam kotak, jadi Anda hanya memiliki speakerphone kecuali Anda memiliki headphone sendiri. Speaker memiliki kualitas anggaran yang biasa, dengan volume yang cukup untuk ruangan kecil yang sunyi tetapi tanpa distorsi yang memengaruhi suara bahkan pada volume maksimum.

Ada dukungan Dolby Atmos, yang bekerja melalui audio kabel dan Bluetooth dan meningkatkan efek stereo dan surround saat diaktifkan. Panggilan masuk dan keluar dengan baik di A21, tanpa masalah kualitas suara di kedua sisi. Performa jaringan juga bagus, dengan kekuatan sinyal yang sangat baik di kedua kartu SIM.

Masa Pakai Baterai Galaxy A21s

Exynos 850, seperti yang disebutkan sebelumnya, adalah chip murah pertama Samsung yang dibangun pada proses 8nm perusahaan, dan sangat efisien. A21 bertahan sekitar dua hari penuh setelah pengisian penuh pertama mereka, yang sangat mengesankan.

Anda akan menemukan bahwa hampir tidak mungkin untuk menguras A21 dalam sehari bahkan dengan penggunaan yang berat. Masa pakai baterai yang legendaris adalah fitur paling menarik dari ponsel ini. A21s bertahan lebih lama dari Galaxy M31 dengan baterai 6000mAh, dan baterai 5000mAh tidak diragukan lagi memiliki prosesor yang lebih efisien dan resolusi layar yang lebih rendah untuk membantunya.

Galaxy A21s mendukung pengisian cepat 15W, dan baterai berubah dari 0 hingga 100 hanya dalam waktu dua jam. Ini mirip dengan apa yang kita lihat di ponsel Galaxy anggaran lainnya dengan baterai 5.000mAh yang lebih dari cukup mengingat betapa hebatnya masa pakai baterai.

Aturan Galaxy A21

Jika masa pakai baterai adalah prioritas bagi Anda, Anda mungkin sangat senang dengan Galaxy A21s. Namun, jika Anda tinggal di pasar di mana Samsung menawarkan Galaxy M21 atau Galaxy M31 untuk dijual, A21s adalah hp yang harus Anda abaikan sepenuhnya.

Hemat uang dan beli ponsel seri M, atau mungkin lihat Galaxy A31 (baca ulasan kami di sini) jika tersedia di negara Anda. Semua ponsel ini jauh lebih baik dengan sedikit uang ekstra dan membuat Galaxy A21s tampak seperti ponsel yang tidak perlu.

error: This content is protected by DMCA