11 Rekomendasi Laptop Gaming Tipis Murah 2022

tukarpikiran.com – Pergeseran zaman yang menuntut serba praktis dan cepat mempunyai pengaruh yang cukup signifikan terhadap perkembangan laptop gaming. Kini, sebagian besar orang tidak lagi mengingkan laptop gaming yang besar dan berat. Nah, karena itu, kami akan merekomendasikan laptop gaming tipis yang bisa dulur-dulur pilih.

Fakta yang terjadi perkembangan laptop gaming begitu pesat setiap tahunnya. Tidak hanya dari segi spesifikasi dan fungsi yang sangat baik, tetapi juga dari segi desain. Mengingat hal tersebut, para gamer seringkali harus mengeluhkan bodi dan bobot laptop gaming yang tidak besar atau ringan.

Oleh karena itu, beberapa produsen laptop gaming mulai memperbarui desain dan dimensi tampilan mereka dengan penawaran terbaru mereka untuk membuatnya lebih tipis dan lebih ringan. Hal ini tentu saja sebagai upaya untuk memepertahankan pengguna setia produk mereka dan menarik perhatian calon konsumen lain.

Daftar Laptop Gaming Tipis Terbaik 2022

Saat pertama kali memasuki pasar, laptop gaming berbeda dari laptop konvensional, yang memiliki bodi besar dan bobot yang jauh dari ringan karena komponen performanya yang tinggi.

Namun perlahan tapi pasti berkat kecanggihan teknologi, komponen dengan fitur tersebut bisa “menyusut” agar sesuai dengan ukuran laptop yang lebih tipis dan ringan. Nah agar dulur-dulur tidak kebingungan lagi dan dapat menghemat waktu, berikut adalah beberapa laptop gaming tipis terbaik di luar sana.

ASUS ROG Zephyrus G14

Rekomendasi pertama kami datang dari ASUS ROG Zephyrus G14 yang nyaris sempurna untuk gaming. Laptop gaming ini sendiri dibekali dengan layar IPS berukuran 14 inci dengan refresh rate hingga 120Hz dan resolusi FHD. Cocok untuk yang suka game bertipe FPS.

Untuk spesifikasinya sendiri, laptop gaming tipis 2022 dan bertenaga ini menggunakan prosesor AMD Ryzen 4000 series, dengan GPU NVIDIA GeForce RTX 2060 yang dipadukan dengan RAM DDR4 32GB dan media penyimpanan SSD M.2 hingga 1TB.

Alienware M15 R4

Laptop gaming tertipis berikutnya adalah Dell dengan seri Alienware, yang dikenal sebagai laptop gaming terbaik di ukurannya. Namun kini dengan adanya M15 R4, Alienware telah membantu menciptakan laptop gaming dibawah 30 juta yang ramping.

Dikelilingi oleh layar 15,6 inci dengan resolusi FHD dengan kecepatan refresh hingga 144Hz. Spesifikasi laptop gaming ini juga sudah dibekali prosesor Intel Core i7 Generasi ke-10 dengan GPU NVIDIA GeForce RTX 3070 yang dipadukan dengan RAM 16GB DDR4 dan media penyimpanan SSD 512GB M.2.

Salah satu fitur dari laptop gaming tipis ini adalah teknologi canggih Alienware Cryo-Tech yang dijuluki teknologi termal, yang mempertahankan kinerja optimal saat memainkan berbagai game berat.

Gigabyte Aero 15 OLED

Laptop gaming ini menjadi bukti bahwa laptop gaming yang tangguh tidak harus berbobot berat dan berukuran jumbo. Laptop laptop gaming tipis 2021 ini menggunakan panel OLED dengan layar 15,6 inci dengan resolusi UHD 4K.

Desain yang dihadirkan juga tidak sebesar laptop gaming pada umumnya, sehingga cocok bagi dulur yang menyukai tampilan simpel dan digunakan untuk aktivitas berat selain gaming.

Laptop gaming ini memiliki spesifikasi berupa prosesor Intel Core i7 Generasi ke-10 dengan GPU NVIDIA GeForce RTX 2070 yang dipadukan dengan RAM DDR4 16GB dan penyimpanan SSD 512GB.

  9 Daftar Rekomendasi Laptop Gaming 12 Jutaan 2022

Dell XPS 15 2-in-1

Lalu ada Dell XPS 15 2-in-1, yang secara default tidak diklasifikasikan sebagai laptop gaming tipis murah. Namun, spesifikasi yang dihadirkan laptop ini cukup mumpuni untuk memenuhi kebutuhan gaming dulur dengan memainkan game-game terbaru pada setting low visual.

Kualitas layarnya termasuk jagoan dengan layar sentuh beresolusi 4K 15,6 inci dan bezel tipis di hampir setiap sisi. Untuk spek yang dihadirkan, laptop ini menggunakan prosesor Intel Core i7 Generasi ke-8 dan GPU Radeon RX Vega M GL yang kemudian dipadukan dengan RAM 16GB DDR4 dan media penyimpanan SSD 512GB.

Razer Blade Stealth 13

Dengan ketebalan kurang dari 2cm, laptop ini sangat direkomendasikan bagi dulur yang mencari laptop gaming tertipis tahun 2022. Razer Blade Stealth 13 juga dilengkapi layar FHD 13,3 inci, dengan pilihan panel OLED layar sentuh 4K dengan kecepatan refresh hingga 120Hz.

Selain mampu menghadirkan kualitas visual yang maksimal, laptop gaming tipis terbaik ini ditenagai oleh prosesor Intel Core i7 Generasi ke-11 dengan RAM 16GB DDR4 dan GPU NVIDIA GeForce GTX 1650 Ti yang dipadukan dengan 512GB untuk performa optimal untuk menghancurkan game-game berat. media penyimpanan SSD.

MSI GS65 Stealth

Dengan ketebalan hanya 1,7 cm dan ditenagai oleh prosesor Coffee Lake, MSI GS65 Stealth bukan hanya laptop gaming tipis ringan, tetapi juga yang paling tangguh untuk game berat. Mungkin tidak sekuat ASUS ROG Zephyrus G14 sebelumnya, namun built-in yang dibawanya cukup mumpuni untuk memainkan game-game terbaru.

GS65 Stealth ditenagai oleh prosesor Intel Core i7 Generasi ke-8 dengan GPU NVIDIA GeForce GTX 1070, RAM 16GB DDR4 dan penyimpanan SSD M.2 512GB. Ini juga memiliki layar FHD 15,6 inci dengan kecepatan refresh tinggi 144Hz.

Asus ROG Zephyrus GX501

Laptop gaming tipis selanjutnya berasal dari Asus. Asus telah mengambil alih industri laptop gaming selama beberapa tahun terakhir. Mereka menghadirkan laptop gaming dengan desain yang sangat imut, tipis dan elegan. Rasanya seperti sedang memegang laptop ultrabook yang tidak membutuhkan tas untuk diisi.

Laptop gaming ini didukung oleh CPU Intel Core i7 generasi terbaru i7-8750H yang sudah memiliki 6 core. Berbeda dengan generasi sebelumnya yang hanya memiliki 4 core. Performanya juga sangat cepat. Mitra CPU Core i7-8750H adalah GPU NVIDIA GeForce GTX 1080.

Dengan resolusi Full HD, dulur sekalian akan mendapatkan gambar yang tajam dan frame rate yang tinggi saat memainkan game terbaru. Ini benar-benar mahal, tetapi dulur akan mendapatkan pengalaman bermain game yang belum pernah Anda rasakan sebelumnya.

Razer Blade 15

Masih dengan Razer kali ini, ini adalah Blade 15, laptop gaming Razer terbaik hingga saat ini. Blade 15 yang dirilis kemarin di tahun 2020 ini memuat spesifikasi terbaik untuk digunakan dalam berbagai aktivitas seperti editing video maupun game. Bisa dibilang, laptop ini adalah laptop gaming pemula yang multifungsi ya lur.

Untuk lebih jelasnya, Blade 15 dipersenjatai dengan prosesor Intel Core i7 Generasi ke-11, GPU NVIDIA GeForce RTX 3070, RAM 16GB DDR4 dan penyimpanan SSD 512GB. Sedangkan untuk layarnya, Blade 15 tidak dimitigasi dengan menghadirkan layar seluas 15,6 inci dengan resolusi FHD dan refresh rate 144Hz.

  Laptop Gaming 10 Jutaan 2022 Terbaik

Razer Blade Pro 2018

Laptop ini sering digadang-gadang sebagai MacBook gaming. Mengapa? Kami mencoba melihatnya dari sudut pandang desain. Hampir mirip, kan? Satu-satunya hal yang benar-benar membedakannya adalah warna hitam dengan logo Razer. Desainnya benar-benar cantik.

Desain laptop ini juga mendobrak poin bahwa laptop gaming tidak harus norak dan sok. Seperti laptop Asus yang disebutkan sebelumnya, laptop ini juga mendukung CPU Intel Core i7-8750H 6-core. GPUnya adalah NVIDIA GeForce GTX 1070. Namun, dulur bisa mendapatkannya dengan harga lebih murah meski dengan spesifikasi yang di bawah laptop ini.

MSI GS63VR 7RG

Laptop gaming tipis selanjutnya adalah dari pabrikan Taiwan lainnya bernama MSI. MSI juga telah menghasilkan banyak produk berkualitas tinggi yang sangat kompetitif dengan pesaing lainnya.

Sebelumnya MSI merilis laptop gaming dengan bodi yang cukup tebal, dan kini untuk memenuhi permintaan pasar akan laptop gaming yang lebih tipis, MSI meluncurkan seri GS63VR. Berbeda dengan Asus Zephyrus di atas, laptop ini masih menggunakan prosesor Intel Core i7 Kaby Lake.

Untuk GPU, laptop ini menggunakan GTX 1070. Sistem pendinginnya juga sangat bagus. Itu karena 41 bilah kipas dapat meningkatkan aliran udara hingga 30% dan juga terdapat 5 heat pipe yang bisa membuat laptop ini lebih sejuk.

Gigabyte Aero 15X v8

Laptop gaming ramping terakhir adalah dari Gigabyte. Kami akui desainnya sangat imut. Notebook ini hadir dalam 3 varian warna. Hitam, oranye dan hitam. Selain itu, ukurannya juga tidak terlalu besar. Ini karena bezelnya tipis dan tidak sebesar laptop 15 inci pada umumnya.

Sedangkan untuk CPU, laptop gaming ini menggunakan prosesor Intel Core i7-8750H dengan 6 core dan 12 thread. Selain itu, GPU dari laptop gaming ini adalah NVIDIA GeForce GTX 1070. Sesi bermain game pasti lebih menyenangkan dengan laptop ini. Laptop ini bisa digunakan tidak hanya untuk bermain game, tetapi juga untuk bekerja.

Menurut kami, laptop ini juga bisa menjadi alternatif laptop Macbook untuk para gamer. Mengapa? Selain spesifikasinya yang tinggi, layar laptop ini juga dilengkapi dengan X-Rite Pantone untuk memastikan akurasi dan kejernihan warna. Laptop ini juga cocok digunakan sebagai laptop desain.

Cara Memilih Laptop Gaming Tipis

Laptop gaming tipis telah mengubah wajah laptop gaming yang sebelumnya harus tebal. Di masa lalu, ada alasan bagi produsen untuk membuat laptop gaming lebih tebal. Laptop gaming memiliki komponen canggih yang dapat menjalankan game berat pada fps yang dapat dimainkan.

Tentu saja, semakin cepat bagiannya, semakin baik sistem pendingin yang harus dibarengi dengan panas yang hilang saat melakukan pekerjaan berat, terutama saat menjalankan game. Ini mungkin alasan mengapa tubuh laptop gaming (lebih tua) sangat besar.

Nah, beberapa produsen mulai merevolusi penawaran laptop gaming mereka. Mereka tidak takut mendesain laptop gaming tipis setipis ultrabook. Sistem pendingin dirancang untuk memberikan aliran udara yang baik dengan tetap menjaga kondisi yang tepat. Berikut adalah tips memilih laptop gaming tipis yang harus diketahui.

  Yuk Intip 19 Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik 2022

CPU yang Dipakai Laptop

Hal penting  dalam sebuah komputer atau laptop adalah CPU. Tanpa CPU yang cepat, laptop tidak dapat menjalankan game dengan sempurna. Fenomena lain yang bisa terjadi adalah kemacetan.

Kemacetan bisa menghalangi permainan. Layar bisa pecah, yang sangat mengganggu. Sebaiknya cari laptop dengan CPU cepat yang menggunakan Intel Core i7 atau i5 (minimal seri ke-6 atau Skylake) atau Ryzen untuk kubu merah.

Menentukan Kartu Grafis atau GPU

Salah satu komponen terpenting lainnya dalam komputer atau laptop untuk bermain game adalah kartu grafis atau GPU. Beberapa penjual di toko online sering menyematkan embel-embel gaming pada laptop yang mereka jual. Dulur harus berhati-hati agar tidak terjebak dengan penawaran yang tidak sesuai.

Dulur mungkin tertipu karena hanya melihat embel-embel gaming yang ditawarkan. Dulur harus memperhatikan GPU apa yang digunakan laptop gaming tersebut. Kami menyarankan, jika ingin bermain game AAA, belilah laptop dengan GPU NVIDIA GeForce GTX 10.

Biasanya varian terendah yang digunakan pada laptop gaming saat ini adalah GTX 1050. Namun jika ingin memainkan game terbaru dengan resolusi tinggi, pilihlah laptop gaming dengan GPU kelas tertinggi yaitu GTX 1080 Ti.

Memilih Layar dan Resolusi

Pilihlah layar dengan resolusi yang memenuhi spesifikasi kebutuhan dulur saat ini. Pada umumnya laptop dengan GPU GTX 1080 Ti sudah memiliki layar beresolusi 4K.

Perhatikan juga beberapa teknologi yang didukung oleh layar laptop gaming tipis yang akan dulur beli,. Apakah mendukung Free Sync atau G-SYNC. Kedua teknologi tersebut dapat memberikan visual dan grafik yang lebih halus yang tidak akan retak atau sobek.

Pilih Laptop yang Menggunakan SSD

Perangkat keras penyimpanan juga sangat penting. Cari laptop gaming yang sudah berisi satu atau lebih SSD dan HDD dengan SSD untuk penyimpanan atau SSD untuk sistem operasi. Performa yang ditampilkan SSD jauh lebih cepat dibandingkan HDD.

Kesimpulan

Bagi para gamer yang tidak menginginkan laptop gaming dengan desain yang aneh-aneh dan terasa seperti robot, dulur-dulur bisa membeli laptop gaming di atas. Dulur tidak hanya akan dapat bermain dengan puas, tetapi dulur tidak akan malu dengan laptop ini saat dulur membawanya ke pertemuan atau urusan bisnis.

Sejumlah rekomendasi laptop gaming tipis terbaik tahun 2022 ini pasti akan menjadi referensi bagi dulur sekalian yang mencari laptop berukuran tipis dan ringan. Mengingat aktivitas gaming yang dilakukan melalui perangkat laptop saat ini pasti lebih praktis saat digunakan.

error: This content is protected by DMCA