OnePlus 9 Pro vs Samsung Galaxy S21 Ultra: Dua Ponsel Android

tukarpikiran.com – Apakah Ultra mengungguli Pro? Dan berapa harganya? OnePlus 9 Pro diumumkan, yang berarti kita akhirnya bisa menghadapi Android besar pertama yang menderu kerajaan di tahun 2021. Bagaimana cara menangani Samsung Galaxy S21 Ultra yang perkasa?

Kami menganggap Samsung Galaxy S21 Ultra sebagai smartphone terbaik di pasaran saat mendarat pada awal 2021. Namun jika ada yang tahu cara menyoroti industri smartphone, itu adalah OnePlus.

Selain itu, OnePlus 9 Pro memiliki beberapa trik cerdasnya sendiri untuk meningkatkan perpaduan. Jadi mari kita lihat bagaimana kinerja dua ponsel terbesar tahun 2021 dalam pertarungan head-to-head.

Harga dan ketersediaan OnePlus 9 Pro dan Samsung Galaxy S21 Ultra

Samsung Galaxy S21 Ultra muncul lebih awal dari yang diharapkan pada tanggal 29 Januari 2021. Model 128GB entry-level mulai dari $ 1.199 / £ 1.149 / AU $ 1.849, sedangkan model 256GB berharga $ 1.399 / £ 1.349 / AU $ 2.149. Model 512GB menaikkan harga ini menjadi $ 1.599 / £ 1.549 / AU $ 2.449.

Semua ini membuat OnePlus 9 Pro tampak hampir terjangkau, meskipun harganya lebih mahal daripada OnePlus 8 Pro tahun lalu. Model 8GB RAM / 128GB akan membuat Anda mengembalikan $ 969 / £ 829, sementara mendorong hingga 12GB / 256GB akan dikenakan biaya $ 1069 / £ 929.

Ini berarti bagian atas model OnePlus 9 Pro akan lebih murah daripada Samsung Galaxy S21 Ultra yang lebih rendah. Penting untuk mengingat hal ini saat Anda mempelajari spesifikasi komparatif.

Rancangan

Rancangan

Kami menggambarkan Samsung Galaxy S21 Ultra dalam ulasan kami sebagai “smartphone yang tampak hebat”. Sementara OnePlus 9 Pro adalah seperangkat alat yang dirangkai dengan baik, itu tidak cukup menarik untuk menjamin tingkat pujian yang sama.

Bisnis adalah bisnis seperti biasa setelah OnePlus 8 Pro yang ramping dan profesional pada tahun 2020. Anda mendapatkan bingkai kaca dan aluminium yang serupa, dengan tepi membulat halus pada layar dan panel belakang. OnePlus telah mengacaukan modul kamera, membuatnya lebih sedikit. menonjol sebelum mengkuadratkannya dan memposisikannya di sudut kiri.

Ini adalah solusi yang lebih elegan, tetapi tidak cukup imajinatif atau glamor seperti modul kamera terintegrasi mulus pada Galaxy S21 Ultra. Ada banyak hal yang bisa dikatakan tentang penyelesaian Phantom Black Galaxy S21 Ultra. Tidak hanya halus dan elegan, tetapi lapisan matte-nya mengurangi sidik jari dan noda.

Sebaliknya, lapisan Morning Mist OnePlus 9 Pro memiliki sisi yang sangat reflektif yang segera mengambil cetakan berminyak. Ini keren bagaimana pijat refleksi ini berkurang ke arah atas punggung.

Anda juga bisa mendapatkan OnePlus dalam warna Forest Green dan Stellar Black, yang bernuansa matte. Sementara itu, Galaxy S21 Ultra menawarkan berbagai pilihan Phantom Silver, Phantom Titanium, Phantom Navy, dan Phantom Brown.

Meskipun mungkin lebih enak dipandang, Galaxy S21 Ultra jauh lebih berat di kantong. Kami tidak mengacu pada harga yang lebih tinggi ini.

OnePlus 9 Pro berukuran 163,2 x 73,6 x 8,7mm, sedangkan Samsung Galaxy S21 Ultra berukuran 165,1 x 75,6 x 8,9mm. Ini bukan perbedaan besar, tapi yang terpenting adalah perbedaan beratnya. Dengan berat 228 gram, Galaxy S21 Ultra adalah massa yang lengkap, sedangkan OnePlus 9 Pro terasa mudah diatur pada 197 gram.

Salah satu keuntungan desain OnePlus lainnya terletak pada sakelar alarm fisiknya, dengan itu terletak di tepi kanan. Kemampuan untuk beralih antara senyap, suara, dan getaran tanpa mengotak-atik menu sangat jarang di Android.

  Samsung Galaxy Note 21; Harga, Spesifikasi, dan Bocoran

Kedua ponsel memiliki peringkat IP68, sehingga mereka akan menghadapi paparan yang baik terhadap masuknya air dan debu.

Tampilan

Tampilan

Selalu sulit untuk membandingkan dua ponsel terbaik di pasaran. Bagaimana Anda memisahkan yang hebat dari yang hebat – atau dalam hal ini, Pro dari Ultra?

Layar Samsung Galaxy S21 Ultra sedikit lebih besar dari sebelumnya pada 6,8 inci versus 6,7 inci untuk OnePlus 9 Plus. Tapi keduanya AMOLED, dan keduanya berjalan pada 120Hz dan QHD pada saat bersamaan.

Kedua ponsel menggunakan teknologi LTPO untuk menerapkan kecepatan refresh variabel. Ini berarti mereka dapat menghemat energi dengan mengecilkannya dari 120Hz saat melihat gambar diam atau teks. Tetapi sementara Galaxy S21 Ultra dapat turun hingga 10Hz, OnePlus 9 Pro dapat turun hingga 1Hz.

Di sisi lain, kami secara pasti dapat mengatakan bahwa Samsung menjadi sedikit lebih cerah, dengan angka puncak 1.500 nits secara harfiah mengalahkan 1.300 nits OnePlus.

Perbedaan lain datang dari jenis sensor sidik jari di layar yang digunakan kedua ponsel ini. OnePlus 9 Pro menggunakan metode optik yang lebih tradisional, yang tidak semaju atau seaman metode ultrasound pada Galaxy S21 Ultra. Namun, menurut pengalaman kami, ini lebih cepat dan kecil kemungkinannya untuk ditolak.

Namun, Samsung telah meningkatkan banyak hal dengan generasi saat ini, berkat menyediakan area permukaan 1,7 kali lebih banyak.

Kamera

Kamera OnePlus

Sementara Samsung telah membuat ponsel dengan kamera hebat selama bertahun-tahun, OnePlus hanya memasuki liga fotografi besar dengan OnePlus 8 Pro tahun lalu. OnePlus 9 Pro menyarankan itu di sini untuk tinggal.

Samsung Galaxy S21 Ultra dan OnePlus 9 Pro keduanya mengambil bidikan hebat dalam berbagai situasi, tetapi mereka mengambil pendekatan penguasaan yang sangat berbeda. Sementara Galaxy S21 Ultra adalah raja zoom, OnePlus 9 Pro terintegrasi dengan sensor utama khusus yang luar biasa mampu dan beberapa kemampuan video yang menarik.

Dimulai dengan komponen utama, Samsung Galaxy S21 Pro melemparkan semua piksel ke dinding dengan sensor lebar utama 1 / 1,33 “108MP yang besar. Sebaliknya, OnePlus 9 Pro hadir dengan sensor Sony IMX789 khusus 1 / 1,56 inci dengan Resolusi 48MP Keduanya menggunakan pixel binning untuk membuat foto 12MP yang tajam dan cerah, meskipun tentu saja Samsung menggabungkan informasi dari jumlah yang lebih besar dari piksel sekitarnya (sembilan) menjadi satu.
Iklan

Perbedaan piksel ini memantul sebaliknya saat Anda mempertimbangkan solusi ultra-halus terkait. Galaxy S21 Ultra hadir dengan kamera Ultra Wide 1 / 2.55 “12MP, sedangkan OnePlus 9 Pro bekerja dengan sensor 1 / 1.56” 50MP. Yang terakhir ini juga dilengkapi lensa bentuk bebas, yang sangat mengurangi distorsi sebagian besar kerutan dangkal tanpa menggunakan solusi pemrosesan gambar biasa.

Melanjutkan persamaan tersebut, Samsung menangkap bulan dengan dua sensor telefoto 10MP. Salah satunya menawarkan zoom optik 3x yang cukup standar, sementara yang lain melangkah lebih jauh dengan zoom “periskop” 10x. Sebaliknya, OnePlus 9 Plus hanya memiliki satu lensa telefoto 8MP yang dapat di-zoom hingga 3,3x. Ini disertai dengan lensa monokrom 2MP, yang akan meningkatkan bidikan hitam putih Anda.

Sementara ilmu warna khas Samsung terus memecah pendapat (merah itu merah), OnePlus telah mengambil langkah-langkah untuk menyempurnakan mata alaminya dengan berkolaborasi dengan Hassleblad. Bidikan dengan OnePlus 9 Pro pasti berhasil keluar tanpa terlihat aneh. Kedua ponsel dapat memotret foto RAW 12-bit, jika Anda ingin serius dengan mode manualnya.

  Apakah Samsung Galaxy S21 Terdengar seperti Lonceng Kematian untuk Ponsel Android dengan Kartu MicroSD?

Sensor utama OnePlus 9 Pro juga mendukung high dynamic range (DOL-HDR), yang secara efektif memotret satu bidikan pada eksposur pendek dan satu lagi pada eksposur panjang secara bersamaan, alih-alih memotretnya secara berurutan. Ini kemungkinan besar merupakan keuntungan besar untuk rentang dinamis, terutama dalam hal konten video.

Faktanya, OnePlus 9 Pro tampaknya memiliki keunggulan dalam merekam video. Ini dapat mengelola video 8K pada 30 frame per detik versus 24 frame per detik untuk Galaxy S21 Ultra, dan juga menghasilkan kecepatan yang lebih rendah berkat rasio aspek 16:11 yang luar biasa. Sementara itu, OnePlus 9 Pro hanya bisa merekam video 4K pada 120fps (kecepatan Samsung hanya 60fps) untuk mendapatkan resolusi 4K yang lambat.

Samsung rupanya memiliki kategori selfie yang dijahit, berkat kamera depan 40MP, OnePlus 9 Pro setara dengan 16MP.

Spesifikasi dan Performa

Jika Anda telah membaca ini di AS, maka kinerja sangat berkorelasi antara OnePlus 9 Pro dan Samsung Galaxy S21 Ultra.

Orang-orang yang beruntung akan menemukan bahwa kedua ponsel ini didukung oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 888, yang merupakan perangkat Android tercepat saat ini.

Faktanya, Samsung memiliki sedikit keunggulan di sini berkat alokasi memori yang murah hati. Sementara OnePlus 9 Pro mendukung RAM LPDDR5 8 atau 12 GB, Galaxy S21 Ultra mengemas 12 atau 16 GB yang sama.
Iklan

Jika Anda tidak tinggal di AS (atau Cina), OnePlus 9 Pro mengambil keuntungan kinerja yang kecil tapi jelas. Ini karena model global Galaxy S21 Ultra menggunakan chip Samsung Exynos 2100 sebagai gantinya, dan tidak secepat itu. Namun, perbedaan ini tidak begitu mencolok seperti pada ponsel Samsung sebelumnya.

Di luar pembandingan, tentu saja, kami menantang siapa pun untuk menemukan perbedaan kinerja dari penggunaan umum. Ini adalah dua ponsel cepat, dan tidak ada tugas atau permainan yang benar-benar dapat memperpanjangnya.

Berbicara tentang bermain game, OnePlus melakukan banyak perbaikan sistem pendingin ruang uap khusus, yang menjanjikan untuk mencegah panas berlebih (dan mati lemas berikutnya) selama sesi permainan. Penghancuran awal Galaxy S21 Ultra tampaknya menunjukkan bahwa Samsung telah menjauh dari menggunakan ruang uap ini, alih-alih beralih ke solusi grafit.

Satu-satunya hal yang diberikan Galaxy S21 Ultra kepada Anda adalah opsi penyimpanannya. Anda bisa mendapatkannya dengan kapasitas internal 128GB, 256GB, atau 512GB, sedangkan OnePlus 9 Pro hanya hadir dalam 128GB atau 256GB. Tidak ada ponsel yang memiliki slot microSD.

Fitur lain dari Galaxy S21 Ultra – tergantung pada kebiasaan penggunaan Anda – adalah dukungan S Pen. Standar pena Samsung telah berkembang selama bertahun-tahun untuk menjadi yang terbaik dalam hal apa yang dilakukannya, dengan beberapa perangkat lunak canggih yang benar-benar dapat menghidupkan coretan dan catatan tulisan tangan.

Perangkat lunak secara umum adalah titik perbedaan yang sulit untuk dinilai. Kedua antarmuka menawarkan sistem operasi yang kuat dan lancar, bersama dengan akses yang sama ke Google Play Store. Samsung One UI memiliki penggemarnya, dan itu pasti telah meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Ini tidak diragukan lagi memberikan lebih banyak opsi untuk pengguna daya dan tukang reparasi, sementara OS Oksigen pada OnePlus 9 Pro lebih bersih, tidak berantakan, dan lebih kohesif.

  Spesifikasi OnePlus 9 dan Harga, Berikut Reviewnya

Baterai

Baterai OnePlus

Ponsel Samsung memiliki paket daya 5.000 mAh dibandingkan dengan ponsel OnePlus 4.500 mAh, yang mungkin menjelaskan bobotnya yang lebih besar. Layar Samsung Galaxy S21 Ultra memang sedikit lebih besar dan cerah tentunya, sedangkan layar LTPO OnePlus 9 Pro bisa turun ke refresh rate yang lebih rendah.

Pada akhirnya, kedua ponsel ini tunggal. Keduanya akan memberi Anda penggunaan sedang sehari penuh tanpa membuat Anda berkeringat atau mengetuk mode penghemat baterai mereka. Tetapi jangan berharap untuk pergi jauh ke hari kedua penggunaan di sini – terutama dengan resolusi QHD dan kecepatan refresh 120Hz digabungkan.

Kami kemungkinan akan memberikan keunggulan pada Galaxy S21 Ultra karena kapasitasnya yang lebih besar di sini. Tetapi ketika tiba waktunya untuk mengisi ulang, OnePlus 9 Pro membalas.
Iklan

OnePlus 9 Pro tidak hanya hadir dengan pengisi daya di dalam kotak, ini adalah monster batu bata 65W yang akan menyelamatkan Anda dari 1 hingga 100% hanya dalam 28 menit. Galaxy S21 Ultra hanya mendukung pengisian kabel hingga 25W, yang dapat membuat Anda mencapai sekitar setengah dari jumlah itu pada saat yang bersamaan.

Fitur ini juga meluas ke pengisian nirkabel, dengan OnePlus 9 Pro mendukung hingga 50W. Satu-satunya downside: Anda harus membeli pengisi daya OnePlus tertentu, dan harganya tidak murah. Sebagai perbandingan, Galaxy S21 Ultra hanya mendukung pengisian daya nirkabel hingga 15W.

Bawa Pulang

Samsung menciptakan pemukul besar pertama pada tahun 2021 dengan Samsung Galaxy S21 Ultra, dan itu masih merupakan paket lengkap yang fenomenal. Namun, beberapa orang mungkin mulai mempertanyakan nilainya sehubungan dengan kedatangan OnePlus 9 Pro.

Galaxy S21 Ultra bersaing untuk mendapatkan ponsel terbaik di pasar. Serapi dan serapi OnePlus 9 Pro, desainnya sangat aman untuk digunakan dalam percakapan tersebut. Untuk hampir semua hal lainnya, ini diabaikan, karena kedua ponsel memiliki fitur unik.

Galaxy S21 Ultra masih menjadi raja kamera zoom, dengan jenis bidikan yang diperbesar secara optik yang mendekati keajaiban. Tapi OnePlus 9 Pro merespons lagi dengan bidikan yang seimbang, sangat detail, dan sangat lebar, belum lagi beberapa trik video hebat.

Kinerjanya sebagian besar sama, sementara kapasitas baterai yang lebih besar dari Galaxy S21 Ultra diimbangi dengan pengisian ulang OnePlus 9 Pro yang luar biasa cepat. Kedua antarmuka pengguna akan memiliki pembela mereka juga, apakah Anda lebih suka jangkauan pengguna daya Samsung One UI atau kejelasan yang disempurnakan dari OnePlus Oxygen OS.

OnePlus 9 Pro mencapai kemenangan yang jelas dan menentukan dengan harga ratusan dolar lebih murah dari pesaing besarnya. Untuk beberapa ponsel yang sangat lengkap ini, bagi banyak orang, itu semua bisa menjadi uang kembali.

Originally posted 2021-03-27 22:58:07.

📈 TRENDING PENCARIAN

Oneplus 9 Pro 5g- Oneplus 9 Pro Camera - Oneplus 9 Pro Colours - Oneplus 9 Pro Gsmarena - Oneplus 9 Pro Price Philippines - Oneplus 9 Pro Release Date - Oneplus 9 Pro Review - Oneplus 9 Pro Specs -
error: This content is protected by DMCA