Cara Menghapus Akun Gmail dan Akun Google

tukarpikiran.com – Saatnya untuk  menyingkirkan alamat email memalukan yang Anda buat satu dekade lalu. Apakah sudah waktunya untuk menghapus akun Gmail Anda? Tenang saja, berikut sudah kami ulas cara menghapus akun Gmail dan akun Google terlengkap dan termudah yang bisa Anda coba.

Jika Anda lebih suka layanan email yang berbeda atau akhirnya ingin menghapus nama pengguna yang memalukan yang Anda buat bertahun-tahun yang lalu, mudah untuk keluar dari akun Anda.

Hapus akun Gmail secara permanen. Setelah melakukan operasi, semua email dan pengaturan akun akan dihapus. Anda tidak lagi dapat menggunakan alamat Gmail untuk mengirim atau menerima pesan email, dan alamat tersebut tidak akan tersedia untuk digunakan orang lain di masa mendatang.

Cara Menghapus Akun Gmail Tanpa Ribet

Jika Anda tidak lagi membutuhkan Gmail, ini adalah proses cepat dan mudah untuk menghapus alat email dari akun Google Anda. Perlu diingat: Menghapus email tidak akan menghapus seluruh akun Google Anda. Berikut cara melakukannya.

Yang Terjadi Saat Anda Menghapus Alamat Gmail dan Email

Ketika Anda memilih untuk menghapus akun Gmail Anda, semua email dan pengaturan email Anda akan dihapus. Anda tidak dapat lagi menggunakan alamat Gmail untuk mengirim atau menerima email.

Namun, akun Google Anda tidak akan dihapus; Hanya Gmail Anda yang akan dihapus. Anda akan tetap memiliki riwayat aktivitas Google dan pembelian apa pun yang Anda lakukan di Google Play.
Unduh data Gmail Anda sebelum menghapus akun Gmail Anda

Setelah Anda menghapus akun Gmail Anda, Anda tidak akan dapat mengakses email Anda, jadi sangat disarankan untuk mengunduh data Anda terlebih dahulu. Begini caranya.

  • Buka akun Google Anda.
  • Pada panel navigasi di sebelah kiri layar, ketuk Data dan Personalisasi.
  • Temukan bagian di menu “Data dan Personalisasi” yang bertuliskan “Unduh, hapus, atau rencanakan data Anda”.
  • Klik Unduh Data Anda.

Di layar berikutnya, Anda akan melihat semua data Google yang berbeda untuk semua produk dan layanan yang Anda gunakan. Anda dapat memilih data yang ingin Anda sertakan dalam unduhan Anda dengan mencentang kotak di sebelah nama layanan.

Hapus centang yang tidak Anda inginkan, dan pastikan Gmail dicentang. Gulir ke bawah ke bagian bawah halaman. Klik Next Step untuk menyelesaikan proses ekspor.

Namun, menghapus akun Gmail tidak sepenuhnya menghapus akun Google yang terkait dengan alamat email tersebut. Anda masih akan memiliki akses ke semua layanan akun Google lainnya, seperti Google Drive, Kalender, Google Play, dan lainnya. Gmail akan meminta Anda untuk memberikan alamat email alternatif yang akan digunakan untuk masuk ke Akun Google Anda di masa mendatang. Anda juga dapat menghapus riwayat Google Chrome Anda.

Cara Menghapus Akun Gmail

1. Masuk ke akun Gmail Anda di Google.com

2. Klik ikon jaringan di sudut kiri atas dan pilih “Akun.”

3. Di bawah bagian Preferensi Akun, klik Hapus akun atau layanan Anda.

4. Pilih “Hapus Produk”.

5. Masukkan kata sandi Anda.

6. Opsional: Klik Unduh Data untuk menyimpan informasi penting agar tidak terhapus secara permanen.

7. Klik ikon tempat sampah di sebelah “Gmail”.

8. Masukkan alamat email alternatif (tidak boleh alamat Gmail lain).

Pastikan untuk menggunakan alamat email yang dapat Anda akses; Anda harus terus menghapus akun Anda.

9. Klik “Kirim Email Verifikasi”.

10. Buka email dari Google yang seharusnya Anda terima dengan email alternatif Anda.

11. Ikuti tautan hapus dalam pesan.

12. Masuk ke akun Gmail yang ingin Anda hapus, jika diminta.

13. Pilih “Ya, saya ingin menghapus (contoh) @ gmail.com.”

14. Klik “Hapus Gmail”. Kemudian, klik Selesai.

Menurut petunjuk Akun Google, “Jika Anda menggunakan Gmail melalui kantor, sekolah, atau grup lain, hubungi administrator Anda.” Administrator akun adalah satu-satunya orang yang dapat menghapus akun Gmail.

Google tidak menentukan berapa lama Anda harus menunggu untuk benar-benar menghapus informasi Anda setelah mengirimkan permintaan Anda. Jika Anda berubah pikiran, ada kemungkinan untuk memulihkan alamat Gmail dan email Anda.

Jika Anda ingin menghapus seluruh akun Google Anda, bukan hanya alamat email Anda, ada serangkaian langkah lain yang harus Anda ikuti.

Cara Menghapus Akun Google

1. Ikuti langkah 1 sampai 3 di atas.
2. Klik “Hapus Akun dan Data Google”.

3. Masukkan kata sandi Anda.

4. Opsional: Klik Unduh Data Anda untuk menyimpan informasi penting agar tidak terhapus secara permanen.

5. Centang kedua kotak dan klik “Hapus Akun”.

Menghapus seluruh Akun Google Anda berarti konten di akun Google Drive, Google Kalender, dan Google Foto Anda akan hilang dan Anda tidak dapat lagi mengakses langganan yang dibeli di YouTube atau Google Play menggunakan akun tersebut (seperti aplikasi, film, game , musik, dan acara TV). Jika ada browser Google Chrome yang disinkronkan dengan akun Google yang dihapus, informasi browser, termasuk bookmark, juga akan dihapus.

Cara Memulihkan Akun Gmail yang Dihapus

Dimungkinkan untuk memulihkan akun Gmail yang dihapus melalui Layanan Pemulihan Akun Google. Buka halaman login pemulihan akun dan ikuti petunjuknya.

Jika sudah lama sejak Anda menghapus akun Anda, Google memperingatkan bahwa Anda mungkin tidak mendapatkan semua email Anda kembali.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA