Laptop ASUS VS Lenovo, Berikut Ini Perbandingannya

tukarpikiran.com – Jika Anda pernah berbelanja laptop, Anda mungkin menemukan dua merek paling populer di industri PC: Asus vs Lenovo. Meskipun kedua merek memiliki opsi yang bagus, Anda hanya membeli satu laptop dan perlu membuat keputusan cepat.

Itulah mengapa kami menyiapkan panduan ini untuk memberi Anda wawasan tentang merek mana yang perlu dipertimbangkan dalam pembelian Anda berikutnya. Ulasan ini berangkat dari pertanyaan yang serinng diajukan oleh calon pembeli tentang laptop asus vs lenovo bagus mana? Mau tahu jawabannya? Simak sampai akhir ya.

Baca juga: Asus Vivobook Flip 14: Harga dan Spesifikasi Lengkapnya

Gambaran Perbandingan Laptop ASUS vs LenovoPerbandingan Laptop ASUS vs Lenovo

Sebelum kita menyelami perbandingan mendalam antara kedua merek tersebut, mari kita bahas dengan cepat masing-masing dan pahami tempatnya di pasar laptop. Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, ulasan ini adalah lanjutan dari ulasan laptop asus vs lenovo 2020, laptop asus vs lenovo 2019, dan compare laptop asus vs lenovo.

ASUSASUS

Asus secara resmi dikenal sebagai ASUSTeK Computer Inc. ASUS adalah perusahaan elektronik konsumen yang berbasis di Taiwan yang juga dikenal dengan komputer slot tinggi. Empat mantan insinyur perangkat keras Acer mendirikan Asus pada tahun 1989 dan sejak itu tumbuh menjadi perusahaan multinasional yang diakui.

Asus yang merupakan OEM terutama berhubungan dengan komputer, elektronik, dan telepon. Beberapa produknya yang paling populer termasuk ponsel, desktop, monitor, laptop, laptop, komputer tablet, router WiFi, motherboard, dan workstation.

Baca juga: Laptop AMD Ryzen Termurah 2021 Berdasarkan Performa

Asus secara khusus telah membangun nama untuk dirinya sendiri dalam bisnis laptop dengan berfokus pada inovasi terbaru dan kepuasan pelanggan. Selama bertahun-tahun, Asus telah menjadikannya titik untuk membedakannya dari laptop lain dengan fitur-fitur inovatif dan desainnya yang keren.

Bahkan, perusahaan menempati urutan ke-6 penjual PC terbesar berdasarkan penjualan unit untuk tahun 2019. Hal ini berdasarkan laporan keuangan dari Gartner, sebuah firma riset dan konsultan ternama. Perusahaan bersinar dengan laptop standar dan convertible. Beberapa model 2-in-1 yang lebih populer meliputi:

  • Transformers Book
  • VivoBook Flip
  • ZenBook Flip
  • Chromebook

ASUSTek juga bertanggung jawab atas laptop yang tak terhitung jumlahnya di pasaran. Ini sebagian besar dikenal untuk lini laptop Asus yang populer seperti:

  • ZenBook
  • Vivobook
  • ASUSPRO
  • ProArt StudioBook
  • TUF Games
  • Republic of Gamers (ROG Games)
  • Chromebook
  • Seri A
  • Seri B.
  • Seri E.
  • Seri F.
  • Seri N.
  • Seri K.
  • Seri Q.
  • Seri T.
  • Seri U.
  • Seri V.
  • Seri X.

Beberapa laptop Asus terlaris di antaranya adalah Asus ZenBook 13, Asus Chromebook Flip, Asus ROG Strix Scar III, Asus VivoBook S15, dan Asus ZenBook 15.

Lenovo

Lenovo, secara resmi dikenal sebagai Lenovo Group Limited, adalah perusahaan teknologi Cina yang berkantor pusat di Beijing. Didirikan pada November 1984, perusahaan ini awalnya dikenal sebagai Legend dan kemudian berganti nama menjadi Lenovo yang sekarang terkenal.

Meski lebih dikenal dengan produk laptopnya, Lenovo juga merupakan produsen ponsel yang populer. Faktanya, hampir dua tahun setelah memasuki pasar smartphone pada tahun 2012, dengan cepat menjadi penjual smartphone terbesar di China daratan.

Perusahaan juga telah mengakuisisi beberapa perusahaan teknologi. Perusahaan tersebut termasuk IBM, Motorola Mobility, dan Fujitsu. Lenovo, seperti halnya Asus, adalah OEM dan bertanggung jawab atas beberapa smartphone, komputer, tablet, workstation, dan smart TV terpopuler.

Di bidang PC, Lenovo dikenal dengan jajaran laptop populernya seperti:

  • ThinkPad
  • IdeaPad
  • Yoga
  • Legion

Perusahaan juga bertanggung jawab atas font ThinkCentre dan IdeaCentre untuk komputer desktop. Berdasarkan penjualan unit Maret 2019, Lenovo kini menjadi penjual PC terbesar di dunia.

โœ…  Laptop Lenovo ThinkPad Terbaik 2022

Ini berarti saat ini lebih populer dan lebih besar daripada Asus dengan lebih banyak produk di pasaran. Laptop terpopuler adalah Lenovo ThinkPad X1 Carbon, Lenovo Yoga C940, dan Lenovo Legion Y740.

Baca juga: Rekomendasi Laptop AMD Ryzen Terbaru 2021

ASUS vs Lenovo

Sekarang setelah Anda memiliki gambaran kasar tentang sejarah dan tempat merek-merek ini di industri laptop, mari selami lebih dalam bagaimana mereka dibandingkan satu sama lain.

Persamaan antara Asus dan Lenovo

Meskipun Asus dan Lenovo adalah pesaing di pasar laptop karena mereka masing-masing mencoba untuk memenangkan pelanggan, ada beberapa hal yang membuat mereka berada di tempat yang sama. Mari segera beralih ke beberapa kesamaan ini.

Keduanya adalah Merek Laptop Populer

Sementara beberapa orang mungkin berpendapat bahwa Lenovo memiliki lebih banyak eksposur di pasar daripada Asus, tidak dapat disangkal bahwa kedua merek tersebut telah memenangkan hati banyak penggemar teknologi di seluruh dunia.

Peduli dengan Desain dan Kualitas Rancangan

Jika Anda mencari laptop dengan desain terbaik, Anda mungkin berada di persimpangan jalan ketika harus memilih antara laptop Asus dan Lenovo.

Ini karena kedua perusahaan sangat memikirkan kualitas dan desain laptop mereka. Lenovo, misalnya, memberikan pelanggannya berbagai desain dan warna untuk dipilih. Di sisi lain, Asus membuat laptopnya dari bahan yang berbeda untuk memastikan bahwa mereka mendiversifikasi desainnya sebanyak mungkin.

Hal ini memberikan banyak pilihan kepada pelanggan setia kedua merek tanpa merasa puas dengan desain, kualitas, atau warna tertentu. Kedua merek tersebut juga mengemas perangkat keras yang kuat ke dalam laptop mereka sehingga memberikan kinerja tertinggi.

Baca juga: Asus ROG Zephyrus G14 Ulasan Terbaru

Mereka Berdua Memproduksi Laptop Murah

Jika Anda memiliki anggaran yang ketat dan membutuhkan laptop yang dapat digunakan tanpa kehilangan tabungan, Anda dapat mempercayai Lenovo dan Asus. Meskipun keduanya memiliki beberapa opsi yang sangat mahal, kedua merek tersebut menawarkan model premium hingga $ 300. Faktanya, mereka adalah di antara sedikit merek laptop yang jarang mengorbankan desain dan kualitas di atas altar keterjangkauan.

Laptop hemat dari kedua merek sangat penting seperti menjelajahi internet, bermain game ringan, dan melakukan tugas lain yang tidak terlalu menuntut.

Keduanya Menghasilkan Laptop yang Kuat

Akhirnya tidak dapat dipungkiri bahwa baik Asus maupun Lenovo telah merambah pasar laptop yang sangat kompetitif dengan memproduksi laptop berperforma tinggi. Sebagian besar model andalan mereka dikenal dengan kemampuan bermain game, streaming video, pengeditan video, dan pengoperasian produk perangkat lunak tingkat lanjut.

Kedua merek tersebut menawarkan ragam laptop gaming yang kokoh dan pasti memiliki reputasi di komunitas gaming.

Kedua Merek Menawarkan Berbagai Macam Produk

Dalam hal pemilihan produk, Anda akan mendapatkan jajaran produk yang mengesankan dari Lenovo dan Asus. Keduanya berisi laptop untuk penggunaan profesional dan dasar. Jadi, apakah Anda mencari laptop gaming besar, opsi komersial portabel, atau perangkat konvertibel fleksibel, Anda dapat bertaruh pada Asus dan Lenovo.

Asus jelas menawarkan laptop gaming yang lebih baik jadi jika Anda seorang gamer, Anda mungkin ingin lebih mengandalkan merek ini. Jika tidak, dapat dikatakan bahwa kedua merek sangat serbaguna dan dapat menawarkan laptop untuk hampir semua kebutuhan.

Baca juga: Laptop Terbaik Untuk Edit Video 2021

Perbedaan antara Asus dan Lenovo

Seperti kebanyakan merek pesaing, Asus dan Lenovo mencoba mengalahkan satu sama lain dengan menjadi unik dan berbeda dengan caranya masing-masing. Berikut adalah beberapa perbedaan utama antara Asus dan Lenovo, termasuk gaming laptop asus vs lenovo yang bisa menjadi bahan pertimbangan nantinya.

โœ…  Asus Vivobook Flip 14: Harga dan Spesifikasi Lengkapnya

Lenovo Memiliki Pangsa Pasar Lebih Banyak dari Asus

Meskipun kedua merek tersebut tidak dapat disangkal populer di kalangan konsumen elektronik, Lenovo memiliki porsi pasar PC yang lebih besar. Berdasarkan statistik Wikipedia, Lenovo menempati urutan pertama dengan pangsa pasar 24,1%. Ini didasarkan pada unit yang dikirim pada 2019.

Di sisi lain, Asus menduduki posisi keenam dengan pangsa pasar 5,5%. Apa artinya ini? ini mudah. Lenovo mengirimkan lebih banyak produk dibandingkan dengan Asus.

Ini secara langsung diterjemahkan ke basis pelanggan yang lebih besar dan keandalan yang lebih besar. Jika Anda ingin membeli dari merek yang dipercaya oleh jutaan orang di seluruh dunia, Lenovo harus menjadi pilihan yang tepat.

Oleh karena itu, meskipun kedua merek tersebut berada di antara 6 penjual PC tepercaya teratas, Lenovo mendominasi sebagian besar pasar.

Baca juga: Rekomendasi PC Terbaik Untuk Edit Video 2021

Laptop Asus Lebih Tahan Lama Dibandingkan Laptop Lenovo

Selama bertahun-tahun, Asus telah menggunakan daya tahan sebagai nilai jual utama untuk sebagian besar laptopnya. Hal ini memungkinkannya untuk membangun reputasi yang kokoh di pasar terutama di antara konsumen yang ingin berinvestasi pada laptop tahan lama.

Sebagian besar laptop Asus dijamin dengan baik untuk menutupi semua biaya kerusakan yang disebabkan oleh bencana alam. Mereka memiliki berbagai jenis garansi yang mencakup bahkan bagian dari laptop seperti baterai. Hal ini menunjukkan keyakinan akan daya tahan produk mereka dan komitmen untuk menawarkan harga terbaik.

Lenovo, di sisi lain, mengalami masalah daya tahan. Sementara sebagian besar laptop Lenovo dikenal dengan kinerja yang solid, desain yang baik, dan portabilitas, mereka tertinggal dari Asus dalam hal daya tahan. Misalnya, satu penelitian melaporkan bahwa Lenovo memiliki tingkat kerusakan 21,5% dibandingkan dengan Asus ’15, 6%.

Sebagian besar pengguna Lenovo melaporkan bahwa mereka harus memperbaiki laptop mereka dalam waktu satu tahun setelah pembelian. Selain itu, berbeda dengan Asus yang baterainya tahan lama dan bergaransi, baterai laptop Lenovo rentan mengalami malfungsi dan hanya bertahan dalam waktu yang singkat apalagi untuk pemakaian yang lama.

Baca juga: Flashdisk USB 3.0 Terbaik dan Berkapasitas Besar

Asus Menawarkan Nilai Terbaik untuk Uang Dibandingkan dengan Lenovo

Kebanyakan laptop Asus tidak terlalu mahal; Bahkan ada juga yang premium. Jadi, jika Anda mencari laptop hebat dengan spesifikasi bagus dan desain bagus tanpa menghabiskan banyak uang, Anda bisa bertaruh Asus. Jadi, meski kedua merek memiliki beberapa opsi anggaran, Asus jelas lebih peduli dengan kantong Anda daripada Lenovo.

Sebagian besar laptop anggaran Asus ideal untuk tugas-tugas dasar. Dengan kata lain, ini adalah merek yang harus dipilih jika Anda tidak ingin bermain game hardcore, menyiarkan sepanjang hari, atau mengedit video secara profesional. Dengan Asus, biasanya Anda akan mendapatkan apa yang Anda bayar. Ini berarti model premium mereka akan lebih mahal.

Di sisi lain, kebanyakan laptop Lenovo cenderung menampilkan label harga yang lebih tinggi dibandingkan Asus. Ini bisa dimaklumi mengingat perusahaan lebih populer sehingga bisa menaikkan harga tanpa kehilangan pelanggan.

Padahal, jika kita memiliki dua laptop dengan spesifikasi yang sama persis dari Asus dan Lenovo, maka perangkat Lenovo akan dijual lebih dulu meski harganya sangat mahal.

Lenovo menggunakan keunggulan mereknya untuk menaikkan harganya. Kasus yang sama dengan merek lain seperti Apple. Oleh karena itu, meskipun merek ini populer, ini mungkin bukan pilihan yang baik jika Anda mencari laptop murah.

โœ…  10 Laptop Asus Terbaik 2022

Hal yang baik tentang merek ini adalah mereka memiliki penawaran diskon reguler. Jika Anda mengawasi produk mereka, Anda mungkin mendapatkan laptop bernilai baik untuk uang Anda.

Baca juga: Merk Laptop yang Awet dan Berkualitas 2021

Faktor Pembeda Utama

Selain dari desain, portabilitas, dan kualitas pembuatan, komponen perangkat keras yang baik adalah yang membedakan laptop Asus dan Lenovo. Meskipun kedua merek berinvestasi besar-besaran pada perangkat mereka, mereka mencoba untuk menjadi unik dan saling mengungguli tanpa merugikan pelanggan mereka.

Asus awalnya dimulai sebagai produsen motherboard dan masih menjadi pemimpin pasar yang tidak perlu dipersoalkan. Sebagai OEM, Asus dapat mengelola komponen komputernya dengan harga minimum tanpa kerugian.

Dengan cara ini, perusahaan telah memposisikan dirinya sebagai merek yang cocok untuk motherboard kelas bawah dan komputer lain. Beberapa model andalan mereka termasuk layar 4K dan Full HD dengan layar sentuh NanoEdge.

Sebagian besar laptop Asus hadir dengan ukuran layar besar yang membuatnya semakin besar. Mereka juga menggunakan komponen internal terbaru seperti GPU diskrit NVIDIA GeForce MX150 dan CPU Kaby Lake R generasi ke-8 pada beberapa model mereka. Model lain datang dengan ScreenPad dari Asus.

Di sisi lain, Lenovo cenderung lebih fokus pada portabilitas. Meskipun ada beberapa opsi dengan layar besar, ukuran layar rata-rata laptop mereka sekitar 14 inci.

Dalam hal penyimpanan, Lenovo cenderung lebih fokus pada SSD yang lebih cepat daripada HDD. Sebagian besar model Asus, terutama model lama, menggunakan penyimpanan HDD. Perusahaan menggunakan berbagai prosesor di laptop mereka. Ini berkisar dari Core i3s yang kuat hingga Core i9 yang sangat kuat.

Baca juga: Laptop 11 Inch Terbaik 2021 Pilihan Kami

Kapan Memilih Asus?

  • Jika Anda mencari nilai terbaik untuk uang
  • Jika Anda mencari laptop gaming yang lebih baik
  • Jika Anda ingin laptop lebih tahan lama

Kapan Memilih Lenovo

  • Jika Anda menginginkan merek terkenal yang digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia
  • Jika Anda mencari laptop untuk bisnis atau sekolah
  • Jika Anda peduli dengan fitur inovatif dan banyak fitur menarik
  • Jika Anda mencari program yang bermanfaat

Baca juga: Laptop Ringan Terbaik 2021 Rekomendasi Kami

Kesimpulan

Jelas, kedua merek tersebut memiliki volatilitasnya sendiri-sendiri. Merek yang Anda pilih bergantung pada apa yang ingin Anda lakukan dengan laptop tersebut dan apa yang secara khusus Anda cari. Misalnya, jika Anda mencari nilai terbaik untuk uang Anda, Anda harus mempertimbangkan Asus di Lenovo.

Plus, jika Anda menginginkan laptop yang tahan lama untuk penggunaan dasar atau rig gaming yang kokoh, kami merekomendasikan Asus. Di sisi lain, Anda harus membeli laptop Lenovo jika Anda menginginkan sesuatu yang dipercaya banyak orang, menawarkan teknologi terbaik dengan rangkaian laptop yang sehat untuk bisnis dan sekolah.

Originally posted 2021-04-29 21:44:48.

error: This content is protected by DMCA