15 Laptop Desain Grafis 5 Jutaan Terbaik 2022

tukarpikiran.com – Laptop desain grafis 5 jutaan adalah jawaban untuk para desainer pemula yang memiliki budget terbatas. Dulur tidak perlu khawatir atau pun ragu dengan kualitas yang ditawarkan. Pasalnya, laptop di kelas ini sudah bisa dipakai untuk menangani berbagai aktivitas desainer sampai yang berat sekalipun.

Sebagaimana yang sudah umum diketahui, kebutuhan akan desain grafis saat ini sangat tinggi. Terutama bagi mereka yang bekerja di bidang desain seperti desain bangunan atau periklanan. Tentunya untuk mendukung hal tersebut, dulur membutuhkan laptop yang mumpuni untuk desain grafis.

Dengan harga segitu, laptop sudah menawarkan spesifikasi yang sangat teruji, sehingga bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan saat mendesain. Hal yang sama berlaku untuk menjalankan aplikasi desain grafis yang berat.

Tips Mudah Memilih Laptop Desain Grafis Terbaik

Sebelum memutuskan untuk membeli laptop, dulur perlu mengetahui beberapa faktor. Terutama bagi yang membutuhkan laptop dengan kemampuan desain grafis yang baik. Jadi, dulur perlu mengetahui terlebih dahulu beberapa hal yang perlu diperhatikan. Dulur bisa menyimak tips di bawah ini untuk lebih jelasnya.

Meninjau Spesifikasi Layar Sesuai Kebutuhan

Yang perlu diperhatikan bukan hanya spesifikasi dan fungsi mesinnya saja, tetapi juga jenis layar yang bagus untuk desain grafis. Misalnya, layar LCD atau LED, high frame tinggi, serta menggunakan kartu grafis NVIDIA Geforce.

Semakin baik spesifikasi layar laptop desain grafis 5 jutaan 2022 yang dipilih, maka akan semakin nyaman dulur saat mendesain nantinya. Setiap detail hasil desain terlihat lebih jelas dan realistis, serta dapat meminimalkan kesalahan yang dapat dilakukan saat mendesain.

Selain itu, jangan lupa untuk memilih laptop dengan kerapatan warna yang tinggi. Hal ini juga penting untuk memudahkan dalam membedakan warna sesuai keinginan klien. Apalagi di zaman sekarang ini, jumlah warna sangat banyak dan secara umum ini menjadi poin penting saat mendesain.

Cari Spesifikasi Sesuai Kebutuhan

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah memperhatikan spesifikasi minimum yang dapat digunakan saat melakukan desain grafis. Meskipun semua laptop memiliki spesifikasi yang cukup mumpuni dan canggih, tetapi beberapa laptop menawarkan spesifikasi yang lebih ketimbang kompetitornya.

Mulai dari chipset yang mampu menampilkan gambar secara detail, penggunaan yang responsif, dan kemampuan menjalankan aplikasi dengan baik. Hal ini mungkin tampak tidak penting bagi sebagian orang, tetapi sebenarnya memiliki dampak besar dalam hal desain.

Tentu saja, untuk kelas laptop desain grafis 5 jutaan terbaik, dulur dapat mengharapkan spesifikasi yang lumayan. Karena kebanyakan laptop dengan harga segitu sudah mulai menawarkan banyak kelebihan. Di sini dulur hanya perlu memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan desain grafis dulur saat ini.

Pilihlah Laptop dengan Baterai Awet

Membuat proyek desain grafis tidak mudah dan memakan waktu. Itulah mengapa dulur harus mengimbanginya dengan memilih laptop dengan daya tahan baterai yang awet, sehingga dulur tidak perlu sering mencharger. Karena jika sering mencharger laptop setiap hari, kinerja baterai juga akan menurun.

Bukan tidak mungkin baterei laptop pada akhirnya memiliki umur pendek dan dapat merusak laptop. Selain itu, memilih laptop dengan baterai awet akan membuat lebih nyaman menggunakannya. Di mana ketika bepergian, dulur tidak perlu khawatir jika tidak berada di dekat colokan.

Memilih Laptop dengan Memori Besar

Persyaratan desain grafis pasti membutuhkan ruang penyimpanan untuk menyimpan file mentah atau hasil desain. Mengingat file desain, dapat memiliki ukuran yang cukup besar. Juga, aplikasi atau perangkat lunak desain grafis apa pun biasanya memiliki ukuran yang sangat besar bersama dengan banyak file penting.

Jadi, jika laptop dulur tidak memiliki memori yang besar, dulur akan kesulitan melakukan backup atau menyalin data yang tersimpan. Saat mendesain, setidaknya harus menginstal beberapa aplikasi pengeditan secara bersamaan. Tentunya secara tidak langsung juga dapat menambah beban atau kapasitas yang akan ditampung oleh storage laptop yang ada.

Syarat Minimum Laptop untuk Desain Grafis

Profesi desain grafis saat ini sangat digemari oleh para generasi muda milenial. Karier di bidang desain grafis juga dipandang sebagai tantangan yang mengasyikkan. Laptop umumnya lebih disukai daripada PC untuk mendukung pekerjaan desainer. Karena laptop bersifat kompak, portabel, dan lebih hemat energi daripada PC.

Jadi, laptop untuk desain grafis biasanya memiliki spesifikasi yang cukup untuk mendukung proses menggambar atau mengedit. Tetapi bagi mereka yang memiliki anggaran terbatas, laptop untuk desain grafis pemula sudah banyak tersedia seharga Rp. 5 jutaan. Yuk simak apa saja syarat minimumnya di bawah ini:

  15 Rekomendasi Laptop Asus 9 Jutaan 2022 Terbaik

Punya Sistem Pendingin

Hal ini sangat penting untuk laptop desain grafis. Alasanya adalah kemungkinan perangkat menjadi panas karena persyaratan sistem laptop untuk desain grafis. Panasnya laptop bisa berbahaya dan dapat merusak laptop. Setidaknya laptop memiliki sistem pendingin yang baik seperti liquid cooler, atau setidaknya kipas angin.

Tapi jangan khawatir. Jika dulur memilih salah satu di antara daftar laptop desain grafis 5 jutaan terbaik yang kami rekomendasikan di abwah ini, sistem pendinginnya tetap mempertahankan kualitas terbaik.

Spesifikasi Mumpuni

Dalam hal spesifikasi, pilihlah layar laptop yang nyaman untuk sudut pandang saat melihat ke monitor. Tidak harus besar asalkan nyaman digunakan. Laptop desain juga perlu memiliki prosesor yang kuat, karena prosesor bertindak sebagai otak selama proses rendering.

Untuk desain, sebaiknya gunakan prosesor Intel dengan seri Core atau kecepatan minimal 2,2 GHz. Tapi jangan khawatir, laptop grafis dengan prosesor kelas atas sering dijual seharga 5 juta per unitnya. Untuk kartu grafis, disarankan memilih laptop yang menggunakan Nvidia GeForce yang sudah terkenal di bidang VGA.

Atau, dulur juga dapat menggunakan merek ATI Radeon. Pastikan juga laptop tersebut memiliki memori 1GB atau 2GB agar berjalan lancar selama proses pengeditan. RAM harus kuat, tetapi dengan memori setidaknya 4-8 GB seharusnya lebih cepat saat digunakan.

Jangan lupa juga, pilih hard drive dengan kapasitas yang besar, karena aplikasi desain biasanya cukup besar. HDD minimal 500GB dan 1TB. Jika memiliki anggaran yang cukup, pertimbangkan untuk membeli SSD bawaan, sehingga prosesnya akan lebih cepat.

Daftar Laptop untuk Desain Grafis Harga 5 Jutaan

Ada banyak sekali rekomendasi laptop desain grafis 5 jutaan, dan masing-masing tipe memiliki kelebihan dan kekuranganny. Nah, buat dulur yang sudah sangat penasaran, bisa menyimak rekomendasi laptop yang cocok untuk desain grafis di bawah ini.

Acer Aspire 341S

laptop untuk desain grafis dan video editing 5 jutaan

Acer adalah merek atau brand pertama yang bisa dipilih, dan salah satunya adalah seri Acer Aspire 341S. Seri ini menawarkan lebih banyak manfaat: prosesor yang kuat, layar dengan NVIDIA Geforce, dan banyak lagi.

Laptop ini dikabarkan dibuat khusus untuk bermain game, dan bahkan Acer mengklaim bahwa itu 20% lebih baik saat bermain game. Tentu saja, jika dulur dapat memainkan game berat dengan laptop ini, seharusnya tidak kesulitan menggunakannya untuk menjalankan aplikasi desain.

Terlebih lagi, Acer Aspire 341S memiliki desain yang cukup luas sehingga sangat nyaman untuk digunakan dalam waktu lama. Dengan bentuknya yang simpel dan modern, laptop untuk desain grafis dan video editing 5 jutaan ini akan membuat dulur betah dengan kegiatan desain grafis.

Jika anda berminat dengan laptop dari Acer ini, dulur bisa menyiapkan budget sekitar Rp. 4.999.000. Yah masih terbilang cukup murah untuk laptop dengan Core i3, NVIDIA Geforce, dan optimasi software 20% lebih berat.

Asus X441UA-WX099D

laptop desain 5 jutaan

Berbekal RAM 4GB serta prosesor Intel Core i3, seri Asus ini patut dicatat sebagai laptop desain 5 jutaan yang sangat baik. Dengan spesifikasi tersebut, dulur dapat menjalankan berbagai aplikasi pengeditan.

Laptop ini didesain sesuai dengan permintaan atau saran dari konsumen, sehingga dulur bisa mendapatkan laptop yang lebih kompak. Laptop ini jua memiliki prosesor yang mumpuni dan dapat memenuhi semua harapan.

Selain itu, laptop ini juga memiliki kapasitas penyimpanan hingga 500 GB. Tentu saja, ukuran ini memberi lebih banyak kebebasan untuk menginstal aplikasi tambahan, menyimpan desain, atau kebutuhan lainnya.

Untuk harga pasaran, Asus ini dibandrol dengan harga yang cukup murah yaitu Rp. 5.150.000 Harga ini termasuk harga yang murah dibandingkan laptop terbaru lainnya.

Asus VivoBook Max X441BA

Laptop 5 jutaan

Laptop dari Asus tidak hanya menawarkan seri laptop terbaru yaitu Asus VivoBook Max, tetapi selalu memberikan pengalaman pengguna. Laptop ini sendiri sangat bagus dari segi performa dan multimedia. Jika  sedang membutuhkan laptop untuk desain grafis, laptop ini bisa menjadi salah satu pilihan.

Laptop 5 jutaan ini mendukung penyimpanan hingga 1TB HDD. Asus VivoBook Max juga hadir dengan spesifikasi tinggi seperti RAM 4GB, NVIDIA Geforce, prosesor i3 dan banyak lagi. Sayangnya, laptop ini hanya memiliki layar berukuran 14 inci, sehingga tidak terlalu besar untuk penggunaan desain grafis.

  10 Daftar Laptop Gaming 6 Juta Terbaik 2022

Namun bagi yang sangat menyukai laptop kompak, laptop dari Asus ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain itu, Asus VivoBook Max dengan segala spesifikasinya dibanderol dengan harga Rp. 5 jutaan saja loh dulur.

HP PAVILION 14 DK1025WM

laptop amd 5 jutaan

Selain itu, ada laptop besutan HP yang cukup diminati masyarakat, yaitu HP Pavilion 14 yang memiliki spesifikasi khusus di bidang multimedia. Salah satunya bagi mereka yang ingin menggunakan laptop sebagai alat bantu untuk desain grafis.

Hal ini dapat dibuktikan dengan tertanamnya AMD Radeon R5, dan dari segi prosesor ia mengusung Intel Core i3. Perpaduan ini bisa menghasilkan performa dan tampilan yang sangat bagus di layar laptop HP Pavilion 14.

Keunggulan lainnya adalah sangat ringan untuk digunakan. Meski laptop amd 5 jutaan ini memiliki nuansa yang sangat minimalis, namun tetap terasa panas meski digunakan dalam waktu lama. Jadi sangat cocok untuk menjalankan software desain grafis yang berat dan mungkin belum tentu berjalan di laptop lain.

Seperti laptop desain grafis lainnya yang dibanderol dengan harga 5 jutaan, HP Pavilion 14 dibanderol dengan harga 5 juta per unit. Namun lebih khusus lagi, Rp 5.950.000 yang memungkinkan dulur untuk memilih penyimpanan 500GB atau 1TB, tergantung pada opsi penyimpanan.

Lenovo IdeaPad 320

laptop terbaik untuk desain grafis

Untuk mengikuti pasar laptop mid-end, Lenovo juga telah merilis beberapa laptop bagus yang dapat digunakan dalam desain. Laptop tersebut berasal dari seri Lenovo IdeaPad Type 320, salah satu laptop terbaik untuk desain grafis dengan harga 5 juta per unit saat ini.

Tipe terbaru ini merupakan pengembangan dari tipe Lenovo IdeaPad yang lebih ramping, modern dan lebih mudah digunakan. Namun ia juga tetap memperhatikan tuntutan teknologi yang semakin canggih dan daya tahan laptop di segala kondisi.

Ini sangat cocok untuk digunakan dalam pekerjaan desain, terutama bagi yang sering mendesain di luar ruangan. Itu karena baterai Lenovo Ideapad 320 memiliki prosesor terbaru berkinerja tinggi dan terjangkau. Untuk mendapatkan salah satu laptop ini, dulur harus menyiapkan budget Rp. 5.800.000 dengan penyimpanan HDD hingga 1TB.

HP 14-bw001AX

laptop untuk desain grafis 5 jutaan

Produk lain dari HP yang bisa dibawa pulang dengan harga 5 jutaan adalah HP seri 14 – bw001AX. Dengan seri ini, HP ingin membidik pasar yang lebih dekat dengan digitalisasi. Seperti banyak anak muda yang bekerja sebagai pembuat konten.

Bagi yang bergelut di bidang desain grafis, laptop untuk desain grafis 5 jutaan ini sangat cocok untuk digunakan. Tidak seperti laptop lain di kelasnya yang hanya memiliki RAM 4GB, laptop ini dapat diupgrade menjadi RAM 8GB.

Tentu saja, dengan jumlah RAM yang besar ini, dari segi grafis sangat cocok untuk kebutuhan digital saat ini, bahkan dengan prosesor quad-core AMD A9 yang canggih dengan AMD Radeon R5.

Meski memiliki prosesor dan RAM yang lebih baik dari laptop lain di kelasnya, HP 14 ini tetap memiliki harga yang sangat kompetitif. Harganya sendiri berkisar antara Rp 5.449.000 hingga Rp 5.800.000 tergantung RAM yang dipilih.

Acer Aspire E1-451G

Bagi mereka yang mencari laptop kecil namun berperforma tinggi, Acer Aspire E1 bisa menjadi pilihan yang sangat baik. Laptop multimedia 5 jutaan ini hanya berukuran 14 inci dan memiliki panel layar yang sangat tipis, namun sangat kokoh.

Ternyata ukurannya yang kecil ini dilengkapi dengan grafis AMD A8 yang terkenal sangat responsif terhadap warna atau gambar 3D. Inilah mengapa cocok untuk bergelut di bidang desain grafis.

Desain tas jinjing juga lebih modern, sehingga dulur tidak akan merasa terbebani saat bepergian. Desainnya yang simpel namun elegan pasti cocok digunakan oleh semua kalangan: anak muda, dewasa, dan sosialita.

Lenovo IdeaPad Flex 3 11IGL05

Masih dari Lenovo, brand tersebut ingin bersaing merebut hati anak muda dengan seri terbaru Lenovo Ideapad Flex 3 Intel. Seperti namanya, laptop ini memiliki basis IdeaPad dengan fitur unik pada layar flip.

Selain itu, laptop Lenovo IdeaPad ini memiliki prosesor dari Intel yang dipadukan dengan UHD Graphics 600 di bagian grafis. Tentu saja, jika Anda menggunakan grafik ini, Anda dapat menikmati layar dengan sangat jelas dan detail.

  11 Rekomendasi Laptop Mahasiswa Teknik 2022

Tidak hanya cocok untuk digunakan dalam aplikasi desain grafis, laptop ini juga memiliki baterai yang sangat tahan lama. Bahkan dengan penggunaan intens laptop ini dapat bertahan selama 8 jam. Dikatakan sangat tahan lama, sehingga cocok untuk  persyaratan desain grafis.

Semua itu dibandrol dengan harga yang masih bersaing dengan laptop sekelasnya, menjadikan laptop ini salah satu yang terbaik dengan banderol harga Rp. 5 jutaan. Seperti yang dulur lihat pada harga ini, dulur tidak bisa atau sangat sulit mendapatkan spesifikasi ini di laptop lain.

Dell Inspiron 15 3583

Selain Vostro, ada seri Dell Inspiron 15 3583 yang dijual seharga 5 juta per unit. Laptop ini lebih bertenaga, lebih tahan lama, dan lebih spesifik untuk digunakan, memungkinkan dulur menggunakan laptop dengan tingkat fleksibilitas yang sangat tinggi.

Laptop ini lebih cocok untuk penggunaan di luar ruangan karena dulur dapat bepergian sepanjang hari tanpa mencharger laptop. Laptop ini juga merupakan pilihan yang tepat jika dulur sedang bepergian atau jika dulur sering menggunakan laptop saat bepergian.

Dell Vostro 3468

Tentu masih ada yang belum mengetahui merek laptop Dell. Padahal, merek ini adalah merek yang membuat laptop bagus. Salah satunya adalah seri Dell Vostro 3468 yang diklaim mampu menghadirkan performa yang luar biasa untuk segala aktivitas.

Dari kantor hingga desain grafis, game, dan penggunaan sehari-hari. Uniknya, laptop ini memiliki slot dual RAM, salah satunya memiliki RAM 4GB dan yang lainnya bisa menambah RAM hingga 16GB.

Dengan fitur kustomisasi terbaru ini, Dell Vostro cukup populer di kalangan penggemar laptop yang mengutamakan spesifikasi. Namun, pengguna yang hanya membutuhkan desain grafis sudah cukup memiliki  laptop ini karena kemampuannya untuk melakukan berbagai tugas desain grafis.

ASUS X555QA – BX101T

ASUS X555QA – BX101T menawarkan spesifikasi untuk mendukung sepenuhnya pekerjaan desainer. Laptop 5 jutaan desain grafis ini ditenagai oleh prosesor AMD A10. Sementara itu, untuk menambah kekuatan, ia telah mem-porting memori RAM 4GB, yang dapat diupgrade hingga 16GB. Kemudian kartu grafisnya didukung oleh AMD Radeon R5.

Dell Inspiron 3467

Dulur sekalian bisa membeli laptop high-end untuk desain grafis seharga 5 jutaan. Contohnya adalah seri Dell Inspiron 3467. Laptop Dell sendiri telah lama dikenal dengan kualitas dan daya tahannya yang unggul. Berbekal prosesor Intel Core i3 yang disokong memori RAM 4GB, menawarkan performa yang cukup bertenaga.

HP Pavilion 14 BS001TX

HP Pavilion 14 bs001TX ini menawarkan laptop desain grafis seharga 5 jutaan dengan dapur pacu pada prosesor Intel Core i3 2,6 GHz. Untuk visual, ia menggunakan kartu grafis AMD Radeon R5. Keunggulan lainnya adalah dapat menggunakan kapasitas penyimpanan HDD 1TB yang didukung oleh memori RAM 4GB. Harganya sendiri Rp 5,4 juta.

Acer Aspire E5-475G-341S

Hal yang menarik dari Acer Aspire tipe 341S adalah aspek grafisnya. Mendukung versi GDDR5, Nvidia Geforce mampu mendongkrak performa gaming hingga 20% dan cukup stabil untuk pekerjaan desain grafis. Laptop ini juga memiliki 1 slot ruang RAM untuk meningkatkan kapasitas. Untuk prosesor tertanam Intel Core i3.

Asus VivoBook Max X441UV

Bagi yang mencari laptop desain grafis yang menggunakan kartu grafis Nvidia GeForce, inilah ASUS VivoBook Max X441UV. Laptop 14 inci ini ditenagai oleh prosesor yang cukup bertenaga bernama Intel Core i3-6006U. Selain itu, built-in RAM cukup untuk mendukung kecepatan waktu pemrosesan sebesar 4 GB. Laptop ini berharga sekitar Rp. 5,9 juta dilengkapi dengan hard drive dengan kapasitas HDD 1TB.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA