Daftar Merk Laptop yang Bagus dan Awet Pilihan Kami

tukarpikiran.com – Meski terkadang sudah menjadi kebutuhan pokok, tidak semua orang bisa memilih merk laptop yang bagus dan terbaik untuk mereka. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan tidak semua orang bisa memodifikasi spesifikasi laptop sesuai dengan kebutuhannya, atau terkendala karena budget yang terbatas.

Selain itu, berbagai jenis merek yang ada di pasaran juga menjadi pertimbangan. Saat memilih laptop, kamu harus memiliki pilihan merk laptop yang bagus dan harganya yang tepat, agar laptop dapat bertahan lama dan awet. Laptop adalah perangkat elektronik yang dapat membuat apa saja, asalkan mengerti cara menggunakannya.

Untuk itulah diperlukan penyesuaian perangkat sesuai dengan kebutuhan penggunanya, sehingga menjadi laptop terbaik yang bisa dimaksimalkan saat menggunakannya. Bagi yang baru pertama kali mengenal perangkat laptop, mungkin akan bingung memilih merk laptop yang bagus dan awet dari segi harga, merek, atau tampilan laptop.

Ada yang terlihat biasa saja namun memiliki harga yang mahal. Ada juga yang terlihat mewah dengan banyak fitur bagus tapi harganya tidak terlalu mahal. Perlu juga kamu ketahui apakah laptop yang bagus untuk mahasiswa terlalu mahal atau tidak terpengaruh dengan spesifikasi produk.

Merk Laptop yang Bagus dan Murah

Siapa sih hari ini yang gak pengen punya merk laptop yang bagus dan murah? Tentu semua orang menginginkannya. Tapi gak semua orang bisa memillikinya. Apalagi masih belum paham soal seluk beluk laptop. Nah berikut sudah kami rangkum sebuah review merk laptop yang bagus untuk mahasiswa. Berikut ulasannya;

Dell

Memiliki sasis yang sangat kokoh dengan inovasi terobosan, inilah keunggulan laptop Dell. Merk laptop yang bagus untuk kerja ini sangat menekankan kualitas laptop yang disajikan. Tidak hanya diluncurkan setiap tahun, Dell sebenarnya merilis update produk berdasarkan inovasi terbaru yang dibawa dari produk tersebut.

Tidak hanya di Indonesia, produk dari brand laptop terbaik ini juga diakui di seluruh dunia dan sudah mendapat tempat di pasar global. Laptop ini selalu hadir untuk memenuhi kebutuhan dengan kualitas dan harga yang seimbang dengan fitur-fitur yang ditawarkan.

Salah satu fitur yang juga membuat produk ini dikenal dan digandrungi adalah, daya tahan baterai masing-masing laptop yang sangat awet. Meskipun tampilannya memang terkadang kurang menarik, tapi merk laptop yang satu ini sudah terbukti benar-benar bisa menjadi andalan untuk banyak aktivitas atau kegiatan.

Apple

Siapa yang tidak kenal dengan produk mewah yang satu ini. Laptop Apple ini hadir dengan sistem operasi bawaan brand, macOS. apakah kamu tahu? Merk laptop yang bagus dan berkualitas ini bahkan diakui di seluruh dunia, dan merupakan merek komputer laptop paling mahal. Penasaran kenapa produk brand ini dibandrol dengan harga yang begitu tinggi?

Hal itu karena setiap laptop Apple dirancang sangat mewah dengan bahan berkualitas tinggi. Selain itu, perangkat ini juga memiliki prosesor yang sangat kuat. Jika laptop biasanya digunakan hingga 3 tahun, kecepatan laptop akan berkurang seiring dengan jumlah data yang tertelan di laptop. Ini tidak berlaku untuk produk Apple.

Tidak berhenti sampai di situ, produk ini juga dilengkapi dengan baterai yang tahan lama dan mumpuni. Belum lagi Apple memiliki fitur yang membuat retina display pada laptop ini belum bisa ditandingi oleh merek laptop papan atas lainnya. Mengusung konsep yang elegan, tidak salah jika Apple disebut sebagai laptop yang bagus untuk mahasiswa.

ASUS

Memiliki penawaran harga yang bagus, hal inilah yang membuat merk laptop yang bagus untuk pelajar ini menjadi salah satu merek laptop terbaik di tahun 2022. ASUS juga dikenal mampu menjangkau begitu banyak orang sehingga produk ini semakin dikenal di pasaran elektronik. di seluruh belahan dunia mana pun.

Selain itu, salah satu produk ASUS yang begitu universal sehingga menarik perhatian pasar elektronik untuk merek ini adalah laptop gaming seri ROG. Ini adalah salah satu produk utama mereka. Dengan spesifikasi tinggi, termasuk RAM dan prosesor yang kuat, seri laptop Asus ROG dapat membawa gamer ke dunia game yang sempurna.

Lenovo

Tidak harus mewah, yang penting bisa membantu bisnis, dan itulah yang membuat brand ini begitu dikenal dan dikagumi. Khusus untuk masyarakat Indonesia, ini adalah merek laptop terbaik yang sangat populer. mengapa demikian? Merk laptop yang bagus dan awet untuk mahasiswa ini hadir untuk menghadirkan laptop di segmen harga yang sangat beragam.

Oleh karena itu, siapapun bisa mendapatkan laptop merek Lenovo meski budget yang dimiliki tidak banyak atau terbatas. Jika kamu menginginkan laptop dengan harga puluhan juta, brand ini hadir untuk menyediakan produk laptop dengan harga puluhan juta.

Namun jika kamu hanya menginginkan merk laptop terbaik dibawah 5 juta, Lenovo juga memiliki produk untuk anggaran segitu. Ini adalah salah satu alasan popularitas merek ini di pasar elektronik. Jangan lupa pula, produk laptop Lenovo juga terkenal dengan daya tahan dan kompatibiltas serta performanya yang tinggi.

HP

Salah satu rekomendasi merk laptop yang bagus awet dan banyak digunakan di Indonesia, adalah merk HP. HP sendiri memiliki keunggulan dengan harganya yang terbilang sangat terjangkau. Tak hanya itu, diketahui pula bahwa laptop merek ini memiliki garansi lengkap hingga 3 tahun. Tampaknya belum ada yang seberani HP bukan?

Apakah kamu adalah salah satu pengguna merk laptop ini? Jika iya, apakah kamu sudah merasa puas dengan harga dan fitur yang ditawarkan? Merek laptop HP juga dikenal memiliki customer support yang baik, sehingga bisa menjadi salah satu merek laptop terbaik di tahun 2022 ini.

MSI

Jika kamu mendengar seseorang menyebutkan merek laptop MSI, apa yang langsung ada di pikiran kamu? Gamer bukan? Hal ini menjadi wajar, karena merk laptop yang bagus buat game ini terkenal dan meningkat drastis di kalangan para gamer sedunia. Laptop MSI ini hadir dengan spek yang sangat tinggi.

Seperti spek minimal RAM 8GB yang bisa memuaskan para gamers. Apalagi saat game online sangat populer, merek laptop ini semakin dikenal dan menjadi salah satu laptop gaming terbaik di dunia hingga saat ini. Meskipun dilabeli sebagai laptop gaming, laptop ini juga dapat digunakan untuk pekerjaan sehari-hari.

Apakah kamu tahu, harga laptop dari merek ini adalah 10 jutaan ke atas? Karena itu, akan sayang sekali jika menggunakannya untuk hal-hal sederhana. Pastikan jika kamu membeli laptop ini, kamu sudah tidak bingung lagi mau menggunakannya untuk akitvitas ya brother.

Acer

Selanjutnya ada merek laptop Acer. Apakah kamu salah satu pengguna merk laptop yang bagus untuk UNBK ini? Merek ini sangat terkenal di Indonesia, dan faktanya, Indonesia merupakan salah satu pengguna laptop branded Acer terbanyak. Penjualan laptop Acer di Indonesia dapat meningkatkan penjualan laptop merek ini di dunia.

  Honor MagicBook Pro (versi Intel) 16 Inci

Wajar jika laptop ini hadir dengan nominal harga yang sangat beragam dan cocok untuk banyak orang. Jika kamu menginginkan laptop mahal, merek ini menawarkan produk yang kamu inginkan. Akan tetapi, jika kamu menginginkan laptop yang relatif murah, merek ini juga memiliki produk yang kamu cari.

Microsoft

Meski jarang di Indonesia, namun laptop merek Microsoft banyak digunakan di berbagai belahan dunia. Mungkin merek Microsoft ini masih tergolong baru untuk produk laptop. Tetapi siapa yang menyangka, merk laptop yang bagus untuk kuliah ini begitu diterima di pasar elektronik. Laptop Microsoft ini memiliki desain dan kekuatan kerja.

Tidak hanya itu, merek laptop ini juga menawarkan produk dengan segmen harga yang sangat beragam yang cocok untuk target pasar yang beragam. Selain itu, Microsoft juga menawarkan performa baterai yang awet, desainnya yang menarik, serta tampilan layar yang sangat jernih.

Toshiba

Meski dikenal sebagai merek barang elektronik seperti TV, kini merek Toshiba juga meluncurkan produk laptop. Ini adalah merek laptop terbaru tahun 2022. Merk laptop yang bagus tapi murah ini tidak hanya dikenal di Indonesia tetapi di seluruh dunia.

Produk yang dikeluarkan Toshiba sebenarnya cukup bagus, tetapi perusahaan asal Jepang ini kini menutup dan resmi menghentikan produk laptop dan fokus pada produk utama yang mereka hasilkan. Kini semua produk laptop Toshiba dimiliki oleh Sharp.

Samsung

Selanjutnya ada brand laptop asal Korea Selatan yaitu Samsung. Mungkin merk laptop yang bagus dan harga terjangkau ini sudah terkenal di seluruh dunia. Wajar saja, jika laptop merek ini ditunggu-tunggu dan disukai pasar online.

Tidak hanya fokus di segmen smartphone, brand Samsung juga dikenal sebagai brand laptop terbaik di tahun 2022. Brand ini hadir dengan laptop dengan warna yang colorful.

Jika awalnya pasar tidak melihat sekilas, merek laptop ini telah merilis laptop dengan desain yang unik dan juga spesifikasi yang sangat mumpuni yang dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau. Laptop yang terhubung dengan merek smartphone-nya yang terkenal ini juga naik pamor secara besar-besaran.

Itulah tadi 10 merk laptop terbaik di dunia tahun 2022. Masing-masing merk laptop terbaik dan terawet ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dan untuk memilih salah satunya, pastikan fitur dari laptop tersebut sesuai dengan kebutuhan kamu saat ini ya gaes.

Rekomendasi Laptop Terbaik & Harganya

Kamu belum tahu cara memilih laptop yang bagus? Tidak perlu bingung, karena Tukar Pikirann kali ini akan mengajak kamu untuk membahas 10 rekomendasi daftar merek laptop terbaik. Berikut ulasan lengkapnya.

Laptop ASUS TUF Gaming FX505

Rekomendasi pertama untuk laptop gaming terbaik dari ASUS adalah TUF Gaming FX505. Laptop yang dibanderol dengan harga puluhan juta ini memiliki spesifikasi yang sangat tinggi dan cocok untuk para gamers.

Didukung oleh prosesor i7, RAM 8-16 GB dengan Windows 10 pro dan 15.6 (16:9) LED-backlit FHD (1920 x 1080) panel IPS anti-silau 60Hz dengan layar NTSC 45%. Bagaimana dengan para gamers sekalian? Apakah laptop ini cocok untuk kamu?

Laptop Dell XPS 13

Merek laptop terbaik kedua adalah Dell XPS 13. Perangkat ini dibangun dengan desain yang ramping dan elegan. Dell XPS 13 memiliki berat 1,2 kg dan tebal 13,7 mm dan tebal 8 mm. Laptop ini memiliki resolusi layar UltraSharp QHDSharp+ 3200 x 1800 piksel, sehingga memiliki ketajaman gambar yang bisa dibilang sempurna.

Yang paling menakjubkan adalah, laptop terbaik ini memiliki RAM 16GB bersama dengan hard drive SSD 1TB dan baterai hingga 9 jam. Wah, keren banget ya? Berkat bobotnya yang ringan, laptop ini bisa dibawa kemana-mana dengan nyaman. Perangkat ini juga dilengkapi dengan stylus Dell Actie Pen.

Suhu laptop ini bisa selalu normal meski tidak menggunakan kipas angin. Laptop Dell XPS 13 juga bisa diputar 360 derajat. Wah, keren banget ya? Namun perlu kamu ketahui bahwa harga laptop ini cukup mahal. Dan tentunya jauh di atas kisaran 7 jutaan.

Laptop ASUS ZenBook Flip 14 UX461UN

Berikut rekomendasi laptop asus zenbook flip 14 terbaik. Laptop ini ditenagai oleh prosesor Intel® Core™ i7-8550U dan Intel® Core™ i5-8250U serta RAM 8-16GB.

Laptop ini adalah laptop 2-in-1 tertipis di dunia yang menggunakan grafis diskrit – jadi laptop ini bisa dibilang sebagai pembangkit tenaga listrik kreatif yang sangat tipis dan ringan sehingga mudah dibawa kemana-mana. Laptop ini mendukung layar sentuh dan bisa dilipat 360 derajat.

Laptop Lenovo Yoga C930

Selanjutnya adalah merek laptop terbaik Lenono Yoga c930. Laptop terbaik ini memiliki 3 cara untuk menggunakannya, mode tablet pen, mode tenda dan mode berdiri yang dapat diputar 360 derajat. Perangkat ini memiliki layar 13,3 inci dengan resolusi 4k dan resolusi Full HD.

Laptop super ini memiliki RAM 16GB serta hard drive 2TB dan ditenagai oleh prosesor Intel Core i7 Generasi ke-8. Wow, itu keren, bukan? Namun perlu diingat bahwa laptop ini juga masih memiliki kekurangan yaitu tidak memiliki card reader dan GPU. Harganya juga sangat mahal, puluhan juta.

Laptop Acer Chromebook 514

Merek laptop terbaik selanjutnya adalah Acer Chromebook 514. Laptop ini memiliki bodi yang tipis dan ringan. Luas layarnya 14 inci IPS dan bisa digunakan dalam mode layar sentuh dengan resolusi 100 piksel.

Laptop ini memiliki baterai super yang mampu bertahan hingga 12 jam. Selain itu, laptop ini memiliki sasis yang sangat kokoh terbuat dari logam yang tahan lama. Mengingat spesifikasi yang didukung laptop ini, wajar saja jika harga laptop ini mahal.

Laptop Apple Macbook Air 2020

Berikutnya adalah laptop merk Apple Macbook Air terbaik 2020. Laptop ini memiliki spesifikasi yang cukup tinggi dan cocok untuk pekerjaan yang tidak terlalu berat. Laptop menawan ini memiliki prosesor Dual Core i3/i5 dengan turbo boost hingga 3.2GHz dan didukung oleh RAM GB serta penyimpanan 256 GB hingga 1 TB.

Laptop ini memiliki layar 13,3 inci dan berat 1,29 kg sehingga mudah dibawa kemana-mana. Laptop ini cocok untuk pelajar maupun pekerja yang tidak membutuhkan spesifikasi tinggi dalam pekerjaannya.

Laptop Lenovo ThinkPad X280

Berikutnya adalah merek laptop Lenovo ThinkPad X280 terbaik. Dengan berat 1,13 kg, laptop ini memiliki desain ultra-tipis dan ringan. Laptop ini ditenagai oleh prosesor Intel Core i7 dan ditenagai oleh dua port USB Type-C dan dua port USB 3.0.

  18 Daftar Rekomendasi Laptop Murah untuk Pelajar 2022

Perangkat ini juga dilengkapi dengan penyimpanan SSD 256GB dan RAM 8GB. Laptop ini memiliki daya tahan baterai yang sangat lama hingga 15 jam. Namun, laptop ini tidak didukung dengan slot kabel LAN.

Laptop Toshiba Portege X20W

Laptop terbaik kedua adalah Toshiba Portege X20W. Laptop ini memiliki berat 1,1 kg dan tebal 15,4 mm. Hal ini didukung oleh prosesor inti i7-7500U dengan kecepatan hingga 3.5GHz. Layarnya memiliki eksterior 12,5 inci yang dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 4.

Untuk media penyimpanan, laptop ini memiliki hard disk SSD 256GB dan RAM 8GB. Laptop ini memiliki baterai yang mampu bertahan hingga 12 jam. Namun perlu Anda ketahui bahwa laptop ini tidak didukung dengan slot SD card dan hanya memiliki dua port USB.

Laptop Xiaomi Mi Notebook Air

Selanjutnya adalah laptop Xiaomi Mi Notebook Air terbaik. Laptop ultrabook ini dibekali dengan kapasitas penyimpanan yang cukup besar, yakni SSD 12GB dan RAM 4GB. Mesin ini memiliki prosesor Intel yaitu Core M3. Core m3 sering dibandingkan dengan core i5, tetapi Core m3 dikenal memiliki performa yang lebih baik.

Desain laptop Xiaomi ini sangat mewah dan ramping terbuat dari bahan besi dengan warna yang futuristik. Laptop ini juga sangat fleksibel, kamu dapat mengganti SSD jika kamu membutuhkan penyimpanan yang lebih cepat. Tidak mudah untuk memanaskan laptop ini, karena laptop ini memiliki baterai yang tahan dari 6 hingga 7 jam.

Namun perlu kamu ketahui bahwa laptop Xiaomi ini tidak didukung dengan port VGA dan hanya memiliki dua port USB 3.0. Untuk harga, laptop ini dibandrol dengan harga yang terbilang murah untuk spek yang sangat mumpuni ini, yakni berkisar antara 7 hingga 9 jutaan.

Laptop HP 15-BA004AX

Laptop terbaik terakhir adalah HP 15-BA004AX. Laptop ini memiliki RAM 8 GB dan hard disk 1 TB. Perangkat ini memiliki prosesor dari AMD, A10-9600P 4 dan kecepatan hingga 2.4GHz dan dilengkapi dengan fitur HEVC yang dapat meningkatkan pemutaran video di perangkat.

Kekurangan dari laptop HP ini adalah baterainya yang kurang awet dan juga perangkat cepat panas. Namun, harga laptop ini terbilang murah lho, yakni berkisar antara 6 hingga 7 jutaan.

Laptop Mahal Terbaru

Saat ini banyak sekali produk laptop yang ditawarkan dari banyak merek yang memiliki spesifikasi sangat tinggi. Spesifikasi tersebut membuat produk tersebut dibandrol dengan harga yang tinggi. Berikut ulasan 5 laptop termahal di tahun 2022.

Laptop Gaming DELL Alienware M15 R6 2021 i7

Laptop gaming biasanya memiliki spesifikasi yang tinggi. Mulai dari RAM yang tinggi, daya baterai juga sangat mempengaruhi laptop jenis ini. Kini hadir laptop gaming terbaru 2022 dengan spesifikasi sangat tinggi yang didesain khusus untuk para gamer.

Laptop tersebut adalah laptop gaming DELL Alienware M15 R4 2021 i7. Laptop ini merupakan laptop seri DELL yang dirilis di Indonesia pada akhir Oktober lalu. Laptop ini hadir dengan seri Dell Alienware M15 R5.

Nikmati bermain game dalam kualitas sempurna, kamu dapat melihat produk ini. Namun, kamu juga harus menyiapkan anggaran yang besar, karena harga laptop ini cukup tinggi. Tak heran jika spesifikasi yang ditawarkan juga sangat mumpuni. Berikut spesifikasi lengkapnya.

  • RAM : 16GB DDR4 3200MHz, up to 32GB DDR4 3200 MHz
  • Memori Internal : 1TB M.2 PCIe NVMe Solid State Drive
  • Prosesor : 11th Generation Intel Core i7-10870H Processor
  • VGA : NVIDIA GeForce RTX 3070 8GB GDDR6 Graphics
  • Sistem Operasi : Windows 10 Home
  • Display : 15.6-inch FHD (1920 x 1080) 144Hz 3ms 300-nits 100% color gamut
  • Slot & Port : 1x microSD-card slot, 1x LAN (Killer E3100X 2.5Gbps), 1x USB 3.2 Gen1, 1x 3.5mm headset jack, 2x USB 3.2 Gen 1, 1x microSD card reader, 1x HDMI 2.1, 1x mini DisplayPort 1.4, 1x Thunderbolt 3.0 Type-C, 1x Alienware Graphics Amplifier port

Macbook Pro 2021

Yang kedua masuk ke produk Apple, Macbook Pro 2021. Produk ini dirilis pada Oktober 2021 dengan dua varian layar, 14 inci dan 16 inci. Produk MacBook ini didesain dengan layar notch atau berlekuk layaknya produk iPhone.

Ledakan tersebut dilengkapi dengan kamera FaceTime dengan resolusi tinggi hingga 1080p. Produk MacBook Pro ini juga ditawarkan dalam dua pilihan chipset, yakni M1 Pro dan M1 Max. M1 Pro dilengkapi dengan prosesor (CPU) octa-core atau 10-core dengan prosesor grafis (GPU) 16-core.

M1 pro didukung dengan RAM hingga 32GB. Sedangkan untuk M1 Max, produk ini dilengkapi dengan CPU 10-core dan GPU 24-atau 32-core yang didukung oleh RAM hingga 64 GB. Penasaran dengan laptop mahal ini? Berikut adalah spesifikasinya.

  • RAM : 32 GB, up to 64 GB
  • Memori Internal : 512GB/1TB SSD storage
  • Prosesor : 8 core CPU, 14 core GPU
  • Display : 14-inch, 16-inch Liquid Retina XDR display
  • Sistem Operasi : MacOS
  • Slot & Port : 1x port HDMI, 1x port Thunderbolt 4, dan 1x modul card reader SDXC, 1x port MagSafe 3, 2x port Thunderbolt 4, dan 1x audio jack 3,5 mm
  • Baterai : MacBook Pro 2021 14 inci (17 jam saat digunakan untuk memutar video), 16 inci (waktu playback video hingga 21 jam).

HUAWEI MateBook X Pro 2021

Berasal dari perusahaan China, produk laptop mahal berikutnya adalah HUAWEI MateBook X Pro 2021. Laptop ini dibekali prosesor generasi ke-11 yang dibundel dengan Intel Iris XE. Intel Iris XE adalah grafis Intel tercepat. Karena fitur layar sentuh, produk ini benar-benar sangat mampu bekerja tugas berat.

Tak hanya itu, produk ini juga dilengkapi dengan baterai yang sangat mampu menahan penggunaan saat listrik dimatikan. Bayangkan saja Anda masih bisa melakukan pekerjaan kantor yang biasanya memakan waktu 8 jam tanpa biaya. Cukup keren, bukan? Yuk, intip spesifikasi lengkapnya seperti di bawah ini.

  • RAM : 16 GB LPDDR4x 4.266 MHz
  • Memori Internal : 512 GB / 1 TB NVMe PCIe SSD
  • Prosesor : 11th Gen Intel® Core™ i7-1165G7 Processor, 11th Gen Intel® Core™ i5-1135G7 Processor
  • Sistem Operasi : Windows 10 Home
  • Display : 13.9″ LTPS, 3000 x 2000 Pixels, 91% Screen-to-body Ratio
  • Ukuran : 304 mm x 217 mm X 14,6 mm
  • Baterai : 56 Wh (kapasitas terukur), Hingga 10 jam pemutaran video lokal

Lenovo Legion 5 Pro

Diakui sebagai brand yang sangat digemari masyarakat, kamu pasti tahu bahwa brand Lenovo juga memiliki produk laptop dengan harga yang mahal. Hal ini dikarenakan spesifikasi dari laptop ini sangat tinggi. Hadir pada tahun 2021 di Indonesia, laptop ini sudah diterima dengan baik di pasar Indonesia. Penasaran dengan produk Lenovo ini? Berikut spesifikasi lengkapnya.

  • RAM : Up to 16GB
  • Memori Internal : Up to 2TB M.2 NVMe PCIe SSD
  • Prosesor : Up to AMD Ryzen™ 7 5800H
  • Sistem Operasi : Up to Windows 11 Pro
  • Display : 16″ QHD (2560 x 1600) IPS, 16:10, 500 nits, 165Hz / 3ms response time, 100% sRGB, VESA DisplayHDR™-certified, Dolby Vision™-enabled, NVIDIA®G-SYNC®, AMD Freesync™
  • Ukuran : 21.7-26.85mm x 356mm x 264.2mm / 0.86-1.1″ x 14.01″ x 10.4″
  • Slot & Port : USB Type-C (USB 3.2 Gen 2, DisplayPort™ 1.4), Headphone / mic combo, USB-A 3.2 Gen 1, E-Shutter Button, 3 x USB-A 3.2 Gen 1 (1 always-on), USB Type-C (USB 3.2 Gen 2, DisplayPort™ 1.4, power delivery), HDMI 2.1, RJ45 dan Power in
  • Baterai : Up to 8 hours* (MM18), Rapid Charge Pro
  Laptop HP Harga 4 Jutaan Terbaik Pilihan Kami

Asus ROG Zephyrus M16

Menjadi seri ROG paling bergaya, itulah nama laptop mahal 2021, Asus ROG Zephyrus M16. Layar cantik dengan spesifikasi sangat tinggi dengan harga yang natural dan agak mahal. Berikut spesifikasi lengkapnya.

  • RAM : DDR4 16GB (8GB DDR4 on board + 8GB DDR4-3200 SO-DIMM)
  • Memori Internal : 1TB PCIe® 4.0
  • Prosesor : Intel Core i7-11800H
  • VGA : NVIDIA GeForce RTX 3060 6GB GDDR6
  • Sistem Operasi : Windows 10 Home + Office Home & Student 2019
  • Ukuran layar : 16 inch WQXGA IPS 165Hz
  • Dimensi : 35.5 x 24.3 x 1.99 cm
  • Slot & Port : 1 x card reader (microSD) (UHS-II, 312MB/s), 1x RJ45 LAN port, 1x Thunderbolt™ 4 support DisplayPort™ / power delivery, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 1x 3.5mm Combo Audio Jack dan 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort
  • Kapasitas Baterai : 90 Whrs

Nah, agar kamu tidak bingung lagi. Yuk simak ulasan berikut tentang cara memilih laptop untuk pemula.

Cara Memilih Laptop yang Bagus & Cocok Digunakan

Bagi kamu yang masih baru menggunakan laptop, wajar saja jika masih bingung dalam memilih perangkat tersebut. Jadi, kamu harus mengikuti panduan dalam menentukan laptop terbaik untuk kebutuhan kamu.

Jenis dan Ukuran Media Penyimpanan

Tak heran ketika membeli barang elektronik, media penyimpanan menjadi hal yang sangat diperhatikan. Laptop memiliki dua jenis penyimpanan, SSD dan hard disk. Kedua jenis media penyimpanan ini memiliki kelebihan dan kekurangan.

Harddisk merupakan unit penyimpanan berkapasitas besar yang tidak mahal namun memiliki kecepatan sebesar SSD. Sementara SSD adalah penyimpanan yang sangat mahal untuk ukurannya yang kecil tetapi memiliki kecepatan yang cepat karena teknologinya yang lebih baru. Makanya tak heran banyak merek laptop kini mulai beralih menggunakan harddisk berjenis SSD karena lebih cepat.

Ukuran Laptop

Ukuran laptop Anda adalah salah satu hal utama yang perlu Anda pertimbangkan. Ukuran laptop adalah ukuran layar perangkat. Laptop berbagai merek biasanya memiliki ukuran layar mulai dari ultrabook 11 inci hingga 17,3 inci yang dapat mencapai berat 1 hingga 2 kg.

Bagi yang membutuhkan portabilitas tinggi, sebaiknya pilih laptop dengan ukuran kecil dan kompak. Ini akan sangat membantu kamu dalam menggunakannya karena akan sangat mudah dibawa-bawa.

Daya Tahan Baterai

Daya tahan baterai adalah pertimbangan keempat yang harus diperhatikan. Ini sejalan dengan jumlah RAM yang kamu miliki. Semakin banyak RAM yang dimiliki sebuah perangkat tentunya semakin banyak pula aplikasi yang bisa dijalankannya sehingga menghabiskan banyak baterai juga.

Itu sebabnya kamu perlu memperhatikan masa pakai baterai laptop kamu. Tentunya memiliki daya tahan baterai yang lama. Itu tidak memungkinkan Anda memiliki RAM tinggi tetapi masa pakai baterai rendah. Ini bisa sangat berbahaya untuk laptop kamu.

Kapasitas RAM

Berikutnya adalah kapasitas RAM. Semakin besar RAM yang dimiliki sebuah laptop, maka semakin cepat pula laptop tersebut dapat digunakan. Jika kamu seorang gamer atau programmer, tidak perlu salah lagi untuk mencari laptop dengan spesifikasi RAM yang tinggi. Namun, bagi yang menggunakan laptop sebagai hal biasa, kamu bisa mengaturnya dengan RAM yang tidak terlalu besar seperti 4-6 GB.

Konektvitas yang Lengkap

WiFi saat ini merupakan koneksi yang paling penting. Jadi, kamu perlu memastikan bahwa koneksi wifi ini ada di perangkat. Pastikan juga laptop kamu memiliki port USB, LAN, dan HDMI/VGA. Ini adalah port umum yang biasanya kamu gunakan di beberapa titik.

Kualitas Layar

Saat ini, laptop sudah memiliki dua jenis layar, LED dan LCD. Tampilan LED dikenal hemat listrik tetapi tidak terlalu terang saat digunakan di luar ruangan atau di luar ruangan. Sedangkan LCD memiliki tingkat kecerahan yang lebih tinggi dibandingkan LED, sehingga sangat mendukung untuk penggunaan di luar ruangan.

Prosesor

Selanjutnya adalah prosesor. Prosesor laptop selalu berkembang. Jika dulu kita mengenal Pentium, kini telinga sudah terbiasa dengan bahasa “dasar”. Core sendiri merupakan prosesor merek Intel. Tidak hanya itu, AMD juga merupakan brand yang handal setara dengan Intel.

Meski sudah terbukti performa Intel lebih baik dari AMD. Semakin tinggi inti laptop, semakin baik kinerja yang dihasilkan.

8. Merk Laptop

Branding laptop bisa menjadi pilihan yang benar-benar membingungkan. Merek komputer laptop yang populer antara lain: Apple, DELL, Lenovo, Asus, HP, Acer, Toshiba hingga merek Xiaomi. Biasanya setiap merek laptop memiliki keunggulannya masing-masing.

Namun, kamu bisa memilih merek laptop terbaik dengan melihat secara detail spesifikasi laptop yang kamu inginkan. Coba bandingkan 2 laptop teratas pilihan kamu dan bandingkan secara detail. Kemudian kamu bisa memilih laptop sesuai dengan fitur yang dapat mendukung kinerja kamu.

Kesimpulan

Nah, kamu sudah tahu tentang laptop terbaik saat ini. Ini adalah daftar top 10 merek laptop yang dapat kamu pertimbangkan ketika kamu ingin membeli atau mengupgrade laptop kamu. Ingatlah bahwa keberhasilan dalam menggunakan laptop ini adalah kesesuaian antara kebutuhan dengan spesifikasi perangkat. Jadi tunggu apa lagi? Saatnya kamu memilih dan mendapatkannya sekarang juga. Selamat memilih produk!

error: This content is protected by DMCA