Cara Mengunci Aplikasi di HP Samsung Tanpa Ribet

tukarpikiran.com – Selain mengaktifkan kunci layar, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengamankan privasi di hp adalah dengan mengunci aplikasi penting yang kita miliki. Itulah mengapa, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tips cara mengunci aplikasi di hp Samsung dengan mudah dan tanpa ribet sama sekali.

Dengan cara ini, Anda dapat secara khusus mengamankan berbagai hal di hp Anda seperti foto, video, dan obrolan rahasia di aplikasi perpesanan. Untuk mendukung hal tersebut, banyak pengembang hp yang untungnya telah melengkapi sistem dan antarmuka perangkat mereka dengan fitur App Lock (App Lock).

Namun tentu saja, pengguna tidak dapat menggunakannya dengan cara yang sama. Aplikasi dari masing-masing pabrikan terletak berbeda karena biasanya terkait erat dengan antarmuka atau versi sistem yang dibawa oleh hp itu sendiri.

Hal ini juga menjadi salah satu alasan kenapa kami mengulas hal tersebut kali ini. Selain untuk menjawab karena banyaknya pertanyaan cara mengunci aplikasi di hp Samsung tanpa aplikasi tambahan, kami juga bertujuan mendukung keamanan data sekarang ini.

Untuk pengguna perangkat Samsung, Anda juga dapat menggunakan kunci aplikasi untuk hp Anda melalui fitur dasar yang disebut Secure Folder. Jika Anda tidak dapat menggunakannya, Anda dapat menggunakan metode berikut.

Apa Itu Secure Folder Samsung?

Selama bertahun-tahun, Samsung terus meningkatkan kerangka keamanan untuk berbagai perangkat yang telah dikembangkannya melalui platform yang disebut Knox. Dengan memanfaatkan tingkat keamanan platform, Samsung juga telah membuat aplikasi Secure Folder yang menyediakan sistem keamanan data tambahan bagi hp Android.

Aplikasi yang tidak hanya tersedia untuk perangkat besutan Samsung ini, menjadi alternatif tepat bagi Anda yang ingin memiliki ruang pribadi di hp untuk menyimpan berbagai data dan aplikasi pribadi dengan lebih aman. Untuk Anda yang bertanya-tanya tentang cara mengunci aplikasi di hp Samsung A11, caranya juga sudah termasuk dalam pembahasakan kami kali ini.

Menurut penilaian kami, Secure Folder akan membuat ruang terenkripsi yang dapat menyimpan data pengguna, dan bisa menjalankan aplikasi penting secara terpisah dari sistem utama. Aplikasi ini akan diinstal secara default di berbagai perangkat Samsung.

Namun bagi Anda yang belum memilikinya, bisa mendownload aplikasinya melalui Google Play Store atau Samsung Galaxy Store terlebih dahulu.

Cara Mengunci Aplikasi di HP Samsung dengan Secure Folder

Cara Mengunci Aplikasi di hp Samsung J2 Prime juga bisa menggunakan aplikasi bawaan Samsung, yaitu Secure Folder ini. Caranya pun sangat mudah, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Buka Pengaturan
  • Buka layar Kunci dan keamanan atau bagian Biometrik dan keamanan
  • Selanjutnya, temukan dan pilih opsi Secure Folder
  • Klik Next pada halaman penjelasan sampai Anda menemukan tombol start
  • Jika sudah, klik tombol Mulai
  • Masuk atau buat akun Samsung jika Anda belum memilikinya
  • Setelah berhasil, pilih metode kunci yang ingin Anda gunakan
  • Aktifkan mode verifikasi keamanan biometrik (misalnya sidik jari) jika diinginkan
  • Klik tombol Berikutnya
  • Hasilkan kunci sesuai dengan metode yang telah ditentukan dan klik Lanjutkan
  • Ulangi kunci untuk mengonfirmasi dan kemudian klik OK
  • Tunggu proses pembuatan ruang pribadi selesai
  • Setelah memasuki halaman Secure Folder, pilih opsi Tambahkan aplikasi (+ikon) untuk menambahkan aplikasi yang ingin Anda amankan
  • Pilih aplikasi yang diinginkan lalu klik Tambah

Semua aplikasi yang dipilih akan secara otomatis disalin oleh Secure Folder sebagai layanan baru. Oleh karena itu, Anda mungkin harus masuk lagi saat ingin menggunakannya. Secure Folder-nya yang unik tidak akan mengunci atau menyembunyikan aplikasi utama sehingga Anda tetap dapat menggunakannya seperti biasa.

Namun tentu saja, layanan tersebut akan bekerja tanpa adanya opsi keamanan tambahan dari Samsung. Untuk mengakses layanan yang berjalan lebih aman, Anda dapat menemukan salinan aplikasi di halaman Secure Folder, dengan mengeklik ikon yang sesuai dari menu di hp Anda.

Dari halaman Secure Folder, Anda juga dapat mengakses aplikasi yang telah berhasil dikunci. Selain itu, Anda juga dapat melakukan beberapa hal seperti menghapus atau menonaktifkan aplikasi. Untuk cara mengunci aplikasi di hp Samsung A21s, Anda juga bisa memakai aplikasi bawaan Samsung yang satu ini.

Hapus dan Nonaktifkan Penyalinan Aplikasi di Secure Folder

Bagi Anda yang merasa tidak perlu mendapatkan salinan aplikasi yang akan di simpan di data aplikasi Secure Folder, Anda bisa menghapus atau menonaktifkannnya dengan mudah. Anda hanya perlu mengikuti instruksi berikut ini;

  • Buka aplikasi Secure Folder
  • Kemudian gunakan kunci sesuai dengan metode yang Anda terapkan
  • Tekan selama beberapa detik pada aplikasi yang akan dikelola
  • Klik tombol “Copot” atau “Nonaktifkan” untuk menghapus aplikasi
  Cara Mengunci Aplikasi di iPhone Agar Privasi Terjaga

Anda tidak perlu khawatir saat menggunakan kedua opsi ini karena tidak akan mempengaruhi aplikasi utama. Oleh karena itu, hanya salinan yang akan dihapus oleh Folder Aman. Sangat mudah bagi pengguna untuk menonaktifkan fitur Secure Folder ketika mereka tidak lagi membutuhkannya.

Namun dalam kasus ini, sayangnya Anda tidak dapat melakukannya langsung dari aplikasi. Dikarenakan pengaturannya agak sedikit berbeda dan hanya bisa dilakukan melalui menu pengaturan utama hp.

Cara Menonaktifkan Aplikasi Secure Folder

Nah, seperti yang kami singgung dari tadi, cara mengunci aplikasi di hp Samsung A10s tidak jauh berbeda dan bisa dilakukan menggunakan aplikasi Secure Folder.

Akan tetapi, bagi Anda yang merasa aplikasi ini kurang Aman, dan ingin menggantinya dengan aplikasi tambahan lainnya, Anda terlebih dahulu harus menonaktifkan aplikasi Secure Folder. Cara menonaktifkan aplikasi Secure Folder pun sangat mudah, cukup ikuti caranya di bawah ini;

  • Buka halaman pengaturan
  • Akses layar kunci dan bagian keamanan atau biometrik dan keamanan
  • Buka halaman Secure Folder
  • Pilih opsi Pengaturan lainnya
  • Klik Copot pemasangan
  • Aktifkan opsi untuk memindahkan file media dari Secure Folder jika Anda tidak ingin kehilangan data di dalamnya
  • Konfirmasikan dengan menggunakan tombol yang sesuai

Menonaktifkan Secure Folder adalah langkah yang tepat jika Anda ingin beralih ke produk lain karena tidak dapat disangkal bahwa menggunakannya akan terasa terlalu rumit bagi mereka yang hanya menginginkan fitur kunci. Selain Secure Folder, Samsung secara unik memiliki produk yang lebih mudah untuk mengunci atau menyembunyikan aplikasi.

Aplikasi yang dimaksud yaitu S Secure. Anda dapat mengunduh aplikasi ini melalui Google Play Store. Kemudian, kami juga akan melanjutkan dengan membahas cara mengunci aplikasi di hp Samsung A01 menggunakan aplikasi S Secure ini.

Apa Itu S Secure?

S Secure adalah produk yang ditawarkan oleh Samsung R&D Institute di India. Aplikasi ini memiliki fitur yang lebih ringkas dan user-friendly bagi pengguna. Alih-alih membuat ruang terenkripsi seperti Folder Aman, S Secure akan langsung mengamankan aplikasi utama dengan menambahkan perlindungan berupa PIN, pola, kata sandi, atau verifikasi biometrik.

Pada beberapa perangkat, aplikasi ini hadir sebagai fitur bawaan. Namun dalam kasus lain, Anda perlu menginstalnya sendiri melalui App Store yang tersedia di hp Anda. Cara mengunci aplikasi di hp samsung A01 juga bisa dilakukan jika Anda menggunakan aplikasi yang satu ini.

Cara Mengunci Aplikasi dengan S Secure

Sebelum mengetahu cara mengunci aplikasi di hp Samsung A02s, ada baiknya kita menyepakati dulu bahwa keamanan data sangatlah penting. Jika Anda sudah penasaran, silahkan simak cara mudahnya di bawah ini.

  • Buka aplikasi S Secure yang terpasang di hp Samsung Anda
  • Jalankan lalu buka opsi Lock and Mask App
  • Pastikan tombolnya aktif
  • Ketuk opsi jenis kunci aplikasi lalu pilih dan atur mode keamanan yang diinginkan
  • Setelah selesai dan kembali ke halaman aplikasi Lock dan Mask, buka Lock App
  • Klik tombol Tambah untuk menambahkan aplikasi yang ingin Anda kunci
  • Pilih semua aplikasi masing-masing lalu ketuk Selesai

Karena buatan Samsung, fitur Lock and Mask di S Secure juga bisa diakses melalui halaman Setting. Anda dapat menemukannya di Pengaturan> Fitur Lanjutan> Terapkan Lock and Mask. Selain mengunci, Anda juga dapat menyembunyikan aplikasi dengan S Secure.

Dalam hal ini, Anda dapat mengunjungi halaman aplikasi tersamar yang tersedia di dalamnya. Untuk mengembalikan aplikasi ke pengaturan aslinya atau menghapus kunci, Anda dapat melakukannya langsung di dalam aplikasi S Secure dengan langkah-langkah yang sangat mudah.

Cara Menghapus Kunci S Secure App Lock di HP Samsung

Apabila dirasa cara mengunci aplikasi di hp Samsung A20s kurang aman menggunakan aplikasi S Secure, Anda bisa menonaktifkan atau menghapus kunci aplikasi kapan saja. Cukup terapkan langkah-langkah di bawah ini;

  • Kunjungi halaman aplikasi Lock and Mask untuk aplikasi S Secure
  • Buka bagian Aplikasi Terkunci
  • Klik tombol Buka
  • Pilih aplikasi yang ingin Anda buka kembali
  • Klik tombol Buka Kunci untuk mengonfirmasinya
  Cara Mengunci Aplikasi di HP Oppo Praktis Tanpa Ribet

Aplikasi akan kembali ke keadaan semula setelah pengaturan berhasil dijalankan. Pengguna lain tidak perlu lagi memasukkan kunci atau menggunakan verifikasi biometrik untuk mengaksesnya.

S Secure memang aplikasi yang sangat berguna. Hanya saja sayangnya banyak perangkat Samsung yang tidak mendukungnya (terutama ponsel flagship seperti seri Galaxy S) karena memang khusus dikembangkan untuk pasar tertentu.

Sebagai alternatif bagi pengguna yang benar-benar ingin menggunakan opsi yang lebih sederhana untuk mengamankan aplikasi, Anda juga dapat menggunakan layanan keamanan pihak ketiga.

Cara Mengunci Aplikasi di HP Samsung dengan Aplikasi

Bagi Anda yang kurang puas dengan cara mengunci aplikasi di hp Samsung A12 jika menggunakan aplikasi bawaan Samsung, maka Anda hanya perlu mendownload aplikasi tambahan. Berikut ini sudah kami susun daftar beberapa aplikasi yang bisa Anda pilih berdasarkan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Menggunakan AppLock oleh DoMobile Lab

Selain menawarkan opsi keamanan dalam bentuk pola, AppLock DoMobile Lab juga menyediakan opsi kata sandi. Yang paling menarik adalah aplikasi ini juga mendukung opsi keamanan biometrik melalui sensor pemindai sidik jari. Berikut cara untuk mengaktifkannya.

  • Unduh aplikasi melalui halaman Google Play Store
  • Buka setelah selesai
  • Buat aplikasi kunci pola
  • Di awal penggunaan, klik Setuju dan mulailah menyetujui Persyaratan Layanan
  • Temukan aplikasi yang ingin Anda kunci di tab Privasi
  • Klik ikon kunci di sebelah aplikasi untuk menguncinya
  • Jika aplikasi meminta izin untuk digunakan, ketuk Izin dan ikuti petunjuk yang muncul
  • Konfirmasikan dengan formulir yang dibuat

Untuk mengubah opsi keamanan, Anda dapat mengunjungi halaman Keamanan. Klik Buka Pengaturan untuk mengubah pola atau menambahkan kata sandi untuk digunakan selanjutnya.

Sedangkan untuk mengaktifkan fitur yang memungkinkan pengguna membuka kunci aplikasi dengan pemindai sidik jari, Anda cukup menekan tombol kunci sidik jari ke posisi on. AppLock dari DoMobile Lab memiliki antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan.

Aplikasi ini juga menyediakan opsi untuk menonaktifkan kunci semudah membuatnya. Bagi Anda yang ingin tahu cara mengunci aplikasi di hp Samsung A12, Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini.

Cara Menonaktifkan Kunci DoMobile Lab

Menurut penilaian kami, tidak semua orang memilih cara mengunci aplikasi di hp Samsung A10 menggunakan aplikasi ini. Jika Anda sudah terlanjur menginstalnya, dan ingin menggunakan aplikasi lain, Anda harus menonaktifkannya terlebih dulu. Caranya sangat mudah seperti di bawah ini;

  • Jalankan aplikasinya
  • Gunakan kunci keamanan Anda
  • Temukan aplikasi yang terkunci di tab Privasi
  • Tekan tombol kunci di sebelahnya untuk membukanya
  • Jika munculan konfirmasi muncul dengan opsi buka kunci

Anda juga mendapatkan opsi cara mengunci aplikasi di hp Samsung A51 dari AppLock yang dibuat oleh IVYMOBILE. Selain mudah digunakan, aplikasi ini juga mendukung sistem tema yang dapat mempercantik tampilan.

Menggunakan AppLock oleh IVYMOBILE

Berdasarakan referensi yang kami cari, cara mengunci aplikasi di hp Samsung A20 bisa berhasil apabila menggunakan aplikasi ini. Untuk Anda yang belum memilikinya, Anda bisa mendownloadnya terlebih dahulu di playstore. Cara mengaktifkannya sangat mudah, dan langkah-langkahnya adalah sebagai berikut;

  • Instal aplikasinya melalui Google Play Store
  • Jalankan ketika berhasil diinstal
  • Centang semua aplikasi yang ingin Anda kunci, lalu ketuk Setel kata sandi
  • Buat pola sesuai keinginan
  • Jangan lupa untuk mengkonfirmasi kata sandi dengan pola yang sama
  • Pilih tema yang akan digunakan dan klik Selesai
  • Jika aplikasi meminta izin untuk digunakan saat pertama kali diluncurkan, ketuk Izinkan dan ikuti petunjuk yang muncul
  • Jika yang ingin Anda kunci tidak muncul di layar beranda, cari dan periksa aplikasinya

AppLock oleh IVYMOBILE memiliki antarmuka yang sangat sederhana. Meskipun sederhana, Anda hanya akan menemukan opsi untuk mengubah kunci dari pola ke kata sandi.

Dalam hal ini, Anda dapat menemukan opsi dengan mengklik menu (ikon hamburger) di sudut kiri atas, lalu memilih opsi Beralih ke gaya. Setelah itu, Anda tinggal melakukan pergantian sesuai selera. Juga, menghapus kunci aplikasi dari AppLock IVYMOBILE sangat sederhana.

Sama seperti apa yang dibuat oleh DoMobile Lab, cukup hapus centang pada aplikasi yang dimaksud.

Cara Menonaktifkan Aplikasi IVYMOBILE

Dari riset kecil-kecilan kami, cara mengunci aplikasi di hp samsung A50 bisa dikatakan aman apabila menggunakan aplikasi ini. Akan tetapi jika Anda merasa kurang puas, Anda bisa meonaktifkan aplikasi ini dengan mudah. Caranya seperti di bawah ini;

  • Luncurkan Kunci Aplikasi
  • Gunakan kunci keamanan yang telah ditentukan sebelumnya untuk membuka kunci layanan
  • Dari halaman utama, ketuk aplikasi yang ingin Anda hapus kuncinya sehingga tanda centang di sebelahnya hilang
  Cara Mengunci Aplikasi di HP Oppo Praktis Tanpa Ribet

Jika masih tidak kompatibel dengan kedua produk kunci aplikasi di atas, Anda juga dapat memilih layanan lain seperti AppLock dari SpSoft yang digunakan beberapa pengguna Android. Mengutip dari salah satu situs, cara mengunci aplikasi di hp Samsung A30s bisa menggunakan aplikasi tersebut

Menggunakan AppLock oleh SpSoft

AppLock By SpSoft adalah aplikasi yang tampilannya lebih menarik dari dua opsi sebelumnya menurut saya. Selain itu, di sisi lain, Anda juga akan menemukan sejumlah fitur tambahan yang akan sangat berguna. Cara mengaktifkan aplikasi ini juga terbilang gampang banget, caranya adalah sebagai berikut;

  • Unduh aplikasi dari halaman Google Play Store
  • Buka aplikasi saat proses selesai
  • Buat kunci master dalam bentuk PIN dan konfirmasi
  • Aktifkan opsi verifikasi pemindai sidik jari dengan mengklik tombol Ya jika tersedia
  • Pada halaman kunci aplikasi, klik tombol tanda tambah (+) di bagian bawah untuk menambahkan aplikasi yang ingin Anda kunci
  • Anda dapat memilih tombol penggeser di dekat ikon kaca pembesar jika Anda ingin mengunci aplikasi atau memilihnya satu per satu
  • Tekan tombol Plus lagi untuk mengonfirmasi pilihan

Dua di antaranya termasuk Kunci Palsu yang akan menipu orang lain dengan pesan kesalahan saat mencoba mengakses aplikasi dan Blok Pemberitahuan untuk mengunci pesan dari aplikasi sehingga orang lain tidak dapat membacanya.

Selain kedua fitur tersebut, AppLock SpSoft juga memiliki opsi kunci keamanan yang lebih beragam. Di dalamnya, Anda dapat memilih untuk menggunakan PIN, kata sandi, pola, dan gerakan Anda.

Anda dapat mengubah opsi keamanan ini melalui tab Pengaturan dengan memilih Pengaturan Kata Sandi. Kemudian, Anda dapat mengklik menu Jenis Kunci untuk menemukan berbagai opsi keamanannya.

Meskipun memiliki antarmuka yang agak lebih kompleks, AppLock By SpSoft juga dilengkapi dengan opsi untuk menonaktifkan kunci aplikasi yang mudah digunakan oleh pengguna.

Cara Menonaktifkan AppLock Lock oleh SpSoft

Mengambil sumber dari beberapa situs yang sudah kami tinjau, Cara mengunci aplikasi di hp Samsung A02 juga bisa memakai aplikasi ini. Namun, kalau dirasa aplikasi ini kurang memuaskan, Anda bisa menonaktifkannya kapan saja.

  • Jalankan aplikasinya
  • Gunakan sidik jari Anda atau kunci keamanan yang Anda buat sebelumnya
  • Temukan aplikasi yang ingin Anda buka dan ketuk di atasnya
  • Konfirmasikan dengan tombol Ok jika munculan untuk menghapus aplikasi dari AppLock By SpSoft

Mengunci aplikasi di perangkat Samsung akan sangat mudah dengan munculnya begitu banyak layanan pihak ketiga. Anda juga dapat menggunakan aplikasi apa pun selama tidak mengunduhnya melalui saluran ilegal.

Jika Anda kesulitan menggunakan aplikasi kunci ini, Anda juga dapat mengajukan pertanyaan di kolom komentar. Atau Anda juga bisa membagikan rekomendasi aplikasi terbaik menurut Anda.

📈 TRENDING PENCARIAN

Cara Mengunci Aplikasi Di Hp Samsung A10 - Cara Mengunci Aplikasi Di Hp Samsung A10s Tanpa Aplikasi- Cara Mengunci Aplikasi Di Hp Samsung A21s - Cara Mengunci Aplikasi Di Hp Samsung A30s - Cara Mengunci Aplikasi Di Hp Samsung A7 2018 - Cara Mengunci Aplikasi Di Hp Samsung A71 - Cara Mengunci Aplikasi Di Hp Samsung Note 9 - Cara Mengunci Aplikasi Di Hp Samsung Tanpa Aplikasi Tambahan - cara menyembunyikan aplikasi di hp samsung j2 prime-
error: This content is protected by DMCA