Cara Screenshot HP Samsung J2 Prime tanpa Ribet

tukarpikiran.com – Berbincang soal hp Samsung Galaxy memang tidak akan ada habisnya dan selalu seru. Termasuk juga cara screenshot hp Samsung J2 Prime yang akan kita bahas kali ini. Pasalnya, masih banyak orang yang bingung ketika ingin mengambil screenshot di perangkat Galaxy J2 Prime ini.

Samsung Galaxy J2 Prime memiliki layar berukuran 5 inci dengan resolusi 960 x 540 piksel. Sedangkan untuk perangkat keras yang digunakan, Samsung J2 Prime dilengkapi dengan prosesor MediaTek MT6737T quad-core 1,4GHz, RAM 1,5GB, dan penyimpanan internal 8GB yang dapat diperluas dengan kartu microSD.

Meskipun Samsung Galaxy J2 Prime dirilis pada tahun 2016, bahkan hingga saat ini masih banyak orang yang menggunakan seri ini dan setia dengannya. Sebagian besar pengguna, ketika mendapatkan hp yang mereka inginkan, setidaknya akan digunakan untuk berbagai keperluan standar, seperti menelepon, SMS dan browsing.

Sedangkan untuk mengambil gambar dari layar, masih ada yang tidak bisa. Karena cara mengambil screenshot di perangkat ini berbeda dengan hp Android lainnya. Misalnya pada hp lain cukup menggunakan tombol home dan power secara bersamaan, maka kegiatan screenshot sudah berhasil dilakukan. Sementara seri J2 Prime berbeda.

Cara Screenshot Samsung Galaxy J2 Prime tanpa Tombol

Belum lama ini, banyak pengguna yang bertanya kenapa hp Samsung J2 Prime tidak bisa screenshot? Hal ini bisa jadi disebabkan oleh perangkat hardware di hp yang sudah rusak. Dengan membaca artikel kali ini, Anda tidak perlu bingung lagi untuk menyiasatinya. Baca ulasan ini hingga akhir, dan Anda akan mendapatkan jawabannya.

Alternatif ini bisa Anda gunakan jika tombol power rusak atau tidak berfungsi. Selain itu, yang kesulitan menekan tombol, juga bisa menggunakan bantuan aplikasi screen capture android ini. Berikut beberapa tips dan cara mengambil screenshot Samsung Galaxy J2 Prime standar, dan juga dalam bentuk memanjang yang bisa Anda coba;

Cara Screenshot Samsung J2 Prime dengan 3 Jari

Terlebih dahulu kita akan membahas cara screenshot Samsung J2 Prime tanpa aplikasi. Cara ini akan menggunakan tombol Power, Home atau Volume yang ada di hp Android.

  • Langkah pertama silahkan nyalakan Samsung J2 Prime anda terlebih dahulu.
  • Selanjutnya, Anda bisa mengatur terlebih dahulu posisi objek yang ingin dicapture. Biasanya dengan menggulir secara horizontal dan vertikal atau memperbesar dan memperkecil objek terlebih dahulu.
  • Jika posisi objek yang kita inginkan benar-benar akurat, kita bisa langsung mengambil screenshot layar Samsung J2 Prime dengan menekan tombol Power + Home secara bersamaan selama beberapa detik.
  • Letak tombol power harus sangat familiar, biasanya di samping dekat tombol volume. Nah, untuk letak tombol home biasanya berada di tengah bagian depan layar hp Android Anda.
  • Setelah kita berhasil menekan tombol kombinasi Power + Home, layar hp akan berkedip secara normal yang menandakan bahwa objek telah berhasil discreenshot.
  • Terakhir, akan muncul notifikasi yang mengatakan bahwa gambar screenshot sudah tersimpan di galeri hp Android kita.

Agar cara ini bisa berhasil, Anda sebaikya mengetahui letak advanced features Samsung J2 Prime. Letaknya tidaklah sulit untuk dicari, karena berada di dalam menu setting hp Samsung J2 Prime Anda.

Aplikasi Screenshot Samsung J2 Prime

Setelah mengetahui cara di atas, selanjutnya kita mencoba cara alternatif yang lain, yaitu menggunakan aplikasi. Dengan cara ini, berarti Anda harus mendownload aplikasi untuk membantu Anda. Anda bisa memilih beberapa daftar aplikasi yang kami bagikan di bawah ini, sesuai dengan kenyamaan penggunaan Anda masing-masing.

Screenshot Touch

Screenshot Touch adalah aplikasi tangkapan layar terbaik untuk hp Android saat ini berkat fitur dan kemudahan penggunaannya. Aplikasi tangkapan layar ini selain dapat menyelaraskan layar dalam format gambar, juga dapat menyimpan tangkapan layar dalam format video mp4.

Lalu bagaimana dengan masalah editing jika ternyata screenshot yang diambil perlu diatur? Untungnya, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur edit foto cepat yang akan muncul segera setelah foto diambil.

Untuk harga, aplikasi ini benar-benar gratis tetapi akan menampilkan iklan di dalamnya. Untuk mendapatkan versi premium tanpa iklan, Anda dapat membeli lisensi langsung dari Playstore.

Screen Master : Screenshot & Longshot, Anotasi Photo

Nama aplikasinya panjang, tapi jangan salah karena fitur dari aplikasi ini juga panjang atau lengkap. Screen Master adalah aplikasi pengeditan foto yang mudah dioperasikan dengan antarmuka aplikasi yang menarik.

Selain untuk mengedit foto, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengambil tangkapan layar perangkat android dengan menekan tombol mengambang yang akan muncul saat aplikasi diaktifkan.

Tidak seperti kebanyakan aplikasi screenshot, untuk mengaktifkan fitur tertentu biasanya Android harus di-root. Aplikasi ini bisa langsung digunakan untuk mengedit foto dan mengambil screenshot, tanpa full root dengan banyak fitur yang dimilikinya.

Untuk mengedit foto, baik itu foto yang sudah ada di galeri atau tangkapan layar, aplikasi ini memiliki alat Pangkas, tambahkan teks, tambahkan panah, dll, dan bentuk-bentuk tertentu mudah dipahami.

Format gambar yang didukung untuk mengedit foto adalah JPEG, JPG, dan PNG. Sedangkan format gambar screenshot secara default adalah PNG.

Seperti biasa, untuk masalah harga, aplikasi ini sepenuhnya gratis dengan iklan yang muncul saat menggunakan aplikasi dan sedang online. Ada in-app purchase untuk fitur premium jika Anda ingin membeli aplikasi ini langsung di Google Play.

Super Screenshot

Aplikasi ketiga adalah Super Screenshot yang tidak hanya dapat mengambil tangkapan layar tetapi juga dapat digunakan untuk mengedit di tempat. Anda dapat menambahkan berbagai bentuk seperti panah, lingkaran, teks, dan angka.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga menyediakan fungsi gesture control untuk memudahkan pengambilan gambar. Saat Anda mengambil tangkapan layar, Anda dapat langsung membagikannya ke jejaring sosial Anda seperti Facebook, Twitter, Instagram, dll. Atau menyimpannya di memori untuk tujuan lain.

Harga aplikasi ini gratis, tetapi Anda akan diperlihatkan berbagai iklan yang menjadi sumber pendapatan bagi pengembang aplikasi ini, sehingga mereka dapat terus meningkatkan kualitas aplikasi.

Touchshot Screenshot

Selain ketiga aplikasi di atas, ada lagi aplikasi pengambilan foto yang bagus yang ingin kami perkenalkan kepada Anda yang kesulitan mengambil tangkapan layar karena tombol daya rusak. Salah satunya adalah Touchshot.

Mengambil screenshot di hp Android seperti J2 Prime dengan tombol yang rusak akan lebih mudah karena kita hanya perlu menekan tombol yang ada di layar. Tidak hanya itu, aplikasi ini bekerja dengan baik pada perangkat Android yang di-rooting dan tidak di-root.

Screenit

Screenit menurut kami sangat keren karena ketika kita mengambil screenshot, kita bisa langsung mengedit gambar potensial sebelum menyimpannya. Fitur ini sangat bagus karena sebagian besar aplikasi pengambilan foto akan menyimpan gambar yang diambil secara instan dan kemudian salinan akan dibuat setelah mengeditnya.

Sayangnya, pengembang aplikasi bagus seperti ini sangat pelit karena fitur premium di aplikasi ini hanya berlaku selama dua hari atau 48 jam. Jika Anda ingin mendapatkan fitur lengkap selamanya, Anda harus membeli aplikasinya terlebih dahulu, lisensinya berlaku seumur hidup.

Screener

Sejujurnya, Screener adalah aplikasi tangkapan layar yang fiturnya lebih unggul dari lima yang disebutkan sebelumnya. Anda tidak hanya dapat memotong dan menambahkan berbagai bentuk dan teks, aplikasi ini lebih dari itu juga dapat memberikan sentuhan artistik dengan mengubah bingkai pada gambar tangkapan layar.

Selain sangat mudah digunakan, pengeditan dapat dilakukan secara instan tanpa harus mendownload elemen tambahan seperti framework tadi. Untuk menghasilkan gambar yang lebih menarik, pengembang aplikasi ini juga telah menambahkan fungsi Shadow, Blur, dan pengaturan warna yang dapat disesuaikan.

Screen Crop

Aplikasi Screen Crop bisa dikatakan kombinasi dari aplikasi pembuat screenshot dan aplikasi perekaman video seperti Format Factory dengan Picosmos Toll bawaan di Windows.

Keunggulan aplikasi selain kemudahan pengoperasiannya adalah kemampuan untuk berbagi distribusi gambar secara langsung dengan aplikasi layanan pesan instan seperti WhatsApp dan Line.

Screen Grabber

Aplikasi selanjutnya adalah Screen Grabber yang merupakan aplikasi gratis yang memiliki fungsi sama dengan Screenit yang telah dijelaskan sebelumnya. Bedanya fitur aplikasi ini dibuat lebih simpel dan sederhana.

Setelah gambar berhasil didapat, hasilnya bisa langsung disimpan ke galeri atau diteruskan ke Gmail atau aplikasi chatting seperti Facebook Messenger dan sejenisnya.

Screenshot Crop & Share

Aplikasi menarik berikutnya untuk Anda coba adalah Screenshot Crop & Share. Mudah digunakan dengan tambahan fungsi Crop untuk mengatur gambar yang diambil dan dapat langsung dibagikan melalui aplikasi perpesanan seperti WhatsApp secara langsung.

Selain itu terdapat fitur untuk mengambil screenshot panjang yang dapat dimodifikasi agar tidak semua halaman WA tersimpan (jika gambar yang akan diambil adalah chat WhatsApp).

Screenshot, Caputre, Recorder

Aplikasi yang berfungsi penuh seperti mengambil tangkapan layar dengan alat pengeditan yang mudah digunakan. Selain itu, fungsi perekaman layar dalam format video mp4 sangat cocok untuk membuat video pelajaran sederhana untuk diunggah ke Facebook atau Youtube. Aplikasi ini sepenuhnya gratis dan dapat diunduh di playstore.

Cara Screenshot Panjang HP Samsung J2 Prime

Nah, ini adalah langkah lain dari tutorial di atas, yaitu cara mengambil screenshot panjang Samsung J2 Prime. Cara ini memungkinkan kita untuk menangkap objek secara penuh atau keseluruhan layar, cocok untuk Anda yang menyukai screenshot obrolan yang panjang.

  • Hidupkan HP Android Anda terlebih dahulu, untuk dapat menangkap tampilan layar pada hp Samsung J2 Prime.
  • Jika sudah, silahkan masuk ke Setting (Pengaturan) untuk mengakses apa yang bisa kita atur.
  • Setelah itu kita masuk ke pengaturan fitur lanjutan (Advanced Features) dan selanjutnya anda bisa mengaktifkan fitur Smart Capture di hp Samsung.
  • Pada langkah ini, Anda dapat mengatur posisi objek yang ingin Anda ambil screenshot untuk mengambil gambar, dan tekan dan tahan untuk mengubah posisinya.
  • Seperti biasa kita tekan dan tahan tombol Power + Home secara bersamaan selama beberapa detik, hingga layar Samsung J2 berkedip dan berbunyi bip yang menandakan bahwa proses pengambilan gambar telah selesai.
  • Kita tunggu beberapa saat hingga muncul notifikasi screenshot, dan kalian tekan popup untuk membuka pengaturan lanjutan, terutama di bagian Capture More / Scroll Capture untuk mengaktifkan screenshot panjang atau penuh.
  • Biasanya setelah memilih opsi Capture More / Scroll Capture akan muncul notifikasi untuk melanjutkan proses pengambilan gambar selanjutnya. Anda bisa mengikutinya untuk berfoto seperti biasa.
  • Nah, hasil tangkapan layar biasanya disimpan secara default di galeri hp Android. Anda dapat membukanya untuk diedit atau dibagikan di media sosial seperti Facebook, Instagram, atau WhatsApp.

Nah, dengan mengikuti tutorial ini, kini Anda tidak perlu bingung lagi bagaimana cara screenshot hp Samsung J2 Prime atau smartphone Samsung lainnya dengan sangat mudah. Cara yang kami bagikan ini juga berlaku untuk cara screenshot Samsung Duos. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, jangan lupa share artikelnya.

error: This content is protected by DMCA