Canggih! 10 Rekomendasi Aplikasi Absensi Siswa Terbaik

tukarpikiran.com – Buat para guru yang masih bingung untuk mengabsen siswanya, tenang saja dan tidak perlu khawatir. Karena saat ini sudah banyak sekali aplikasi absensi yang sangat membantu dan memudahkan. Yuk simak apa saja rekomendasi aplikasi absensi siswa terbaik 2022, baik yang gratis atau pun berbayar.

Saat ini ada banyak cara canggih untuk membantu pekerjaan di era digital. Salah satunya adalah melakukan pengecekan absensi siswa menggunakan aplikasi absensi siswa online gratis. Seperti yang kita ketahui, kehadiran adalah salah satu hal terpenting dalam pembelajaran sekolah atau perkuliahan mahasiswa.

Aplikasi ini memudahkan pengecekan absensi tanpa harus menelpon siswa satu per satu. Tentu saja cara tersebut akan melelahkan sekali. Apalagi jika ada banyak siswa di kelas yang Anda ajar, pasti akan memakan waktu. Artikel ini akan mengulas beberapa aplikasi absensi siswa online gratis dan berbayar yang tersedia.

Daftar Aplikasi Absensi Siswa Online Gratis

Pada masa pembelajaran online saat ini, guru membutuhkan aplikasi aplikasi absensi siswa online yang dapat digunakan untuk mengontrol dan melihat kehadiran siswa per hari. Tentunya aplikasi harus ramah anak, mudah digunakan, dan bebas digunakan agar tidak membebani anggaran sekolah.

Yang terpenting, aplikasi tidak mempersulit data yang dimasukkan lebih jauh, membuat guru lebih pusing. Ada terlalu banyak aplikasi yang tersedia untuk guru saat ini untuk mengatasi ketidakhadiran siswa yang sering diabaikan selama pembelajaran online.

Aplikasi ini sangat canggih dan ramah untuk pemula terutama anak-anak. Penggunaannya juga tidak harus melalui perangkat PC, namun sangat mudah diakses hanya melalui perangkat mobile seperti smartphone. Simak pembahasan berikut ini untuk lebih jelasnya.

Talenta

aplikasi absensi siswa

Ada aplikasi absensi siswa gratis bernama Talenta. Talenta menjadi salah satu apk yang direkomendasikan untuk digunakan, karena aplikasi ini memiliki berbagai fitur yang sangat lengkap. Fitur yang dapat dinikmati secara gratis termasuk fungsionalitas GPS, manajemen penggajian, manajemen database siswa, dan banyak lagi.

Uniknya, aplikasi ini membantu pengguna dengan cepat jika mengalami masalah dalam penggunaannya. Namun, karena terkadang terjadi kesalahan saat menggunakan fungsi perjalanan, Anda harus membuka dan menutup aplikasi untuk menyelesaikan kehadiran.

Google Form

Rujukan kedua yang diberdayakan secara digital untuk layanan kehadiran siswa adalah Google Formulir. Sampai saat ini, Google Form ini adalah aplikasi absensi siswa berbasis web paling populer karena sangat mudah digunakan oleh siapa saja.

โœ…  11 Rekomendasi Aplikasi Absensi Online Berbasis Web

Di sini, guru cukup membuat formulir melalui Akun Google masing-masing lalu membagikan tautannya kepada siswa agar siswa dapat memasukkan data yang diminta dan hadir. Layanan ini gratis dan dapat diakses melalui PC atau smartphone.

Selain mudah digunakan, data kehadiran siswa yang tercatat di Google Forms secara otomatis dirangkum dan dikategorikan oleh sistem per hari berdasarkan input siswa atau tidak.

Hal ini memungkinkan guru untuk mengontrol kehadiran dengan mudah dan ketika data diperlukan, cukup mencetak data tanpa mengedit dan mengklasifikasi ulang. Keunggulan lainnya adalah absensi dapat dilakukan berkali-kali dengan menggunakan satu formulir, sehingga tidak merepotkan guru untuk mengisi formulir baru secara berkala.

Zoho Form

aplikasi absensi siswa

Seperti Google Form, Zoho Form adalah aplikasi absensi siswa android gratis yang sangat mudah digunakan yang hanya dapat diakses dengan mengklik tautan yang dibagikan oleh pembuat formulir. Bahkan, Zoho Form ini juga memiliki fitur tanda tangan yang mengharuskan siswa untuk membubuhkan tanda tangan pada sebuah kotak setiap kali mereka hadir.

Karena layanan telah disahkan oleh tanda tangan yang bersangkutan, kehadirannya lebih dapat diandalkan dan tidak palsu. Semua data yang direkam di Zoho Form juga dilindungi dan tidak perlu khawatir kehilangannya.

Karena semua data tertata dengan rapi, guru dapat mencetak semua data kehadiran yang tercatat kapan saja tanpa harus mengatur ulang. Layanan ini, seperti layanan gratis lainnya, dapat dinikmati secara gratis tanpa iklan yang mengganggu.

Hadirr

Hadir adalah aplikasi pakar absensi yang dapat digunakan untuk absensi karyawan dan dapat dengan mudah menangani absensi siswa. Aplikasi ini sudah digunakan sejak tahun 2017 dan saat ini sudah diunduh oleh ratusan ribu pengguna di Google Playstore.

Di sini, catatan jam sekolah untuk siswa atau jam kerja untuk karyawan dapat diatur sesuai kebijaksanaan administrator. Seperti namanya, aplikasi ini didesain khusus untuk absensi siswa secara online.

Hadir dapat dengan cepat merekam perkuliahan mahasiswa secara real time jika terdapat koneksi jaringan internet yang stabil. Aplikasi ini juga memiliki fungsi GPS, jadi meskipun guru atau instruktur tidak ada di kelas, aplikasi akan menunjukkan lokasi Anda, sehingga Anda akan ketahuan tidak hadir di kelas.

โœ…  Keren! Berikut 7 Aplikasi Absensi GPS Terbaik 2022

Penggunaannya juga sangat mudah, tanpa iklan yang mengganggu, sehingga sangat ramah untuk anak sekolah. Biaya pembelian Attendr juga sangat rendah, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna yang hanya menginginkan akses. Namun, antarmuka yang disediakan oleh aplikasi ini tidak sempurna dan cukup rumit untuk dioperasikan.

SmartPresence

aplikasi absensi siswa

Lalu ada SmartPresence, aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mempermudah absensi online siswa Anda. Fungsi-fungsi yang disediakan oleh aplikasi ini sangat lengkap, mulai dari peringkasan otomatis, pencatatan lokasi absensi, penghitungan keterlambatan otomatis, pengecekan wajah, absensi lewat handphone, dll.

Selain itu, aplikasi ini dapat digunakan untuk absensi umum, karyawan toko, karyawan perorangan, pekerja pabrik, dll.

Absensi Free

Platform berikut yang dapat Anda gunakan untuk mencatat kehadiran siswa secara online adalah Absensi Free. Aplikasi ini memiliki peran yang sangat penting bagi siswa dan guru karena menyediakan berbagai fitur untuk mengelola kehadiran siswa. Aplikasi ini membuat pengelolaan dan pembagian absensi online menjadi lebih mudah, efektif dan efisien.

Absensi Free juga memiliki fitur absensi dasar yang memungkinkan aplikasi ini untuk mengecek kehadiran dan absensi siswa dengan cepat. Anda dapat melihat data terperinci menurut hari, minggu, bulan, atau tahun dalam pertanyaan ringkasan kehadiran sesuai kebutuhan.

AbsenKu

Meskipun AbsenKu masih merupakan aplikasi absensi digital yang tergolong baru, namun memiliki pengguna yang cukup sedikit dan memiliki rating yang tinggi di Google Playstore. Antarmukanya sangat sederhana dan tidak ada menu dengan istilah bahasa yang rumit, sehingga mudah digunakan oleh pemula. Aplikasi Ini memiliki beberapa fitur menarik, seperti GPS, yang memungkinkan aplikasi untuk melacak di mana orang-orang hadir.

Seperti aplikasi Jojonomic di bawah, AbsenKu adalah aplikasi berbayar dengan masa percobaan gratis selama 3 hari. Setelah itu, pengguna akan dikenakan biaya Rp 7000 per siswa atau karyawan yang terdaftar dalam aplikasi. Semua data dilindungi dan dapat dengan mudah dicetak dalam berbagai format.

Jojonomic

Pilihan absensi online selanjutnya yang canggih dan mudah digunakan mahasiswa adalah Jojonomic. Aplikasi ini sudah ada sejak tahun 2014 dan memiliki banyak pengguna sehingga kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

โœ…  11 Rekomendasi Aplikasi Absensi Online Berbasis Web

Aplikasi ini memiliki berbagai macam fitur, serta tujuan kehadiran siswa seperti penggajian untuk penggajian karyawan, waktu pagi untuk kehadiran online, manajemen waktu absen, dan lembur karyawan. Aplikasi ini dapat diunduh dari Google Playstore dengan membayar.

Namun, pengguna dapat terus menggunakan versi gratis karena periode uji coba 30 hari disediakan sebagai versi uji coba. Setelah bereksperimen, jika pengguna merasakan manfaat dan tertarik menggunakan Jojonomic, mereka dapat mendaftarkan aplikasi dan menegosiasikan biaya pembelian mereka.

Dextion

Nyatanya, Dextion adalah aplikasi yang kurang populer. Tapi pada dasarnya, aplikasi absensi ini memiliki banyak fitur menarik yang tidak dimiliki aplikasi lain. Fitur-fitur canggih seperti kasir, GPS, pengenalan wajah, pengumuman, dan lainnya semuanya mudah diakses di sini dengan smartphone.

Aplikasi ini juga berbayar, namun biayanya sangat murah, sehingga pas di kantong semua kalangan dan sangat cocok digunakan di bidang pendidikan. Bayangkan pengguna hanya dikenakan biaya Rp 100.000,-untuk membeli aplikasi dan berbagai fitur menarik. Data yang ada di dalamnya dapat dijamin akan tertata dengan baik dan aman.

Sleekr

Aplikasi di mana guru dapat membantu mengatur absensi siswa adalah Sleekr. Aplikasi ini sudah ada sejak tahun 2015 dan masih eksis hingga saat ini berkat kualitas dan pelayanan yang memuaskan penggunanya. Aplikasi ini juga berbayar, namun pengembang tidak menetapkan nominal tetap sehingga pengguna dapat menegosiasikan harga berdasarkan fitur yang akan mereka gunakan.

Fitur-fitur aplikasi ini sangat bagus dan handal, seperti GPS, manajemen penggajian, manajemen absensi karyawan, manajemen kehadiran siswa, dll. Semua data yang dimasukkan aman dan dapat dicetak kapan pun diperlukan.

Penutup

Sudahkah Anda menentukan aplikasi untuk mencatat kehadiran siswa yang sesuai untuk sekolah Anda? Untuk kemudahan penggunaan, pilih aplikasi yang relevan dengan kondisi siswa.

Guru juga harus mempertimbangkan keamanan data siswa yang dimasukkan saat absensi saat memilih aplikasi yang akan digunakan. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menginspirasi Anda untuk menggunakan layanan berbasis digital dalam dunia pendidikan.

error: This content is protected by DMCA