Cara Mendapatkan Kuota Gratis dari Kemendikbud

tukarpikiran.com – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) kembali membagikan kuota data internet gratis mulai September hingga November 2021. Dengan adanya informasi ini, banyak sekali para pelajar yang mencari cara mendapatkan kuota gratis dari kemendikbud tersebut. Berikut sudah kami ulas secara lengkap.

Hal ini tentunya menjadi kabar gembira bagi mahasiswa, guru, mahasiswa dan dosen di seluruh Indonesia. Berdasarkan Peraturan Sekjen No. 14 Tahun 2021, kriteria penerima Bantuan Kuota Internet adalah mahasiswa dan dosen pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), pendidikan dasar, menengah, dan tinggi.

Dalam hal ini, pemerintah akan mengucurkan INR 2,3 triliun untuk bantuan berkelanjutan berbagi data internet bagi 26,8 juta pelajar, mahasiswa, dan guru untuk mendukung kegiatan belajar mengajar online selama pandemi.

Dilansir dari Liputan6.com, Jumat (17/9), Mendikbudristek Nadiem Makarim mengatakan, bantuan kuota akan diluncurkan pada September hingga November 2021. Bantuan kuota data tersebut berlaku selama 30 hari sejak tanggal diterima.

Berikut penjelasan cara mendapatkan kuota gratis dari Kemendikbud, besaran, syarat, dan akses yang bisa dilakukan, dilansir dari Liputan6.com, Jumat (17/9).

Cara Mendapatkan Kuota Gratis dari Kemendikbud

Ada dua cara untuk mendapatkan kuota data internet dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yaitu:

Untuk dapat menerima paket bantuan kuota bulan September – November 2021 segera informasikan kepada operator/kepala satuan pendidikan. Oleh karena itu, yang bersangkutan harus menyampaikan laporan kepada kepala satuan pendidikan untuk mendapatkan bantuan kuota gratis.

Pimpinan atau operator sekolah dan universitas akan menyampaikan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Berat (SPTJM) melalui https://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id atau https://kuotadikti.kemdikbud.go.id.

  Cara Mendapatkan Kuota Gratis XL Terbaru dengan Mudah

Syarat dan besaran kuota yang diberikan oleh Kemendikbud

Bagi penerima bantuan paket gratis kuota baru tahun 2021 harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
PAUD, siswa pendidikan dasar dan menengah

Terdaftar di aplikasi Dapodik dan memiliki nomor ponsel aktif atas nama siswa/orang tua/anggota keluarga/wali.
Siswa PAUD akan mendapatkan kuota gratis sebesar 7 gigabyte (GB) per bulan.
Sedangkan untuk siswa SD, SMP, dan SMA akan mendapatkan kuota 10 GB.

PAUD dan guru pendidikan dasar dan menengah

Terdaftar di Aplikasi Dapodik dan berstatus aktif serta memiliki nomor handphone aktif.
Tenaga kependidikan untuk jenjang PAUD, SD dan SMP hingga SMA akan mendapatkan bantuan kuota internet sebesar 12 GB per bulan.

Mahasiswa dan dosen

Terdaftar di Aplikasi PDDikti, berstatus aktif, memiliki nomor registrasi (NIDN, NIDK atau NUP) dan memiliki nomor handphone aktif.
Mahasiswa dan dosen akan mendapatkan bantuan kuota internet sebesar 15 GB per bulan.

Daftar situs yang bisa diakses dengan kuota Kemendikbud

Bantuan Kuota Gratis Tahun 2021 adalah kuota publik yang dapat digunakan untuk mengakses semua situs dan aplikasi, kecuali yang diblokir oleh Kominfo. Dalam hal ini, satu-satunya situs atau platform yang dapat diakses dengan menggunakan kuota Kemendikbud adalah platform yang didukung PJJ, yaitu YouTube, Google Meet, e-learning, Zoom Meeting dan masih banyak lagi.

Ada aplikasi media sosial, game, dan video yang tidak bisa diakses dengan kuota ini, antara lain Instagram, Facebook, Snapchat, Tinder, Tumblr, Twitter, TikTok, Netflix, Badoo, Bigolive, Periscope, dan Snack Video.

Itulah tadi cara mendapatkan kuota gratis dari Kemendikbud yang bisa kami bagikan. Jika masih ada kebingungan silahkan langsung saja sampaikan di kolom komentar.

  Cara Mendapatkan Kuota Gratis Tri Terbaru dengan Mudah

DAFTAR ISI

error: This content is protected by DMCA