Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Tidak Boros

tukarpikiran.com – Uang sering kali dibicarakan di sebagian besar keluarga, karena topiknya biasanya berfokus pada “Ke mana perginya?” Biasanya lebih banyak uang bukanlah jawaban untuk sebagian besar masalah keuangan keluarga. Sebaliknya, membuat rencana untuk pengelolaan uang yang lebih baik akan membantu sebagian besar keluarga merasa lebih puas dengan pendapatan dan kemajuan mereka dalam mencapai tujuan.

Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Tidak Boros

Mengatur keuangan rumah tangga nyatanya juga bukanlah hal yang mudah. Banyak keahlian dan perencanaan yang diperlukan agar pengelolaan keuangan tidak menjadi masalah di kemudian hari. Oleh karena itu, berikut ini sudah kami ulas tips mengatur keuangan rumah tangga yang bisa berguna untuk kamu di kemudian hari.

Tujuan Keluarga

Pengelolaan uang yang efektif bergantung pada cara keluarga memilih untuk hidup dan tujuan yang ingin dicapai. Pikirkan tentang keadaan keuangan keluarga Anda saat ini dan di mana Anda ingin berada dalam lima atau sepuluh tahun ke depan.

Tujuan jangka panjang: “Impian untuk masa depan” ini biasanya didefinisikan selama lebih dari lima tahun. Contohnya termasuk membuat dana pensiun, melunasi hipotek, dan menabung untuk biaya kuliah untuk seorang anak.

Sasaran menengah: Sasaran ini biasanya dapat dicapai dalam satu hingga lima tahun. Contohnya termasuk menabung sejumlah uang muka rumah, membeli atau mengganti mobil Anda dan melunasi hutang tanpa jaminan.

Sasaran jangka pendek: Sasaran ini dapat dicapai dalam tiga bulan ke depan. Contohnya termasuk menyiapkan dana darurat, tabungan untuk barang-barang pribadi, atau perjalanan dan pembayaran kartu kredit.

Setiap tujuan yang Anda pilih harus memiliki sejumlah uang yang didedikasikan untuk itu untuk membantu mewujudkannya. Tujuan pertama bagi banyak keluarga adalah menciptakan dana darurat. Biasanya dana darurat tersebut merupakan biaya hidup untuk jangka waktu tiga sampai enam bulan untuk digunakan jika terjadi gangguan pendapatan.

โœ…  Orang Amerika Membayar Rekor Utang Kartu Kredit

Mulailah dengan Hal yang Paling Dasar

Anda perlu tahu di mana Anda berada dengan uang Anda. Pernyataan kekayaan bersih Anda adalah tempat yang tepat untuk memulai.

Kekayaan bersih menunjukkan nilai sebuah rumah tangga dalam dolar pada saat tertentu; Ini sama dengan perbedaan antara apa yang Anda miliki dan apa yang Anda berutang. Laporan kekayaan bersih Anda memberikan catatan penting tentang uang Anda saat ini.

Penting untuk meluangkan waktu sejenak untuk menilai situasinya. Hal tersebut akan berguna untuk membantu Anda menentukan sumber pendapatan dan pengeluaran Anda. Berapa pendapatan bulanan yang Anda harapkan? Ini adalah jumlah yang akan Anda gunakan untuk merencanakan arus kas Anda.

Bagi beberapa keluarga, melihat dari dekat pendapatan mereka dan mengetahui di mana uang sebenarnya dibelanjakan sudah cukup untuk membantu mereka mendapatkan kembali kendali keuangan. Tetapi beberapa orang lain membutuhkan bantuan tambahan dalam bentuk perangkat lunak pengelolaan uang, atau beberapa kunjungan dengan penasihat keuangan profesional yang dapat memberikan bantuan dengan pengelolaan uang yang lebih baik. Penasihat keuangan tersedia melalui berbagai layanan nirlaba (konseling kredit konsumen) dan sistem dukungan keluarga militer.

Perencanaan Pengeluaran dan Tabungan

Banyak keluarga menetapkan tujuan dan memiliki impian untuk masa depan. Mengambil tanggung jawab untuk pengeluaran berarti mengetahui berapa banyak yang dibelanjakan dan untuk barang apa.

Sistem pembukuan yang baik dapat membuat perbedaan besar dalam membuat rencana pengeluaran Anda berhasil. Anda mungkin ingin mempertimbangkan teknik-teknik berikut untuk mendapatkan gambaran realistis tentang bagaimana uang Anda akan dibelanjakan:

Daftar periksa faktur: Dapat digunakan untuk membantu melacak faktur. Daftar periksa ini akan membantu Anda menyortir semua tagihan bulanan Anda dengan melacak tanggal jatuh tempo dan jumlah pasti yang harus dibayarkan untuk setiap tagihan.

Expense Tracker: Tuliskan pengeluaran harian Anda selama satu bulan. Catat kategori anggaran untuk setiap akun. Pantau kategori yang jumlahnya bervariasi dari minggu ke minggu atau bulan ke bulan. Anda tidak perlu melacak pengeluaran tetap seperti hipotek atau pembayaran mobil.

โœ…  Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Mudah

Anda memiliki beberapa cara untuk menganggarkan pengeluaran bulanan Anda. Berikut beberapa contohnya:

Lembar Kerja Rencana Pengeluaran: Dengan lembar kerja ini, Anda memisahkan pengeluaran hidup keluarga Anda menjadi pengeluaran tetap, fleksibel, dan sesekali.

Biaya tetap adalah biaya yang Anda bayarkan setiap bulan dan jumlahnya tidak berubah. Ini mencakup hal-hal seperti hipotek / sewa, kredit cicilan, dan asuransi.

Biaya fleksibel mencakup biaya yang Anda bayar setiap bulan tetapi jumlahnya berubah. Contoh pengeluaran fleksibel termasuk bahan makanan, gas, utilitas, dan hiburan.

Biaya tak terduga adalah biaya yang tidak terjadi setiap bulan. Jangan lupa untuk membuat daftar pengeluaran sesekali ini agar tidak menghabiskan pengeluaran bulanan Anda.

Anggaran Gaji: Metode anggaran ini melibatkan pembuatan rencana pengeluaran untuk setiap gaji yang Anda terima. Anda mulai dengan mendokumentasikan berapa banyak pendapatan bersih yang Anda terima dari gaji Anda, kemudian Anda mendokumentasikan setiap akun yang akan digunakan untuk menerima gaji tersebut.

Anggaran Kalender: Gunakan kalender untuk melacak arus kas bulanan. Mulailah pada hari pertama dengan menuliskan kas di tangan atau saldo di rekening giro Anda. Tuliskan jumlah gaji Anda pada tanggal yang sesuai. Kemudian tuliskan kapan Anda perlu membayar tagihan atau kapan Anda perlu mengeluarkan uang untuk makan, bensin, sekolah, dll. Ini akan mencantumkan pendapatan dan tagihan Anda sehingga Anda dapat menambah dan mengurangi saat Anda maju. Lanjutkan proses ini selama sebulan untuk melihat apakah Anda mampu membayar arus kas.

Anggaran 50/30/20: Jenis anggaran ini didasarkan pada penggunaan persentase yang berbeda dari pendapatan Anda pada kategori pengeluaran tertentu. Idenya adalah menghabiskan 50% dari pendapatan Anda untuk kebutuhan seperti perumahan dan bahan makanan, 30% untuk kebutuhan seperti hiburan dan 20% untuk tabungan.

โœ…  Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Mudah

Teknologi: Menggunakan teknologi untuk membantu penganggaran juga merupakan salah satu pilihan. Ada banyak situs web dan aplikasi untuk dipilih jika Anda ingin mengikuti rute ini. Gunakan hanya sumber tepercaya dan tepercaya, terutama saat memasukkan informasi pribadi apa pun. Beberapa bank juga memiliki aplikasi pelacakan pengeluaran mereka sendiri yang menarik informasi langsung dari rekening Anda, sehingga Anda dapat bertanya kepada bank Anda apakah ini adalah pilihan.

Tinjau Rencananya

Setiap rencana pengeluaran perlu direvisi dan direstrukturisasi karena kebutuhan keluarga Anda berubah. Dengan meninjau anggaran keluarga Anda secara teratur, Anda akan dapat membandingkan jumlah sebenarnya dengan jumlah yang direncanakan.

Semakin sering Anda melakukan pemeriksaan semacam itu, semakin baik kemajuan Anda dalam mencapai tujuan jangka pendek dan panjang. Ingatlah bahwa tidak semua jenis anggaran cocok untuk setiap orang. Tetap termotivasi dan terus bereksperimen dengan berbagai metode penganggaran sampai Anda menemukan metode yang sesuai untuk Anda.

Rencana pembayaran hutang

Jika Anda memiliki hutang dan membutuhkan sumber daya untuk mengatur rencana pembayaran, Anda dapat membaca tips mengatur keuangan rumah tangga yang baik dan benar yang sudah kami ulas pada postingan sebelumnya.

Kesimpulan

Tukar Pikiran adalah situs yang sangat bagus untuk membantu Anda menemukan cara yang paling efektif untuk melunasi hutang Anda sambil membelanjakan uang sesedikit mungkin. Jika di kemudian hari Anda dalam keadaan terdesak, anda juga bisa melakukan transaksi pinjaman online seperti yang sudah pernah kami ulas sebelumnya

error: This content is protected by DMCA