Cara Mengubah Kuota Belajar Menjadi Kuota Internet Tanpa Aplikasi

tukarpikiran.com – Cara mengubah kuota belajar menjadi kuota internet tanpa aplikasi tidaklah sulit. Kamu hanya perlu menginstal satu aplikasi yang fungsinya sudah dapat digunakan untuk kebutuhan mengubah kuota tertentu ke kuota internet utama, termasuk penggunaan kuota belajar yang sedang tinggi saat ini.

Untuk tujuan apa? Tujuan dari cara ini adalah jika kita memiliki kuota yang tidak terpakai (kuota belajar), kita masih dapat memanfaatkan kuota yang tersisa. Jadi, kamu harus mencoba tutorial di bawah ini sampai kuota belajar yang kamu punya menjadi kuota internet.

Cara mengubah kuota belajar Kemendikbud menjadi kuota internet tanpa aplikasi ini kami bagikan dalam rangka karena banyaknya pengguna yang mengeluh masih banyak kuota yang tersisa. Tak heran, karena pada dasarnya kuota belajar hanya bisa mengakses aplikasi belajar online, dan tidak bisa digunakan untuk keperluan lainnya.

Bisakah Kuota Belajar Kemendikbud Menjadi Kuota Internet?

Tidak hanya kuota belajar dari Kemendikbud, tapi kuota belajar yang kamu beli sendiri juga bisa langsung diubah menjadi kuota internet, baik itu Telkomsel, Indosat, XL/Axis dan Tri. Kami hanya akan fokus kepada cara mengubah paket kemendikbud menjadi paket internet tanpa aplikasi, yang bisa langsung kamu coba.

Walaupun pemerintah menyatakan penyaluran bantuan kuota belajar gratis akan berakhir untuk tahun ini, namun ada kemungkinan bantuan kuota gratis tahun depan masih ada. Mengingat saat ini mayoritas sekolah atau universitas masih menerapkan pembelajaran online, dan belum offline sepenuhnya

Cara merubah kuota belajar menjadi kuota internet tanpa aplikasi mudah banget. Ada beberapa aplikasi yang sangat bagus yang mengubah kuota belajar menjadi kuota internet. Mulai dari aplikasi HTTP khusus, HTTP Injector, dan TLS Tunnel.

Selain itu, ada juga Psiphon Pro dan Anonytun (walaupun jarang digunakan), kebanyakan menggunakan HTTP Custom dan Injector. Perlu dimaklumi, jika ingin menerapkan tutorial ini usahakan sisa kuota belajar di hp kamu sudah ada kuota (untuk menghindari penggunaan kuota utama).

Kecuali kamu hanya memiliki sedikit kuota utama tidak masalah. Bahkan bisa lebih baik lagi, karena biasanya trik ini berhasil karena kamu harus memiliki kuota internet utama untuk umpan di awal agar trik tersebut berhasil.

Jika berhasil, terkoneksi dan bisa internetan, jangan lupa cek secara berkala dan pastikan kuota yang digunakan adalah kuota belajar. Kamu bisa mengecek dengan membuka Youtube, Instagram atau aplikasi lain yang tidak mendukung pembelajaran seperti Whatsapp, Google Classroom, Udemy, Zenius, dan lainnya.

Kuota Belajar Telkomsel

Berdasarkan informasi yang diberikan techradar.id, mayoritas pengguna kuota belajar adalah pengguna Telkomsel. Namun jangan khawatir, untuk pengguna kartu lain seperti Indosat, XL, Smartfren dan Tri, juga bisa menerapkan tutorial yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Jika kamu sudah memiliki kuota belajar Telkomsel, atau masih ada sisa kuota belajar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kamu bisa menerapkan cara mengubah kuota belajar kemendikbud menjadi kuota internet Telkomsel tanpa aplikasi ini.

Telkomsel sendiri menawarkan paket belajar online dengan tarif yang sangat murah (10 GB untuk paket pemula) dan harga kelas belajar reguler Telkomsel juga murah, 5k dapat 10 GB.

Cara Mengubah Kuota Belajar Menjadi Kuota Utama Telkomsel

Sebelum kamu ingin tahu cara mengubah kuota belajar menjadi kuota utama telkomsel, pastikan terlebih dahulu kamu sudah mendowload aplikasi AnonyTun Black ya. Kenapa versi hitam? Karena Anonytun (putih) biasa sering lepas alias DC. Versi hitam sekarang lebih baik, mungkin karena masih jarang digunakan.

โœ…  Cara Mengubah Kuota Malam Menjadi Kuota Utama Smartfren

Anonytun Black dan Anonytun Reguler dibuat oleh pengembang Art Of Tunnel jadi hanya versi yang berbeda, jangan khawatir karena versi hitam ini tidak dibuat oleh sembarang orang, jadi tetap aman. Berikut cara mengubah kuota belajar Telkomsel menjadi kuota internet utama dengan aplikasi AnonyTun 2021 terbaru:

  • Buka aplikasi Anonytun dan ketuk ikon tiga titik.
  • Klik Pengaturan VPN dan atur Paket Kompres ke AKTIF.
  • Biarkan sisanya default, lalu klik Simpan.
  • Selanjutnya, klik menu Stealth Settings di pojok kanan atas.
  • Setel Stealth Tunnel ke AKTIF.
  • Kemudian nyalakan juga di pengaturan SSL lanjutan.
  • Kemudian klik Edit Pengaturan SSL.
  • Atur SSL Setting dengan mencentang bagian Spoof SNI Host dan bagian Spoof Host:Port. Bagian Host Port bisa kamu isi dengan www.whatsapp.com, dan bagian Spoof port bisa diisi dengan 443, kemudian klik ok.
  • Terakhir, jangan lupa klik save.

Setelah setting SSL, pastikan juga pada server, ubah performa terbaik dan set ke server UK atau negara lain, seperti yang direkomendasikan oleh Jerman, Perancis dan AS. Terakhir, klik Connect dan tunggu beberapa detik hingga Anonytun terhubung.

Kuota Belajar Indosat

Tak mau ketinggalan dengan Telkomsel, Indosat juga meluncurkan paket edukasi Indosat yang disebut paket ImClass, yang berfungsi seperti sharing pembelajaran bagi Telkomsel dan operator lainnya. Jumlah kuota belajar sangat banyak dibandingkan dengan kuota internet utama.

Jika sisa kuota belajar masih banyak padahal masa aktif akan segera berakhir, sangat disayangkan bukan? Jadi daripada disia-siakan, lebih baik diganti dengan kuota internet biasa. Kamu bisa mengikuti penjelasan kami di bawah ini untuk cara mengubah kuota belajar menjadi kuota utama Indosat tanpa aplikasi 2021.

Cara Mengubah Kuota Belajar Menjadi Kuota Utama Indosat

Kuota Indosat Edukasi merupakan paket internet resmi Indosat untuk pengguna yang saat ini sedang dilanda pandemi. Di mana setiap orang dipaksa untuk melakukan aktivitas melalui online, salah satunya adalah pembelajaran online, yang tentunya sangat membutuhkan kuota yang banyak.

Keuntungan mendapatkan kuota pendidikan Indosat adalah hemat biaya karena kuota ini khusus untuk mengakses aplikasi pembelajaran online seperti Sekolahmu.com, RuangGuru, Quipper dan 60 website universitas lainnya di Indonesia. Cara mengubah kuota belajar menjadi kuota internet indosat tanpa aplikasi tidaklah sulit.

Karena paket 30 GB pasti tidak akan digunakan sama sekali, apalagi jika hanya mengakses aplikasi pembelajaran, bukan untuk streaming. Daripada paket edukatif hilang, kamu bisa menggunakan trik mengubah kuota pendidikan IM3 menjadi flash atau kuota normal. Sehingga bisa digunakan untuk internetan di semua aplikasi seperti Youtube, Facebook, Instagram dll.

Sama seperti cara mengubah kuota belajar menjadi kuota utama Telkomsel dengan anonytun, pastikan terlebih dahulu kamu sudah menginstal aplikasi tersebut.

  • Buka aplikasi Anonytun dan ketuk ikon tiga titik.
  • Klik Pengaturan VPN dan atur Paket Kompres ke AKTIF.
  • Biarkan sisanya default, lalu klik Simpan.
  • Selanjutnya, klik menu Stealth Settings di pojok kanan atas.
  • Kemudian nyalakan juga di pengaturan SSL lanjutan.
  • Kemudian klik Edit Pengaturan SSl. Atur SSL Setting dengan mencentang bagian Spoof SNI Host dan bagian Spoof Host:Port. Bagian Host Port bisa kamu isi dengan www.whatsapp.com, dan bagian Spoof port bisa diisi dengan 443, kemudian klik ok.
  • Terakhir, jangan lupa klik save.

Kuota Belajar XL dan Axis

PT. XL Axiata juga bekerjasama dengan Kemendikbud dalam pembagian kuota belajar. Bahkan XL akan menambah total kuota belajar sebesar 55 GB untuk para pengguna setia! Oleh karena itu, jika dihitung dengan besaran bantuan kuota belajar dari Kemendikbud, maka totalnya bisa mendapatkan kuota pendidikan yang sangat besar yaitu 100 GB lebih.

โœ…  Cara Mengubah Kuota Lokal Axis Menjadi Kuota Utama

Cara Mengubah Kuota Belajar XL Menjadi Kuota Utama

Cara mengubah kuota belajar XL ke kuota utama ini mirip dengan trik yang digunakan untuk kartu Telkomsel yang admin jelaskan pada sebelumnya. Kuota Belajar XL atau XTRA Edukasi XL merupakan kuota internet yang saat ini banyak dicari oleh banyak orang. Terutama yang masih sekolah/perguruan tinggi baik pelajar, guru maupun dosen.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dinas Pendidikan dan Kebudayaan) sudah banyak mengalokasikan bantuan kuota data kepada pengguna PAUD terkait pendidikan kepada siswa. Kemendikbud menjalin kerjasama dengan hampir semua atau mungkin semua provider seperti XL Axiata, AXIS, Tri, Indosat, Telkomsel, dll.

Bagi kamu yang menggunakan XL bisa dibilang sangat beruntung. Karena XL tidak hanya membantu kuota pemerintah 50GB, tetapi XL juga akan meningkatkannya sebesar 55GB sehingga kamu bisa mendapatkan total 105GB.

Sama seperti cara mengubah kuota belajar menjadi kuota utama Indosat dengan Anonytun, pastikan terlebih dahulu kamu sudah menginstal aplikasi tersebut.

  • Buka aplikasi Anonytun dan ketuk ikon tiga titik.
  • Klik Pengaturan VPN dan atur Paket Kompres ke AKTIF.
  • Biarkan sisanya default, lalu klik Simpan.
  • Selanjutnya, klik menu Stealth Settings di pojok kanan atas.
  • Setel Stealth Tunnel ke AKTIF.
  • Kemudian nyalakan juga di pengaturan SSL lanjutan.
  • Kemudian klik Edit Pengaturan SSL. Atur SSL Setting dengan mencentang bagian Spoof SNI Host dan bagian Spoof Host:Port. Bagian Host Port bisa kamu isi dengan www.whatsapp.com, dan bagian Spoof port bisa diisi dengan 443, kemudian klik ok.
  • Terakhir, jangan lupa klik save.

Cara Mengubah Kuota Edukasi Axis Jadi Kuota Utama

Axis Tuition Class saat ini menjadi salah satu paket internet yang banyak digunakan terkait pembelajaran online di hampir seluruh sekolah di Indonesia. Melihat hal tersebut, banyak orang yang kemudian mencari cara ubah kuota belajar Axis jadi kuota internet tanpa aplikasi.

Axis sebagai salah satu penyedia layanan termurah juga terlibat dalam inovasi untuk memenuhi kebutuhan internet yang tinggi, salah satunya adalah merilis paket yang disebut paket BOOSTR yang mencakup kelas pendidikan, kelas konferensi dan lainnya.

Masalah juga muncul, karena banyak pengalaman di mana sisa kuota belajar Axis masih tersisa banyak. Padahal masa aktif akan habis. Maka disini admin akan memberikan informasi cara merubah kuota pendidikan axis ke paket flash atau kuota master normal yang nantinya bisa digunakan untuk mengakses semua aplikasi.

Sama seperti cara mengubah kuota belajar XL menjadi kuota utama Anonytun, pastikan terlebih dahulu kamu sudah menginstal aplikasi tersebut.

  • Buka aplikasi Anonytun dan ketuk ikon tiga titik.
  • Klik Pengaturan VPN dan atur Paket Kompres ke AKTIF.
  • Biarkan sisanya default, lalu klik Simpan.
  • Selanjutnya, klik menu Stealth Settings di pojok kanan atas.
  • Setel Stealth Tunnel ke AKTIF.
  • Kemudian nyalakan juga di pengaturan SSL lanjutan.
  • Kemudian klik Edit Pengaturan SSL. Atur SSL Setting dengan mencentang bagian Spoof SNI Host dan bagian Spoof Host:Port. Bagian Host Port bisa kamu isi dengan www.whatsapp.com, dan bagian Spoof port bisa diisi dengan 443, kemudian klik ok.
  • Terakhir, jangan lupa klik save.

Kuota Belajar TRI

Tri sebagai provider tergolong salah satu provider yang biasanya menyediakan paket internet murah. Dan tentunya juga meluncurkan kuota belajar yang disebut kuota aplikasi pendidikan. Kamu dapat membeli kuota belajar Tri atau Tri Learning Class di aplikasi BIMA+. Apakah kuota belajar Tri (3) dapat diubah menjadi kuota internet utama?

โœ…  Cara Mengubah Kuota Belajar Menjadi Kuota Internet Indosat

Cara Mengubah Kuota Edukasi Tri Jadi Kuota Utama

Sama seperti cara mengubah kuota belajar Axis menjadi kuota utama Anonytun, pastikan terlebih dahulu kamu sudah menginstal aplikasi tersebut.

  • Buka aplikasi Anonytun dan ketuk ikon tiga titik.
  • Klik Pengaturan VPN dan atur Paket Kompres ke AKTIF.
  • Biarkan sisanya default, lalu klik Simpan.
  • Selanjutnya, klik menu Stealth Settings di pojok kanan atas.
  • Setel Stealth Tunnel ke AKTIF.
  • Kemudian nyalakan juga di pengaturan SSL lanjutan.
  • Kemudian klik Edit Pengaturan SSL. Atur SSL Setting dengan mencentang bagian Spoof SNI Host dan bagian Spoof Host:Port. Bagian Host Port bisa kamu isi dengan www.whatsapp.com, dan bagian Spoof port bisa diisi dengan 443, kemudian klik ok.
  • Terakhir, jangan lupa klik save.

Kuota Belajar Smartfren

Meski jumlah pengguna kuota belajar Smartfren tidak sama dengan Telkomsel, Indosat, XL/Axis dan juga Tri, ada trik untuk mengubah kuota belajar menjadi kuota utama Smartfren.

Cara Mengubah Kuota Belajar Smartfren Menjadi Kuota Utama

Nah, bagi kamu yang menggunakan smart learning, tahukah kamu apa itu smart learning class? Dari segi kemudahan penggunaan, sebanding dengan kuota belajar dari kartu lain seperti Telkomsel, Indosat, XL, Axis, Three, dll.

Kuota smartfren bisa kamu beli melalui aplikasi My Smartfren, atau bisa juga kamu dapatkan secara gratis dengan mendaftarkan nomor kamu ke instansi sekolah/kampus. Sehingga nantinya kamu akan mendapatkan bantuan kuota belajar dari Kemendikbud, yang terdiri dari kuota umum dan kuota belajar.

Soalnya jumlah kelas sangat banyak, misalnya untuk pelajar saja, total kuota 50 GB didapat dari Kemendikbud, dimana 45 GB terdiri dari kelas. Sama seperti cara mengubah kuota belajar Tri menjadi kuota utama Anonytun, pastikan terlebih dahulu kamu sudah menginstal aplikasi tersebut.

  • Buka aplikasi Anonytun dan ketuk ikon tiga titik.
  • Klik Pengaturan VPN dan atur Paket Kompres ke AKTIF.
  • Biarkan sisanya default, lalu klik Simpan.
  • Selanjutnya, klik menu Stealth Settings di pojok kanan atas.
  • Setel Stealth Tunnel ke AKTIF.
  • Kemudian nyalakan juga di pengaturan SSL lanjutan.
  • Kemudian klik Edit Pengaturan SSL. Atur SSL Setting dengan mencentang bagian Spoof SNI Host dan bagian Spoof Host:Port. Bagian Host Port bisa kamu isi dengan www.whatsapp.com, dan bagian Spoof port bisa diisi dengan 443, kemudian klik ok.
  • Terakhir, jangan lupa klik save.

Buat kamu yang bertanya bagaimana cara mengubah kuota belajar menjadi kuota internet tanpa aplikasi, semuanya sudah kami jelaskan di atas untuk setiap operatornya. Semoga ulasan ini bisa membantu kamu yang kebingungan mengubah kuota belajar menjadi kuota utama.

Cara yang sudah kami bagikan ini, sebenarnya juga berlaku untuk cara mengubah kuota belajar menjadi kuota haji. Jangan lupa terus ikuti Tukar Pikiran untuk info terupdate menarik lainnya. Semoga kalian beruntung terus setiap harinya ya.

error: This content is protected by DMCA