Kelebihan dan Kekurangan Oppo A92, Berikut Faktanya

tukarpikiran.com – Ada yang sangat menarik dari OPPO A series di pasaran. Seri ini hadir dengan varian harga 2 sampai 4 juta rupiah saja. Hal ini membuat konsumen memiliki lebih banyak pilihan untuk memilih seri OPPO A. Salah satunya adalah OPPO A92. Berikut sudah kami sajikan ulasan dan fakta kelebihan dan kekurangan Oppo A92.

Dari namanya, OPPO A92 ini merupakan penerus OPPO A91. Hanya saja saat perilisan kedua ponsel ini cenderung berdekatan. OPPO A91 resmi hadir di Indonesia pada Maret 2020. Sedangkan OPPO A92 hadir pada Mei 2020.

Selain waktu penutupan rilis, kedua ponsel ini berada dalam kategori harga yang sama, yaitu di bawah Rp. 4 juta. Tentunya hal ini akan membuat calon konsumen bingung saat membeli. Apakah Anda ingin membeli OPPO A91 atau OPPO A92?

Ketika memutuskan membeli hp atau ganti hp, tentunya Anda harus mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya. Sejak kami menulis artikel tentang kelebihan dan kekurangan OPPO A91, kini saatnya Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan OPPO A92. Apa kelebihan dan kekurangan ponsel ini? Baca lebih lanjut di bawah ini.

Spesifikasi OPPO A92

  • Rilis: Mei 2020
  • Layar: 6,5 inci IPS LCD 1080 x 2400 piksel
  • Chip: Qualcomm SM6125 Snapdragon 665 (11nm)
  • CPU: Octa-core (4 x 2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4 x 1.8 GHz Kryo 260 Silver)
  • GPU: Adreno 610
  • RAM: 8 GB
  • Memori internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: Quad 48 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera depan: 16 MP
  • Baterai: Baterai Li-Po 5000 mAh yang tidak dapat dilepas

Kelebihan OPPO A92

Ternyata banyak kelebihan yang ditawarkan OPPO A92 yang membuat ponsel ini layak untuk dipilih. Apa kelebihan yang ditawarkan OPPO A92? Simak poin-poin berikut!

Layar Bagus untuk Seri A

OPPO A91 sudah menghadirkan tampilan yang bagus untuk OPPO seri A. Layar ponsel ini hadir dengan panel Super AMOLED dan memiliki tingkat kecerahan yang baik. Sayangnya, OPPO A92 tidak menggunakan panel Super AMOLED.

Namun, ini bukan kekurangan karena layar OPPO A92 sangat bagus. Ponsel ini menawarkan layar 6,5 inci dengan resolusi 1080 x 2400 piksel. Kerapatan layar 405 ppi. Sementara OPPO mengklaim layar ponsel ini memiliki tingkat kecerahan 480 nits.

Layar ini juga bagus karena terlihat penuh. Ini karena OPPO menerapkan sistem kamera depan punch-hole. OPPO menyebut teknologi layar ini Neo-Display. Layar terlihat lebih penuh berkat rasio screen-to-body 90,50%.

Selain itu, layar OPPO A92 dilengkapi dengan teknologi yang ditujukan untuk mengistirahatkan mata pemakainya. Teknologi ini adalah teknologi pelindung mata bersertifikat TÜV Rheinland. Berkat teknologi ini, kecerahan layar OPPO A92 dapat beradaptasi dengan kondisi sekitar.

OPPO A92 juga dilengkapi dengan fitur perawatan mata. Fitur ini dapat diaktifkan jika pengguna menginginkan layar ponsel memuat gambar visual yang tidak membuat mata tegang dan lelah.

  Berikut Tipe HP Oppo Terbaru dan Harganya

Teknologi inilah yang membuat OPPO A92 unggul di sisi layar. Website Tek.id sendiri memuji tampilan layar ponsel ini yang dapat memuaskan pengguna dalam mengkonsumsi konten visual.

Ia pun memuji Kumbaran Tech. Menurut KumparanTech, layar ponsel ini mampu menghadirkan tampilan visual yang enak dipandang dan menghadirkan warna yang dinilai bagus. Selain itu, layar tetap jernih bahkan dalam kondisi sinar matahari langsung.

Ini jelas menegaskan bahwa layar OPPO A92 lebih unggul. Layar memberikan nuansa berbeda dengan cara yang lebih positif jika dibandingkan dengan layar ponsel OPPO A series.

Desain yang Menarik

OPPO A92 hadir di Indonesia dengan tiga pilihan model yang menarik. Ada varietas twilight black, twilight purple, dan bright white. Apapun pilihan modelnya, semuanya terlihat menarik dan kekinian.

Gadgetidn.com sendiri mengatakan bahwa desain ponsel ini sangat elegan. Bodi belakang sudah dilapisi polikarbonat tetapi disatukan oleh bingkai ponsel yang seluruhnya terbuat dari logam. Konsep ini tidak hanya membuat desain OPPO A92 menarik, tetapi juga sangat nyaman untuk digenggam.

Masa Pakai Baterai yang Lama

OPPO A92 hadir dengan baterai 5000 mAh. Tentunya kapasitas baterai ini besar dan sebenarnya tidak ada yang istimewa karena masih banyak ponsel lain yang juga menawarkan kapasitas baterai yang sama.

Pertanyaannya sekarang adalah berapa sisa masa pakai baterai untuk ponsel ini? Di antara sekian banyak ulasan mengenai daya tahan baterai ponsel ini, daya tahan baterai ponsel ini terbilang cukup lama. Itu bisa bertahan sepanjang hari.

Website anakpelajar.com sendiri menguji daya tahan baterai ponsel ini dengan memainkan game PUBG Mobile. Ternyata, OPPO A92 bisa menjalankan PUBG Mobile dalam waktu 7 jam 30 menit, atau hampir 8 jam. Status baterai awalnya 90%, kemudian setelah digunakan, status baterai yang tersisa adalah 10%.

Pengisian Baterai Lumayan Cepat

Selain daya tahan baterai yang baik, OPPO A92 juga didukung oleh teknologi pengisian cepat 18W. Teknologi ini sangat cepat untuk mengisi baterai. OPPO sendiri mengklaim bahwa OPPO A92 dapat diisi daya dari 0% hingga 50% hanya dalam waktu 45 menit.

Hasil ini tidak jauh berbeda dengan pencapaian rekomendasiteman.com. Menurut situs tersebut, OPPO A92 membutuhkan waktu 52 menit untuk mengisi daya dari 2% hingga 54%. Sementara menurut gadgetidn.com, OPPO A92 membutuhkan waktu pengisian 1 jam 39 menit dari 20% hingga 100%.

Menariknya, beritafintech.com mendapatkan hasil waktu pengisian daya ponsel ini lebih cepat. Menurut mereka, waktu pengisian daya ponsel ini hanya membutuhkan waktu 75 menit mulai dari 0 hingga 100 persen. Agak mengejutkan, tetapi pengisiannya ternyata cukup cepat.

Sensor Sidik Jari di Samping

OPPO A92 dilengkapi teknologi sensor sidik jari di bagian samping, terintegrasi dengan tombol power. Tampaknya opsi ini dipilih untuk memberikan pengalaman berbeda dalam menggunakan ponsel OPPO. Mengingat sebagian besar ponsel OPPO memiliki sensor sidik jari di bagian belakang atau di layar.

  Tipe HP Oppo Terbaru dan Terbaik 2022

Penggunaan sensor sidik jari di bagian samping menjadi fitur pembeda. Dengan sensor sidik jari yang ditempatkan di samping dan tertanam di tombol daya, proses membuka kunci ponsel ini terasa lebih cepat.

Warna OS 7.1 berdasarkan Android 10

OPPO A92 hadir untuk memperkenalkan ColorOS 7.1 dengan basis Android 10. Memiliki ColorOS 7.1 di ponsel ini merupakan keuntungan tersendiri mengingat ColorOS kini menawarkan fitur yang lebih menarik dan menawarkan tampilan pengalaman pengguna yang baik.

ColorOS 7.1 menawarkan banyak fitur menarik yang membuatnya berbeda dari ColorOS versi sebelumnya. Contohnya adalah hadirnya fitur Quick Tools di bagian samping layar, ikon custom otomatis, opsi dark mode, dan lainnya. Fitur-fitur tersebut jelas memberikan pengalaman menarik dalam menggunakan OPPO A92.

Kualitas Speakernya Bagus

OPPO A92 hadir dengan teknologi dual stereo speaker. Speaker pertama terletak di bagian bawah, di sebelah port jack audio 3,5mm, port USB Type-C, serta mikrofon. Sedangkan speaker kedua di atas terintegrasi dengan mikrofon kedua.

Kehadiran dual speaker ini membuat kualitas suara ponsel ini sangat baik. Seperti yang dikatakan KumparanTech, kualitas suara OPPO A92 dapat menghasilkan suara yang sangat nyaman di telinga.

Memiliki Memori Besar

OPPO A92 menawarkan kapasitas RAM yang besar yaitu 8GB. Sedangkan untuk memori internalnya, OPPO A92 dibekali memori internal sebesar 128 GB. Kapasitas ini memang bukan yang terbesar di kelasnya namun di kategori harga yang sama, masih banyak ponsel yang menawarkan kapasitas yang sama.

Kekurangan OPPO A92

Setelah mengetahui kelebihan Oppo A92, tidak lengkap rasanya apabila tidak mengetahui kekurangan Oppo A92, bukan? Sebab ulasan kali ini ialah tentang kelebihan dan kekurangan Oppo A92 itu sendiri. Ada dua kekurangan dari OPPO A92 ini. Apa saja kira-kira? Simak diskusi langsung di bawah ini!

Chipset Rata-rata atau Standar

OPPO A92 dibekali dengan chipset Snapdragon 665. Chipset ini merupakan chipset yang dikategorikan banyak digunakan di ponsel yang dirilis pada tahun 2019 dan 2020. Selain itu, penggunaan chipset ini membuat kinerja OPPO A92 sebenarnya memiliki kemampuan yang tidak jauh berbeda dengan nya. saudara lainnya, OPPO A9. 2020, OPPO A5 2020, dan OPPO A52.

Untuk performa, Snapdragon 665 termasuk chipset yang menawarkan performa bagus, namun dengan kategori harga paling murah. Chipset ini merupakan chipset yang mumpuni yang juga sangat efisien.

Dengan nilai tersebut, menurut KumparanTech, OPPO A92 merupakan ponsel yang dapat menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan, memainkan game modern, dan memproses foto dengan baik.

Sementara itu, Baritek dari kanal GadgetIdn.com mengatakan bahwa performa Snapdragon 665 pada OPPO A92 sudah memiliki potensi yang besar. Saat Anda memainkan PUBG Mobile, pengaturan grafisnya hanya mulus. Namun ketika dimodifikasi dengan GFXTool, performanya bisa meningkat dan kamu bisa memainkan PUBG Mobile dengan grafis yang sangat halus dan seimbang.

  Berikut Tipe HP Oppo Terbaru dan Harganya

Dalam kinerja sebenarnya, tidak ada yang salah dengan itu. Performa OPPO A92 sangat bagus. Hanya saja di kategori harganya, masih banyak ponsel dengan performa lebih baik. Selain itu, ada beberapa pilihan ponsel yang menggunakan Snapdragon 665 yang dijual dengan harga lebih murah.

Beberapa ponsel dengan chipset Snapdragon 665 antara lain Realme 5, Redmi Note 8, Realme 5i, dan Realme 5s. Ponsel ini dijual di kisaran harga Rs. 2 juta, bahkan lebih sedikit.

Ponsel lain yang menggunakan chipset ini adalah vivo S1 Pro yang dijual dengan harga Rp. 3 juta lebih sedikit. Ada juga Vivo Y50 yang awalnya dibanderol dengan harga Rp. 3,7 juta. Bisa dikatakan ponsel ini menjadi pesaing OPPO A92 karena selisih harganya yang sangat tipis.

Sedangkan ponsel OPPO lainnya yang menawarkan Snapdragon 665 adalah OPPO A52 dan OPPO A5 2020 yang dibanderol dengan harga Rp 2 jutaan. OPPO A9 2020 yang juga memiliki chipset yang sama, awalnya muncul dijual dengan harga Rp. 3,9 juta tetapi dengan berlalunya waktu, harganya menjadi sekitar Rs. 3,3 juta (saat menulis artikel ini) di toko online.

Kualitas Kamera Standar

OPPO A92 hadir dengan konfigurasi empat kamera belakang. Keempat kamera tersebut terdiri dari kamera utama 48MP, kamera ultrawide 8MP, kamera makro 2MP, dan kamera depth sensor 8MP. Sedangkan di bagian depan, terdapat kamera selfie 16MP.

Kualitas kamera ponsel ini sebenarnya cenderung cukup rata-rata. David dari GadgetIn mengatakan bahwa kualitas gambar ponsel ini bagus. Namun bisa dikatakan hasil fotonya tidak terlalu tajam. Detailnya kurang jelas, apalagi di kondisi minim cahaya.

Bisa dibilang kualitas foto ini tergolong biasa saja. Tidak buruk, tapi cenderung biasa saja. Apalagi masih banyak ponsel lain yang sudah menawarkan konfigurasi kamera yang tidak jauh berbeda. Padahal, konfigurasi kamera OPPO A92 mirip dengan OPPO A91. Tapi, yang patut diapresiasi, OPPO A92 mendukung perekaman video 4K.

Kesimpulan

Kamera dan chipset bukanlah hal unggulan yang ditawarkan OPPO A92. Nampaknya ponsel ini hadir sebagai alternatif bagi yang kurang menyukai spesifikasi OPPO A91. Fokus OPPO A92 tampaknya berada pada aspek sekunder yang jarang menonjol di ponsel dan itu hal yang bagus.

Jadi, apakah OPPO A92 layak dibeli setelah mengetahui  kelebihan dan kekurangan oppo A92? Memang tidak terlalu worth it, namun sebagai alternatif di kategori ponsel Rp 3 jutaan, ponsel ini layak untuk dipilih. Apalagi jika nanti harganya turun.

error: This content is protected by DMCA