13 Laptop untuk Desain Grafis Harga 4 Jutaan 2022

tukarpikiran.com – Memiliki bakat atau kemampuan desain grafis, haruslah ditunjang dengan peralatan yang mumpuni. Kini, dulur tidak perlu khawatir lagi soal budget yang mahal untuk membeli laptop desain grafis. Pasalnya, saat ini sudah banyak bermunculan laptop untuk desain grafis harga 4 jutaan dari berbagai merk.

Dengan harga 4 jutaan, laptop menjadi standar utama yang banyak digunakan saat ini. Kabar baiknya, laptop di kelas ini sudah dapat memenuhi berbagai macam kebutuhan. Saat ini dengan harga terbaik 4 jutaan, dulur sudah bisa mendapatkan laptop spek tinggi, termasuk yang membutuhkan laptop untuk desain grafis.

Selain menawarkan spesifikasi yang sudah teruji, laptop di kelas 4 jutaan ini memiliki desain yang modern dan kekinian. Hal ini membuatnya cocok untuk digunakan oleh berbagai kalangan, baik pemuda, pelajar, orang dewasa, dan bahkan anak-anak komunitas di satu tempat tongkrongan.

Daftar Laptop untuk Desain Grafis Harga 4 Jutaan

Ada banyak merk laptop 4 jutaan yang tersedia untuk desain grafis. Mulai dari Asus, Lenovo, Acer, HP dan masih banyak lainnya. Tetapi untuk desainer pemula dengan anggaran terbatas, mencari laptop yang terjangkau adalah sebuah keharusan.

Kini dulur tidak perlu bingung lagi dalam menentukan laptop yang sesuai kebutuhan dan anggaran saat ini. Karana kami akan memberikan daftar laptop untuk desain grafis dengan harga 4 jutaan dengan spesifikasi yang cukup untuk mendukung aktiviras desain yang dulur kerjakan saat ini.

HP 14-BW018AU

laptop untuk desain grafis harga 4 jutaan

Laptop HP selalu punya keunikan, tidak seperti merek lain yang mengutamakan spesifikasi daripada kualitas. Kualitas yang ditawarkan memang tidak buruk, tetapi di Indonesia sendiri, merk laptop yang bagus ini memiliki target pasar yang luas.

Salah satu seri laptop HP yang populer adalah HP 14, yang termasuk dalam laptop HP entry-level. Laptop harga 4 jutaan 2022 ini dibekali dengan RAM 4GB, prosesor AMD quad-core A8 dan sudah memiliki kecepatan antara 3.0Hz dan 3.6Hz.

Dengan spesifikasi di atas, HP 14 ini dapat menetralisir semua kebutuhan digital dulur yang sangat berat. Nah itulah yang menjadikan HP 14 sebagai laptop alternatif untuk desain grafis dengan harga 4 jutaan yang bisa dulur pilih.

Asus X454YA-BX801D

Asus selalu hadir untuk mendukung segala kebutuhan, termasuk ketika dulur membutuhkan laptop dengan fitur desain grafis yang bagus. Asus telah merilis seri Asus X454YA-BX801D dengan harga 4 jutaan per unitnya.

Laptop 4 jutaan spek tinggi ini sendiri memiliki spesifikasi yang cukup baik, seperti RAM 4GB, prosesor AMD quad-core A8 dengan kecepatan hingga 2.5Hz, dan AMD Radeon R5 di bagian grafis laptop ini. Selain spesifikasi yang mumpuni di kelasnya, Asus memiliki desain yang kompak dan cenderung sangat ringan.

Secara tidak langsung, laptop ini sangat cocok untuk yang membutuhkan laptop untuk kegiatan outdoor atau traveling. Dulru tidak perlu menunggu lebih lama lagi. Jika sudah memenuhi kriteria laptop yang dulur inginkan, segera beli laptop ini.

Lenovo IdeaPad 110

laptop untuk desain grafis harga 4 jutaan

Tak heran jika Lenovo membidik pasar 4 jutaan. Lenovo mengandalkan Lenovo IdeaPad 110 untuk bersaing di kelas ini. Bahkan Lenovo yakin produk ini bisa mengungguli produk lain di kelasnya. Kali ini, Lenovo tidak pelit dalam menawarkan spesifikasi tinggi.

Hal itu karena laptop untuk desain grafis harga 4 jutaan ini hadir dengan RAM 4GB, prosesor AMD quad-core A9, penyimpanan hingga 1TB dan masih banyak lagi. Ketika digunakan untuk kebutuhan desain grafis, spesifikasi di atas dapat menjalankan berbagai aplikasi desain grafis.

Dulur dapat bekerja dengan lebih nyaman dan fleksibel pada proyek yang dulur miliki. Harga resmi Lenovo IdeaPad 110 bervariasi. Akan tetapi umumnya harga ini akan turun seiring waktu atau berdasarkan wilayah. Jadi dulur tidak perlu khawatir dengan harga laptop ini.

Acer Aspire Z3 451

Pabrikan Acer dikenal dengan banyak seri laptop, dan pabrikan laptop kini memperkenalkan seri baru lainnya yaitu Acer Aspire Z3. Tentunya sebagai penerus seri Aspire, laptop ini tidak perlu diragukan lagi performanya.

โœ…  10 Rekomendasi Laptop 6 Jutaan untuk Programmer

Didukung oleh prosesor Intel dengan RAM 4GB, Acer Aspire Z3 sangat tangguh untuk mengatasi semua ketegangan pada laptop. Bahkan laptop ini sebenarnya dibuat khusus untuk bermain game. Tetapi spesifikasi tersebut juga bisa digunakan untuk kebutuhan desain grafis.

Acer Aspire Z3 juga memiliki panel layar yang sudah FHD dengan frame rate hingga 60 fps, sehingga nyaman untuk digunakan dalam waktu lama dan tidak menyakiti mata Anda.

Sedangkan untuk harganya sendiri, Acer Aspire Z3 hadir dalam dua varian yaitu 4,2 jutaan dan 4,6 jutaan, tergantung kapasitas penyimpanan yang dipilih. Dulur dapat memilih dari penyimpanan 500 GB atau 1 TB.

Asus A455LA CORE I3 5005U

laptop untuk desain grafis harga 4 jutaan

Satu lagi laptop dari Asus dengan seri A455LA, laptop ini dibandrol 5 jutaan. Kabar baiknya, seri ini telah mengalami penurunan harga yang relatif besar, dan kini sudah mencapai 4 juta unit. Masih identik dengan laptop lain, Asus ini juga memiliki prosesor Intel i3 dengan RAM 4GB dan performa terbaik di kelasnya.

Spesifikasi ini cukup untuk semua kebutuhan desain grafis. Selain itu, Asus memiliki built-in layar LCD frame rate tinggi, yang membuatnya lebih nyaman digunakan dan tidak cepat membuat lelah mata. Hal tersebut membuat laptop ini sempurna untuk mengedit bahkan untuk waktu yang lama.

Di sisi lain, harga yang ditawarkan Asus sekitar 4,9 juta per unit, sedikit lebih mahal dari laptop lain yang hanya 4 jutaan per unit. Tapi ini pasti sebanding dengan semua fitur yang ditawarkan laptop untuk desain grafis di harga 4 jutaan ini.

Acer Aspire 3 Slim A314-22-A5UW

Persaingan di pasar laptop untuk desain grafis harga 4 jutaan semakin ketat, dan Acer juga berulang kali meluncurkan seri di kelas ini. Hal ini termasuk laptop Acer Aspire 3, yang konon dibuat khusus untuk laptop kelas atas 4 jutaan.

Tidak mengherankan bahwa semua yang ada di laptop ini telah memenuhi harapan anak muda, mulai dari desain, spesifikasi, atau kemampuan seluler yang tinggi.

Memang tidak dibuat khusus untuk desain grafis, namun tak ada salahnya memasukkan laptop ini sebagai pilihan. Mengingat harga Acer Aspire 3 sendiri masih 4 juta unit atau tepatnya 4,8 juta, dulur bisa membelinya langsung di Acer center kota terdekat.

Lenovo Ideapad 320-14AST

laptop untuk desain grafis harga 4 jutaan

Ada lagi produk dari Lenovo, yaitu Lenovo IdeaPad 320-14 AST. Seri ini merupakan yang terbaru dari laptop Lenovo IdeaPad. Dulur juga harus mempertimbangkan Lenovo IdeaPad 320 dari segi spesifikasi atau fitur.

Mengingat laptop ini hadir dengan dukungan grafis AMD Radeon R5 dan RAM 4GB, prosesor terbaru AMD quad-core 9. Selain itu, panel display Lenovo ini sudah memiliki layar LCD dengan resolusi HD+, yang sangat mengganggu saat digunakan untuk kebutuhan desain.

Sayangnya, bagaimanapun, Lenovo Ideapad 320 memiliki beberapa kekurangan yang sangat menonjol, seperti desain yang terlalu sederhana, port yang tidak sempurna dan banyak kekurangan lainnya.

Mungkin terlihat sepele, tapi harus diperhatikan agar tidak mengurangi pengalaman menggunakannya. Jika tertarik untuk membeli laptop ini, dulur harus menyiapkan dana sekitar Rp. 4,6 juta. Dulur dapat membeli laptop dari berbagai toko atau mengunjungi pusat resmi Lenovo secara langsung.

Dell Inspiron 3442

Dilengkapi dengan layar Full HD 14 inci, Dell Inspiron memberikan pengalaman multimedia yang lebih modern dan memuaskan. Laptop ini bagus untuk menonton video, bekerja, atau bermain game. Tidak heran jika dapat menemukan sesuatu yang unik di laptop ini. Semua ini untuk memberikan pengalaman yang lebih ramah pengguna.

Di sini dulur akan merasakan laptop dengan baterai yang lebih minimalis, ringan, berfitur lengkap, tahan lama dan masih banyak lagi keunggulan lainnya. Dell Inspiron juga nyaman untuk bekerja di bidang desain grafis karena mudah digunakan dan responsif.

โœ…  Laptop Bisnis Terbaik Untuk Tahun 2022

Semua fitur di laptop yang satu ini sangat cocok untuk pekerjaan desain yang membutuhkan spek tinggi. Dulur harus merogoh kocek hingga Rp. 4,2 juta untuk memilikinya. Tetapi harga ini mungkin berbeda di setiap wilayah. Sebab, seperti yang diketahui, tidak banyak toko yang menjual laptop Dell Inspiron.

Lenovo IdeaPad S145

laptop untuk desain grafis harga 4 jutaan

Lenovo sebenarnya menargetkan pasar laptop 4 jutaan secara agresif. Hal ini karena Lenovo menganggapnya sebagai pasar yang paling ideal. Maka mereka mengeluarkan kembali Lenovo IdeaPad S145 sebagai salah satu pesaing di kelasnya.

Laptop harga 4 jutaan ram 8GB ini diklaim sebagai laptop terbaik di kelasnya oleh Lenovo. Bagaimana tidak, karena RAM laptop ini bisa mencapai angka 8GB? Di sisi lain, ia juga menggunakan prosesor AMD quad-core A9 dan penyimpanan HDD hingga 1TB.

Acer Aspire 3 A315-21-948E

Acer Aspire 3 hadir kembali sebagai opsi untuk dipilih, dan Acer menawarkan beberapa perbedaan dalam seri kali ini. Laptop ini sangat unik dan mungkin sangat berguna bagi seorang desainer. Salah satu fitur uniknya adalah hadirnya dua slot RAM. Satu memiliki RAM 4GB dan yang lainnya dapat diperbarui hingga 12GB.

Banyak yang mengira bahwa laptop ini mengusung teknologi baru, tapi nyatanya fitur ini sudah ada di brand Acer di kelas 4 jutaan. Acer Aspire 3 juga memiliki prosesor built-in yang sangat kuat yang disebut AMD APU A9 yang tidak diragukan lagi kinerjanya.

Prosesor ini memungkinkan laptop berjalan lebih fleksibel saat dalam keadaan netral atau saat prosesor menyesuaikan penggunaannya saat kondisi tertentu. Jika memutuskan untuk membeli laptop ini, segera kunjungi toko atau center Acer terdekat dengan menyiapkan dana sekitar Rp. 4,8 juta bagi yang berminat.

Acer Z1402-308T

Bagi mahasiswa baru jurusan desain, laptop ini bisa menjadi penunjang yang kuat dengan harga yang terjangkau. Kemampuannya dibekali dengan prosesor Intel Core i3 yang didukung oleh memori RAM 2GB DDR3. Laptop 14 inci ini menggunakan kartu grafis Intel HD Graphics 5500 dengan harga Rp. 4,9 juta. Kapasitas penyimpanan yang disediakan adalah harddisk 500 GB.

HP 14-AN004AU

Bicara spesifikasi, laptop ini dapat digunakan oleh pengguna desain grafis dan profesional. Dapur pacu mengandalkan AMD APU A8 ultra-cepat dengan dorongan memori RAM 4GB untuk memaksimalkan kinerja. Laptop 14 inch ini ditenagai oleh GPU AMD Radeon R5 2GB dan sangat cocok untuk proses editing. Harganya murah di 4,7 juta rupiah.

Dell Inspiron 3180

Layar 11,6 inci yang lebih kecil membuatnya mudah dan nyaman untuk dibawa ke mana saja dan kapan saja. Soal dapur pacunya terbilang solid, mengandalkan prosesor AMD A9 dengan kecepatan hingga 3,6 GHz. Sementara itu, laptop ini juga mendukung kartu grafis AMD Radeon R5 untuk mendukung aktivitas desain grafis. Lebih andal dengan RAM 4GB dan hard drive 500GB.

Tips Memilih Laptop Desain Grafis

Mereka yang bekerja di bidang desain grafis tentunya membutuhkan laptop baru yang bisa mengakomodir semua kebutuhan desainnya. Sebelum memutuskan memilih laptop nantinya, ada baiknya dulur-dulur memerhatikan hal-hal berikut sebagai acuan ketika memilih laptop:

Cari Tahu Laptop yang Laris di Pasaran

Sebelum memilih merek laptop yang diinginkan, langkah awalnya adalah mencari tahu jenis laptop apa yang dimiliki sebuah merek. Di sini dulur dapat memilih tipe yang paling tepat untuk dulur. Baik itu tipe dengan desain yang bagus, tipe dengan spesifikasi tinggi, atau tipe dengan fungsionalitas yang lengkap.

Hal ini akan memudahkan dulur dalam memilih laptop yang tepat untuk dibeli dengan aktivitas sehari-hari saat bekerja sebagai desainer grafis. Juga, mengetahui jenis laptop akan membantu untuk menghindari kekeliruan dalam memilih laptop.

Tidak hanya jenis, tetapi juga tahun rilis, negara produsen, dan penjual laptop harus diperhatikan. Tujuannya agar tidak mendapatkan laptop yang ternyata berbeda dari yang diharapkan.

โœ…  15 Rekomendasi Laptop Asus 9 Jutaan 2022 Terbaik

Memilih Laptop Sesuai Keinginan

Selanjutnya, pilih merek atau laptop yang cocok untuk dulur. Dulur bisa memilih di antara beberapa merk, antara lain seperti Asus, Lenovo, Acer, HP, dll. Hal ini akan sangat penting nantinya dalam menentukan karakteristik laptop yang akan dulur pilih sebagai alat bantu pekerjaan sebagai desainer grafis.

Hal ini juga dapat membantu menentukan ukuran, spesifikasi, baterai, dan banyak kriteria lain untuk sebuah laptop. Jangan lupa perhatikan juga performa laptop untuk kebutuhan tugas berat seperti desain grafis.

Dulur mungkin harus mencari merek lain yang kurang terkenal seperti Dell, Alldocube, Zyrex, dan banyak jenis laptop lainnya. Mengetahui berbagai merek tersebut akan sangat berguna untuk mengetahui tentang teknologi terbaru yang sudah ada di laptop desain murah saat ini.

Membandingkan Beberapa Laptop Sekaligus

Jangan ragu untuk membandingkan laptop yang berbeda sekaligus. Dulur akan mengetahui kelebihan dan kekurangan laptop tersebut jika sudah memiliki perbandingan. Jadi dulur bisa memilih laptop yang menurut dulur benar-benar tepat.

Perbandingan ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti antar merek, antar jenis laptop, atau bisa membaca review laptop langsung di Internet. Dengan begitu semuanya akan terlihat jelas dan detail.

Selain itu, merek yang kurang dikenal biasanya menawarkan spesifikasi yang lebih tinggi dengan harga yang jauh lebih rendah. Ini sangat riskan, tapi kalau dicek daftar semua laptop yang ada di pasaran Indonesia tidak ada masalah.

Memilih Spesifikasi yang Dibutuhkan

Lihat juga desain grafis apa yang biasa dulur kerjakan. Apakah itu desain logo dan iklan, desain bangunan, desain cetak, atau jenis desain lainnya. Dulur kemudian dapat menebak aplikasi mana yang akan diinstal nanti.

Kemudian, tentukan spesifikasi minimum yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi desain grafis tersebut dengan lancar. Di sini dulur dapat melakukan benchmark pada RAM atau prosesor yang terpasang pada laptop itu sendiri.

Namun, jika dulur benar-benar pengguna yang berorientasi pada desain grafis, dulur juga harus tahu kartu grafis apa yang dimiliki laptop dulur nantinya. Serta bagian apa yang mengidentifikasi seberapa bagus tampilan layar laptop.

Syarat Minimum Laptop Desain Grafis

Penting untuk mengetahui apa saja yang harus dimiliki laptop untuk desain agar aktivitas dulur bisa berjalan dengan lancar. Tentu sangat mengganggu jika laptop menjadi lemot atau tidak responsif saat proses desain. Di bawah ini adalah persyaratan untuk laptop desain grafis.

  • Laptop minimal harus memiliki prosesor Core i3 atau berkecepatan 2,4 GHz atau lebih tinggi untuk menghindari lag saat menjalankan aplikasi desain.
  • RAM juga penting. Minimal laptop memiliki memori minimal 4 GB yang bisa diupgrade sesuai kebutuhan.
    GPU memainkan peran penting dalam mendukung pemrosesan desain, terutama selama pembuatan sketsa dan pengeditan. Nvidia GeForce dan AMD ATI Radeon adalah yang terbaik. Selain itu, gunakan GPU dengan kapasitas minimal 1GB atau 2GB.
  • Hard drive dapat disesuaikan dengan kebutuhan pribadi. Namun, jika ingin lebih aman, hard drive 500GB atau 1TB sudah cukup. Jika memiliki anggaran yang lebih besar, menggunakan SSD lebih dapat diandalkan.

Semua kondisi di atas sebenarnya sudah ada di laptop untuk desain grafis di harga 4 jutaan. Bijaklah dalam memilih ya dulur sekalian. Seorang desainer pemula, di sisi lain, perlu mengetahui perangkat lunak desain apa yang tersedia di laptop.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA