Laptop Spesifikasi Tinggi Murah Terbaru Terbaik

tukarpikiran.com – Laptop telah menjadi perlengkapan penting untuk berbagai aktivitas, mulai dari aktivitas sekolah, bekerja hingga bersantai. Ada banyak jenis laptop dengan spesifikasi dan harga yang berbeda-beda. Karena itu, penting untuk memilih laptop spesifikasi tinggi murah terbaru. Dengan demikian, aktivitas Anda tidak akan terganggu karena laptop.

Laptop spesifikasi tinggi tidak selalu memiliki harga yang mahal. Kali ini kami akan mengulas laptop yang dibandrol dengan harga 4 jutaan dan memiliki spesifikasi terbaik. Selanjutnya ada juga rekomendasi produk yang bisa kamu referensikan, seperti Acer, ASUS, HP, dan lainnya. Selamat membaca!

Cara Memilih Laptop Murah Spek Tinggi 4 Jutaan

Kali ini, kami akan menunjukkan cara memilih laptop dengan spek tinggi dengan kisaran harga hingga 4 jutaan. Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu untuk menemukan produk yang paling sesuai untuk Anda. Mohon diperhatikan baik-baik, ya.

Menentukan Sistem Operasi Laptop Sesuai Pemakaian

Ada dua jenis sistem operasi (OS) laptop yang bisa Anda pilih pada harga 4 jutaan, yaitu Windows OS dan Chrome OS. Setiap sistem operasi memiliki kelebihan dan kekurangan.

Oleh karena itu, ada langkah yang harus Anda ketahui dalam memilih laptop spesifikasi tinggi murah terbaru Periksa sistem operasi mana yang mendukung aktivitas Anda.

Windows OS Dapat Menjalankan Berbagai Jenis Aplikasi

tukarpikiran

Laptop spek tinggi harga murah memiliki sistem Operasi Windows (OS), yang bisa menjadi pilihan jika Anda pengguna komputer tradisional dan sering membuat data berjenis dokumen.

Dibandingkan Chrome OS, Windows memiliki lebih banyak program yang hanya dapat diinstal dan dijalankan. Oleh karena itu, jika Anda sedang mencari laptop yang bisa menjalankan banyak program, Windows bisa jadi pilihan. Windows juga direkomendasikan bagi mereka yang memberikan presentasi menggunakan PowerPoint.

Chrome OS ramah bagi pemula karena fiturnya yang lebih intuitif

tukarpikiran

Jika Anda belum pernah menyentuh komputer tetapi sudah terbiasa menggunakan ponsel cerdas atau tablet, kami merekomendasikan Chrome OS. Chrome OS intuitif karena lebih sedikit program yang dijalankan daripada Windows. Keuntungan lain, konsumsi daya laptop Chrome OS lebih sedikit dan beban startup dari mode tidur lebih cepat.

Namun, Chrome OS membutuhkan waktu untuk membuka program komersial. Saat membuka Excel, proses operasi mungkin lebih lambat. Jadi jangan lupakan aspek ini. Saat ini, semakin banyak orang yang tidak menggunakan komputer. Jika Anda adalah pengguna Android, Anda dapat menggunakan alat dan aplikasi yang biasa Anda jalankan di smartphone.

Perhatikan Spesifikasi Laptop Sesuai Pemakaian

Poin selanjutnya adalah mengecek spesifikasi produk yang sesuai untuk menunjang aktivitas Anda. Memverifikasi semua spesifikasi sulit dan memakan waktu. Oleh karena itu, kami mengulas kembali spesifikasi dasar yang menjadi poin utama laptop dalam penggunaannya.

โœ…  Yuk Intip Laptop HP Terbaru 2022 dan Harganya

Media Penyimpanan, SSD atau eMMC Sesuai Kebutuhan

tukarpikiran

Jangan lupa untuk memeriksa jenis penyimpanan yang dipasang di laptop Anda, apakah itu SSD atau eMMC. SSD membaca data tertulis dengan cepat. Di sisi lain, data tulis untuk membaca eMMC lebih lambat tetapi hemat energi.

Masing-masing penyimpanan ini memiliki kekurangan. Penyimpanan SSD relatif mahal, sedangkan eMMC membutuhkan waktu lebih lama untuk membaca dan menulis data. Kemudian kapasitas eMMC juga lebih kecil. Jika Anda masih kurang puas dengan penyimpanan Anda, Anda dapat memperbesarnya menggunakan penyimpanan eksternal yang sama.

Jenis lainnya adalah HDD yang berkapasitas besar namun harganya tidak sesuai untuk laptop di kisaran Rp. 4 juta. HDD digerakkan rotor dan tidak terkena guncangan. Dikatakan bahwa 9 dari 10 komputer gagal karena mereka memiliki sistem penyimpanan HDD. Selain itu, hard drive menghabiskan banyak daya baterai, jadi tidak disarankan bagi mereka yang sering bepergian. Jika kategori harga 4 jutaan, sebaiknya laptop dengan penyimpanan SSD atau eMMC.

RAM 4GB, Multitasking dengan Menjalankan Banyak Program Secara Bersamaan

Biasanya untuk laptop dengan kategori harga 4 jutaan, tersedia dua pilihan RAM, yaitu 2GB dan 4GB. Saat kapasitas RAM meningkat, Anda dapat menjalankan banyak program dan aplikasi secara bersamaan. Oleh karena itu, jika Anda bekerja dengan banyak aplikasi, sebaiknya Anda memilih laptop dengan RAM 4GB. Namun, jika kapasitas RAM masih kurang dan ingin bekerja lebih cepat, maka Anda perlu mengganti memori. Ada beberapa produk yang memiliki slot kosong di RAM-nya sehingga bisa dengan mudah diupgrade.

Piktogram memori, bayangkan tabel ukuran memori 2GB berarti Anda dapat membuka buku teks / notebook / buku referensi secara bersamaan. Sedangkan kapasitas 4GB artinya Anda bisa membuka buku, notebook, referensi dan kamus untuk laptop secara bersamaan.

Saat ini, cara menggunakan komputer lebih mudah dan praktis dari sebelumnya. Dengan cara ini, RAM 2 GB cukup untuk operasi standar. Namun, bagi yang multitasking dalam waktu bersamaan, sebaiknya memilih laptop dengan RAM 4GB. Anda dapat membuat dokumen sambil melihat data di Excel atau video pada saat yang bersamaan.

Jenis Keyboard, Pilihlah yang Paling Nyaman

Jangan lupa untuk mengecek apakah keyboard yang disertakan mudah digunakan atau tidak. Jika Anda ingin mencegah penekanan tombol terjadi, pilih Keyboard tenggelam . Sebaliknya, jika Anda ingin mengurangi ketegangan pada bahu dan lengan Anda, pilihlah keyboard yang dangkal .

Selain itu, jika Anda sering mengetik angka dan menggunakan kalkulator Excel, pilih keyboard yang menggunakan keypad numerik. Keypad numerik biasanya hanya tersedia di laptop berukuran 15,6 inci atau lebih. Jadi, jangan lupa untuk mengecek kembali ukurannya.

โœ…  25 Rekomendasi Laptop untuk Desain Grafis Murah 2022

Bagi Anda yang bekerja dengan data digital, penggunaan keypad numerik diklaim dapat meningkatkan efisiensi kerja hingga lima kali lipat. Jika laptop Anda tidak memiliki keypad numerik, Anda perlu menyiapkan keyboard numerik eksternal.

Anda tidak akan mengerti cara menggunakan keyboard sampai Anda menyentuh dan mencobanya. Jika memungkinkan, Anda harus mencobanya terlebih dahulu di toko offline. Di sisi lain, jika Anda tidak dapat melakukan itu, silakan lihat komentar dan komentar dari pengguna lain.

Laptop 2 in 1, lebih praktis dengan dua mode pengoperasian

Laptop 2 in 1 merupakan jenis laptop yang dapat diubah ke mode tablet. Laptop jenis ini terbagi menjadi dua bagian yaitu tablet dan keyboard.

Laptop 2-in-1 memiliki dua tipe, tipe convertible yang layar dan keyboardnya hanya bisa dilipat 360 derajat. Jenis lainnya adalah yang bisa dilepas sehingga keyboard dan layar bisa dilepas. Laptop jenis ini bisa termasuk ke dalam laptop spesifikasi tinggi murah terbaru juga.

Konektor charging pada laptop jenis ini biasanya terdapat pada keyboard. Saat dalam mode tablet, sebagian besar periferal berdaya tinggi, seperti hard drive dan hard drive portabel, akan berhenti berfungsi. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan hub USB yang dibeli terpisah.

Terminal VGA, lebih praktis saat menghubungkan ke proyektor

Jika Anda berencana untuk menghubungkan laptop Anda ke proyektor, akan lebih nyaman jika laptop Anda memiliki terminal VGA dan HDMI. Ini karena masih ada monitor yang belum memiliki terminal HDMI. Jadi, untuk berjaga-jaga, pilihlah laptop dengan terminal VGA. Alternatifnya, jika laptop yang Anda pilih hanya memiliki port HDMI, Anda dapat menghubungkannya dengan kabel konversi. Kabel ini dijual terpisah di Toko Internet Indonesia.

Apakah Anda sering membawa laptop? Perhatikan beberapa poin di bawah ini

Jika Anda memiliki mobilitas tinggi dan selalu membawa komputer laptop, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Anda tidak hanya perlu memperhatikan bobotnya, tetapi juga ukuran layar, jenis LCD, dan baterai.

14 inci atau kurang dengan bahan anti silau, mudah dibawa dan digunakan saat bepergian

Saat digunakan di rumah, semakin besar ukuran layar laptop, semakin mudah dan nyaman untuk digunakan. Namun, jika Anda sering bepergian dengan membawa laptop, pilihlah laptop ringkas yang berukuran 14 inci atau kurang. Laptop 15,6 ” yang muat di dalam tas, tetapi terlalu besar untuk dibawa. Selain itu, untuk penggunaan jangka panjang, selalu bawa tas pelindung laptop.

Jika Anda menggunakan laptop saat bepergian, kami merekomendasikan produk yang menggunakan kristal cair anti silau seperti kaca buram. Layar kristal cair memiliki tampilan yang halus dan mengkilap sehingga membuatnya bersinar. Akibatnya, Anda menjadi sulit berkonsentrasi. Jadi, jika Anda menggunakan laptop saat bepergian, pilihlah jenis kristal cair anti silau.

โœ…  17 Rekomendasi Laptop Chromebook Terbaik 2022

Daya tahan baterai minimal 5 sampai 6 jam, minimal cukup untuk penggunaan seharian

Hanya sedikit orang yang membawa dan menggunakan laptop sepanjang hari. Jika Anda tidak menggunakan laptop Anda dalam waktu yang lama, seperti memberikan presentasi, maka daya tahan baterai sekitar 5 hingga 6 jam sudah cukup. Namun, jika Anda menggunakannya dalam waktu lama, pilihlah laptop dengan daya tahan baterai sekitar 12 jam. Dengan cara ini, Anda dapat melakukan pekerjaan kantor seperti mengedit Words, Excel, dll untuk waktu yang lama.

Biasanya laptop dengan daya tahan baterai yang lama di kategori harga 4 jutaan memiliki performa pemrosesan data yang lebih rendah. Jadi, pikirkan tentang poin yang Anda butuhkan. Ada laptop yang memiliki daya tahan baterai 5 hingga 6 jam dengan performa lebih baik. Sebaliknya, performa laptop dengan daya tahan baterai 12 jam justru akan sedikit lebih rendah. Pikirkan itu!

Kesimpulan

Anda tidak perlu khawatir jika laptop Anda tidak memiliki Microsoft Office karena Anda dapat menginstalnya di lain waktu. Oleh karena itu, Anda tidak perlu membeli laptop yang sudah diinstal sebelumnya dengan Office.

Sebagai alternatif Microsoft Office, Anda bisa menggunakan WPS Office yang harganya relatif murah. Anda juga dapat menggunakan OpenOffice, yang tersedia online secara gratis.

Dengan cara ini, Anda tidak akan mengalami banyak masalah meskipun Anda tidak memiliki Microsoft Office. Karena bisa dibilang Anda sudah bisa memilih laptop spesifikasi tinggi murah terbaru yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Plus, Anda tidak perlu khawatir tentang CPU di laptop Anda. Spesifikasi CPU di banyak merk dengan kategori harga yang sama tidak jauh berbeda. Jadi, perhatikan hal-hal lain yang lebih penting daripada memilih jenis CPU.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA