Sky Global Menutup Akses Setelah Penangkapan Polisi

tukarpikiran.com – Layanan telepon terenkripsi lainnya untuk penjahat gelisah. Layanan telepon terenkripsi Sky Global menutup operasinya setelah BlackBerry memutus akses perusahaan ke layanan United Endpoint Manager.

Penutupan itu dilakukan setelah Departemen Kehakiman baru-baru ini mendakwa CEO Sky Global Jean-Francois EAP bersama dengan mantan distributor ponsel pintar crypto karena menjual perangkat ke pengedar narkoba internasional untuk membantu mereka menghindari deteksi oleh penegak hukum.

Model Bisnis Sky Global

Dalam pernyataan yang mengumumkan dakwaan, Asisten Jaksa Agung Megan E. Heche dan Joshua C. Mellor memberikan wawasan tentang model bisnis Sky Global, yang menyatakan:

Perangkat Sky Global secara khusus dirancang untuk mencegah penegakan hukum secara aktif memantau komunikasi antara anggota organisasi kriminal transnasional yang terlibat dalam perdagangan narkoba dan pencucian uang.

Sebagai bagian dari layanannya, Sky Global memastikan bahwa pesan yang disimpan di perangkatnya dapat dan akan dihapus oleh perusahaan dari jarak jauh jika perangkat sebelumnya dibajak. Penegakan hukum atau dilanggar. ”

Investigasi Sky Global

Sama seperti dengan sistem telepon berbasis langganan EncroChat yang ditutup tahun lalu, Sky Global memasok penjahat dengan smartphone yang dimodifikasi dari Nokia, Google, Apple dan BlackBerry. Kemampuan kamera, mikrofon, dan GPS dihapus untuk membuat pelacakan mereka lebih sulit.

Setelah penjahat membeli salah satu mod perusahaan, dia kemudian akan mendaftar untuk program pesan terenkripsi ujung-ke-ujung Sky ECC yang telah diinstal sebelumnya di ponsel cerdasnya.

Seperti yang dilaporkan MotherBoard pertama kali, situs web Sky Global diambil alih oleh otoritas AS dan Kanada dan sekarang menampilkan spanduk resmi pemerintah lengkap dengan logo FBI, DEA, US Marshall, dan Royal Canadian Mounted Police.

Peringatan Terakhir

Namun, sebelum operasi dan situs web Sky Global ditutup, pesan terakhir dikirim ke pelanggan perusahaan yang memperingatkan mereka bahwa komunikasi mereka dapat segera disadap oleh penegak hukum.

Sementara Sky Global sudah tidak ada lagi, layanan telepon terenkripsi lain kemungkinan akan muncul menggantikannya karena betapa menguntungkannya menyediakan telepon yang tidak dapat dilacak kepada penjahat.

error: This content is protected by DMCA