Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet dengan Mudah

Pemilik kendaraan roda empat harus tahu cara mengklaim asuransi mobil lecet. Sebab, jika mengetahui cara klaim asuransi mobil lecet, akan sangat berguna jika terjadi hal yang tidak diinginkan pada mobil kita.

Bayangkan, berapa banyak uang yang akan Anda keluarkan jika mobil rusak karena kecelakaan? Selain mengeluarkan uang untuk perbaikan mobil, Anda masih harus mengeluarkan uang untuk biaya rutin lainnya.

Untuk alasan ini, penting bagi kita untuk memiliki asuransi mobil untuk menghindari pengeluaran banyak untuk memperbaiki penyok dan lecet mobil kita dan jika Anda memiliki kejadian yang tidak diinginkan lainnya.

Nah, untuk tips lebih lanjut tentang cara klaim asuransi mobil tergores atau lecet, kita bisa mengingatnya dengan singkatan LIDIKU. Simak pemaparan selanjutnya!

Tips dan Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet

Penasaran dengan arti LIDIKU, simak ulasan dari Tukar Pikiran berikut ini.

  • Lampirkan bukti foto
  • Isi formulir klaim
  • Dokumen harus lengkap
  • Informasikan dan jelaskan kronologis kejadian dengan jelas
  • Hubungi asuransi
  • Coba gunakan jasa bengkel mitra

Lampirkan Bukti Foto

Perusahaan asuransi hampir pasti tidak akan segera memberikan klaim asuransi karena diperlukan bukti yang dapat menunjukkan kerusakan. Dalam hal ini, gambaran kondisi mobil atau kendaraan yang tergores atau lecet akibat kecelakaan yang tidak terduga, seperti kecelakaan atau tabrakan dengan pengemudi lain.

Panduan foto ini penting untuk merekam kondisi mobil kita yang sebenarnya setelah mengalami kecelakaan, terutama jika terjadi kecelakaan atau tabrakan yang merusak mobil secara serius. Foto juga bisa diserahkan ke polisi jika diperlukan.

Isi Formulir Klaim

Walaupun terkadang kita tidak terlalu menyukai hal-hal yang bersifat administratif, namun mengisi formulir klaim adalah salah satu hal yang utama. Pasalnya, klaim asuransi didasarkan pada kelengkapan administrasi, sehingga formulir menjadi hal utama.

Formulir biasanya berisi pertanyaan tentang apa yang terjadi pada tertanggung, jadi pastikan untuk mengisi formulir dengan hati-hati dan sesuai dengan fakta. Pastikan Anda mengisi semua hal yang tertera pada formulir dan jangan sampai ada yang terlewat.

Semakin lengkap Anda mengisinya, semakin jelas dan detail informasi yang diberikan kepada pihak asuransi. Dengan cara ini, klaim yang dibuat lebih mudah diproses secepat mungkin.

Melengkapi Dokumen

Saat mengajukan klaim asuransi mobil lecet, perusahaan asuransi akan mewajibkan nasabahnya untuk menyiapkan dokumen penting sebagai persyaratan. Perhatikan langkah ini karena jika terjadi kesalahan maka akan sulit untuk mengabulkan klaim yang dilakukan oleh pihak asuransi.

Dokumen tersebut antara lain formulir klaim, fotokopi polis asuransi, fotokopi SIM, STNK, surat keterangan polisi jika kendaraan mengalami kecelakaan, serta dokumen tanggung jawab pihak ketiga terkait kecelakaan jika ada.

Menjelaskan Kronologis Kejadian dengan Lengkap

Berikan informasi selengkap dan sedetail mungkin mengenai kronologis kejadian yang menyebabkan mobil lecet. Kamu akan diwawancarai, apa pun bentuk dan kelengkapannya, untuk mendukung klaim, untuk memastikan bahwa informasi disajikan sejelas mungkin dan sesuai dengan kronologi kejadian yang sebenarnya.

โœ…  Asuransi Mobil Terbaik dan Murah di Indonesia

Menghubungi Perusahaan Asuransi

Semestinya, menghubungi perusahaan asuransi adalah hal pertama yang harus dilakukan. Namun, klaim hanya dapat dilakukan terhadap asuransi yang melindungi kendaraan kita.

Namun, selain asuransi, Anda juga bisa menghubungi polisi jika kendaraan Anda tergores atau mengalami kecelakaan. Jelas bahwa perusahaan asuransi menjadi salah satu pihak pertama yang mengetahui kejadian tersebut.

Menggunakan Jasa Bengkel Rekanan

Hal ini terkadang tidak disadari oleh klien asuransi kendaraan. Agar tidak rugi, pilih bengkel rekanan perusahaan asuransi untuk perbaikan.

Pada umumnya setelah melapor biasanya pelanggan ingin segera membawa mobilnya ke bengkel terdekat atau sekedar mendaftar.

Nah, khusus untuk kasus ini kita harus bersabar karena ketika laporan selesai, pihak asuransi akan melakukan survey terhadap klaim yang diajukan kemudian menindaklanjuti dengan jadwal perbaikan mobil.

Hal ini untuk membuktikan klaim dan mengetahui kondisi kendaraan yang rusak. Perusahaan asuransi kemudian akan menerbitkan Surat Perintah Kerja (SPK) sebagai surat pengantar untuk melakukan perbaikan di bengkel.

Pelanggan harus mengikuti tahap ini dengan mengikuti petunjuk yang terkait dengan bengkel yang merekomendasikan membawa mobil kami untuk diperbaiki, yaitu ke bengkel yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi.

Wajib Membayar Biaya Own Risk

Harap dicatat bahwa, meskipun asuransi akan menanggung biaya perbaikan kendaraan Anda, Anda tetap harus membayar biaya risiko Anda sendiri.

Biaya Own Risk adalah jumlah uang yang dibayarkan pelanggan asuransi mobil setiap kali mengajukan klaim di bengkel rekanan. Biaya ini umumnya berkisar Rp. 300 ribu.

Biaya ini adalah harapan untuk memastikan bahwa biaya perbaikan bengkel sangat rendah. Misalnya, mobil Anda sedikit tergores dan hanya perlu diperbaiki dengan biaya Rp. 150 ribu.

Jadi dengan biaya diskon yang lebih tinggi, Anda lebih baik mengurusnya sendiri tanpa klaim asuransi.

Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet dapat Diterima

Namanya hidup, yang terjadi tidak selalu lurus dan baik. Begitu juga dengan pengajuan klaim asuransi kendaraan khususnya kasus mobil lecet yang tidak selalu berjalan mulus dan diterima dengan segera.

Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan agar klaim dapat diterima:

  • Kerusakan telah terjadi sebelumnya
  • Slip polisi
  • Melanggar peraturan
  • Polis tidak ditahan
  • Tidak sengaja rusak
  • Aksesori Mobil
  • Dokumen tidak lengkap

Kerusakan telah Terjadi Sebelumnya

Sesuai Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2014 tentang Perasuransian, klaim asuransi tidak dapat diperoleh jika kerusakan/kerugian terjadi pada hari-hari pertama sebelum perjanjian polis asuransi.

Masa Berlaku Polis

Status polis yang tidak aktif akan mengakibatkan klaim ditolak secara otomatis. Hal ini biasanya terjadi karena adanya tunggakan pada bulan sebelumnya. Dalam keadaan demikian, klaim asuransi secara otomatis ditolak oleh perusahaan asuransi.

โœ…  Asuransi Mobil Terbaik di Indonesia dan Tips Memilihnya

Melanggar Aturan

Tahukah Anda bahwa klaim akan ditolak jika kendaraan rusak atau tergores akibat ulah pengemudi yang ugal-ugalan atau pelanggaran lalu lintas. Selain itu, lokasi kecelakaan memiliki dampak yang signifikan.

Klaim akan disetujui jika lokasi berada di area tertentu dan tidak termasuk dalam perjanjian kontrak dalam polis. Sebaliknya, jika kecelakaan terjadi di luar wilayah terdaftar, klaim kemungkinan besar akan ditolak.

Polis tidak dalam Masa Tunggu

Masa tunggu yang ditunjukkan di sini adalah sekitar satu bulan setelah polis asuransi diterbitkan. Selama waktu ini, Anda tidak dapat mengajukan klaim. Jadi jika mobil Anda tergores, polis tidak akan menanggung biaya perbaikan.

Kerusakan yang Disengaja

Tidak mungkin menyepakati syarat-syarat kerusakan yang disengaja seperti mobil bertabrakan dengan mobil lain, atau menabrak kendaraan sehingga hancur dan rusak, dan sengaja bertabrakan dalam banjir.

Selama banjir, disarankan untuk menghindari daerah yang terkena dampak. Hal yang harus dilakukan adalah menghubungi call center perusahaan asuransi. Jangan mencoba menghidupkan mesin dan menunggu instruksi dari perusahaan asuransi.

Aksesoris Mobil

Dengan melampirkan nilai pertanggungan, maka aksesoris mobil tersebut harus dilaporkan ke perusahaan asuransi agar aksesoris mobil Anda mendapatkan manfaat saat diklaim.

Di sisi lain, jika Anda melewatkan aksesori, klaim kemungkinan besar akan ditolak. Jangan lupa untuk melaporkan plugin keamanan apa pun.

Dokumen Tidak Lengkap

Dokumentasi yang lengkap pasti akan membuka jalan bagi Anda untuk mendapatkan manfaat asuransi mobil. Jangan lupa untuk memperhatikan juga batas waktu klaim asuransi. Karena jika batas waktu tersebut terlampaui, maka klaim akan ditolak.

Macam-macam Asuransi Mobil

Tidak hanya ada satu jenis asuransi mobil yang pertanggungannya berbeda dengan premi yang dibayarkan oleh nasabah. Secara umum, ada dua jenis asuransi mobil, yaitu asuransi risiko kendaraan penuh dan asuransi kerugian komprehensif (TLO).

Anda sebagai klien asuransi mobil dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan tingkat risiko yang mereka ambil. Lantas, apa perbedaan asuransi All risk dengan asuransi mobil TLO?

Asuransi TLO

Dari namanya saja sudah bisa ditebak bahwa asuransi mobil TLO hanya melindungi tertanggung dari risiko kerugian akibat kehilangan total.

Artinya, kerugian total disini bila kondisi kendaraan minimal 75 persen rusak atau hilang karena pencurian. Jenis premi ini biasanya paling murah dari semua jenis premi asuransi mobil.

Oleh karena itu, jika mobil kita mengalami tabrakan yang mengakibatkan keausan pada bodi mobil, sayangnya asuransi jenis ini tidak dapat ditanggung.

Asuransi All Risk

Asuransi ini memiliki keunggulan dalam melindungi pemiliknya dari kerugian akibat kehilangan total, karena asuransi mobil All Risk mencakup semua jenis kerusakan, dari yang ringan hingga yang parah, termasuk kerusakan pada bodi mobil.

Dengan sudah mengetahui langkah-langkah klaim asuransi mobil, semoga kita bisa memahaminya dan bisa menerapkan tips-tips tersebut saat kita justru mengalami hal yang tidak diinginkan, ya.

โœ…  Cara Klaim Asuransi Mobil Terbaru dengan Mudah

Jangan lupa, jika mobil Anda berisiko lebih tinggi tergores karena menabrak tembok atau menabrak sepeda motor karena lalu lintas yang padat, yang terbaik adalah memilih asuransi all-risk yang dapat menutupi semua tindakan kerusakan.

Jika Anda memiliki referensi yang tepat, yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu berapa premi yang harus Anda bayarkan setiap tahun.

Perpanjangan Cakupan

TLO dan asuransi all risk memiliki kemungkinan untuk meningkatkan manfaat atau memperpanjang perlindungan. Manfaat ini dapat diperoleh dalam situasi di Jakarta dimana sering terjadi protes dan Anda takut mobil Anda akan dirusak oleh pengunjuk rasa.

Biayanya tidak terlalu mahal, hanya 0,05 persen untuk asuransi all risk dan 0,35 persen untuk asuransi TLO. Besarannya tergantung dari perusahaan asuransi dan minimum premi disesuaikan dengan peraturan OJK.

Tidak hanya saat demonstrasi, ekspansi dapat dirasakan untuk melindungi kendaraan dari bencana alam, vandalisme, terorisme dan kecelakaan penumpang pribadi yang biasanya tidak ditanggung oleh asuransi kendaraan.

Untuk pemahaman yang lebih baik, mari kita lihat contoh berikut.

Anda ingin menambah perluasan cakupan banjir dengan premi 0,35 persen, sehingga biaya tambahan dikalikan Rp 220 juta menjadi Rp 770.000. Total biaya asuransi adalah Rp. 6,6 juta rupiah dikali 770 ribu rupiah dan hasilnya adalah Rp. 7,3 juta.

Kita tidak pernah tahu kapan bencana akan terjadi, resiko kecelakaan bisa terjadi berkali-kali. Tahukah Anda bahwa manfaat lainnya adalah mobil wajib dirawat semalaman. Kemudian Anda bisa mendapatkan mobil pengganti untuk jangka waktu tertentu. Biasanya 3 x 24 jam setelah kendaraan mogok dan masuk bengkel.

Urgensi Asuransi Mobil Terbaik

Cara klaim asuransi mobil lecet bisa memudahkan saat kendaraan roda empat Anda mengalami hal yang tidak terduga.

Untuk itu, jangan lupa untuk melindungi diri dari bahaya pengeluaran mendadak yang bisa menguras tabungan Anda. Yaitu risiko biaya pengobatan yang tinggi di rumah sakit akibat sakit atau risiko kerugian finansial akibat kecelakaan kerja yang berujung pada ketidakmampuan untuk bekerja kembali karena cacat tetap.

Untuk mengantisipasi hal-hal tersebut, Anda bisa memanfaatkan asuransi jiwa. Dengan manfaat asuransi jiwa, Anda dan keluarga bisa terlindungi dari beban keuangan akibat minimnya penghasilan tambahan.

Anda juga dapat melindungi kendaraan Anda dari mahalnya biaya perbaikan fisik kendaraan Anda akibat tabrakan lalu lintas atau kecelakaan yang disebabkan oleh kelalaian pribadi.

Itulah tadi tips dan cara klaim asuransi mobil lecet yang bisa kami bagikan kepada Anda. Jika masih mengalami kebingungan langsung saja bertanya di kolom komentar ya. Jangan sungkan dan jangan ragu. Karena sungkan dan ragu Anda adalah kesalahan.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA