Berikut Cara Menggabungkan File PDF Tanpa Software

tukarpikiran.com – Mungkin banyak yang belum tahu cara menggabungkan file PDF tanpa sofware menjadi satu dokumen di Windows dan MacBook secara gratis. Yang perlu anda ketahui, bahwasanya anda tidak perlu membayar Adobe Acrobat untuk menggabungkan beberapa file PDF. Berikut ini sudah kami rangkum dua cara untuk melakukannya dengan mudah.

Cara Menggabungkan File PDF di Windows dan MacBook

Bekerja dengan file PDF dapat menjadi tantangan, terutama jika Anda mencoba menggabungkan beberapa dokumen menjadi satu. Mungkin Anda sedang membuat dompet, atau mungkin Anda hanya ingin mengurangi kekacauan file. Apa pun alasannya, menyimpan banyak dokumen dengan benar dapat membingungkan, tetapi juga sulit untuk mengetahui cara menyatukannya.

Adobe Acrobat adalah salah satu alat paling populer untuk menggabungkan file PDF, tetapi program ini akan dikenakan biaya setidaknya $ 13 per bulan untuk berlangganan. Untungnya, ada beberapa cara lain untuk menggabungkan file PDF secara gratis, apa pun jenis komputer yang Anda gunakan.

Berikut cara menggabungkan beberapa file PDF secara gratis, baik Anda bekerja pada perangkat Windows atau Mac. (Kami juga memiliki trik tentang cara mudah menandatangani file PDF, dan empat aplikasi gratis untuk pengeditan PDF yang lebih baik.)

Cara Menggabungkan File PDF di Windows

Jika Anda menggunakan Windows, Anda memerlukan aplikasi pihak ketiga untuk membantu Anda menggabungkan file PDF. Kami menguji beberapa di antaranya dan menemukan opsi yang solid dalam pembagi dan penggabungan PDF oleh AnywaySoft. Ini tersedia melalui Microsoft Store secara gratis.

Berikut cara menggabungkan file PDF dengan aplikasi ini:

Buka aplikasi dan pilih Gabung atau Pisahkan. Jika Anda hanya perlu menggabungkan dua dokumen tanpa mengubah urutan halaman mana pun, pilih Gabung.
Klik Tambahkan File PDF, dan pilih beberapa file yang ingin Anda gabungkan. Anda memiliki opsi untuk memindahkannya ke atas atau bawah, atau mengurutkan berdasarkan nama. Anda juga dapat melihat tampilan dokumen yang digabungkan.
Setelah dokumen Anda diatur, tekan Gabung, lalu beri nama dan simpan PDF gabungan baru.

Jika Anda ingin menyesuaikan proses penggabungan sedikit lebih banyak, seperti mengubah urutan halaman atau hanya menambahkan bagian tertentu dari setiap PDF, Anda harus membaginya terlebih dahulu. Untuk melakukan ini, pilih Pisahkan saat aplikasi terbuka. Pilih halaman ganjil atau rentang halaman yang ingin Anda periksa. Anda dapat menyimpannya sebagai satu file PDF atau sebagai file PDF individual.

Cara menggabungkan file PDF di MacBook

Di Mac, Anda dapat menggabungkan file PDF dengan alat bawaan yang ada di Pratinjau, menurut dukungan Apple.

Berikut cara menggabungkan dua file PDF:

Buka file PDF di Pratinjau.
Pergi ke View> Thumbnail. Anda akan melihat thumbnail halaman di sidebar.
Pilih gambar mini halaman tempat Anda ingin menyisipkan dokumen lain.
Klik Edit> Sisipkan> Halaman dari File (jika halaman dari pemilihan file terlalu redup untuk diklik, pastikan file yang Anda buka adalah file PDF. Beberapa dokumen PDF terenkripsi tidak dapat digabungkan, menurut Apple. Periksa izin file PDF dengan memilih Alat> Tampilkan Inspektur, lalu klik ikon kunci).
Pilih PDF yang ingin Anda tambahkan, dan klik Buka.
Pilih File> Ekspor sebagai PDF untuk menyimpan.

Berikut cara menggabungkan bagian-bagian PDF dengan PDF lain:

Buka file PDF yang ingin Anda gabungkan di pratinjau.
Di setiap dokumen, pilih Tampilan> Gambar Mini. Anda akan melihat thumbnail halaman di sidebar.
Tahan tombol Command, dan pilih thumbnail halaman yang ingin Anda tambahkan ke dokumen lain. Tinggalkan kunci perintah.
Seret gambar mini yang dipilih ke bar samping PDF lain, dan edit di tempat yang Anda inginkan. (Jika Anda memiliki macOS Sierra atau versi lebih lama, seret thumbnail langsung ke thumbnail di PDF lain.)

Anda juga dapat memutar, menghapus, dan mengatur ulang halaman dari bagian thumbnail.

Kesimpulan

Itulah tadi cara menggabungkan file pdf tanpa software yang bisa kami jelaskan. Sekarang setelah Anda menguasai menggabungkan semua PDF Anda, pastikan untuk memeriksa tip tersembunyi Mac kami yang lain, tip rahasia Windows 10, Cara Mengunduh Aplikasi Windows 10 dan Microsoft Office secara Gratis.

error: This content is protected by DMCA