Cara Mengubah Kuota Lokal Axis Menjadi Kuota Utama

tukarpikiran.com – Hampir semua provider memiliki kebijakan pembagian kuota berdasarkan wilayah atau teritori. Tidak terkecuali dengan operator Axis. Jika kamu ingin tahu cara mengubah kuota lokal Axis menjadi kuota utama, maka kamu harus menyimak artikel ini sampai akhir ya gaes.

Operator yang mempunyai ciri khas warna keunguan ini, juga menyediakan kuota lokal untuk para penggunanya. Seperti namanya, kuota lokal adalah semacam kuota distribusi yang tidak tersedia di semua kota. Di sisi lain, beberapa pelanggan selalu mengabaikan kuota lokal, sehingga sampai tidak digunakan dan hangus begitu saja.

Untuk apa kuota lokal Axis? Ini adalah pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pelanggan yang suka rebahan. Selain itu, operator tidak memberikan penjelasan lengkap mengenai kuota lokal tersebut. Jenis kuota ini sering disertakan sebagai bonus atau paket tambahan saat kita mengaktifkan paket internet kita.

Tak heran jika banyak orang mencari cara untuk menggunakan kuota lokal Axis agar bisa digunakan di semua wilayah. Cara yang akan diterapkan untuk mengatasi masalah tidak bisa menggunakan kuota lolal Axis dapat dilakukan dengan atau tanpa aplikasi.

Cara Menggunakan Kuota Lokal Axis di Semua Daerah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kuota lokal Axis adalah kuota yang didapatkan saat membeli kuota perdana atau membeli paket internet axis. Cara menggunakan kuota lokal Axis tanpa aplikasi sebenarnya cukup mudah. Kamu hanya perlu berada di area aktivasi paket internet yang kamu beli.

Namun sayangnya, tidak semua orang paham cara menggunakan kuota lokal Axis sampai habis. Jadi, dalam artikel singkat ini, kami ingin mengedukasi kamu tentang pentingnya memahami jenis data ini. Sudah cek sisa kuota Axis di kartu perdanamu sekarang? Maka jelas, kita akan menemukan berbagai informasi jenis kuota dan jumlah sisanya.

Bagi sebagian orang saat mengcek kuota lokal Axis, ternyata tidak terpakai atau tidak berkurang sedikit pun. Hal ini tentu memicu tanda tanya besar, tentang bagaimana cara menggunakannya hingga kuota lokal Axis ini bisa habis dan tidak terbuang sia-sia.

Masalah serupa sebenarnya banyak dialami oleh pelanggan yang masih awam. Kebanyakan orang tidak terlalu memperhatikan pembagian kuota saat mendaftar paket internet. Jika merasa hal ini meribetkan, kami sarankan untuk membeli paket unlimited. Biasanya, operator Axis menawarkan paket internet bulanan dengan berbagai harga.

Namun pembahasan kali ini akan fokus pada bagaimana penggunaan kuota sumbu lokal di daerah lain. Hal ini dikarenakan tidak sedikit orang yang masih bingung dengan minimnya petunjuk detail saat mengaktifkan paket data. Misalnya, pembagian kuota malam, kuota siang, kuota umum, dan sumbu data lokal.

Padahal, kuota lokal konsepnya sama dengan data reguler. Bedanya, kebijakan penyedia layanan membatasi penggunaan area tertentu. Zona dapat mencakup beberapa wilayah, wilayah, atau kota dalam pendaftaran paket. Oleh karena itu, artikel ini akan fokus pada cara menggunakan kuota sumbu lokal di semua wilayah.

  Cara Mengecek Kuota Axis Praktis dengan Banyak Pilihan

Apa Itu Kuota Lokal Axis

Sebagai salah satu penikmat internet, sudah seharusnya kita sangat menyadari adanya pembagian besaran dan jam kuota. Sistem ini berlaku untuk semua operator di Indonesia, tidak hanya provider Axis. Jadi untuk apa kuota  lokal Axis ini? Pertama, kamu memang perlu mengetahui definisinya.

Kuota lokal adalah jenis kuota yang hanya tersedia di zona awal Registrasi Paket Internet. Jenis kuota ini tidak dibatasi oleh jam dan waktu dan mewakili suatu wilayah. Secara alami, ketika pengguna meninggalkan kota, mereka tidak dapat menggunakan kuota lokal mereka dan penggunaan internet akan menyedot kuota utama mereka.

Biasanya kamu akan menerima kuota jenis ini saat membeli paket seperti bronet, AIGO, dll. Rangkaian paket ini menawarkan pelanggan kuota mulai dari 1GB hingga 6GB. Kamu bisa mengecek jumlah dan pemakaian kuotanya melalui aplikasi Axis atau dengan kode dial di menu telepon dengan mengetik *889#.

Masalahnya sepertinya kebanyakan pengguna hp hanya fokus pada kuota utama mereka dan mengabaikan jenis kuota lainnya. Akhirnya, bonus apa pun yang didapatkan dari pembelian paket akan hangus. Lalu, bagaimana cara menggunakannya hingga kuota lokal Axis bisa habis?

Kuota Lokal Axis tidak Bisa Digunakan

Dari penjelasan di atas, sebenarnya bisa kita simpulkan kenapa kuota lokal tidak bisa digunakan. Ya, jawabannya karena pengguna meninggalkan wilayah atau daerah asalnya, yang merupakan area aktivasi paket. Peraturan tersebut sangat merugikan, apalagi jika kita sering bepergian ke luar kota.

Inilah sebabnya mengapa penting untuk membaca instruksi yang terdapat dalam paket sebelum mengaktifkannya. Akan lebih baik jika kamu menyesuaikan paket kuota dengan kebutuhan dan mobilitas kamu sekarang ini. Secara umum, paket yang berisi kuota lokal sebenarnya sangat besar.

Namun, kamu harus membayar kelebihan tersebut dengan penggunaan terbatas hanya di area aktivasi. Sebelum mengetahui cara aktifkan kuota lokal Axis, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan terlebih dahulu. Asal daerah adalah kunci utama untuk bisa memakai kuota lokal Axis.

Bagaimana kira-kira cara cek lokasi kuota lokal Axis? Nah, masalah ini sebenarnya mudah dan sulit. Secara garis besar, kamu dapat memeriksa dengan layanan pelanggan. Minta informasi tentang paket terakhir yang kamu daftarkan. CS kemudian akan memberikan detail berupa nama paket, tanggal aktivasi, kota, dll.

Operator menyediakan layanan CS di media sosial seperti FB dan Twitter. Kamu juga dapat menghubungi nomor pelanggan secara langsung melalui telepon. Atau, Anda perlu mengingat kota tempat Anda mengaktifkan paket. Oke saatnya kita lanjut ke pembahasan utama tentang cara mengubah kuota lokal Axis menjadi kuota utama.

Cara Menggunakan Kuota Lokal Axis di Daerah Lain

Secara umum, kuota lokal hanya tersedia dan bisa dipakai di daerah tempat kamu mengaktifkan paket. Tapi jika pindah kota, apa yang harus kita lakukan? Misalnya saat diminta keluar area pendaftaran. Oleh karena itu, penting untuk mempelajari trik cara memindahkan kuota lokal ke kuota utama agat tidak repot membeli paket baru.

  Cara Mengubah Kuota Belajar Menjadi Kuota Utama Tri

Sebenarnya hanya ada dua cara untuk menggunakannya dan untuk menghindari pemborosan kuota lokal Axis kamu. Cara pertama yaitu bisa dengan menukar jaringan yang kamu pakai dari 3g ke 4g dan sebaliknya. Atau kamu juga bisa menghubungi call center Axis tentang keluhan kuota lokal yang kamu alami saat ini.

Jika kamu tidak ingin dipusingkan atau tidak ingin ribet, inilah trik lain yang bisa kamu coba sendiri untuk menggunakan kuota lokal Axis. Dengan kata lain, kamu dianjurkan untuk menggunakan aplikasi Fake GPS dan menyinkronkan secara anonim. Jadi, fungsi aplikasi ini seperti membuat kamu berada di daerah ketika medaftarkan kuota.

Setting Fake GPS Axis

Salah satu cara menggunakan kuota lokal Axis yang tidak bisa dipakai di daerah lain adalah dengan menggunakan aplikasi Fake GPS. Prinsip kerja aplikasi ini sangat sederhana. Dengan kata lain, ini menipu lokasi hp kamu agar tampak berada di area itu. Sayangnya, tidak semua pengguna mengetahui manfaat dari aplikasi yang satu ini.

Misalnya kota pertama yang mendaftar paket internet adalah Medan dan kebetulan kamu sedang jalan-jalan ke Cirebon. Kemudian cukup reset lokasi ke kota asal paket diaktifkan. Secara keseluruhan, ada banyak aplikasi di Playstore yang menawarkan fungsi serupa.

Akan tetapi, beberapa aplikasi mengharuskan kamu untuk melakukan root pada hp kamu terlebih dahulu. Meski begitu, beberapa juga meminta kamu untuk mengaktifkan opsi pengembang. Jadi alangkah baiknya kamu mempertimbangkan untuk menggunakan kuota lokal Axis sampai akhir di bawah ini.

  • Kamu dapat mendownload Fake GPS terlebih dahulu dan menginstalnya melalui play store.
  • Selanjutnya adalah mengizinkan aplikasi Fake GPS untuk mengakses lokasi kamu (mengizinkan lokasi tiruan). Buka pengaturan hp, pilih opsi pengembangan dan aktifkan lokasi tiruan di bawah debugging aplikasi.
  • Kemudian buka aplikasi Fake GPS yang kamu instal tadi.
  • Arahkan lokasi GPS kamu ke area tempat kamu membeli paket internet Axis.
  • Kemudian klik play untuk mengaktifkan pengaturan Fake GPS.

Setting Anonytun Axis

Setelah mengatur Fake GPS, kamu juga diharuskan untuk mengaktifkan GPS (pastikan untuk tidak menutup atau mematikan Fake GSP). Saatnya men-setup aplikasi anonymous agar bisa menggunakan kuota local Axis yang sudah kita beli.

Aplikasi ini adalah kunci yang memungkinkan IP dan proxy yang kita gunakan berubah tergantung pada lokasi Fake GPS. Oleh karena itu, keduanya merupakan aplikasi esensial yang tidak dapat dipisahkan dan harus dijalankan secara bersamaan. Berikut adalah langkah-langkah untuk menyettin Anonytun:

  • Pertama instal aplikasi Anonytun
  • Kemudian buka Anonytun dan pergi ke Stealth Settings di mana kamu dapat mengelola aplikasi ini.
  • Pastikan pengaturan Anonytun Anda adalah sebagai berikut:
    Stealth tunnel: ON
    Connection port: 443
    Connection protocol: SSL
    Advancel SSL: ON
    Custom TCP: Off
  • Selanjutnya masuk ke menu edit SSH setting, lalu atur seperti dibawah ini
    True SSL (Anti DPI): Ceklis
    Spoof host: Ceklis dan isi dengan (port)
    Spoof host: www.axisnet.id
    Spoof port: 443
  • Kemudian pilih OK dan tekan Save untuk menyimpan.
  • Langkah terakhir adalah klik Connect untuk memulai koneksi.
  Cara Mengubah Kuota YouTube XL Menjadi Kuota Biasa tanpa Aplikasi

Setelah terhubung dengan Anonytun, kamu dapat menggunakan kuota lokal kamu kapan saja dan di mana saja. Kuota lokal yang sebelumnya tidak tersedia, sekarang tersedia siang dan malam di jaringan 3g dan 4g. Namun, jika Anonytun hanya menyambung kembali, harap refrsh jaringan atau pilih lokasi server di negara lain.

Cara Menggunakan Kuota Lokal Axis Sampai Habis

Cara ini dapat dilakukan dengan mengubah lokasi penggunaan, tetapi disarankan agar pelanggan mematuhi aturan yang diberlakukan oleh operator. Ini karena sangat kecil kemungkinan untuk memaksa APN atau salah satu dari pengaturan di atas. Juga risiko pengaturan yang salah sebenarnya dapat mencegah h kamu mengakses internet.

Jika memang ingin jalan-jalan ke luar kota, daftar paket internet reguler atau unlimited. Kamu tidak perlu repot menanyakan apakah nanti kuota lokal Axis kamu tidak berkurang dan tidak terpakai. Pada sesi ini, kami hanya ingin memberikan tutorial tentang cara menggunakan kuota lokal secara legal.

Dalam praktiknya, menggunakan kuota lokal Axis sama dengan mengakses Internet menggunakan paket data utama. Perbedaannya terletak pada lokasi penggunaan yang tetap hanya di satu wilayah, kota tempat paket aktif. Itu sebabnya kuota jenis ini tidak berkurang sama sekali saat pelanggan melakukan perjalanan ke lokasi lain.

Jadi, jika kamu akan bepergian dalam waktu dekat, perhatikan layanan apa yang kamu beli. Karena tidak semua paket tersedia serta bisa digunakan kapan pun dan di mana pun. Bagaimana jika dua trik internet di atas terbukti tidak berhasil? Nah, berarti kamu harus pergi ke kota awal untuk menggunakan kuota lokal tersebut.

Sangat mudah bukan cara mengubah kuota lokal Axis menjadi kuota utama? Jika trik di atas gagal, maka yang perlu kita ubah hanyalah server host spoof baru dalam pengaturan Anonytun. Jika kamu juga ingin mengetahui cara memilih kuota yang ingin dipakai Axis dan apa itu kuota bboy Axis, terus ikuti Tukar Pikiran untuk menemukan jawabannya.

error: This content is protected by DMCA