17 Rekomendasi Laptop Chromebook Terbaik 2022

tukarpikiran.com – Kemajuan zaman bisa diukur dari seberapa jauh berkembangnya teknologi yang kita miliki saat ini. Salah satu hal yang paling kentara saat ini, yaitu sudah tersedianya laptop Chromebook dari berbagai merk. Jika dulur penasaran apa saja laptop chromebook terbaik saat ini, kami punya rekomendasinya.

Seperti yang dulur sekalian ketahui bersama, bahwa laptop sudah menjadi bagian dari aktivitas sehari-hari  bagi kebanyakan orang. Salah satu jenis sistem operasi untuk laptop adalah Google Chrome. Laptop dengan sistem operasi Chrome yang terpasang disebut Chromebook.

Chromebook memiliki banyak keunggulan dibandingkan laptop konvensional, salah satunya bebas malware. Bagi dulur yang tertarik dengan Chromebook, kami ingin memperkenalkannya kepada dulur sekalian. Sebagai pendahuluan, kami akan memberikan tips dalam memilih laptop Chromebook yang tepat di artikel ini.

Kami juga memiliki berbagai rekomendasi Chromebook terbaik dari merek seperti ASUS, Lenovo, Acer, dan Samsung. Tertarik lebih jauh? Nah, baca artikel ini sampai habis ya dulur-dulurku!

Perbedaan Chromebook dengan Laptop Lainnya

Sederhananya, Chromebook adalah perangkat untuk laptop dan tablet yang menggunakan sistem operasi Chrome. Chromebook sangat diminati karena fitur-fiturnya yang membuat segalanya menjadi sangat mudah selain booting super cepat.

Harganya juga relatif murah dibandingkan laptop biasa. Berikut adalah beberapa keuntungan lain dari Chromebook yang harus dulur ketahui:

  • Chromebook sangat mudah digunakan, bahkan untuk pemula. Antarmuka Chromebook mirip dengan Android dengan banyak ikon. Dulur juga dapat mengunduh berbagai aplikasi melalui Play Store. Chromebook tidak menerima aplikasi pihak ketiga selain Play Store atau Toko Web Chrome.
  • Chromebook lebih tahan terhadap serangan malware dan virus. Ini karena Chromebook memiliki perlindungan virus bawaan yang diperbarui oleh Google secara otomatis. Ini juga memiliki chip keamanan bawaan yang mengenkripsi semua data. Tidak perlu repot menginstal antivirus, dan keamanan data serta perangkat lebih terjamin.
  • Banyak fitur lanjutan Chromebook yang sangat mudah digunakan. Saat dulur mengatakan menggunakan kamera untuk memindai dokumen, dulur dapat menyimpan hasilnya dalam format PDF atau gambar. Ada juga fungsi text-to-speech yang sangat berguna bagi pengguna disleksia atau pengguna tunanetra.
  • Jika bisnis dulur mengharuskanmembuka lusinan tab browser sekaligus, dulur dapat menyiapkannya di Chromebook. Fitur terbaru ini memungkinkan untuk mengelompokkan tab browser ke jendela yang berbeda sesuai dengan meja virtual.
  • Sayangnya, Chromebook juga memiliki kekurangan. Untuk memanfaatkan ini sepenuhnya, dulur harus selalu terhubung ke Internet. Dulur dapat mengakses beberapa data dan menggunakan beberapa aplikasi bahkan saat offline. Namun, dulur harus mengunduh data terlebih dahulu dan mengaktifkan akses offline. Chromebook sayangnya juga tidak bagus untuk bermain game.

Google bekerja sama dengan sejumlah merek laptop populer untuk membawa Chromebook ke pasaran. Samsung, Lenovo, HP, dan Acer masing-masing memiliki produk Chromebook sendiri. Lihat daftar pilihan produk kami untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang Chromebook.

Cara Memilih Chromebook

Memilih Chromebook tidak jauh berbeda dengan memilih laptop pada umumnya. Namun, berikut adalah beberapa karakteristik yang mungkin ditemukan di Chromebook. Informasi di bawah ini akan membantu dulur dalam pemilihan produk yang tepat berdasarkan selera dan kebutuhan saat ini.

Memilih Berdasarkan Tipe Device

Selain jenis, Chromebook hadir dalam beberapa tipe perangkat. Beberapa laptop, mulai dari laptop 2-in-1 hingga tablet, kini memiliki sistem operasi Chrome. Dulur dapat memilih Chromebook berdasarkan jenis perangkat yang nyaman digunakan.

Laptop: Device Standar untuk Bekerja dan Belajar

Laptop adalah perangkat yang paling banyak digunakan untuk belajar dan bekerja. Perangkat ini memiliki layar dan keyboard terintegrasi. Sudut bukaan layar dan keyboard juga terbatas. Namun tentunya perangkat tersebut tetap nyaman digunakan.

2-in-1 Laptop: Laptop & Tablet

Laptop 2-in-1 adalah kombinasi dari laptop dan tablet. Penggunaannya sangat fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Laptop 2-in-1 juga tersedia dalam versi yang dapat digabung dan dilepas.

Convertible adalah model perangkat yang memiliki keyboard dan layar. Lipat saja dan itu menjadi tablet. Di sisi lain, yang dapat dilepas adalah laptop 2-in-1 yang memungkinkan dulur melepaskan layar dari keyboard.

Tablet: Praktis Dibawa

Tablet adalah perangkat yang sangat praktis, terutama bagi orang-orang dengan mobilitas tinggi. Dulur dapat bekerja menjadi lebih mudah dengan tablet karena ukurannya yang ringan dan mudah dibawa.

Namun, tablet ini tidak memiliki keyboard, jadi mengetik bisa jadi sulit. Tablet lebih cocok untuk mengecek email atau sebagai media bermain anak. Sayangnya, tablet Chromebook masih sangat sulit ditemukan di toko online di Indonesia.

Memastikan Prosesor Sesuai Kebutuhan

Penggunaan prosesor di perangkat akan memengaruhi kinerja. Chromebook menggunakan beberapa prosesor dari Intel, AMD, dan Snapdragon. Setiap prosesor tentunya memiliki keunikan tersendiri. Untuk membantu mempertimbangkan yang terbaik, mari kita lihat prosesor yang biasa digunakan di Chromebook.

Intel Celeron: Harganya Lebih Murah

Sebagian besar Chromebook menggunakan prosesor Intel Celeron. Tidak mengherankan jika banyak Chromebook dijual dengan harga murah. Prosesor Intel Celeron merupakan prosesor yang sangat praktis untuk aktivitas ringan. Dulur dapat memakainya untuk mengetik, mengirim email, atau mengadakan rapat online.

Sayangnya Intel Celeron tidak mendukung perangkat yang menjalankan game berat. Intel Celeron sebenarnya lebih cocok untuk bekerja atau riset dengan aplikasi ringan.

Intel Core: Performa Terbaik untuk Kerja Berat

Beberapa seri Chromebook premium menggunakan Intel Core. Intel Core adalah prosesor yang mendukung lebih banyak tugas. Prosesor Intel Core memungkinkan program berjalan dengan grafis yang lebih berat.

Prosesor Intel Core direkomendasikan untuk mereka yang melakukan banyak tugas dan melakukan banyak pekerjaan grafis mendetail. Intel Core lagi-lagi dibagi menjadi M, i3, i5 dan i7 tertinggi. Chromebook dengan prosesor Intel Core, yang sudah tersedia di pasaran saat ini, menggunakan seri i3.

AMD: Alternatif Selain Intel

AMD tak mau ketinggalan memproduksi prosesor untuk Chromebook, yakni AMD A4-9120C dan A6-9220C. Kedua varian ini berbasis dual-core, dengan kecepatan turbo maksimum masing-masing 2,4 GHz (A4) dan 2,7 GHz (A6). Aktivitas komputasi ringan seperti browsing, video streaming dan aplikasi lainnya dapat dengan mudah ditangani oleh AMD.

Dari segi harga, prosesor AMD ini juga fokus pada nilai, membuat Chromebook lebih terjangkau. Prosesor tingkat pemula yang dibuat khusus untuk memberi daya pada Chromebook ini adalah pilihan yang baik sebagai alternatif prosesor Intel.

Snapdragon: Hemat daya dan Mendukung 4G LTE

Nama Qualcomm Snapdragon sudah tidak asing lagi bagi para pengguna smartphone. Karena memberikan stabilitas dalam hal kinerja dan efisiensi daya, ia diakui kekokohannya sebagai kekuatan pendorong untuk smartphone.

Bahkan, Qualcomm juga menawarkan prosesor Snapdragon untuk perangkat Chromebook, salah satunya adalah Snapdragon 7c. Dengan kecepatan 2,55 GHz, Qualcomm Snapdragon 7c dibuat untuk laptop entry-level untuk aktivitas komputasi ringan.

Seperti smartphone, prosesor komputasi ini dirancang untuk perangkat yang selalu terhubung ke internet (always on, always connected). Tak heran jika Snapdragon 7c mendukung jaringan 4G LTE. Snapdragon juga mempertahankan keunggulan dalam efisiensi daya untuk mencegah baterai cepat habis.

Memilih Ukuran Layar Sesuai Kebutuhan

Ukuran Chromebook juga merupakan sesuatu yang perlu dipertimbangkan. Untuk portabilitas tinggi, kami merekomendasikan Chromebook 10 inci hingga 13 inci. Ukuran yang lebih kecil pasti lebih ringan bobotnya.

Di sisi lain, jika menggunakan Chromebook di rumah atau di kantor, 14 hingga 15 inci adalah ukuran yang tepat. Semakin besar ukuran layar, semakin mudah untuk melihat layar. Ukuran ini juga cocok untuk menonton film.

  Laptop yang Bagus untuk Kuliah Pilihan Kami

Namun, dulur juga harus mempertimbangkan jumlah port yang tersedia. Secara umum, laptop yang lebih kecil dan lebih tipis memiliki port yang lebih sedikit. Beberapa port mungkin tidak ada, seperti port HDMI. Dulur dapat mengakalinya dengan membeli koneksi port, tetapi tentu saja itu tidak praktis.

17 Rekomendasi Chromebook Terbaik

Chromebook adalah laptop yang berjalan di sistem operasi Google Chrome, bukan Microsoft Windows. Terlihat seperti laptop lama, tetapi Chrome OS berbasis web browser yang minim memberi pengalaman  yang berbeda. Artikel ini memberikan rekomendasi laptop Chromebook terbaik dan termurah ang bisa dulur pilih.

Chromebook umumnya lebih murah daripada Windows, MacBook, dan iPad. Namun, saat Chrome OS berevolusi untuk menyertakan penggunaan aplikasi Android dari Play Store, ada juga model premium dengan prosesor yang lebih cepat.

Selanjutnya, berdasarkan metode riset di atas, kami merekomendasikan 17 produk Chromebook terbaik. Daftar ini dipilih dengan cermat dengan mempertimbangkan kualitas produk, ulasan pembeli, dan keandalan penjual. Produk kami diurutkan berdasarkan popularitas di beberapa marketplace yang berbeda.

Dell Chromebook 3100 Education

Dell memiliki beberapa laptop Chromebook terbaik yang menarik, salah satunya adalah Dell Chromebook 3100. Laptop ini memiliki lebar layar 11,6 inci dan layar sentuh 1366 x 768 piksel.

Sedangkan untuk prosesornya, Dell 3100 menggunakan prosesor dual-core Intel Celeron dengan model Intel XMM 7350 Global LTE yang didukung oleh RAM LPDDR4 4GB dan penyimpanan eMMC 16 atau 32GB. Kapasitas baterainya 42Wh dan harga laptop ini mulai Rp 6,7 jutaan.

Spesifikasi Dell Chromebook 3100 Education
Rilis Maret 2021
CPU Intel Celeron XMM 7350 Global LTE
OS Chrome OS
Memori 4GB LPDDR4
Media Penyimpanan 32GB eMMC
Layar 11,6 inci HD
Grafis Intel UHD Graphics 600
Input/Output 2x USB 3.1, 2x USB Type-C, Audio Jack
Kamera Camera HD resolution 1280 x 720 (1MP), Camera Video HD resolution 1280 x 720 (1MP).
Konektivitas WLAN Adapter IEEE 802.11ac/b/g/n, Bluetooth 5.0
Audio 2 Speakers HD Audio Support
Baterai 42Wh
Dimensi 303,9mm x 20,8mm x 207,9mm
Berat 2,05 kg
Warna Black
Harga Rp 6,4 juta
Garansi 1 Tahun Garansi Dell Indonesia

Acer Chromebook 311 C733T

Laptop Chromebook terbaik 2021 dan termurah yang disertakan dalam rekomendasi kami kali ini adalah Acer Chromebook 311 C733T. Laptop ini ditenagai oleh prosesor Intel Celeron N4120, sehingga cocok untuk aktivitas belajar online.

Memorinya juga cukup besar dengan LPDDR4 4GB. Media penyimpanan hingga 32 GB eMMC. Layarnya berukuran 11,6 inci HD, sehingga dapat menggunakannya dengan nyaman saat belajar. Acer Chromebook 311 dibanderol dengan harga Rp 5 jutaan.

Spesifikasi Acer Chromebook 311 C733T
Rilis Agustus 2021
CPU Prosessor Intel Celeron N4120
OS Chrome OS
Memori 4GB LPDDR4
Media Penyimpanan 32GB eMMC
Layar 11,6 inci HD
Grafis Intel UHD Graphics 600
Input/Output 2 x USB 3.1 Gen 1 port, 2 x USB Type-C ™port, Kensington lock slot, Micro SD ™ card slot
Kamera HD camera with 1280 x 720 resolution 720p HD video recording.
Konektivitas WiFi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band 2.4Ghz dan 5Ghz, Bluetooth
Audio 2 HD audio support, built-in stereo speakers, Built-in microphone
Baterai 45 Wh 3920 mAh 11.4 V 3-cell Li-ion battery pack
Dimensi 11.89 x 8.23 x 0.84 inci (302 x 209 x 21.3 mm)
Berat 1,26
Warna Black
Harga Rp 5 juta
Garansi 1 Tahun Garansi Acer Indonesia

Zyrex Chromebook 360

Pada tahun 2021, Zyrex meluncurkan Zyrez Chromebook 360. Chromebook termurah ini memiliki spesifikasi yang hampir sama dengan Chromebook lainnya: Intel N4020, memori DDR4 4GB, media penyimpanan EMMC 32GB, dan layar 11,6 inci.

Selain itu, grafisnya adalah UHD Graphic 600 dengan baterai 50Wh. Zyrex 360 dibanderol dengan harga Rp8 juta.

Spesifikasi Zyrex Chromebook 360
Rilis Juni 2021
CPU Intel N4020
OS Chrome OS
Memori 4 GB DDR4
Media Penyimpanan EMMC 32 GB
Layar 11,6 inci HD
Grafis UHD Graphic 600
Input/Output  I/O Port USB 3.0 port, Audio combo jack, Type-C USB with PD function
Kamera HD (720P) camera integrated
Konektivitas WLAN 802.11a/b/g/n IEEE
Audio 1 audio combo jack, 2 speakers
Baterai 50 Wh
Dimensi 28.8 x 21.6 x 1.69 cm
Berat 1,42
Warna Black dan White
Harga Rp 7,1 juta
Garansi 1 Tahun Garansi Zyrex Indonesia

Lenovo 300e Chromebook

Lenovo juga memasuki industri Chromebook dengan Chromebook Lenovo 300e yang ditenagai oleh Intel Celeron N4020. Layar laptop Chromebook murah ini berukuran 11,6 inci dengan grafis terintegrasi MediaTek. Memori 4 GB pada media penyimpanan 32 GB. Chromebook termurah ini dibanderol seharga Rp 3,4 juta.

Spesifikasi Lenovo 300e Chromebook 
Rilis Maret 2021
CPU Prosesor Intel Celeron N4020
OS Chrome OS
Memori 4 GB DDR4
Media Penyimpanan EMMC 32 GB
Layar 11,6 inci HD
Grafis MediaTek integrated
Input/Output USB-C AC power, USB 3.0, HDMI, Combo mic / headphone jack
4-in-1 SD card reader, Kensington lock slot, Volume toggle
Kamera Camera HD resolution 1280 x 720 (1MP)
Konektivitas WiFi 802.11 AC 2×2, Bluetooth v4.2
Audio 1 speaker HD Audio Support
Baterai 42 Wh
Dimensi 290x 204 x 20.35 mm
Berat 1,31
Warna Black
Harga Rp 3,4 juta
Garansi 1 Tahun Garansi Lenovo Indonesia

Asus Chromebook C425

Asus Chromebook C425 adalah Chromebook RAM 8GB terbaru yang pas di kantong. CPU laptop ini adalah Intel Core m3/i5/Gold dengan memori hingga 8GB. Layarnya berukuran 14 inci menggunakan grafis Intel HD Graphics 615. Harga Asus Chromebook C425 Rp. 8,7 juta.

Spesifikasi Asus Chromebook C425
Rilis Juli 2021
CPU Intel Core m3/i5/Gold
OS Chrome OS
Memori up to 8 GB
Media Penyimpanan up to 128 GB
Layar 14 inci Full HD IPS 1920×1080
Grafis ‎Intel HD Graphics 615
Input/Output 2 x port USB Type-C (Gen 1) dan 1 x Type-A (Gen 1)
Kamera 720p HD camera
Konektivitas Bluetooth, 802.11a/b/g/n/ac
Audio Built-in 2 W Stereo Speakers with Microphone
Baterai 48 wh
Dimensi 32.17 x 20.80 x 1.69 ~ 1.69 cm
Berat 1.44 kg
Warna Silver
Harga Rp 8,7 juta
Garansi 1 tahun garansi Asus

Zyrex Chromebook M432

Dari segi spesifikasi, M432 identik dengan versi 360. Bedanya layar Chromebook M432 bukan touchscreen dan tidak bisa diputar 360 derajat. Meski begitu, dengan M432 yang dibandrol dengan harga Rp 6,5 juta, Chromebook M432 bisa menjadi pilihan untuk dulur yang ingin membeli Laptop Chromebook terbaik & murah.

Spesifikasi Zyrex Chromebook M432
Rilis Juni 2021
CPU Intel N4020
OS Chrome OS
Memori 4 GB DDR4
Media Penyimpanan EMMC 32 GB
Layar 11.6 inci HD
Grafis UHD Graphic 600
Input/Output  I/O Port USB 3.0 port, Audio combo jack, Type-C USB with PD function
Kamera HD (720P) camera integrated
Konektivitas WLAN 802.11a/b/g/n IEEE
Audio 1 audio combo jack, 2 speakers
Baterai 50 Wh
Dimensi 28.8 x 21.6 x 1.69 cm
Berat 1,42
Warna Grey
Harga Rp 6,5 juta
Garansi 1 Tahun Garansi Zyrex

Acer Chromebook Spin 513 CP513-1H

Prosesor Qualcomm Snapdragon yang hemat daya. Tertarik mencoba Chromebook dengan prosesor dari pabrikan Qualcomm? Dulur dapat memikirkan Acer Chromebook Spin 513. Ditenagai oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 7c dengan kecepatan 2,55 GHz yang dapat menjalankan Chrome OS dengan lancar.

  10 Rekomendasi Laptop 6 Jutaan untuk Programmer

Salah satu keunggulan prosesor ini adalah efisiensi dayanya, yang mampu bertahan hingga 14 jam dalam keadaan terisi penuh. Chromebook konvertibel ultraportabel ini dirancang oleh Acer untuk pengguna seluler.

Dengan berat kurang dari 1,2 kg, cukup ringan untuk penggunaan sehari-hari saat bepergian atau di rumah. Layar sentuh FHD IPS juga dilapisi Corning Gorilla Glass untuk menahan goresan. Tertarik dengan laptop Chromebook terbaik 2022 ini?

Spesifikasi Acer Chromebook Spin CP513
Rilis Januari 2022
CPU Qualcomm Snapdragon 7c Compute Platform
OS Chrome OS
Memori 4GB LPDDR4X memory
Media Penyimpanan 64GB eMMC
Layar 13 inci FHD
Grafis Qualcomm Adreno 618
Input/Output 2 port USB-C, 1 port USB-A, jack microphone 3,5 mm
Kamera Camera 720p HD
Konektivitas WiFi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band 2.4Ghz dan 5Ghz, Bluetooth
Audio Built-in 2 Stereo Speakers with Microphone
Baterai Baterai 36 Wh
Dimensi 310 x 209,35 x 15,55 mm
Berat 1,26
Warna Silver
Harga Rp 6,9 juta
Garansi Garansi Acer Indonesia

Asus Chromebook 204

Selanjutnya adalah Asus Chromebook 204. Laptop Chromebook terbaik ini sangat cocok untuk pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan Intel Celeron N4020 dan memori LPDDR4 4GB. Media penyimpanannya adalah eMMC 32GB dengan grafis Intel HD Graphics 600. Layar Asus 204 berukuran 11,6 inci dan berat 1,2 kg. Asus Chromebook 204 mulai dari 5,3 juta.

Spesifikasi Asus Chromebook 204
Rilis Mei 2021
CPU Intel Celeron N4020
OS Chrome OS
Memori 4GB LPDDR4
Media Penyimpanan 32GB eMMC
Layar 11,6 inci, LCD, HD (1366 x 768) 16:9, IPS-level Panel, Anti-glare display
Grafis Intel HD Graphics 600
Input/Output 2x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2x USB 3.2 Gen 1 Type-C support display / power delivery, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-C support display / power delivery, 1x 3.5mm Combo Audio Jack
Kamera 720p HD camera
Konektivitas Wi-Fi 5(802.11ac)+BT5.0 (Dual band) 2*2
Audio Audio Integrated
Baterai 50 Wh
Dimensi 29.20 x 19.90 x 1.95 cm
Berat 1,2Kg
Warna Dark Grey
Harga Mulai dari Rp 5,3 juta
Garansi 1 tahun garansi Asus Indonesia

Lenovo Chromebook C340 11 2in1 Touch

Chromebook 2-in-1 sekecil tablet. Jika dulur mencari Chromebook 2-in-1 yang ringkas dan fleksibel, ini adalah pilihan yang cocok. Lenovo Chromebook C340 memiliki layar 11 inci dan berat hanya 1,12 kg.

Saat dilipat, laptop Chromebook terbaik ini terlihat seperti tablet dan dapat menerima instruksi dulur ketika tangan dulur menyentuh layarnya. Berkat layar HD, menonton film atau video terasa pas. Kecil dan fleksibel, sangat cocok untuk mendukung produktivitas kerja.

Spesifikasi Lenovo Chromebook C340-11 2in1

  • Prosesor : Intel Celeron N4000 Turbo Boost
  • Memory : 4GB DDR4 2400MHz (Onboard)
  • Storage : 128GB eMMC + 32GB eMMC
  • Graphics : Intel UHD Graphics 600
  • Screen : 11.6″ IPS HD, 250 Nits, Touchscreen
  • Keyboard : Non-Backlit
  • Audio : Dual Streo Speakers
  • OS : Chrome OS
  • Etc : Camera, Bluetooth, WiFi, No-DVD
  • Free : Bag + Mouse
  • Port :
    2x USB-C 3.1 Gen 1
    2x USB 3.1 Gen 1
    1x card reader
    1x headphone / microphone combo jack

Acer Chromebook Spin 713 CP713-2W

Kesepakatan terbaik dengan layar 2K. Laptop Chromebook terbaik ini terlihat berbeda, dengan layar 2K yang biasanya ditemukan di laptop Windows kelas menengah. Layar sentuh beresolusi tinggi hingga 2K memberikan gambar yang jernih.

Laptop ini mendukung kegiatan belajar dan bekerja, menjadikan lebih produktif dan menyenangkan. Desain Chromebook ini cukup elegan dan bergaya, terbuat dari aluminium yang kokoh. Acer juga menawarkan produk ini prosesor Intel Core i3 Generasi ke-10 yang cepat yang dapat menjalankan Chrome OS.

Dengan begitu banyak fitur hebat yang tersedia, Chromebook ini dibanderol dengan penawaran terbaik seharga 5 jutaan.

Spesifikasi laptop Acer Chromebook Spin 713 CP713-2W

  • Prosesor: Intel Core i5-1135G7
  • Gambar: Intel Iris X
  • Memori: 8GB
  • Penyimpanan: 256GB PCIe SSD
  • Layar: Layar IPS 1504p 13,5 inci, berkemampuan sentuh
  • Port: USB 3.2 Gen 1 Tipe-A, HDMI, kartu microSD, jack headphone
  • Baterai: 56 Wh
  • Berat: 3,02 lbs
  • Harga: mulai dari Rp5.699.000

Lenovo Chromebook Flex 5

Dilengkapi dengan prosesor Intel Core i3 terbaru dan WiFi cepat 6. Chromebook biasanya menggunakan prosesor Intel Celeron. Namun, Lenovo Chromebook Flex 5 menggunakan prosesor Intel Core i3. Dua varian Intel Core i3 Gen 10 dan Gen 11 bisa dipilih sekaligus.

Tentu saja, prosesor seperti ini akan cukup untuk menjalankan Chrome OS dan berbagai aplikasi konvensional. Lenovo memiliki built-in Intel® WiFi 6, yang tidak hanya prosesor generasi terbaru, tetapi juga teknologi WiFi generasi terbaru.

WiFi ini memberikan kecepatan hingga 9,6Gbps, membuat aktivitas streaming dan download lebih cepat. Laptop Chromebook terbaik ini merupakan produk yang cocok untuk belajar, bekerja, dan streaming dengan spesifikasi yang cukup tinggi untuk sebuah Chromebook.

Spesifikasi Chromebook Lenovo Flex 5

Prosesor  Intel Core i3-10110U (2C/4T, 2.1/4.1GHz, 4MB)
Memori  DDR4-2666 4 GB
Penyimpanan  64GB eMMC 5.1
Berat  1.35kg
Dimensi  12,20 x 8,34 x 0,70 inci (310 x 212 x 17,95 mm)
Baterai  51Wh
Layar  Layar sentuh IPS FHD 13,3 inci (1920 x 1080)
Kamera  720p HD, 1.0MP

Lenovo Slim 3 ChromeBook 11

Cocok untuk aktivitas ringan dan dinamis. Chromebook pada dasarnya adalah versi ringan dari laptop lama, termasuk yang berat. Lenovo Slim 3 Chromebook 11 memiliki berat hanya 1,12kg, menjadikannya ringan dan mudah dibawa ke mana pun ketika pergi.

Bodinya kecil dengan layar lebar 11,6 inci dengan anti-silau untuk penggunaan di luar ruangan. Baterai bertahan hingga 19 jam dalam mode kecerahan layar 50%. Tertarik dengan Chromebook harga 2 jutaan ini? Cek segera, yuk!

Spesifikasi Lenovo Slim 3 ChromeBook 11

  • Kelas Laptop: Chromebook
  • Prosesor: Intel Celeron N4020
  • RAM: 4GB LPDDR4
  • Layar: 11.6 inci
  • GPU: Intel UHD Graphics 600
  • Dimensi: 0.71×11.28×8.09 inci
  • Berat: 1kg
  • Baterai: 18:54 jam

Asus Chromebook Flip C214MA

Chromebook yang dapat dikonversi ke Standar Kelas Militer. ASUS Chromebook Flip C214 adalah konvertibel 2-in-1 yang kuat. ASUS mengklaim produk ini tahan terhadap kecelakaan seperti terkena jatuh, terbentur, terguling, atau terkena tumpahan air.

Tidak heran jika Chromebook Flip C214 juga memiliki standar kelas militer yang telah teruji ketahanannya. Port Chromebook ini telah lulus uji ketahanan 5.000 siklus pengujian. Engsel juga lulus uji 50.000 buka dan tutup.

Layar sentuh mendukung pena stylus, yang dapat memberikan pengalaman belajar yang inovatif dan kreatif. Apakah dulur sering membawa laptop saat bekerja di luar ruangan? Laptop Chromebook terbaik ini layak dipertimbangkan.

Spesifikasi Asus Chromebook C214
Rilis Agustus 2021
CPU Intel® Celeron™ N4000 Processor 2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz)
OS Chrome OS
Memori 4GB RAM
Media Penyimpanan 32GB eMMC 5.1
Layar 11,6 inci (16:9) LED backlit HD (1366×768) Anti-Glare, Touchscreen
Grafis Intel HD Graphics 600
Input/Output 1 x COMBO audio jack
1 x Type-A USB 3.0 (USB 3.1 Gen 1)
2 x Type-C USB 3.0 (USB 3.1 Gen 1) with display and power delivery support
1 x micro SD card
Kamera User-facing HD 720p camera, world-facing 5MP AR camera
Konektivitas Integrated Wi-Fi 5 (802.11 ac), Bluetooth 5.0
Audio Built-in 2 W Stereo Speakers with Microphone
Baterai 3 -Cell 50 Wh Battery
Dimensi 292 x 199 x 19,5 ~20,1 mm (WxDxH)
Berat 1,2Kg
Warna Dark Grey
Harga Mulai dari Rp 5.609.000
Garansi 3 tahun garansi Asus Indonesia
  15 Rekomendasi Laptop Asus 9 Jutaan 2022 Terbaik

HP Chromebook 14

Chromebook HP pertama yang menggunakan prosesor AMD. Produk yang satu ini memberi lebih banyak pilihan untuk Chromebook. Ini adalah Chromebook pertama HP yang menggunakan prosesor AMD.

Menariknya, prosesor dual-core AMD A4-9120C ini memiliki kecepatan maksimal 2,5 GHz. Sempurna untuk penggemar AMD atau mereka yang ingin merasakan Chromebook AMD. Kasingnya terbuat dari bahan polikarbonat yang ringan namun kuat.

Layarnya juga menggunakan lapisan anti-glare SVA WLED 14 inci, yang membuatnya sangat luas dan nyaman digunakan dalam situasi apapun. Dengan harga terjangkau di kisaran 3 jutaan, dulur sudah bisa membawa pulang laptop Chromebook terbaik AMD ini.

Spesifikasi HP Chromebook 14

  • Prosesor: Intel Celeron N2480 2.16GHz
  • RAM: 2GB
  • Memori Internal: 16GB
  • Durasi Baterai: 09 jam 15 menit
  • Layar: 14 Inci
  • Resolusi: 1366x768p dan 1920x1080p
  • Ketebalan: 17.8mm
  • Berat: 1.78kg
  • Warna: Turbo Silver dan Sky Blue

Samsung Chromebook 4 XE310XBA-KA2ID

Keyboard ergonomis untuk mengetik dengan nyaman. Bagi yang banyak melakukan pengetikan, tentunya membutuhkan keyboard yang nyaman. Dulur bisa memilih Samsung Chromebok 4 dengan desain keyboard yang ergonomis.

Tombol-tombolnya melengkung mengikuti kontur jari, membuatnya nyaman dan akurat saat digunakan untuk mengetik. Layar Chromebook ini anti-reflektif sehingga dulur dapat melihat tampilan dengan jelas bahkan di tempat yang terang.

Produk ini memiliki layar kecil berukuran 11,6 inci yang cocok untuk belajar dan bekerja ringan. Desainnya yang ringkas dan ringan membuatnya mudah dibawa ke mana-mana. Jika ada yang bertanya apakah Samsung Chromebook bagus, maka kami bisa menjawab kalau dulur tidak akan menyesal membelinya.

Spesifikasi Samsung Chromebook 4
Rilis Juni 2021
CPU Intel Celeron Processor N4020 (1.10 GHz sampai 2.70 GHz 4 MB L2 Cache
OS Chrome OS
Memori 4GB LPDDR4
Media Penyimpanan 32GB eMMC
Layar 11.6inch HD LED Display (1366×768), Anti-Reflective
Grafis Intel UHD Graphics 600
Input/Output 1 USB-C | 1 USB3.0 | MicroSD Multi-media Card Reader | 1 Headphone out/Mic-in Combo
Kamera 720p HD Camera
Konektivitas Wi-Fi 5 (2×2) | Bluetooth
Audio 2 Stereo Speakers
Baterai 39Wh | 65W USB-C Adapter
Dimensi 11,33 x 7,96 x 0,66 inci (287,9 x 202,3 x 16,7mm)
Berat 1,18kg
Warna Platinum Titan
Harga Rp 2,4 juta
Garansi 1 Tahun Garansi Samsung Indonesia

Asus Chromebook C423

Layar FHD anti-silau dengan bezel NanoEdge. Butuh Chromebook profesional dengan layar anti-silau yang nyaman? Dulur dapat mempertimbangkan laptop Chromebook terbaik ini. Chromebook Flip C423 ASUS adalah seri perusahaan yang ditujukan untuk para profesional.

Dengan resolusi FHD matte anti-silau, layar 14 inci yang nyaman mendukung produktivitas kerja. Layar sentuh laptop ini mengadopsi desain NanoEdge, bingkai layar tipis yang menghasilkan rasio screen-to-body sebesar 78%. Bezel tipis membuat desain layar cukup lebar, memberi lebih banyak kebebasan untuk menggunakan stylus pen.

Spesifikasi Asus Chromebook C423

  • PROCESSOR N3350
  • RAM 4GB
  • STORAGE 128GB (64+64)
  • DISPLAY 14.0 INCH
  • CHROME OS
  • BERAT 1.2 KG

HP Chromebook 11 G8 Education Edition

Belajar dengan mulus dengan desain yang kokoh dan harga yang terjangkau. Mencari Chromebook yang andal untuk belajar di rumah selama pandemi? Coba HP Chromebook 11 G8 Education Edition. HP mendesain produk ini untuk kegiatan belajar siswa.

Produk ini memiliki fitur seperti ketahanan terhadap tetesan air dan ketahanan terhadap percikan soda. Mereka dirancang untuk skenario kecelakaan yang digunakan secara tidak sengaja oleh anak-anak atau remaja.

Berkat prosesor Intel Celeron N4020 dan RAM 4GB, dulur dapat membuka aplikasi dengan lancar sambil belajar. Keyboard dilengkapi dengan lampu latar, yang berguna saat berada di ruangan yang remang-remang. Serangkaian fitur hebat membuat Chromebook ini terjangkau hanya dengan harga 2 jutaan. Tak heran jika produk ini laris manis di pasaran.

Spesifikasi HP Chromebook 11 G8

  • Layar TFT LCD dengan LED backlight 11,6 inci resolusi HD 1366 x 768 piksel, Anti-Glare
  • Prosesor Intel Celeron N4020 dual-core (2 thread) 1,1GHz dengan 2,8GHz TurboBoost
  • Chipset Intel
  • Grafis Intel UHD Graphics 600
  • Memori RAM 4GB LPDDR4-3733MHz onboard
  • Storage eMMC 32GB
  • Konektifitas WiFi 5 Intel Dual Band Wireless-AC 9560 802.11ac, Bluetooth 5, Port USB 3.1 Gen1, Port USB 3.1 Gen 1 Type-C (support Display dan Power Delivery), card reader, combo audio
  • Dual speaker stereo, HD Audio, microphone
  • Kamera depan HD 720p webcam
  • Baterai HP Long Life 2-cell, 47 Wh Li-ion polymer, penggunaan hingga 10 jam
  • Sistem Operasi Google Chrome OS
  • Dimensi 29.5 x 20.53 x 1.88 cm berat 1,32kg
  • Warna Chalkboard Gray

Kelebihan Laptop Chromebook

Chromebook memiliki sejumlah keunggulan menarik. Setelah menyimak daftar rekomendasi yang kami berikan, sebaiknya pertimbangkan juga beberapa keunggulan laptop ChromeBook agar dulur sekalian menjadi lebih yakin memilih produk ini.

Desain Ringkas

Perangkat Chromebook dirancang untuk pengguna yang membutuhkan laptop untuk mendukung mobilitas tinggi. Pasalnya, perangkat Chromebook biasanya didesain dengan desain bodi yang ringkas dan ringan. Tentu saja, ini memudahkan membawa Chromebook ke mana pun tanpa harus mengganggu pengguna.

Sistem Operasi Khusus

Chromebook menggunakan sistem operasi Google untuk laptop. Oleh karena itu, laptop ini menggunakan sistem operasi khusus bernama ChromeOS. Berkat penggunaan ChromeOS, laptop ini bekerja optimal dengan semua aplikasi Google. Pengguna juga dapat mengunduh dan menggunakan aplikasi apa pun yang tersedia dari Google Play Store.

Aman dari Virus

Seperti halnya perangkat berbasis Ubuntu, salah satu hal yang membuat Chromebook begitu menarik adalah kemampuannya untuk melindunginya dari virus. Salah satu penyebab virus atau malware masuk ke perangkat adalah mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak dikenal.

Hal ini membuat perangkat sangat mungkin terinfeksi virus atau malware. Nah, mengunduh aplikasi di Chromebook hanya bisa dilakukan melalui Google Play Store. Tentu saja, ini memastikan keamanan perangkat Chromebook.

Selain beberapa kelebihan tersebut, nyatanya laptop Chromebook juga tidak lepas dari yang namanya kekurangan. Salah satu kekurangan Chromebook yang paling kentara adalah tidak cocok digunakan untuk bermain game. Karena laptop ini memang didesain untuk melakukan aktivitas pekerjaan.

Kesimpulan

Google bekerja sama dengan sejumlah merek laptop populer untuk membawa Chromebook ke pasaran. Tentu saja Chromebook memiliki spesifikasi yang berbeda-beda, mulai dari kapasitas penyimpanan, ukuran, dan fitur lainnya.

Chromebook juga dijual sebagai laptop, laptop 2-in-1, dan tablet. Pilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan dulur. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat. Jangan lupa untuk membeli Chromebook yang tidak melebihi anggaran. Nikmati perjalanan yang nyaman dengan Chromebook dulur-dulur!

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA