5 Software Recovery Data Terbaik

5 Software Recovery Data Terbaik

Halo teman-teman Tukar Pikiran! Apakah ada di antara Anda yang secara tidak sengaja mengalami peristiwa memori tiba-tiba terformat dengan sendirinya karena virus? Pasti sangat menyebalkan, bukan? Selain itu, data penting juga tersimpan di memori, baik itu tugas kuliah atau dokumen kantor. Nah, untuk mendapatkan kembali data yang hilang, Anda harus menggunakan software atau software pemulihan data.

Ternyata ada beberapa software recovery data terbaik yang benar-benar dapat mengatasi masalah ini. Data recovery sendiri merupakan prosedur untuk memulihkan data yang hilang karena rusak, atau gagal mencapai keadaan semula. Di sini Tukar Pikiran akan memberikan rekomendasi software recovery data terbaik dan terandal yang sudah dianalisa dan akan langsung. dijelaskan di bawah ini:

Sekilas tentang Software Recovery

Mengapa kami menggunakan software recovery? Dan kenapa tidak dapat menggunakan Backup atau Restore saja? Jawabannya ya, hanya saja ketiga hal ini memiliki perbedaan. Lalu apa bedanya?

Backup

Backup sendiri adalah prosedur yang dilakukan dengan sengaja untuk melindungi data dengan melakukan copy paste atau mengopi ke media penyimpanan lain. Jika suatu file rusak atau mengalami kerusakan, Anda masih memiliki salinan cadangan data, seperti laporan skripsi atau dokumen perusahaan yang harus di-backup.

Restore

Sedangkan restore sendiri bisa diartikan memulihkan pekerjaan atau memulihkan data atau file yang telah dihapus. Biasanya data yang terhapus masuk dan disimpan di recycle bin. Namun, pemulihan tidak dapat dilakukan dengan sengaja. Kita harus masuk dulu ke Recycle Bin dan melakukan restore, kemudian data akan dikembalikan ke lokasi semula.

Recovery Data

Sedangkan pemulihan data adalah proses pemulihan sistem atau data secara keseluruhan karena hilang atau rusak akibat file yang corrupt dan tidak terbatas pada beberapa sistem. Artinya, Anda dapat melihat data yang tidak disimpan di recycle bin lagi.

Selain memulihkan data yang hilang, pemulihan data juga memulihkan kesalahan aplikasi atau program ke keadaan semula. Jika komputer Anda macet karena virus, pemulihan data dapat memulihkannya ke keadaan semula.

Sekarang ini telah banyak yang menyediakan software recovery data terbaik di internet, dan kita dapat menggunakannya dengan mengunduhnya secara gratis. Untuk pengguna Windows, Anda dapat menggunakan sistem operasi bawaan.

Software Recovery Data Terbaik untuk Mac dan Windows

Sekarang, setelah Anda mengetahui perbedaan antara Backup, Restore dan Data Restore, mari kita tinjau beberapa perangkat lunak pemulihan data terbaik untuk Windows dan Mac.

EaseUS Data Recovery

EaseUS Data Recovery

EaseUS merupakan software pemulihan data terbaik dengan penilaian yang cukup tinggi dibandingkan dengan aplikasi sejenis. Jika Anda mencari di google dengan kata kunci “perangkat lunak pemulihan data”, EaseUS akan berada di halaman pertama yang juga disertakan dengan 4,5 bintang dari 5 bintang. Lalu apa saja kelebihan dari software EaseUS ini?

1. dapat memulihkan file atau data yang hilang atau rusak karena virus, OS crash, korupsi, partisi RAW dan penyebab kerusakan lainnya.
2. Mampu memulihkan data dari berbagai media penyimpanan, seperti hard drive, flash drive, kartu memori, ponsel, dll.
3. Memiliki Mode Deep Scan untuk menemukan data yang telah lama hilang atau terhapus.
4. Didukung oleh pemulihan RAW dan Loss Partition.

Di antara kelebihan tersebut, EaseUS juga merupakan perangkat lunak pemulihan data terbaik untuk Windows yang mudah digunakan. Dengan EaseUS Data Recovery, Anda tidak perlu panik saat kehilangan data penting dan dapat dipulihkan dalam sekejap. Bagi sobat Tukar Pikiran yang ingin melihat langsung produk atau mendownloadnya, segera cari software yang satu ini. Dengan keunggulannya, software ini hadir beserta komponen yang mendukungnya.

Stellar Data Recovery

Stellar Data Recovery

Hilangnya data dan dokumen penting di hard disk atau kartu memori membuat kita marah dan hal itu bisa menimpa siapa saja. Untuk mendapatkannya kembali, Anda dapat menggunakan aplikasi pemulihan data Stellar Phoenix yang sangat keren. Software ini mampu bekerja dengan sangat baik untuk memulihkan semua data yang hilang atau terhapus secara tidak sengaja pada penyimpanan eksternal seperti hard drive, solid state drive, flash drive, dll. Cara penggunaannya sangat mudah, anda harus mendownloadnya terlebih dahulu. Setelah diunduh, pilih lokasi tempat di mana sobat Tukar Pikiran ingin mengembalikan data yang hilang.

Ada dua metode transfer yang tersedia seperti yang ditunjukkan di program populer lainnya. Ada quick scan yang bisa digunakan untuk memindai hanya folder yang dibutuhkan untuk durasi yang lebih singkat tentunya.

Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan opsi Deep Scan untuk secara akurat memindai data atau file di ruang penyimpanan sobat Tukar Pikiran. Tetapi, untuk pemindaian ini membutuhkan waktu lebih lama dan hasilnya lebih baik.

Perangkat lunak pemulihan data ini memiliki waktu pemulihan data yang cepat. Perangkat lunak ini telah diuji untuk memulihkan data yang hilang pada hard drive 40GB dan waktu pemulihan hanya 30 menit. Selain itu, Stellar juga mendukung berbagai sistem operasi Windows dari XP, Vista, dll.

Wondershare Data Recovery

Wondershare Data Recovery

Salah satu perangkat lunak pemulihan data terbaik lainnya adalah Wondershare. Software ini menjanjikan pemulihan file atau data yang terhapus dengan benar dan cepat, baik itu dari komputer, penyimpanan eksternal smartphone, MP4, atau bahkan dari kamera digital. Wondershare Data Recovery memiliki kelebihan yang membuatnya layak untuk dimasukkan dalam daftar ini, antara lain:

1. Wondershare Data Recovery memiliki kemampuan untuk menangani lebih dari 400 jenis format data yang terdapat pada hard disk komputer, selain media penyimpanan lainnya.
2. Dari segi biaya, software ini adalah software pemulihan data saku yang mudah digunakan dan sangat efektif digunakan.
3. Wondershare Data Recovery juga menyediakan pemulihan data atau file bebas risiko, sehingga data yang dikembalikan tidak mungkin rusak.
4. Ada fitur read-only untuk opsi terbaik dalam pemulihan media penyimpanan eksternal.

Dengan menggunakan software Wondershare Data Recovery, pengguna akan mendapatkan hasil pemulihan data yang efektif dan diharapkan. Wondershare juga dapat digunakan untuk sistem operasi Windows dan Mac.

Jika Anda ingin mengetahui hal ini, Anda dapat mencoba versi gratisnya. Namun untuk versi gratisnya hanya dapat memulihkan 100MB data saja, tidak seperti yang berbayar. Namun, kedua atribut yang diperoleh serupa.

Remo Recover

Remo Recover

Remo Recover adalah software untuk mereka yang mengalami masalah kehilangan atau kerusakan data karena virus, dll. Software ini adalah solusi yang tepat dan mudah digunakan dengan kemampuan untuk bekerja dengan cepat untuk memulihkan data yang hilang atau terhapus.

Tim perangkat lunak Remo mengklaim bahwa aplikasi ini dapat membantu memulihkan semua jenis file, baik itu dokumen, foto, video, spreadsheet, file musik, dll. Selain itu, Remo juga mengatakan bahwa software pemulihan data ini mudah digunakan untuk mendapatkan kembali data yang hilang.

Jika dilihat di halaman situs resminya, software ini tersedia dalam dua versi, yaitu versi gratis dan versi profesional atau berbayar. Yang cukup menarik, salah satu software pemulihan data terbaik telah dikembangkan untuk mendukung tiga sistem operasi yang berbeda, yaitu Windows, Mac dan Android.

Lalu apa saja kelebihan yang diberikan Remo Recocver? Berikut ringkasannya:

1. Pemulihan data ditawarkan hanya dalam 4 tahap
2. Mekanisme pemindaian yang kuat untuk mendukung semua bentuk kasus data yang hilang
3. Ada 4 edisi sistem operasi Windows dengan persyaratan khusus
4. Pratinjau data yang akan dipulihkan dengan salinan evaluasi gratis
5. Mendukung berbagai sistem operasi Windows (Windows 7, XP, Vista dan Windows 8).

DoYourData

DoYourData

Perangkat lunak pemulihan data dari DoYourData ini dapat menjadi andalan untuk memulihkan data yang hilang atau rusak. Karena pada saat data penting kita hilang, dan pada saat ingin digunakan, tentu akan sangat mengganggu dan terkadang membuat kita stres. Jadi, DoYourData ada hadir sebagai software yang kuat dan mudah digunakan untuk memulihkan data sobat Tukar Pikiran yang terhapus karena serangan virus, dll.

Dengan DoYourData Recover, sobat Tukar Pikiran dapat memulihkan data untuk PC, Windows, Mac, Iphone, kartu memori, dan perangkat media penyimpanan lainnya. DoYourData Recovery juga merupakan pemulihan data yang aman dan bebas risiko dari kerusakan file.

Di samping itu, sobat Tukar Pikiran yang mau menjual laptop dan kebingungan ingin menghapus datanya secara permanen, bisa mengunakan perangkat lunak DoYourData ini. Tapi sebelum itu di backup dulu datanya ya!

DoYourData Recover ini juga mendukung berbagai sistem operasi Windows, bahkan Windows 10 dengan mudah dan komprehensif. Saat ini DoYourData sudah dirilis versi terbarunya yaitu Do Your Data Recovery 6.8 untuk dijalankan di Windows dan Mac.

Buat kamu yang penasaran bisa mencoba versi gratisnya terlebih dahulu. Tentu saja mode gratisnya tidak selengkap versi berbayar. Program ini terkenal di seluruh dunia karena memberikan kualitas terbaik dan layanan dukungan 24 jam seminggu penuh.

Kesimpulan

Itu tadi adalah ulasan singkat tentang software recovery data terbaik yang dapat sobat Tukar Pikiran pilih. Semuanya memiliki fungsi yang sama, hanya saja fitur yang ditawarkan masing-masing aplikasi memberikan keunggulan dan kecanggihannya masing-masing.

Di sisi lain, pemulihan sangatlah penting. Alasannya bisa berbeda-beda, tetapi biasanya mereka yang memulihkan karena kerusakan data di komputer. Umumnya kerusakan data yang terjadi pada komputer disebabkan oleh virus, kesalahan partisi sistem, sektor rusak, hard drive yang diformat, dan banyak hal lainnya. Jika ini terjadi pada Sobat Tukar Pikiran, segera lakukan tindakan pemulihan. Dengan recovery, setidaknya bisa membantu memperbaiki masalah tanpa harus membawanya ke tukang service dan sudah pasti mahal serta memakan waktu.

Bagi yang tidak ingin repot mengunduh software recovery data, Anda dapat melakukan pemulihan data melalui pemulihan dari sistem default. Dengan bantuan software recovery, hasilnya akan lebih baik. Semoga 5 rekomendasi software recovery data di atas bisa membantu sobat Tukar Pikiran sekalian.

Check Also

Software Untuk Membuat Aplikasi Android

10 Software Untuk Membuat Aplikasi Android

Jika Anda ingin membuat aplikasi setelah memikirkan ide hebat, Anda berada di tempat yang tepat. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *