17 Ide Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari

tukarpikiran.com – Merebaknya usaha kuliner belakangan ini menunjukkan bahwa minat masyrakat akan kuliner semakin bertambah. Hal ini bisa menjadi peluang bagi dulur yang berniat membuka usaha. Dulur tidak perlu bingung lagi, karena kami punya rekomendasi ide jualan makanan yang laku setiap hari untuk dicoba.

Cemilan atau sering disebut dengan jajanan merupakan makanan yang banyak diminati masyarakat khususnya anak-anak. Oleh karena itu, berjualan makanan ringan atau snack bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan saat ini. Kabar baiknya, dengan modal yang relatif rendah, keuntungan bisa menjadi berlipat.

Sistem penjualannya juga sangat mudah dilakukan. Seperti saat ini, sistem online memungkinkan dilakukan. Jadi tidak mengharuskan dulur untuk berada di dekat sekolah, pinggir jalan, atau halaman rumah jika ingin membuka usaha. Jika serius, bukan tidak mungkin bisnis jualan cemilan ini bisa mendongkrak keuangan.

Ide Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari

Jualan makanan yang laku setiap hari adalah ide bisnis yang sederhana dan sangat menguntungkan. Yang perlu dulur lakukan adalah memilih jenis makanan yang mudah diburu pembeli. Seperti yang dulur lihat, kelezatan kuliner menjadi semakin populer saat YouTuber menjelajahi ceruk pasar mereka.

Namun, dulur perlu memahami terlebih dahulu mengapa makanan tersebut masih populer dan terkadang dijual. Ya, intinya untuk menghindari mencoba menjual makanan yang hanya dijual musiman. Contoh: Ice Dalgona yang sedang booming beberapa waktu lalu.

Pada umumnya, jika baru memulai bisnis makanan, dulur pasti akan bingung dengan jualan makanan ringan yang laku setiap hari. Pada dasarnya, ada beberapa peluang jualan makanan ringan yang bisa dipilih. Berikut adalah ringkasan dari banyak ide jualan makanan yang memiliki potensi penjualan yang luar biasa.

Bakso Goreng

ualan makanan unik yang laris

Bakso goreng atau sering disebut dengan basreng termasuk dalam salah satu ide jualan makanan unik yang laris. Bakso merupakan makanan yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Selain itu, jenis olahan bakso sangat beragam, salah satu yang bisa dulur coba adalah bakso goreng.

Basreng atau bakso goreng disukai banyak orang karena rasanya yang pedas dan rasanya yang unik. Dulur bisa menambahkan varian bumbu lain yang sesuai dengan target pasar dulur saat ini. Seperti jagung bakar, keju, dll. Modalnya juga cukup murah, jadi keuntungan bisa lebih berlipat-lipat dari modal awal.

Tahu Krispi

ide jualan makanan kering yang laku setiap hari

Salah satu ide jualan makanan kering yang laku setiap hari adalah tahu krispi. Makanan ini bisa dijadikan potensi untuk menarik konsumen. Bahkan, belakangan ini bisnis tahu krispi cukup populer di kalangan masyarakat. Cara memulainya sangat sederhana sehingga bahkan seorang pemula pun bisa melakukannya.

Dulur bisa mendapatkan keuntungan dari bisnis ini dengan modal yang tidak terlalu banyak. Tahu krispi tidak hanya dibuat sebagai camilan, tetapi juga sebagai lauk untuk nasi. Salah satu kisah sukses pedagang tahu krispi di Jogja, yang kini sudah menyewa ruko yang lumayan besar dan bisa membeli motor ninja loh dulur.

Pempek

ide jualan makanan yang laku setiap hari online

Siapa yang tidak kenal pempek? Camilan ini digemari oleh segala usia dan dijual setiap hari. Pada dasarnya pempek dijual dengan isian yang bermacam-macam dan disajikan dengan bumbu khusus. Dari segi modal, tidak perlu mengeluarkan banyak uang dalam proses pembuatannya karena bahannya yang murah.

Di sisi lain, dari sisi penjualan sendiri, saat ini pempek banyak dijual secara online melalui aplikasi delivery atau media sosial. Tentunya hal ini memudahkan dulur untuk mendapatkan pelanggan yang lebih luas. Dulur bisa mencoba ide jualan makanan yang laku setiap hari online ini jika merasa punya resep yang unik.

Cilok

ide jualan makanan murah untung banyak

Secara bentuk, cilok mirip dengan bakso. Akan tetapi, cilok menggunakan bahan dasar tepung atau pati. Makanan ini juga sangat populer di masyarakat. Hal ini memungkinkan cilok untuk dijadikan sebagai pilihan ide jualan makanan murah untung banyak saat ini.

Seperti bakso, cilok hadir dalam berbagai rasa, seperti saus kacang atau saus balado. Juga, dari isian yang dipakai bisa sangat beragam. Dulu cilok memang identik dengan cilok polosan, tapi sekarang banyak yang menggunakan isisan daging sapi, daging ayam, dan sosis.

Kentang Spiral

jualan makanan yang lagi hits

Masih bingung mau jualan makanan yang lagi hits? Santai. Dulur bisa mencoba kentang spiral yang sempat hits akhir-akhir ini, terutama untuk kalangan anak-anak. Karena tampilan makanan kentang spiral sangat menarik bagi anak-anak. Kentang spiral juga sangat murah dan dapat ditemukan di pedagang kaki lima.

Tentu saja bahan dasarnya hanya kentang, dibuat spiral dengan alat khusus. Setelah itu, tinggal menusuknya dengan tusuk sate dan menggorengnya. Karena teksturnya yang renyah dan unik, calon konsumen sangat tertarik dengan makanan ini. Dulur bisa menambahkan berbagai bumbu, seperti, balado, keju, atau rasa lain.

  26 Bisnis Makanan yang Laris Penghasil Cuan 2022

Telur Gulung

ide jualan makanan yang laku setiap hari

Masih belum cocok dengan beberapa rekomendasi di atas? Dulur bisa mencoba telur gulung yang merupakan salah satu pilihan ide jualan makanan yang laku setiap hari. Jika dulur sering datang ke tempat-tempat seperti sekolah, rata-rata penjual telur gulung menjualnya di sana.

Bahkan, hidangan ini sangat populer karena di dalamnya terdapat bihun dan rasanya sangat enak. Uniknya lagi, telur gulung sangat cocok untuk menunda rasa lapar. Dengan modal yang relatif kecil, dulur sudah bisa membuka bisnis telur gulung ini.

Dalam hal popularitas, telur gulung sangat diminati dan oleh karena itu mudah diakses di pasaran. Selain dijual di pinggir jalan, dulur juga bisa berjualan telur gulung secara online.

Sosis Telur

jualan makanan yang laku setiap hari

Sosis telur merupakan salah satu jajanan yang dijual sehari-hari. Sosis telur yang tidak jauh berbeda dengan telur gulung yang ada saat ini merupakan varian makanan yang menggunakan telur dan sosis sebagai bahan dasarnya. Setelah itu dapat ditambahkan variasi rasa lainnya sesuai dengan keinginan calon konsumen.

Varian rasa yang paling umum adalah saus pedas dengan saus kecap. dulur juga bisa menambahkan variasi rasa lainnya seperti balado pedas, jagung bakar, keju, super pedas, dll. Pada umumnya pasar utama sosis telur ini adalah anak-anak.

Keripik Singkong

Bicara soal jajanan, keripik singkong merupakan salah satu jajanan terpopuler di Indonesia. Makanan yang menggunakan singkong atau ubi jalar sudah ada sejak lama, sehingga dulur tidak perlu memperkenalkannya kepada calon konsumen. Maka tak heran jika keripik singkong masuk dalam daftar jajanan untuk harian.

Bisa dibuat dengan penambahan bumbu sesuai selera pasar untuk menarik calon konsumen. Contohnya seperti balado, keju, bubuk cabai dan lainnya. Keragaman rasa memungkinkan konsumen keripik singkong terus bertambah. Dari segi penjualan pun lebih mudah karena bisa dilakukan secara online dan offline.

Batagor

ide jualan makanan yang laku setiap hari di sekolah

Batagor juga masuk ke dalam daftar ide jualan makanan yang laku setiap hari di sekolah. Batagor adalah singkatan dari Baso Tahu Goreng, bukan makanan yang dikukus. Tak heran jika Batagor memiliki penggemar tersendiri dengan bumbu kacangnya yang khas.

Jualan Batagor kini tidak jauh berbeda dengan siomay karena bisa dilakukan melalui sistem online. Dengan begitu, dulur tidak perlu membawa gerobak atau menyewa kios khusus untuk menjual Batagor.

Siomay

Makanan yang satu ini sudah sangat familiar di telinga masyarakat Indonesia. Siomay merupakan salah satu jajanan yang dijual setiap hari karena rasanya yang enak dan harganya yang murah. Apalagi pembuatannya relatif mudah, sehingga tidak memakan banyak waktu.

Seiring berjalannya waktu, jenis siomay juga semakin beragam. Dari isi telur puyuh, tahu, daging, kentang  dan masih banyak lagi. Sekarang sudah banyak orang yang mejadikan siomya sebagai ide jualan online makanan yang laku setiap hari. Sehingga tidak perlu menggunakan gerobak lagi dan jadi lebih mudah dari sebelumnya.

Gorengan

Sajian yang satu ini merupakan makanan khas Indonesia. Olahan gorengan sangat beragam dan dijual dengan harga yang terjangkau. Gorengan tidak hanya digunakan sebagai cemilan, tetapi juga sebagai lauk pauk dengan rasa gurih, seperti tahu isi sayur atau tempe goreng.

Menjual gorengan adalah ide jualan makanan dengan modal 20 ribu. Pasalnya, makanan ini sudah menjadi camilan yang sangat umum. Menjual gorengan berbeda dengan produk lainnya. Pembeli datang asalkan gorengan rasanya enak.

Selain berjualan sendiri, dulur juga bisa membuat gorengan dan mengantarnya ke warung-warung setiap pagi. Pembeli biasanya adalah orang-orang yang pergi bekerja tanpa sarapan. Gorengan juga bisa dijadikan bisnis kuliner yang bisa diandalkan setiap hari.

Seblak

Camilan ini telah mendapatkan popularitas dalam beberapa tahun terakhir. Seblak adalah makanan dari Bandung, kota kembang. Seblak dapat memberi perasaan kenyang untuk waktu yang lama. Seblak menggunakan kerupuk mentah yang direbus dengan sayuran, bumbu asin dan sambal.

Karena bahan dasarnya sangat murah, satu porsi Seblak juga dijual dengan harga Rp. 7.000-Rp. 15.000., jadi sangat populer. dulur bisa menambahkan tulang atau ceker ayam untuk nilai tambah. Tak hanya lebih bergizi, dengan lauk pauk, Seblak juga cocok untuk porsi makanan kategori kesehatan. Bahan seblak tidak mudah rusak dan bisa disimpan di lemari es.

Mie Ayam

Bukan hanya bakso yang populer di dunia kuliner, tapi juga mie ayam. Dulur tetap bisa menjual mie ayam tanpa bakso. Mie ayam berbahan dasar mie, dengan saus dan kecap, serta ayam potong dadu, yang mudah didapat di pasaran.

Mie ayam biasanya dijual dari siang hingga malam hari. Cara jualan makanan yang laris di kampung ini biasanya dengan berkeliling menggunakan gerobak. Sisanya akan dijual di toko-toko pribadi untuk menyediakan tempat makan.

Bubur Ayam

Jika dulur tidak punya banyak waktu untuk berjualan makanan seharian, cobalah berjualan bubur ayam. Ide jualan makanan online yang laku setiap hari ini biasanya hanya tersedia untuk sarapan atau makan malam. Bubur ayam menjadi favorit para orang tua yang memiliki anak kecil.

  19 Usaha Makanan Ringan Serba 5000 Terlaris 2022

Membuat bubur ayam juga cukup mudah. dulur hanya perlu menyiapkan bubur dalam keadaan panas saat bubur belum matang sepenuhnya. Lauk pauk seperti kuah, ayam, kerupuk dan kacang hanya perlu ditaruh di toples atau botol agar tidak memakan tempat penjualan.

Nasi Uduk

Nasi uduk juga termasuk ke dalam ide jualan makanan yang laku setiap hari. Nasi uduk bisa dijual pada waktu-waktu tertentu dan tidak perlu dijual setiap hari. Biasanya nasi uduk paling laris jika dijual di pagi hari. Dulur juga tidak harus menyediakan tempat makan untuk pembeli.

Modal untuk menjual nasi uduk juga tidak besar. Jika dulur ingin menjual dalam skala kecil, modal yang diperlukan tidak sampai Rp 500.000,00. Mungkin melelahkan untuk memasak lauk sebelum fajar, tetapi dulur dapat melakukan bisnis ini sendiri, tanpa staf.

Untuk kepopulerannya, nasi uduk sudah tidak perlu diragukan lagi. Makanan ini selalu banyak diminati baik oleh pekerja maupun pelajar. Dulur bisa menambahkan nilai tambah pada nasi uduk dengan menambahkan bahan makanan lain seperti balado telur rebus dan gorengan.

Nasi Padang

Dulur juga bisa memulai bisnis kuliner nasi padang. Banyak sekali tutorial cara memasak makanan khas Sumatera ini dan bisa dipelajari sendiri. Namun, sulit untuk melakukan bisnis ini sendirian. Pasalnya, menu masakan Padang sangat beragam.

Selain rendang paling populer, ada juga lauk lainnya seperti ayam bakar, ikan, dan jeroan sapi. dulur juga harus menyiapkan sup sayur padang pedas. Dulur mungkin membutuhkan bantuan orang lain saat memasak karena akan merasa kesulitan jika menjalankan usaha ini sendirian.

Ayam geprek

Ayam geprek adalah lauk yang sangat populer akhir-akhir ini. Awalnya, makanan ini hanya dijual di wilayah Jawa. Namun, daerah lain kini mulai mengikuti tren tersebut. Ayam geprek juga termasuk bisnis franchise yang menggiurkan.

Variasi ayam gefrek yang populer adalah memasak ayam seperti ayam tepung terigu di restoran cepat saji. Tepung sudah dibumbui, jadi tidak perlu khawatir dengan bumbu khusus. Yang dulur butuhkan adalah menyiapkan sambal.

PO atau sistem pesan dapat diterapkan untuk memastikan permintaan tinggi dan nol residu. Jadi hanya memasak Ayam Geprek sesuai pesanan. Jika memiliki modal yang cukup, dulur bisa menjual Ayam Geprek tanpa PO dan menjualnya memakai gerobak atau menyewa tempat.

Tips Bisnis Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari

Bisnis kuliner sebenarnya sangat luas dan beragam. Persaingan tidak mudah, tetapi potensinya sangat besar. Jika dapat memenuhi kebutuhan pasar, maka akan lebih mudah untuk menjualnya. Menjalankan bisnis jajanan tidak pernah mudah. Alasannya adalah bahwa produk yang dibuat untuk memenuhi selera konsumen yang berbeda harus disesuaikan.

Namun, mengembangkan strategi yang tepat dapat membantu dulur untuk menjangkau pembeli potensial dan setia. Untuk menjadi sukses dalam bisnis penjualan makanan, dulur perlu menyusun strategi bahkan sebelum memulai. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dan diterapkan:

Melakukan Riset

Dulur harus melakukan riset sebelum membuat keputusan penting dalam bisnis makanan. Metode investigasi yang sederhana adalah dengan meneliti subjek investigasi. Misalnya, saat menentukan harga makanan, pastikan kisarannya tidak terlalu murah atau terlalu mahal.

Riset harus dilakukan tidak hanya saat memulai bisnis, tetapi saat ingin berinovasi atau meningkatkan sesuatu yang belum optimal. Sebagai hasil dari penelitian ini, dulur bisa mendapatkan data yang akurat dan mengambil tindakan yang tepat.

Mematangkan Konsep

Makanan apa yang akan dulur jual? Konsep bisnis seperti apa yang menurut dulur dapat menghasilkan penjualan besar setiap hari? Hal-hal ini harus dimatangkan sejak awal. Tujuannya agar bisnis jualan makanan lebih optimal dan menguntungkan.

Hal ini juga memudahkan untuk memutuskan langkah selanjutnya yang harus diambil. Misalnya, dulur bisa menjual makanan berupa jajanan pasar. Cara penjualannya adalah dengan menyimpan makanan di gudang jajanan. Konsep seperti ini lebih mudah digunakan karena tidak perlu menyiapkan tempat untuk berjualan. Namun, juga harus rela berbagi keuntungan dengan pemilik tempat tersebut.

Memilih Lokasi Jualan yang Tepat

Salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan jika dulur ingin meningkatkan potensi jualan makanan adalah lokasi. Dulur perlu memilih lokasi yang strategis untuk memengaruhi hasil penjualan. Ciri khas lokasinya yang strategis adalah mudah dijangkau dan berada di pusat keramaian.

Namun, mengamankan posisi penjualan yang strategis tidaklah mudah. Dulur perlu memiliki anggaran yang cukup untuk ini. Jangan lupa untuk melakukan survey terlebih dahulu agar dapat menentukan lokasi dengan lebih akurat dan sesuai dengan kebutuhan dulur saar ini.

  13 Makanan yang Banyak Diminati Anak Muda 2022

Membuat Rencana Bisinis

Bahkan bisnis sederhana, seperti menjual makanan, memerlukan rencana bisnis yang terperinci. Rencana bisnis berisi informasi tentang bisnis yang akan dijalankan. Mulai dari potensi bisnis dan hambatan yang akan dihadapi. Dulur juga dapat mengembangkan strategi bisnis dari rencana bisnis.

Dalam rencana bisnis untuk menjual makanan, dulur dapat memutuskan bagaimana dulur perlu memastikan bahwa produk dulur terjual setiap hari. Salah satu contohnya adalah menawarkan penawaran promosi kepada pelanggan. Biaya yang perlu dulur persiapkan untuk tujuan ini juga tercantum di sini.

Melakukan Promosi yang Tepat

Rahasia bisnis yang lebih sukses adalah promosi rutin. Demikian juga, jika dulur mencoba jualan makanan yang laku setiap hari, jangan berhenti mempromosikan produk. Jika dulur tidak memiliki anggaran tetap yang baik, dulur dapat memanfaatkan media sosial gratis.

Dulur juga harus mempertimbangkan bagaimana promosi akan dilakukan. Jika ingin menjangkau konsumen di kalangan anak muda, buatlah promosi yang menyenangkan, modern, dan mudah dipahami. Jika menyasar kalangan menengah, promosi yang terlihat elegan dan berkelas tentu merupakan hal yang baik.

Produk Harus Sesuai dengan Target Pasar

Selain strategi penjualan, produk itu sendiri tidak boleh diabaikan. Makanan harus sesuai dengan target pasar yang akan dituju. Kesesuaian ini dapat dilihat dari rasa dan harga. Misalnya, jika ingin menargetkan konsumen pelajar, makanan harus murah.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan peluang penjualan. Sebuah produk yang memenuhi kebutuhan pasar sasaran pasti akan laku lebih banyak. Jadi, di sini kita membutuhkan beberapa data penelitian. Riset membantu dulur mengidentifikasi target pasar dan memahami kebutuhan mereka.

Melakukan Inovasi

Bisnis kuliner menawarkan peluang yang luar biasa. Dengan menjual berbagai macam produk, termasuk makanan ringan, makanan kekinian, makanan restoran, dan makanan khas lokal. Namun, ada banyak orang di industri kuliner atau jajanan, sehingga persaingannya cukup ketat.

Untuk menonjol dari penjual lain, dulur harus rajin berinovasi. Apa bentuknya? Misalnya, selama bulan Ramadhan, dulur bisa menawarkan paket sembako untuk sahur dengan harga tertentu. Dulur juga  bisa menyediakan layanan pengiriman ke konsumen di wilayah tertentu.

Mengelola Operasional Produksi dengan Bijak

Menjual makanan yang dijual sehari-hari tentunya membutuhkan jadwal kegiatan operasional yang padat. Mulai dari pembelian bahan baku hingga memasak dan menjual produk. Bahan makanan dan produk jadi memiliki tanggal kadaluarsa, sehingga pengelola harus mengelolanya dengan bijak.

Tantangan yang dihadapi pemilik usaha adalah menentukan berapa banyak bahan baku yang harus mereka beli. Tidak terlalu banyak juga tidak terlalu sedikit. Pemilik usaha juga perlu memperkirakan berapa banyak produk yang bisa mereka jual per hari agar tidak menumpuk dan terbuang percuma.

Membuat Produk yang Berkualitas

Sebagus apapun strategi pemasaran, tidak akan membuahkan hasil yang optimal jika kualitas hasilnya buruk. Oleh karena itu, kualitas produk harus sangat diperhatikan. Segala sesuatu mulai dari rasa, kebersihan, hingga pengemasan harus menjadi paket lengkap yang layak dibeli konsumen.

Dulur dapat melakukan evaluasi secara bertahap untuk mengevaluasi kualitas produk. Dulur juga harus mencatat umpan balik konsumen sehingga dapat mengetahui apa yang perlu ditingkatkan. Makanan yang memuaskan selera konsumen akan mendapatkan review bagus dan bonus promosi gratis.

Melakukan Pengelolaan Keuangan

Manajemen keuangan sangat penting dalam bisnis apa pun. Selain itu, manajemen yang cermat dari manajemen keuangan bisnis penjualan makanan sangat penting untuk pertumbuhan bisnis. Pengelolaan keuangan menyangkut jumlah dana yang masuk dan keluar sesuai dengan kebutuhan operasional.

Pengelolaan keuangan yang baik tentunya dilandasi dengan pengetahuan yang benar. Jadi, meskipun hanya menjalankan bisnis kecil-kecilan, dulur perlu memahami cara menghitung dan mencatat keuangan bisnis. Dengan begitu, dulur memiliki gambaran yang jelas tentang berapa banyak uang yang dimiliki dan keuntungan yang diterima.

Kesimpulan

Dulur bisa mendapatkan ide untuk jualan makanan yang laku setiap hari dari beberapa rekomendasi kami di atas. Dulur dapat memulai dari yang kecil dan menjualnya kepada orang-orang di sekitar seperti tetangga. Semakin banyak modal yang dimiliki, semakin besar bisnis dapat dikembangkan. Apakah ada bisnis snack  atau jajanan yang ingin dulur coba?

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA