Ide Jualan Makanan Ringan yang Laku Setiap Hari

tukarpikiran.com – Salah satu kebiasaan yang sulit ditinggalkan saat ini adalah ngemil. Dari banyaknya cemilan yang ada saat ini, dulur sekalian bisa menjadikannya sebagai peluang usaha. Bagi yang ingin membuka usaha jualan makanan ringan yang laku setiap hari, dulur bisa menyimak rekomendasinya dari kami kali ini.

Sudah jamak diketahui bahwa dari sekian banyak pilihan bisnis, sektor bisnis jajanan justru yang paling laris. Salah satunya adalah berjualan jajanan yang dijual sehari-hari. Akan tetapi, usaha makanan ringan atau cemilan susah-gampang dibandingkan dengan bisnis lain karena bahannya tidak tahan lama dan cepat rusak.

Jadi, menjalankan bisnis atau jualan makanan ringan yang laku setiap hari bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk dulur dengan modal kecil ingin mendaptkan untung besar. Sebenarnya usaha ini memiliki banyak pilihan, namun jenis makanannya juga bisa disesuaikan berdasarkan faktor lain.

Misalnya target pasar, lokasi usaha, modal yang digunakan, sistem penjualan dan lain-lain. Nah, dari sekian banyak jenis makanan yang tersedia untuk bisnis, jajanan adalah salah satu yang paling laris. Mengapa? Karena lebih praktis, target pasarnya luas, bisa dijual dimana saja, dan modalnya tidak begitu besar.

Ada banyak contoh jualan jajanan yang bisa dulur coba, mulai dari makanan jadul hingga jajanan kekinian. Menjual jajanan yang berpotensi laku setiap hari juga dapat menghasilkan perputaran pendapatan yang lebih cepat. Apalagi jika dulur sudah memiliki pelanggan tetap yang rutin membeli produk dari dulur.

Modal Usaha yang Terjangkau

Modal penjualan snack atau jajanan sangat kecil. Mulai dari Rp 100.000, sudah bisa memulai bisnis snack  seharga seribuan. Pasalnya, kebutuhan yang diperlukan tidak banyak, mulai dari bahan dasar atau bahan pokok, peralatan masak sederhana, bumbu, kemasan (bahan plastik atau kertas murah).

Namun, jenis usaha makanan ringan yang lebih baik juga dapat ditingkatkan dari sisi kemasan dan bahan dasar.nya Khusus untuk pemula, ada baiknya bisa masuk terlebih dulu ke anggaran modal usaha yang tidak memakan biaya jutaan rupiah.

Ide Jualan Makanan Ringan yang Laku Setiap Hari

Dari sekian banyak bisnis yang ada, bisnis kuliner khususnya di sektor makanan ringan sangat diminati. Hal ini dikarenakan harga jual jajanan tidak terlalu mahal, reordering cepat, dan masih banyak masyarakat yang  ingin jajan setiap hari.

Lantas, bisnis jajanan apa yang paling recommended yang masih bisa laku keras di tahun 2022? Dulur bisa melihat daftar ide jualan makanan ringan yang laku setiap hari di bawah ini.

Baso Aci

ide jualan makanan murah untung banyak

Rekomendasi ide jualan makanan murah untung banyak yang pertama adalah baso aci. Camilan ini biasanya dimakan untuk menunda rasa lapar, karena bukan termasuk makanan berat dan biasanya hanya berisi bakso aci, kerupuk, tahu, dan kacang pilus.

Salah satu keuntungan berjualan bakso aci adalah karena cara membuatnya yang praktis, hampir mirip seperti membuat mie instan. Juga mudah dikemas agar mudah dibawa, dan rasanya enak, gurih, pedas, segar, dan membuat ketagihan. Jika ingin menjual bakso aci tidak perlu memproduksi sendiri karena bisa membeli bahan mentahnya dari supplier.

Tapi mungkin akan lebih baik jika memiliki keterampilan untuk membuatnya sendiri. Dulur bisa menjual bakso aci mulai dari Rp. 5.000-Rp. 15.000 per bungkusnya. Karena tidak mudah rusak atau basi, dulur juga bisa berjualan baso aci secara online sehingga lebih mudah menjangkau banyak pelanggan.

Kerupuk Seblak

usaha makanan ringan serba 2000

Pilihan kedua untuk usaha makanan ringan serba 2000 adalah kerupuk seblak. Sebenarnya, dulur bisa memilih jenis kerupuk apa saja, tetapi kerupuk Seblak kini semakin populer karena rasa rempahnya yang unik. Tidak hanya pedas, tapi rasa pedas khas kencur membuatku merasa seperti sedang makan seblak beneran.

  18 Makanan Kekinian 2022 Terlaris dan Lagi Hits

Maka tak heran jika kerupuk ini kerap menjadi incaran para pecinta jajanan pedas. Terlebih karena bisa dimakan dengan makanan berat. Modal untuk membangun bisnis kerupuk seblak ini juga relatif kecil. Karena  hanya membutuhkan bahan utama kerupuk bawang, bumbu, minyak dan plastik klip kemasan.

Dulur juga bisa menjualnya ke marketplace melalui media sosial. Atau juga bisa menyimpan atau menitipkannya di warung makan, kantin sekolah, kampus dan perkantoran. Dulur juga bisa menyiasatinya dengan menjual memakai sistem pre-order untuk menghindari kerugian karena produk tidak laku dijual.

Kulit Ayam Crispy

jualan makanan ringan yang laku setiap hari

Ada juga rekomendasi jualan makanan ringan yang laku setiap hari yaitu kulit ayam crispy. Seperti diketahui, pecinta kulit ayam banyak sekali, sehingga dulur bisa berinovasi menjadikannya sebagai camilan atau snack. Ide berjualan jajanan ini bisa diterapkan dalam skala kecil dengan modal yang tidak terlalu besar.

Itu karena dulur hanya membutuhkan bahan dasar berupa kulit ayam, tepung, bumbu, minyak dan kemasan plastik. Kulit ayam yang krispi tidak hanya bisa dijadikan sebagai camilan, tapi juga sebagai teman makan siang yang lezat. Kulit ayam krispi ini juga sangat bisa dipasarkan di warung-warung.

Ciptakan juga inovasi lainnya seperti menawarkan berbagai varian rasa mulai dari Original, Bumbu Barbekyu, Keju, Pedas hingga Ballado. Harganya berkisar antara 3.000 rupiah hingga 10.000 rupiah per bungkus, tergantung beratnya.

Croffle

Seperti diketahui, jajanan croffle ini sangat digemari pada pertengahan tahun 2021 bahkan hingga saat ini. Kombinasi croissant dan waffle ini bakal jadi snack paling populer di tahun 2021. Maka tidak heran jika banyak pengusaha yang akhirnya memulai bisnis Croffle sebagai ide jualan makanan unik yang laris.

Bayangkan saja kemarin ketika beberapa bisnis Croffle yang terkenal viral, menjadi sangat populer sehingga dulur harus mengantre berjam-jam untuk mendapatkan camilan ini. Nah, di pertengahan tahun ini, dulur bisa mengikuti jejak beberapa merek croffle ternama seperti Dear Butter, Baker Man, dan banyak lagi.

Tidak harus sebesar mereka karena dulur bisa memulainya dengan usaha kecil-kecilan. Jika dulur merasa tidak memiliki banyak pengalaman, dulur dapat memulai bisnis makanan ringan ini dengan mendaftar sebagai Mitra Waralaba Croffle yang tersedia di dekat tempat dulur tinggal.

Telur Gulung

https://img.kurio.network/ozCyciS6-lxpA_tDkpHP5N3CRj0=/1200×900/filters:quality(80)/https://kurio-img.kurioapps.com/18/06/04/80b7dc837ae6cb8d324ff80f70cc5eb4.png

https://img.kurio.network/ozCyciS6-lxpA_tDkpHP5N3CRj0=/1200×900/filters:quality(80)/https://kurio-img.kurioapps.com/18/06/04/80b7dc837ae6cb8d324ff80f70cc5eb4.png

Dulur juga dapat membuat variasi telur gulung sendiri untuk membedakan dan membuatnya unik dari kompetitor lainnya. Dari segi permodalan, ide jualan makanan ringan yang paling laris ini juga relatif sedikit. Satu telur gulung bisa dijual mulai dari Rp 1.000 hingga Rp 3.000 tergantung variannya.

Dulur bisa menggunakan patokan harga pasar untuk menghitung sendiri modal yang diperlukan dan hasil yang akan dulur dapatkan. Sebisa mungkin manage keuntungan secara cermat, agar nantinya usaha telur gulung dulur bisa berkembang, dan syukur-syukur bisa membuka cabang baru.

Tahu Crispy

jualan makanan ringan yang laku setiap hari

Selain telur gulung, ide jualan makanan ringan yang laku setiap hari adalah tahu crispy. Di Indonesia sendiri, tahu telah dianggap sebagai makanan pokok yang tak lekang oleh waktu. Modalnya hampir sama dengan usaha kulit ayam crispy, dan lebih murah. Karena harga tahu di Indonesia tergolong murah.

Inovasi juga diperlukan untuk menjual tahu crispy yang berbeda. Dulur bisa memulai inovasi tahu cripsy berdasarkan isi, rasa, bentuk, dan jenis tahu. Dulur dapat membuat sendiri berdasarkan minat pelanggan yang ada atau target pasar dulur sendiri.

  17 Ide Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari

Aneka Frozen Food

jualan makanan ringan yang laku setiap hari

Ide jualan makanan yang laris di kampung selanjutnya yang bisa dulur coba adalah menjual aneka frozen food. Penggemar jajanan ini juga banyak. Tidak hanya anak-anak tetapi juga orang dewasa. dulur bisa menjual nugget, bakso, sosis, kentang goreng, otak-otak, kornet dan banyak lagi.

Biasanya ketika kita menjual frozen food, kita juga bisa menjual minuman seperti pop es, es krim, dan berbagai minuman lainnya. Bukankah lebih baik minum es untuk mendinginkan tubuh setelah makan camilan? Dulur dapat mempraktikkan ide ini ya.

Keripik Singkong

jualan makanan ringan yang laku setiap hari

Siapa yang belum kenal dengan snack keripik singkong? Pasalnya sudah banyak brand besar yang menawarkan produk keripik singkong terbaik, seperti keripik sinkong merk Kusuka.

Jika dulur tertarik untuk jualan makanan dengan modal 20 ribu ini, dulur bisa mengolah keripik singkong dengan berbagai rasa. Mulai dari rasa balado, gurih bahkan manis dan pedas. Konsumen tidak akan bosan, apalagi jika ada kriuknya yang renyah dan tidak keras saat digigit.

Jajanan Pasar

jualan makanan ringan yang laku setiap hari

Jika dulur menemukan banyak penjaja gorengan di sekitar, dulur dapat menjalankan jajanan pasar jika ingin mencoba sesuatu yang berbeda. Ada banyak jenis jajanan pasar saat ini yang cocok untuk orang Indonesia. Jadi walaupun hanya dijual di teras samping rumah dan dijual pagi hari, kemungkinan akan tetap laku.

Bisa dibayangkan betapa antusiasnya pembeli saat membeli jajanan pasar? Sangat ramai dan sangat jarang membeli satu atau dua biji saja. Dulur bisa menjadikannya sebagai usaha makanan ringan serba 1000 nantinya. Semoga dagangan dulur bisa terjual dengan baik setiap hari.

Siomay

jualan makanan ringan yang laku setiap hari

Tertarik menjual jajanan yang sehat? Dulur bisa menjual siomay. Pasalnya, di antara sekian banyak jenis jajanan, siomay termasuk jajanan sehat. Ada sayuran, telur, tahu, daging bahkan kentang. Tidak membosankan dan enak. Tetapi, harganya bisa sedikit lebih mahal daripada beberapa ide penjualan yang disebutkan di atas.

Seblak

Pada umumnya bisnis kuliner bersifat musiman. Namun, seblak tidak mengenal musim sebagai camilan. Pasalnya meski sudah cukup populer beberapa tahun belakangan ini, seblak masih menjadi camilan primadona.

Rasa asin dan pedas dari sevlark sangat unik. Namun demikian, Anda bisa berkreasi dengan bumbu dan isian yang digunakan. Hal ini dikarenakan ada sevlac yang kuat dari segi bumbu, namun ada juga seblag yang kuat dari segi isi. Tapi jika Anda bisa kuat di kedua sisi, tentu akan terasa lebih enak!

Martabak

Di beberapa film, martabak sering dijadikan syarat untuk ngapel pacar. Tapi kali ini dulur bisa membuat martabak sebagai ide jualan makanan ringan yang laku setiap hari karena peluangnya masih terbuka lebar. Apalagi jika dulur punya resep pribadi yang bisa diandalkan untuk memikat calon konsumen ke depannya.

Dulur tidak perlu menyewa tempat untuk berjualan. Cukup jual dari rumah dan via online seperti WhatsApp Marketing atau pasang di grabfood dan gofood. Cukup menarik, bukan?

Pempek

Meskipun ada banyak pesaing jika dulur menjual pempek, tetapi dulur tidak usah khawatir. Pasalnya, menurut survei yang sudah kami lakukan, banyak konsumen yang merasa kurang puas, lantaran tidak sesuai dengan ekspektasi. Dalam artian, pempek yang ada kebanyakan masih jauh dari rasa asli Pempek Palembang.

Jika dulur ingin menjual Pempek Palembang, cobalah membuat rasa Pempek yang sangat mirip dengan aslinya. Jangan pelit dengan bumbu atau bahan olahan lainnya. Kalaupun harganya sedikit lebih tinggi, tidak masalah karena pelanggan yang tahu kualitas rasa akan selalu memesan lagi nanti.

  13 Makanan yang Banyak Diminati Anak Muda 2022

Sate

Camilan ini sering dijadikan sebagai lauk saat makan nasi. Jadi jangan heran jika menjual sate, dulur memiliki peluang yang cukup bagus untuk menjualnya setiap hari. Apalagi jika lokasi dulur berada di kawasan strategis, seperti kampus, kantor, atau kawasan perkotaan.

Ada banyak jenis sate yang membuat pelanggan tidak pernah bosan selain rasanya enak. Dulur bisa menjual sate ayam, sate kambing, sate sapi atau sate lainnya. Pastikan pelanggan tidak kecewa dengan memilih bahan yang masih segar dan berkualitas baik.

Roti Bakar

Ide jualan makanan ringan yang laku setiap hari terakhir dari kami adalah roti bakar. Banyak orang Indonesia yang suka menikmati camilan roti bakar di sore atau malam hari. Jadi dulur bisa mengambil kesempatan kali ini dan mengolahnya menjadi peluang bisnis yang cuan terus.

Jika dulur memiliki modal Rp 3.000.000 atau lebih, dulur dapat membeli gerobak untuk penjualan offline. Namun, mengingat penjualan online sekarang peluangnya besar, tidak ada salahnya jika dulur juga berjualan secara online.

Tips Menjalankan Usaha Jualan Makanan Ringan

  • Tentukan produk snack mana yang banyak diminati dan banyak diminati.
  • Membuat makanan dengan bahan-bahan berkualitas, kemasan menarik sesuai dengan target pasar.
  • Mulailah berjualan dari orang terdekat Anda atau dari mulut ke mulut.
  • Berteman dengan sesama pebisnis.
  • Ulet dan sabar dalam menjalankan usaha.
  • Manfaatkan media sosial dan buat akun marketplace.
  • Menerapkan strategi pemasaran out-of-the-box
  • Kenali pesaing dan temukan kelemahan dan kekuatan mereka.
  • Teruslah berinovasi dan maksimalkan kreativitas.
  • Pelajari manajemen keuangan yang baik.

Bekerjasama dengan jenis usaha lain yang terkait, misalnya bekerja sama dengan penjual bakso saat menjalankan usaha kerupuk, atau bekerja sama dengan usaha kopi saat menjalankan usaha croffle.

Nah, jika sudah yakin untukmemulai bisnis di tahun 2022, itulah tadi beberapa rekomendasi atau ide jualan jajanan yang laris manis setiap hari. Dulur bisa memulai dengan ide jualan 1000an seperti jajanan pasar, ataupun produk lainnya.

Dulur tidak perlu terpaku pada ide penjualan di atas karena bisa memulai bisnis snack sendiri. Misalnya membuat jenis jajanan yang sebelumnya tidak ada. Untuk menunjang usaha jajanan, dulur juga perlu mencari berbagai kebutuhan yang murah dan memudahkan proses produksi.

Mulai dari peralatan masak, pengemasan, dan lainnya. Lihat apakah dulur bisa mendapatkan persyaratan ini dengan harga yang terjangkau. Selain 15 ide jualan jajanan terlaris di pasaran yang telah kami sebutkan, tentunya masih banyak lagi ide yang bisa dulur gali atau coba.

Intinya, dulur hanya perlu melihat-lihat dan mengolahnya dengan sesuatu yang lebih berharga. Jadi meskipun dulur dan pesaing dulur sama-sama menjual sate misalnya, dulur bisa menawarkan nilai lebih dalam hal kuah kacang atau kualitas daging yang lebih lembut.

Jelas, pelanggan akan lebih memilih untuk membeli sate yang dulur jual daripada membeli sate dari pesaing dulur. Ambil kesempatan dengan bijak dan jangan takut kalau ingin memulai jualan makanan, oke!

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA