Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Mudah

tuakrpikiran.com – Untuk menjalani hidup bahagia dan damai dengan kebebasan finansial, sangat penting untuk mengelola keuangan keluarga dengan baik. Oleh demikian, ada baiknya jika mengetahui cara mengatur keuangan rumah tangga.

Kegagalan mengelola pengeluaran atau menyetujui keputusan keuangan dapat menyebabkan pasangan bertengkar tanpa akhir. Untuk melewati banyak keputusan keuangan yang ada dalam kehidupan pernikahan, Anda perlu mengoordinasikan penganggaran dan perencanaan keuangan dengan semua anggota keluarga dan menjaga dialog terbuka tentang keuangan keluarga.

Penganggaran adalah bisnis terkenal bagi banyak keluarga karena mereka percaya bahwa semua kegiatan ekstra mereka akan dihilangkan jika itu adalah anggaran mereka. Konsep penganggaran adalah tentang mengelola pengeluaran rumah Anda dalam batas-batas keuangan Anda.

Tujuan keuangan pribadi untuk semua orang adalah membelanjakan lebih sedikit daripada yang Anda peroleh untuk kehidupan bebas hutang sambil menabung untuk menghadapi keadaan darurat yang mengarah pada gaya hidup yang lebih sehat.

Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Berikut beberapa tips bagaimana mengelola keuangan rumah tangga atau keluarga yang akan membantu mengurangi tekanan finansial Anda. Dengan menerapkan tips mudah ini, Anda berkesempatan untuk mengubah gaya hidup dengan melakukan transformasi positif pada kondisi keuangan Anda.

Koordinasi Urusan Keluarga

Bicaralah secara terbuka tentang keuangan Anda. Meskipun ini penting sepanjang hidup, sangatlah penting untuk membangun kejujuran finansial sebelum menikah.

Jika salah satu pasangan memiliki riwayat kredit yang buruk atau hutang besar yang tidak dilunasi sebelum menikah, ini dapat menyebabkan kebencian dan masalah di masa depan.

Sebelum menikah, Anda harus bertemu dengan pasangan Anda dan mendiskusikan situasi keuangan mereka saat ini, termasuk berapa banyak yang mereka peroleh, ke mana perginya uang itu, riwayat kredit mereka, dan hutang besar yang mereka miliki. Ini menentukan nada keterbukaan finansial selama sisa hidup Anda bersama

Bertemu secara teratur untuk membicarakan uang. Tetapkan waktu dalam sebulan untuk bertemu secara khusus untuk membahas keuangan Anda. Pertemuan ini mungkin bertepatan dengan kedatangan laporan bank bulanan Anda atau tanggal jatuh tempo tagihan bulanan.

Bagaimanapun, gunakan waktu Anda pada pertemuan ini untuk menilai pengeluaran bulan sebelumnya, menentukan kemajuan Anda menuju tujuan jangka panjang, dan menyarankan perubahan besar atau pembelian yang ingin Anda lakukan.

Hanya dengan membicarakan uang secara teratur, Anda dapat membuat hal ini menjadi pengalaman yang santai dan bermanfaat. Dan nantinya, bisa meminimalisir masalah yang timbul dari cara mengatur keuangan rumah tangga yang kurang tepat.

Jangan menjadikan satu orang sebagai satu-satunya pengelola uang keluarga. Banyak keluarga memilih untuk mengizinkan satu orang bertanggung jawab atas semua keuangan keluarga.Namun, hal ini menempatkan beban yang tidak perlu pada orang tersebut dan mengakibatkan orang lain tidak mengetahui kondisi keuangan keluarga saat ini.

Selain itu, jika orang ini pergi karena kematian atau perceraian, orang lain sama sekali tidak tahu bagaimana mengelola atau bahkan mengakses keuangan keluarga. Selesaikan masalah ini dengan membagi tugas antara Anda berdua atau dengan mengelola keuangan dalam bulan-bulan yang bergantian.

Anda dan pasangan Anda harus menghadiri pertemuan apa pun dengan profesional keuangan, seperti pertemuan dengan petugas pinjaman atau penasihat investasi

Putuskan untuk menyiapkan akun. Keluarga memiliki opsi untuk membuat akun bersama. Beberapa memilih untuk menjaga semuanya tetap bersama sementara yang lain sering memisahkan keuangan mereka. Minimal, Anda harus memiliki rekening bersama untuk membayar biaya rumah dan membayar hipotek Anda.

Pada akhir bulan, Anda dapat membagi pengeluaran ini menjadi dua dan setiap transfer dengan jumlah uang yang sama di rekening tersebut untuk membayar pengeluaran tersebut. Memiliki akun terpisah dapat mencegah pertengkaran yang mungkin timbul dari kebiasaan belanja seseorang.

Pastikan untuk menetapkan batasan berapa banyak uang yang dapat Anda belanjakan setiap bulan sehingga satu orang tidak menghabiskan semua uang keluarga.

Membangun kredit individu. Meskipun keuangan Anda akan dikonsolidasikan, tetap penting bagi Anda masing-masing untuk memiliki skor kredit yang kuat. Melakukan hal itu akan memastikan tidak hanya saldo Anda akan baik-baik saja saat mengajukan kredit secara bersama-sama, tetapi juga bahwa riwayat kredit Anda akan tetap sama seperti dalam kasus perpecahan. Salah satu cara sederhana untuk mengelolanya adalah dengan memiliki kartu kredit terpisah, yang masing-masing dibuat atas nama pasangan yang menggunakannya.

Menggunakan Anggaran

Pilih format anggaran. Sebelum membuat anggaran, Anda perlu memutuskan bagaimana mempertahankan anggaran itu. Meskipun banyak orang dapat melakukannya hanya dengan notepad dan pulpen, yang lain merasa lebih mudah untuk melacak pengeluaran mereka dengan spreadsheet atau program keuangan.

Ada sejumlah platform perangkat lunak gratis yang tersedia secara online yang dapat Anda gunakan untuk membuat dan melacak anggaran. Misalnya, program seperti Mint.com dan Manilla menawarkan layanan anggaran gratis. Jika Anda menginginkan program keuangan layanan lengkap, coba Quicken atau Microsoft Money.

Evaluasi kebiasaan belanja Anda saat ini. Selama sebulan, tulis catatan setiap kali Anda membelanjakan uang tunai, bahkan untuk jumlah yang sangat kecil. Catat berapa banyak yang dibelanjakan dan untuk apa Anda membayar. Di akhir bulan, duduklah bersama pasangan Anda dan kumpulkan semua pengeluaran Anda.

Tambahkan pengeluaran besar untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang ke mana perginya uang keluarga bulan itu. Bagilah pengeluaran berdasarkan kategori (rumah, mobil, makanan, dll.) Jika memungkinkan. Kemudian bandingkan jumlah itu dengan penghasilan gabungan Anda setelah pajak. Ini adalah titik awal untuk menetapkan anggaran.

Mungkin juga berguna untuk bekerja dengan laporan bank Anda untuk memastikan Anda tidak melewatkan pembayaran berulang atau pembelian online saat menghitung total pengeluaran Anda.

Bergabunglah untuk membuat anggaran. Lihatlah kebiasaan pengeluaran Anda yang terkumpul. Apakah Anda punya kelebihan? Atau apakah Anda membelanjakan lebih dari yang Anda peroleh? Kerjakan dari sini untuk mengidentifikasi area yang dapat Anda potong kembali, jika perlu.

Jika memungkinkan, cobalah mengeluarkan uang yang bisa disimpan di tabungan atau dana pensiun. Tetapkan batasan pengeluaran untuk kategori tertentu, seperti makanan dan hiburan, dan cobalah untuk mematuhinya dari waktu ke waktu.

Selalu ingat untuk menyisakan ruang dalam anggaran bulanan Anda untuk pengeluaran tak terduga, seperti tagihan medis kecil atau perbaikan mobil.

Berusahalah untuk meningkatkan dan mengubah anggaran Anda sesuai kebutuhan. Kembali ke anggaran Anda secara teratur untuk menghilangkan pengeluaran yang tidak perlu atau untuk menyesuaikan jumlah yang dianggarkan sesuai kebutuhan.

Misalnya, memiliki bayi dapat sepenuhnya merestrukturisasi anggaran Anda. Namun, selalu cari area di mana Anda dapat memangkas biaya dan menghemat lebih banyak. Anda akan menemukan bahwa Anda bisa sama bahagia sambil membelanjakan jauh lebih sedikit daripada yang Anda lakukan saat ini.

Menabung Untuk Tujuan Hidup

Tentukan tujuan jangka panjang bersama. Lakukan percakapan terbuka tentang tujuan tabungan Anda, termasuk tabungan untuk rumah, pensiun, dan pembelian besar lainnya seperti mobil atau perahu. Pastikan Anda setuju bahwa pembelian atau pengeluaran yang terlibat layak untuk disimpan dan Anda setuju dengan jumlah yang diminta. Ini akan membantu mengoordinasikan upaya tabungan dan investasi.

Buat dana darurat. Setiap keluarga harus berusaha untuk menyimpan JHT darurat ketika keadaan memburuk. Siapa yang tahu kapan salah satu dari Anda mungkin kehilangan pekerjaan atau menghadapi masalah medis yang tidak terduga? Dana darurat dapat membantu Anda menghindari hutang di masa depan dan memberikan keamanan dan fleksibilitas finansial.

Kebijaksanaan konvensional adalah menyimpan gaji tiga sampai enam bulan di rekening tabungan; Namun, ini akan lebih dari cukup untuk beberapa keluarga dan tidak cukup untuk yang lain. Untungnya, ada banyak kalkulator keuangan online yang dapat Anda gunakan untuk menghitung secara kasar berapa banyak yang perlu Anda hemat untuk menutupi pengeluaran Anda.

Coba cari kalkulator dana darurat menggunakan mesin pencari.
Ada juga aplikasi, HelloWallet, yang menawarkan jenis kalkulator ini.

Kurangi hutang Anda. Tujuan pertama Anda adalah melunasi hutang Anda saat ini. Hanya dengan melunasi pinjaman pelajar, pinjaman mobil, dan hutang lainnya, Anda dapat memenuhi syarat untuk mendapatkan lebih banyak kredit sebagai pasangan dan melanjutkan menabung untuk tujuan lain.

Untuk menghilangkan hutang, bekerja sama untuk membayar lebih dari pembayaran minimum per pinjaman (selama tidak ada penalti untuk pembayaran di muka). Bekerja samalah dengan pasangan Anda untuk membuat rencana dan jadwal untuk membayar hutang Anda. Jika perlu, buat salah satu dari Anda bertanggung jawab untuk memastikan pembayaran utang Anda dilakukan setiap bulan.

Menabung untuk masa pensiun. Pasangan harus mulai merencanakan pensiun sesegera mungkin. Hal ini karena sebagai akibat dari bunga majemuk, uang yang dimasukkan ke dalam dana pensiun pada usia muda akan menghasilkan lebih banyak bunga selama masa hidupnya daripada jumlah yang sama yang dimasukkan di kemudian hari.

Pastikan Anda melakukan segala upaya untuk meningkatkan tabungan pensiun Anda, termasuk berusaha untuk memaksimalkan kecocokan 401 (k) majikan (jika ada), melebihi batas IRS untuk tabungan 401 (k), dan meningkatkan jumlah tabungan pensiun Anda Secara teratur jika Anda bisa anggaran.

Anda harus menabung untuk masa pensiun sebelum menginvestasikan uang tersebut dalam dana pendidikan untuk anak-anak Anda. Ini karena akan selalu ada beasiswa dan hibah yang tersedia untuk pendidikan, tetapi tidak untuk masa pensiun Anda.

Jika Anda tidak memiliki portofolio pensiun yang dikumpulkan, pastikan untuk mengoordinasikan profil risiko dan alokasi aset.

Rencana biaya pendidikan. Jika Anda berencana mendanai sebagian atau seluruh pendidikan tinggi anak Anda, yang terbaik adalah mulai menabung sejak dini. Mulailah dengan menyelidiki opsi seperti rencana tabungan 529, yang memiliki keuntungan pajak khusus bagi siswa. Bicaralah dengan penasihat keuangan untuk mengetahui lebih lanjut dan mulai menabung hari ini. Jika Anda tidak punya banyak waktu sebelum anak Anda berangkat ke sekolah, carilah pinjaman dan hibah pemerintah, serta pilihan Anda untuk mendapatkan bantuan siswa federal.

Tetap di Jalur Kesederhanaan

Jangan melakukan pembelian besar tanpa mendiskusikannya terlebih dahulu. Tetapkan batas uang tunai untuk apa yang termasuk dalam pembelian “besar”. Jelas, ini akan berbeda antar keluarga, tetapi yang penting adalah Anda memiliki ambang tertentu.

Untuk setiap pembelian yang melebihi batas ini, putuskan bahwa pasangan yang melakukan pembelian harus mendapatkan persetujuan dari pihak lain sebelum melanjutkannya. Jika salah satu dari Anda melanggar aturan ini, pastikan untuk segera memberi tahu yang lain. Menjaga pengeluaran besar pribadi hanyalah permintaan untuk masalah.

Hindari mengambil hutang yang tidak perlu. Jaga satu sama lain di jalur yang benar dengan menghindari hutang untuk pembelian berukuran sedang seperti furnitur atau perhiasan. Rencanakan pembelian ini sebelumnya dengan pasangan Anda sehingga dia dapat menggabungkan sumber daya Anda dan menanggung seluruh jumlah pembelian.

Ini akan menghemat uang Anda untuk pembayaran bunga dalam jangka panjang. Plus, selalu tanyakan satu sama lain tentang hutang kartu kredit. Mungkin demi kepentingan terbaik Anda membantu istri Anda membayar dengan kartu kreditnya jika Anda tidak dapat membayar; Kegagalan melakukan pembayaran bulanan akan merugikan kredit yang dikumpulkan, yang akan Anda perlukan jika Anda mengajukan pinjaman besar seperti hipotek.

Gunakan program untuk memantau keuangan Anda. Dengan semua perangkat lunak penganggaran dan perencanaan keuangan yang tersedia saat ini, sangatlah bodoh untuk tidak memanfaatkan alat yang berguna ini.

Sebagai permulaan, coba lacak anggaran bulanan Anda di spreadsheet bersama seperti yang tersedia di Google Drive. Jenis dokumen ini memungkinkan Anda berdua mengakses dan mengganti kertas sesuai kebutuhan. Untuk menyiapkan anggaran, tersedia aplikasi seperti HomeBudget atau Mint, yang merangkum anggaran dan aset keluarga dalam antarmuka pengguna yang sederhana.

Ada juga aplikasi pelacakan stok, seperti FileThis.
Cobalah beberapa aplikasi ini dan putuskan mana yang cocok untuk Anda. Kebanyakan dari mereka gratis atau murah untuk digunakan, atau setidaknya menawarkan masa percobaan.

Mulai Perencanaan Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Anda harus memiliki rencana keuangan yang membantu Anda mengelola keuangan keluarga. Perencanaan keuangan mencakup berbagai tahapan. Tahap pertama adalah menentukan bagaimana mengontrol anggaran Anda dan kemudian membuat rencana pengeluaran yang mencakup melunasi hutang dan menyediakan dana darurat.

Pada titik ini, Anda perlu memprioritaskan hal-hal yang akan membantu Anda mencapai tujuan jangka panjang dalam hal apa yang paling penting bagi Anda. Ingatlah tiga poin berikut ini untuk mengelola keuangan keluarga dengan lebih baik.

Anggaran adalah kunci sukses.
Teruslah berkontribusi untuk tujuan jangka panjang Anda.
Mempersiapkan dana darurat.

Buat Anggaran Untuk Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Menetapkan anggaran yang realistis akan membantu Anda untuk tidak repot meminjam atau mendapatkan pinjaman dan mengelola keuangan keluarga Anda dengan lebih baik. Pastikan Anda hanya membelanjakan untuk hal-hal yang benar-benar penting. Jangan menghabiskan uang tanpa tujuan hanya untuk dibelanjakan.

Untuk membuat anggaran, Anda harus terlebih dahulu membuat daftar semua metode perolehan pendapatan. Ini termasuk gaji, sewa, investasi, dan pengeluaran lainnya. Anda sekarang perlu membuat daftar pengeluaran terpisah termasuk sewa, tagihan, asuransi, dan biaya.

Dengan cara ini Anda akan mendapatkan ide yang lebih baik tentang bagaimana menciptakan keseimbangan antara pendapatan dan pengeluaran. Penting bagi Anda untuk membelanjakan secara bijak dengan melacak pengeluaran Anda.

Penghindaran Biaya Bank

Penting untuk memastikan bahwa Anda membelanjakan sesuai dengan pengeluaran atau sarana Anda. Cobalah untuk menghindari cerukan bank karena pada akhirnya harganya lebih mahal dan pada akhirnya dapat mengikis pendapatan Anda di masa depan.

Sekarang Anda perlu berpikir berbeda, jika Anda menghadapi banyak cerukan, pastikan untuk menentukan berapa banyak yang Anda keluarkan. Penerapan teknologi ini memungkinkan Anda untuk mengatur keuangan keluarga dengan cara menabung

Selalu Bersiap

Saat mengerjakan tabungan, Anda juga perlu mempersiapkan diri untuk skenario terburuk. Jangan pernah berpikir bahwa uang jaminan akan menyelamatkan Anda di masa depan. Anda perlu menghemat lebih banyak dari pengeluaran Anda untuk menghadapi skenario terburuk.

Pikirkan apa yang akan Anda lakukan jika jumlah pemilih terburuk terjadi? Pastikan Anda siap dengan tabungan yang cukup untuk menangani skenario seperti itu dengan cara yang efektif.

Prioritaskan Hutang

Apakah Anda membelanjakan lebih dari yang Anda peroleh? Jika ya, maka Anda harus memenuhi pilihan pengeluaran Anda dengan meminjam dari kerabat, teman atau lembaga keuangan Anda. Jangan jadikan ini kebiasaan.

Anda perlu memprioritaskan hutang Anda dan mencoba memastikan bahwa mereka dibayar secepat mungkin. Karena utang memiliki tingkat bunga yang lebih tinggi, ini akan menciptakan situasi yang sangat kompleks untuk Anda atasi. Anda hanya dapat menyingkirkan situasi seperti itu dengan membelanjakan sesuai penghasilan Anda.

Kesimpulan

Dengan mempraktikkan strategi-strategi di atas, semoga nantinya akan membantu Anda mengatur keuangan rumah tangga atau keluarga sesuai dengan batas anggaran Anda secara efisien.

Meskipun mencatat pengeluaran keluarga Anda bisa membosankan, itu pasti akan memberi Anda imbalan yang layak. Pastikan Anda mengevaluasi anggaran dan pengeluaran Anda agar dapat mengelola keuangan keluarga secara terorganisir dengan baik.

error: This content is protected by DMCA