Sepuluh Rekomendasi Monitor LCD Terbaik

Monitor LCD adalah perangkat untuk menampilkan gambar yang biasanya dihubungkan ke komputer. Ada banyak merek berkualitas tinggi dan harga murah di pasaran seperti ASUS, AOC dan LG. Namun, setiap produk memiliki fitur yang berbeda-beda sehingga membuat banyak orang bingung memilih produk yang mana. Oleh demikian, sangat penting untuk kita mengetahui mana monitor LCD terbaik.

Kali ini, kami akan memberikan poin tentang bagaimana memilih monitor LCD terbaik yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu. Kami juga merekomendasikan sepuluh LCD untuk dipilih. Kami berharap kamu akan menemukan layar LCD yang paling sesuai sehingga kamu dapat menonton film, bekerja atau bermain game dengan lebih nyaman.

Kenyamanan Memakai Monitor LCD

Layar laptop sangat kecil, tetapi apakah Anda ingin menikmati game dan film di layar lebar? Mengapa tidak beralih ke LCD? Jika Anda menghubungkannya ke PC, konsol game, atau perangkat lain, Anda dapat melihat gambar yang lebih besar. Ini juga bisa lebih murah untuk membeli monitor LCD daripada TV berukuran serupa.

Ada berbagai ukuran layar yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan ruangan tempat Anda bekerja. Beberapa di antaranya dilengkapi dengan fungsi yang mencegah mata Anda cepat lelah. Dengan cara ini, Anda dapat menggunakannya untuk bekerja dalam waktu lama.

Efisiensi kerja juga dapat ditingkatkan dengan menggunakan layar LCD. Begitu Anda beralih ke layar besar, Anda akan bisa menikmati gambar yang lebih memuaskan. Segera dapatkan layar LCD yang sesuai dan nikmati pengalaman bekerja dan bermain game yang lebih seru!

Cara Memilih Monitor LCD Terbaik

Sekarang, kami akan menjelaskan cara memilih monitor LCD. Kami berharap poin-poin berikut bisa membantu kamu dalam memilih Monitor yang sesuai! Sebab, kesesuian adalah salah satu faktor yang dapat menunjang kinerjamu dalam hal apa pun.

Pilih Ukuran yang Pas dengan Kebutuhan

Pertama, perhatikan ukuran layar LCD. Tipe 21 menunjukkan bahwa panjang diagonal layar adalah 21 inci. Pilih ukuran layar yang sesuai dengan selera dan penggunaan Anda.

19 inci atau kurang, ideal untuk digunakan sebagai sub monitor

Layar 19 inci atau kurang sangat simpel dan hemat ruang. Jika Anda hanya membutuhkan satu sub layar untuk membaca, 19 inci atau kurang sudah cukup. Rasio aspek layar bervariasi dari model persegi 4: 3 hingga model horizontal tinggi.

Namun, ukuran 19 inci ini mungkin tampak kecil dan tidak memuaskan. Sebaiknya tentukan tujuan penggunaan dan cari tahu ukuran sebenarnya langsung ke toko. Pilih ukuran ini jika sesuai dengan kebutuhan kamu.

20-24 inci, ukuran standarnya enak dipandang

Ukuran standar untuk layar LCD adalah dari 20 hingga 24 inci. Layar 20 ” masih cukup kompak dan tidak memakan banyak ruang. Namun, bagi yang sering bekerja di depan komputer, pilihlah monitor berukuran 24 inci.

Ukuran ini memungkinkan Anda memiliki lebar layar yang lebih lebar. Selain layarnya yang lebih enak dipandang, Anda juga akan mendapatkan banyak sekali produk dengan fitur berbeda yang ada di pasaran.

27 inci atau lebih bagi mereka yang menginginkan layar besar

Monitor dari 27 inci hingga 30 inci termasuk dalam kategori layar besar. Jika Anda ingin meningkatkan efisiensi pekerjaan kantor Anda, pilihlah monitor dengan ukuran sekitar 27 inci.

Layar 30 inci adalah ukuran yang sama dengan TV Anda. Layar ukuran ini ideal untuk menonton film, membuka banyak jendela, dll. Sedangkan layar di atas 30 inci akan terlihat cukup besar. Oleh karena itu, gunakanlah pada jarak tertentu.

Pilih Resolusi yang Minimal Full HD

Jika Anda bingung dengan resolusi layar, pastikan memilih Full HD (1920 x 1080). Resolusi ini dapat digunakan untuk tujuan apa pun seperti bekerja di komputer, menonton film, dan bermain game. WQHD (2560 x 1440) dan 4K (3840 x 2160) adalah resolusi yang lebih tinggi. Resolusi ini meningkatkan jumlah informasi di layar, dan menghasilkan tampilan yang mulus dan mulus.

Jika Anda menggunakan 4K Blu-ray Recorder, PS4 Pro, atau PC, pilih layar HD. Ini agar Anda dapat menikmati kualitas gambar layar secara optimal. Namun, perlu diingat bahwa semakin tinggi resolusinya dan semakin lebar layarnya, maka akan semakin kecil layarnya. Selain itu, spesifikasi PC yang lebih tinggi diperlukan untuk mendapatkan jumlah piksel yang lebih tinggi daripada Full HD.

Perhatikan metode pemrosesan kristal cair

Untuk memudahkan memahami perbedaan antara LCD, perhatikan juga perbedaan metode pemrosesan kristal cair. Dengan cara ini, Anda akan lebih memahami jenis layar yang Anda butuhkan.

Ada empat jenis monitor LCD yang saat ini dijual, yaitu IPS, ADS, VA, dan TN. Panel IPS dan ADS adalah yang terbaik dari keempatnya. Kedua panel ini akan memberi Anda sudut pandang lebar ke atas, bawah, kiri dan kanan. Kedua panel ini biasa digunakan di bidang desain karena layarnya terlihat cantik dari berbagai sudut.

  Monitor Komputer Murah Terbaik 2022

Sementara itu, panel VA memiliki rasio kontras yang tinggi meski sudut pandangnya sempit. Jika Anda ingin menikmati gambar yang jelas saat melihat layar dari depan, gunakan panel VA. Sayangnya panel VA dan ADS masih langka di Indonesia.

Panel TN adalah monitor dengan konsumsi daya dan biaya terendah, namun dengan kecepatan respons yang tinggi. Jika Anda seorang gamer, pertimbangkan untuk menggunakan layar panel TN.

Bandingkan juga kilau yang memengaruhi mata

Layar LCD juga dapat dibedakan menjadi dua jenis, glossy (glossy) dan matte (matte). Layar glossy menampilkan tampilan yang bersinar, warna-warna cerah dan kontras tinggi. Untuk alasan ini, layar glossy cocok untuk menampilkan gambar diam. Namun, layar ini tidak cocok untuk penggunaan yang lama. Ini karena cahaya di dalam ruangan mudah terpantul dan membuat mata cepat lelah.

Sedangkan layar matte memiliki keunggulan mengurangi pantulan cahaya atau pantulan pada wajah seseorang saat berada di tempat terang. Mata Anda tidak akan mudah lelah meskipun Anda melihat layar ini dalam waktu yang lama. Ada juga monitor LCD tipe semi-glossy. Jadi, Anda bisa memilih produk seperti ini jika bingung dengan jenis monitor yang Anda butuhkan.

Memeriksa fungsi dari eksternal monitor

Anda juga perlu memeriksa fungsi eksternal saat memilih LCD. Misalnya, fungsi penyesuaian sudut layar atau terminal monitor ke perangkat eksternal.

Pilih layar dengan pengaturan sudut fleksibel. Monitor LCD biasanya memiliki tiga fungsi untuk mengatur sudut layar. Fungsi-fungsi tersebut adalah tilt (menyesuaikan maju / mundur), memutar (menyesuaikan kiri / kanan), dan pivot (memutar layar).

Tilt adalah fungsi yang memungkinkan Anda untuk mengatur sudut vertikal dengan memiringkan layar ke depan dan belakang. Kemudian, rotate adalah fungsi untuk memutar layar ke kiri dan ke kanan. Sedangkan pivot adalah fungsi untuk membuat layar horizontal berputar 90 derajat menjadi vertikal.

Jika ruang kerja Anda terbatas, Anda dapat mencari sekat untuk dipasang di dinding. Jadi, jangan lupa untuk mengecek ukuran standar VESA untuk wall mount.

Terminal eksternal, untuk menghubungkan layar ke perangkat lain

Penting untuk memverifikasi bahwa monitor memiliki terminal yang cocok dengan perangkat yang ingin Anda sambungkan. Biasanya, terminal HDMI cukup untuk menghubungkan monitor komputer, perekam video, dan konsol permainan. Jika Anda ingin menyambungkan monitor ke beberapa perangkat sekaligus, periksa juga jumlah terminal HDMI.

Untuk monitor gaming berperforma tinggi, pastikan Anda memiliki DisplayPort 1.2 atau lebih tinggi. Dengan resolusi 4K / 60Hz atau lebih tinggi, Anda dapat bermain game dengan nyaman. Terminal ini juga cocok bagi Anda yang menginginkan tampilan multi layar.

Monitor dengan terminal DVI dan VGA juga dijual di pasaran. Jika Anda membutuhkannya, silahkan periksa bagian terminal ini.

Perhatikan fungsi internalnya demi keamanan mata

Menatap layar terlalu lama akan membuat mata cepat lelah. Karena itu, perhatikan juga layar dengan fungsi yang ramah mata.

Jika Anda ingin mengurangi kedipan layar, sebaiknya gunakan fungsi bebas kedip. Lampu latar berkedip LCD dapat menyebabkan sakit mata, sakit kepala, dan bahkan kelelahan. Apalagi jika Anda sudah terlalu lama menatap layar.

Layar bebas kedip akan mengurangi kedipan dan ketegangan pada mata Anda. Jadi, jangan lupa untuk mengecek keterangan “flickerless” atau “flicker-free” di kolom Spesifikasi Layar.

Monitor LCD dengan fungsi penekan cahaya biru akan lebih baik untuk kesehatan mata. Cahaya biru yang terdapat pada layar PC dan smartphone merupakan cahaya yang membebani mata. Jadi, sebaiknya kurangi sebanyak mungkin agar tidak menimbulkan efek negatif seperti sakit mata dan gangguan tidur.

Akan lebih efektif jika monitor mampu mereduksi cahaya biru dalam 3 atau 5 tahap. Lebih baik lagi jika tone warna layar bisa diatur sesuai level yang diinginkan.

Periksa Garansi untuk Jaga-jaga

Anda pasti ingin menggunakan LCD ini untuk waktu yang lama setelah membelinya. Oleh karena itu, periksa garansi pabriknya. Juga periksa dengan dukungan pabrikan, seperti menelepon layanan pelanggan atau alamat pusat layanan terdekat.

Misalnya, LG memiliki garansi 3 tahun untuk layanan perbaikan. Selama masa garansi, jika produk yang Anda beli bermasalah, dapat diperbaiki secara gratis. Sedangkan untuk suku cadang, garansi satu tahun berlaku.

Lain halnya dengan ASUS yang berani menawarkan garansi barang pengganti selama 7 hari. Jika ditemukan kerusakan pada layar yang Anda beli, Anda dapat mengembalikannya. Anda mungkin menerima item yang sama sebagai pengganti dalam masa garansi 7 hari. ASUS juga memberikan garansi kotak dan layar 3 tahun ditambah garansi 1 tahun untuk suku cadang dan aksesoris.

  12 Rekomendasi Monitor Gaming 1 Jutaan Terbaik 2022

Rekomendasi Monitor LCD Terbaik

Selanjutnya, kami akan meninjau sepuluh LCD yang telah kami pilih. Ada berbagai macam ukuran layar dan pabrikan populer. Silakan temukan monitor LCD yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

LG 24MK600M-B

LG 24MK600M-B

Tampilan serbaguna, ideal untuk penggunaan sehari-hari di rumah atau di kantor

Apakah Anda seorang desainer pemula? Monitor ini bisa jadi pilihan terbaik untuk Anda. Selain Full HD, Anda juga mendapatkan pengalaman yang imersif dengan layar tanpa bingkai yang ramping.

Performa layar ini juga tidak mengecewakan untuk gaming. Produk ini memiliki kecepatan refresh 75 Hz. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakannya untuk desain dan game. Monitor ini sangat cocok digunakan sebagai monitor sehari-hari di rumah maupun di kantor.

Ukuran: 24 inci

Resolusi layar: 1920 x 1080

Panel: IPS

Pengaturan sudut: Tilt: -2° to 15°

Ukuran VESA: 75 x 75 mm

Terminal: HDMI x 2, D-sub, H/P out

Fitur ramah di mata: Flicker-safe, reader mode

Garansi: 3 tahun

AOC 24G2E5

AOC 24G2E5

Monitor game harga bersahabat

Saat ini banyak sekali monitor yang berfokus pada aktivitas gaming di pasaran. Namun, monitor ini paling cocok untuk Anda bawa pulang, terutama bagi mereka yang memiliki anggaran terbatas.

Monitor ini tak kalah superiornya dengan monitor gaming di kelasnya. Desainnya pun terlihat elegan dengan rangka yang ramping. Hiasan dari game-game tersebut juga membuatnya terlihat kurang seperti layar dengan harga di bawah 2 juta rupiah.

Ukuran: 23,8 inci

Resolusi layar: 1920 x 1080

Panel: IPS

Pengaturan sudut: Tilt: -5° to 23°

Ukuran VESA: 100 x 100 mm

Terminal: VGA, HDMI 1.4 x 2, DisplayPort 1.2

Fitur ramah di mata: Flicker-free, low blue mode

Garansi: 1 tahun

ASUS VX238H

ASUS VX238H

Bebas dari pengaturan kecerahan dengan fitur kontras pintar

Dengan layar ini, Anda dapat menikmati kualitas gambar dan warna terbaik. Jika Anda menghargai kenyamanan melihat gambar layar dengan mata, maka Anda pasti akan cocok dengan monitor ini.

Fungsi Kontras Cerdas memungkinkan layar secara otomatis menyesuaikan kecerahan layar sesuai dengan lingkungan. Anda tidak perlu lagi repot-repot mengaturnya. Aktivitas di depan layar akan terasa lebih enak dipandang tanpa mengkhawatirkan silau.

Ukuran: 23 inci

Resolusi layar: 1920 x 1080

Panel: IPS

Pengaturan sudut: Tilt: -5° to 20°

Ukuran VESA: –

Terminal: HDMI, D-sub

Fitur ramah di mata: Flicker-free, low blue light

Garansi: 3 tahun

Lenovo G25-10

Lenovo G25-10

Permainan mulus tanpa putus, pilihan sempurna untuk penggemar e-sports

Apakah Anda penggemar esports dan mencari layar berkecepatan tinggi dan warna yang tajam? Mungkin produk inilah jawabannya. Dengan kecepatan refresh 144Hz dan waktu respons 1ms, Anda dapat menikmati gameplay yang mulus. Layar ini juga dilengkapi dengan teknologi AMD Radeon Freesync yang menjamin gaming tanpa gangguan.

Ukuran: 24,5 inci

Resolusi layar: 1920 x 1080

Panel: TN

Pengaturan sudut: Tilt: -5° to 22°

Ukuran VESA: –

Terminal: HDMI 1.4, DisplayPort 1.2

Fitur ramah di mata: Flicker-free, low blue light

Garansi: 3 tahun

Dell UltraSharp 24 USB-C Monitor U2419HC

Dell UltraSharp 24 USB-C Monitor U2419HC

Desain bagus dan elegan, pilihan terbaik untuk para profesional

Berkat desain material yang cantik, elegan dan mewah, layar ini akan menambah rasa percaya diri Anda saat tampil di hadapan pelanggan. Berbekal tingkat kecerahan hingga 250 Nit dan 99% sRGB, warna yang dihasilkan memanjakan mata. Apakah Anda seorang desainer atau profesional yang memprioritaskan gambar layar Anda dan tampilan fisiknya? Produk ini Anda dapat lirik lagu.

Fitur lain dari monitor ini adalah USB-C yang jarang ditemukan di monitor lain. Anda akan mendapatkan bantuan besar dengan proses transfer data yang jauh lebih cepat dan mudah.

Ukuran: 24 inci

Resolusi layar: 1920 x 1080

Panel: IPS

Pengaturan sudut: Tilt: -5° to 21°・swivel: -40° to 40°・pivot: yes

Ukuran VESA: 100 x 100 mm

Terminal: HDMI 1.4, DisplayPort 1.4, USB Type-C, DP, USB 3.0

Fitur ramah di mata: Flicker-free, low blue light

Garansi: 3 tahun

LG 27GL650F-B

LG 27GL650F-B

Menampilkan gambar statis dengan warna yang tajam

Panel IPS, monitor LG ini dilengkapi dengan 99% sRGB yang membuat warna terlihat lebih baik. Produk ini juga memiliki kecerahan 400 Nit dan mendukung HDR 10. Jika Anda menginginkan layar 27 ”dengan warna-warna yang tajam, Anda harus mempertimbangkan yang ini.

Semua fitur layar ini akan berfungsi penuh jika Anda menggunakan DisplayPort. Kekurangan dari layar ini adalah resolusinya masih Full HD (1920 x 1080). Sedangkan untuk layar 27 inci membuatnya tampak sedikit buram jika dilihat dari dekat.

  23 Rekomendasi Monitor Gaming Murah 2022

Ukuran: 27 inci

Resolusi layar: 1920 x 1080

Panel: IPS

Pengaturan sudut: Tilt: -5° to 15°

Ukuran VESA: 100 x 100 mm

Terminal: HDMI 2.0 x 2, DisplayPort 1.4, H/P out

Fitur ramah di mata: Flicker-safe, reader mode

Garansi: 1 tahun

AOC 27G2

AOC 27G2

Mewah di kelasnya dan harga yang terjangkau

Jika Anda sedang ingin membeli layar premium dengan spesifikasi bagus, produk ini patut dipertimbangkan. Dilihat dari spesifikasinya, tampilan ini memiliki performa gaming yang sangat baik. Itu hanya cacat, dan tidak dilengkapi dengan port USB. Jadi, sebelum Anda memutuskan untuk membelinya, konfirmasikan terlebih dahulu apakah Anda membutuhkan fungsionalitas ini atau tidak.

Ukuran: 27 inci

Resolusi layar: 1920 x 1080

Panel: IPS

Pengaturan sudut: Tilt: -5° to 23°・swivel: -30° to 30°・pivot: 0° to 90° ± 2°

Ukuran VESA: 100 x 100 mm

Terminal: VGA, HDMI 1.4 x 2, DisplayPort 1.2

Fitur ramah di mata: Flicker-free, low blue mode

Garansi: 3 tahun

ASUS TUF Gaming VG27AQ

ASUS TUF Gaming VG27AQ

Diunggulkan secara sempurna untuk bermain game dan sangat cocok untuk desain

Monitor ini dilengkapi resolusi WQHD 2560 x 1140 piksel, HDR 10, sinkronisasi adaptif, dan kecepatan refresh hingga 165Hz. Nyatanya, layar ini juga memiliki konektor lengkap, visual game, dan mode gameplus! Ingin spek layar yang bisa mengakomodasi kebutuhan gaming, desain dan editing secara bersamaan? Saatnya membawa pulang monitor ASUS ini.

Menu mode Gameplus hanyalah salah satu fitur yang dimilikinya. Daftar ini akan sangat membantu Anda saat bermain game. Dapatkan langsung pengalaman luar biasa dari semua aktivitas dengan mode yang dapat Anda sesuaikan sesuai keinginan.\

Ukuran: 27 inci

Resolusi layar: 2560 x 1440

Panel: IPS

Pengaturan sudut: Tilt : -5° to 33°・swivel: yes・pivot: yes

Ukuran VESA: 100 x 100 mm

Terminal: HDMI 2.0 x 2, DisplayPort 1.2

Fitur ramah di mata: Flicker-free, low blue light

Garansi: 3 tahun

HP OMEN 25 Monitor

HP OMEN 25 Monitor

Layar panel TN dengan kecepatan refresh tinggi, ideal untuk atlet esports profesional

Ingin menikmati tampilan layaknya atlet esports profesional? Coba monitor HP ini. Anda akan mendapatkan pengalaman bermain game yang luar biasa dengan spesifikasi yang mumpuni.

Dari segi desain fisik, yang satu ini memiliki finishing matte black, non-glare display, dan bezel ultra tipis. Beberapa gambar pertanda dengan ornamen berwarna gelap juga membuatnya tampil lebih “bermain game”.

Ukuran: 24,5 inci

Resolusi layar: 1920 x 1080

Panel: TN

Pengaturan sudut: Tilt : -5 to 23°

Ukuran VESA: –

Terminal: HDMI 1.4 x 2, DisplayPort 1.2

Fitur ramah di mata: –

Garansi: 1 tahun

BenQ EX2780Q

BenQ EX2780Q

Perangkat pemantauan pertama untuk pengembangan sumber daya manusia di dunia

Saat membahas tampilan terbaik dan terbaru, belum lengkap rasanya jika monitor ini tidak disertakan di dalamnya. BenQ EX2780Q dikatakan sebagai layar HDRi pertama di dunia. Teknologi ini memungkinkan pengaturan HDR oleh AI (kecerdasan buatan) bekerja lebih cepat dengan hasil yang lebih maksimal.

Gambar yang dihasilkan bisa lebih detail dan jelas. Selain itu, layar ini dilengkapi dengan speaker built-in berkualitas tinggi dan jarang dimiliki oleh layar lain. Bagi Anda yang suka mencoba sesuatu yang baru, memilih layar ini tidak ada salahnya. Yuk, rasakan langsung perbedaannya!

Ukuran: 27

Resolusi layar: 2560 x 1440

Panel: IPS

Pengaturan sudut: Tilt: -5˚ to 20˚

Ukuran VESA: 100 x 100 mm

Terminal: HDMI 2.0 x 2, DisplayPort 1.4, USB-C

Fitur ramah di mata: Flicker-free, low blue light, brightness intelligence plus (B.I.+)

Garansi: 3 tahun

Sebuah Kesmipulan

Lagi pula, sangat menyenangkan dapat memiliki monitor LCD yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Banyak produsen menawarkan layar LCD dengan berbagai jenis, ukuran, desain dan spesifikasi di dalamnya.

Kami telah memilih dan merekomendasikan 10 di antaranya untuk Anda pilih. Anda hanya perlu ekstra hati-hati untuk membaca spesifikasinya dan menyesuaikannya dengan tujuan Anda. Kami mengucapkan selamat menentukan pilihan!

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA