19 Usaha Makanan Ringan Serba 5000 Terlaris 2022

tukarpikiran.com – Memiliki sebuah usaha sampingan, terlebih yang mudah dijalankan tanpa perlu modal yang besar adalah impian banyak orang. Dengan memulai usaha makanan ringan serba 5000, para dulur sekalian bisa memiliki penghasilan tambahan tanpa perlu takut nantinya menghadapi sebuah kerugian.

Bisnis snack merupakan salah satu peluang bisnis yang banyak diminati. Ini bukan hanya karena modalnya yang relatif murah, tetapi juga karena target pasarnya yang luas. Sebab, hampir setiap orang menyediakan  dan membutuhkan jajanan di rumahnya.

Bisnis makanan ringan memiliki potensi yang besar untuk menghasilkan pendapatan karena diminati oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa. Meski terlihat sepele, menekuni bisnis ini bisa menghasilkan banyak uang. Karena rahasia sukses bisnis makanan ringan adalah menjual produk sebanyak-banyaknya atau mengandalkan kuantitas.

Rekomendasi Ide Usaha Makanan Ringan Serba 5000

Seperti yang diketahui bersama, usaha makanan ringan serba 5000 akhir-akhir ini menjadi topik hangat karena bisa menghasilkan keuntungan yang besar. Memulai bisnis tidak harus dengan modal yang besar. Dengan modal kecil pun, dulur sudah bisa membuka usaha kecil-kecilan seperti jajanan ini.

Ada banyak inspirasi dan contoh usaha makanan ringan serba 5000 yang bisa dulur coba. Meski bermodal kecil, bisnis ini tetap bisa menghasilkan keuntungan yang signifikan. Bukan hanya modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar, keuntungan lainnya dari bisnis ini juga sangat praktis dan mudah dipasarkan.

Keripik Pedas

Sebagian besar lidah orang Indonesia menyukai rasa pedas. Jadi dulur bisa mempertimbangkan ide jajanan bermodal kecil ini. Pangsa pasar keripik juga cukup luas dan bisa menjangkau berbagai kalangan. Sesuaikan pedasnya dengan selera dulur untuk keripik yang terbuat dari berbagai bahan.

Contohnya termasuk keripik singkong, ubi jalar, pisang, tempe, kentang, talas, makaroni dan pare. Kebanyakan usaha jajanan ini dijual dengan harga 5000 dan ada juga 2000, tergantung isi dan kreatifitas masing-masing.

Kepedasannya pun disesuaikan hingga level tertentu, sehingga pembeli bisa memilih sesuai selera. Selain memiliki target pasar yang luas, bisnis snack ini bebas risiko dan menguntungkan.

Keripik Kulit

Salah satu inspirasi usaha makanan ringan serba 5000 yang perlu dipertimbangkan adalah keripik kulit. Bahan pembuatan keripik ini bisa dipilih berdasarkan selera pasar sasaran. Olah bahan-bahan tersebut menjadi snack keripik yang praktis dan tahan lama yang tidak mudah rusak.

Contoh makanan olahan keripik yang bisa dijadikan usaha makanan dengan harga 5000 adalah kulit ayam, kulit sapi, kulit ikan, kulit pangsit, dll. Dulur dapat mengirimkannya ke toko atau sekolah untuk dijual. Jika dulur ingin menjangkau target pasar yang lebih luas, dulur bisa berjualan secara online.

Keripik Aneka Sayuran

Sayur-sayuran dapat dijadikan sebagai makanan ringan untuk dijual. Dapat dipromosikan sebagai camilan bergizi karena dibuat dengan bahan-bahan yang banyak mengandung nutrisi. Modalnya cukup kecil, apalagi jika dulur menggunakan bahan sayuran dari kebun sendiri.

Contoh sayuran yang bisa diolah menjadi keripik, seperti bayam, wortel, timun Jepang, daun pepaya, daun ubi jalar, jamur, daun kelor, dll. Usaha makanan yang tahan lama ini sangat menggiurkan dan bisa dijual di tempat-tempat seperti warung makan, kantin sekolah, pasar pinggir jalan, supermarket, atau pasar online.

Olahan Aneka Buah

Konsumsi buah kini bisa dilakukan dengan berbagai cara dan dulur tidak perlu memakannya secara langsung. Buah bisa digoreng atau diolah menjadi salad. Keripik olahan dari berbagai jenis buah juga bisa menjadi pilihan ide bisnis snack dengan modal terbatas. Apalagi cara pengolahannya sederhana.

  Usaha Makanan yang Bisa Dititipkan di Warung Pasti Laris

Cara pengolahan keripik buah relatif mudah karena tidak memerlukan penggunaan bumbu khusus untuk menjaga keaslian rasanya. Dulur bisa menjual usaha jajanan ini dengan harga 5.000an. Contoh buah-buahan yang bisa diolah antara lain apel, salak, nangka, nanas, mangga, dan rambutan. Bisnis ini sangat menjanjikan, apalagi Indonesia kaya akan aneka buah-buahan.

Martabak Mini

Martabak mini juga bisa menjadi ide usaha makanan ringan serba 5000 yang asyik. Bisnis ini sangat menjanjikan karena banyak orang yang menyukai martabak manis atau martabak telur. Dulur bisa menawarkan berbagai topping unik dan lezat yang dapat dikreasikan untuk menarik minat banyak konsumen.

Utamakan kualitas rasa agar pelanggan tetap setia saat membeli martabak yang dulur buat. Ukuran martabaknya tentu saja lebih kecil jika dulur perlu membuatnya seperti versi asli. Martabak mini bisa dijual dengan membuka warung pinggir jalan atau menitipkannya ke toko. Bisa juga dibuat dengan sistem PO.

Pizza Mini

Pizza merupakan makanan yang berasal dari Italia, tetapi juga menjadi hidangan yang populer di lidah orang Indonesia. Tidak hanya enak, pizza juga bisa menjadi ide bisnis yang unik dan menarik. Versi mini juga dapat dibuat ketika pizza biasanya dibuat dalam ukuran 5 ribuan. Bahan-bahan pizza juga relatif mudah didapat.

Topping yang berbeda dapat dibuat sesuai dengan selera target pasar. Mulai dari keju, sosis, bakso, tuna, paprika, jamur, dan banyak lagi. Pizza mini yang dijual seharga 5.000an ini mampu menarik perhatian target pasar yang ingin menikmati makanan ini dengan harga yang terjangkau.

Cilok Krispi

Cilok merupakan salah satu jajanan favorit Tanah Air, khususnya Jawa Barat. Penjualnya juga tersebar di seluruh area, mulai dari PKL hingga gerobak keliling dan penjualan sepeda motor. Cilok krispi berbeda dengan cilok lainnya yang menawarkan cilok dalam kondisi hangat.

Dulur juga bisa menjual versi mentah, jadi bisa digoreng di rumah agar pembeli bisa menikmatinya. Makanan ringan yang lagi booming ini sangat cocok dijalankan karena masih sedikit pesaing dan kemungkinan pasarnya masih sangat luas.

Cireng Bumbu Rujak

Bahan utama masakan ini adalah tepung tapioka, sagu dan gandum. Berkat teksturnya yang kenyal, sangat nikmat disantap dengan bumbu rujak di waktu senggang. Camilan ini juga bisa dijual mentah. Nantinya, pembeli akan menggorengnya di rumah dan menyajikannya selagi masih hangat.

Kekurangan jajanan ini adalah bumbu rujaknya tidak tahan lama. Namun, penyajiannya memiliki keuntungan digoreng terlebih dahulu, sehingga harus dimakan dalam kondisi terbaiknya.

Keripik Talas

Ide usaha makanan ringan serba 5000 lainnya adalah keripik talas. Camilan ini memiliki rasa yang unik dibandingkan dengan jenis keripik lainnya. Teksturnya kenyal dan rasanya unik. Bahan baku dapat diperoleh langsung dari pasar atau dari petani talas.

Satu hal yang penting adalah bahan baku harus diteliti terlebih dulu untuk memastikan pasokan sehingga produksi bisa terus berlanjut. Jika dulur-dulur bisa menjaga kualitas barang dagangan, bukan tidak mungkin kepercayaan pembeli akan terus meningkat setiap harinya.

  13 Makanan yang Banyak Diminati Anak Muda 2022

Keripik Makaroni Pedas

Makaroni merupakan salah satu jajanan favorit banyak orang. Bahan-bahannya mudah didapat, dan tersedia dalam berbagai rasa, dari asin hingga pedas hingga gurih. Presentasi datang dalam berbagai bentuk dan bisa renyah atau lembab.

Sebelum memulai bisnis ini, siapkan dulu pasokan bahan baku Anda. Selain memastikan harga yang lebih hemat, grosir bahan makaroni nantinya bisa menjadi mitra bisnis Anda sebagai pemasok bahan baku.

Keripik Pisang

Keripik pisang juga tidak kalah enak dengan jenis keripik lainnya. Sama seperti keripik singkong, keripik pisang juga mudah dibuat dan dijual. Karena keripik pisang ada di hampir setiap daerah. Keripik pisang juga bervariasi, dengan keripik pisang manis dan keripik pisang gurih.

Di era teknologi saat ini, rasanya begitu sempurna. Kita dapat dengan mudah menemukan semua rasa yang kita inginkan. Keripik pisang rasa keju, rasa balado, rasa jagung bakar, rasa coklat, dll. Jika dulur mengira keripik pisang hanya dijual di pasaran, dulur salah besar.

Sekarang lebih banyak jenis keripik yang dijual secara online. Tidak perlu mengeluarkan tenaga, tidak perlu panas-panasan, belum lagi berjuang mati-matian untuk menjualnya, cukup klik dan keripik pisang akan sampai di depan pintu pelanggan dulur. Sangat mudah, bukan?

Keripik Singkong

Singkong bisa diolah menjadi keripik. Dipotong kecil-kecil dan tipis sehingga teksturnya renyah saat dimakan. Ada banyak alat di pasaran untuk memotong singkong sesuai dengan bentuk yang dulur inginkan: bulat halus, ikal kecil, dan memanjang. Tergantung dari model singkong yang ingin kita buat.

Jadi tidak perlu repot lagi. Semuanya bisa dilakukan dengan cepat dan akurat. Teksturnya yang gurih dan renyah menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta keripik.

Setiap daerah memiliki cita rasa dan ciri khas yang berbeda-beda. Karena kebanyakan tempat suka singkong pedas, ada orang yang membuat singkong manis dan pedas. Ada yang pedas atau sangat pedas, ada yang standar atau biasa saja.

Kuping Gajah

Nama dan bentuknya yang unik menjadi ciri khas kue ini. Kuping gajah merupakan salah satu jajanan tradisional Indonesia yang rasanya manis, gurih dan renyah. Makanan ini termasuk makanan ringan yang tersedia di pedagang grosir.

Jika tidak ingin membuatnya, dulur bisa menyiasati dengan menjualnya kembali. Usaha makanan yang bisa dititipkan di warung  ini cocok untuk ibu rumah tangga dengan anak kecil di rumah. Dulur juga dapat menjualnya secara online.

Stik Bawang

Stik bawang, atau kue bawang yang dibuat memanjang adalah makanan asin yang dibuat dengan mengolah tepung terigu dan bawang. Ada banyak bentuk kue bawang yang berbeda. Pada tahun 90-an, kue bawang diproses dan kemudian bentuknya hanya dipotong secara manual.

Seiring waktu, kue bawang dapat dibentuk melalui cetakan yang dibentuk menjadi bentuk yang diinginkan. Setelah adonan selesai, pasang cetakan sesuai selera. Kebanyakan kue bawang sekarang dibuat dengan mesin press khusus.

Alat press ini membantu mengencerkan adonan kue bawang dengan cepat dan mudah. Mesin press ini sangat handal untuk mempercepat proses produksi. Mesin juga dapat mencetak adonan mollen, mie, dll.

Kerupuk Emping

Usaha makanan unik dengan modal kecil berikutnya adalah kerupuk emping. Kerupuk Emping adalah jajanan khas Indonesia yang terbuat dari biji melinjo. Meski sedikit pahit, kerupuk amping ini populer di kalangan banyak orang.

  17 Ide Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari

Meski tidak selalu disajikan sebagai kudapan, kerupuk ini sering disajikan bersama makanan berat seperti mie, nasi goreng, nasi udon, nasi gurih, nasi pecel, nasi kuning, dan lainnya. Kerupuk yang tersedia di pasaran banyak jenisnya, mulai dari asin, kerupuk manis dengan gula karamel, dan juga keripik emping pedas.

Basreng

Basreng adalah singkatan dari bakso goreng. Jajanan khas Sunda ini terbuat dari bakso ikan kemudian digoreng. Basreng dengan bumbu, merica dan cabai. Penjual basreng juga menyediakan basreng dalam berbagai tingkat kepedasan untuk mengimbangi persaingan di pasar.

Meski mayoritas masyarakat Indonesia penyuka pedas, basreng jenis ini juga bisa disajikan dalam bentuk aslinya, tidak pedas, sehingga anak-anak pun bisa memakannya. Jika dulur punya resepnya, maka jangan ragu untuk memulai usaha makanan ringan yang menguntungkan satu ini.

Keripik Tempe

Tempe mengandung vitamin, protein dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan tubuh dan penting. Tempe juga rendah kalori, sehingga cocok untuk mereka yang sedang diet. Tetapi saat makan tempe goreng, dulur juga harus memperhatikan kalori yang dihasilkannya.

Selain sebagai camilan, keripik tempe juga bisa dijadikan sebagai teman/lauk pauk. Keripik tempe bisa disimpan dalam toples agar tetap renyah dan garing. Jika dulur masih bingung memulai usaha, maka keripik tempe bisa dijadikan sebagai ide jualan makanan ringan yang laku setiap hari.

Kacang Telur

Apakah dulur familiar dengan makanan ini? Terlalu banyak kacang olahan yang membanjiri supermarket, minimarket, dan warung pinggir jalan. Kacang telur yang terbuat dari kacang tanah terbagi menjadi asin dan manis.

Kacang asin dan kacang manis memiliki komposisi yang sama, yaitu kacang tanah, telur, tepung ketan, bawang putih, garam dan ketumbar. Kacang telur manis hanya terjadi ketika gula mendominasi sebagai rasa manis. Jajanan ini tahan lama dan praktis, sehingga tidak mudah basi dan tidak takut rusak.

Peyek

Peyek adalah keripik yang terbuat dar tepung beras goreng yang dicampur dengan air dan bumbu kemudian ditaburi kacang tanah. Jika dulur tidak suka kacang, dulur bisa mengganti kacang dengan topping lain, misalnya ikan teri. Beberapa penjual bahkan menggantinya dengan udang.

Biasanya, peyek disajikan untuk melengkapi nasi pecal, gado-gado, atau tumpeng. Namun, banyak juga orang yang menjadikan peyek sebagai camilan sehari-hari.

Kesimpulan

Tergantung pada target pasar dulur, dulur dapat menemukan ide bisnis yang berbeda untuk usaha makanan ringan serba 5000 di atas. Buat resep dan menu yang membedakan dari bisnis sejenis lainnya, sehingga orang merasa lebih mengenal merek dulur. Setelah memulai bisnis, jangan lupa untuk konsisten dan rajin.

Dulur juga bisa mengintip ulasan kami tentang usaha makanan ringan serba 2000 dan contoh usaha makanan ringan serba 1000 untuk mendapatkan insipirasi lain soal bisnis makanan ringan.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA