25 Rekomendasi Laptop untuk Desain Grafis Murah 2022

tukarpikiran.com – Performa terbaik menjadi syarat utama saat membeli laptop untuk desain grafis. Namun, memilih laptop terbaik dari sekian banyak merek laptop yang ada di pasaran merupakan sebuah tantangan sekaligus keseruan. Pasalnya, memilih laptop yang handal digunakan untuk desain grafis gampang-gampang susah.

Seperti yang umunya diketahui, laptop untuk desain grafis membutuhkan spesifikasi yang berbeda dari laptop pada umumnya. Ketersediaan fitur yang dapat memfasilitasi persyaratan desain yang biasanya memerlukan spesifikasi tinggi sangat penting. Hal ini agar aktivitas desain yang dilakukan bisa menjadi lebih maksimal.

Spesifikasi Laptop untuk Desain Grafis

Laptop untuk desain grafis dibuat dengan kecepatan dan daya tahan terlebih dahulu. Ini karena laptop desain grafis menjalankan lebih banyak perangkat lunak dengan lebih banyak proses kerja dan file output yang lebih besar. Contohnya antara lain software CorelDraw, Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, 3Ds Max, AutoCAD, Inkscape, dll.

Banyak juga yang bertanya apakah bisa menggunakan laptop gaming untuk menjalankan berbagai software desain grafis? Jawabannya tentu saja bisa. Membuat desain 2D dan 3D membutuhkan laptop dengan spesifikasi yang cukup tinggi, terutama dengan GPU dan prosesor.

Hal ini tentu berlaku untuk laptop yang didedikasikan untuk desain grafis serta laptop untuk bermain game. Akan tetapi, tidak semua laptop gaming mendukung pekerjaan desain grafis. Selain itu, sebagian besar laptop gaming memiliki bodi yang besar sehingga cukup merepotkan untuk dibawa-bawa.

Cara Memilih Laptop untuk Desain Grafis

Semakin tinggi spesifikasi laptop, semakin mahal harganya. Sebelum menghabiskan banyak uang untuk ini, Anda harus memilih laptop berdasarkan kebutuhan penggunaan Anda. Memutuskan laptop mana yang dapat mendukung pekerjaan desain grafis Anda bukanlah tugas yang mudah. Nah, untuk mendapatkan produk yang tepat, simak penjelasannya berikut ini.

Intel Core i5, untuk Pekerjaan Desain Ringan

Saat membuka aplikasi desain, prosesor laptop bekerja lebih keras. Di sisi lain, semakin tinggi seri perangkat lunak desain grafis yang Anda gunakan, semakin sulit tugas prosesornya. Jika Anda ingin memperbarui seri perangkat lunak desain grafis Anda untuk ini, pertimbangkan juga kemampuan prosesor.

Faktanya, menggunakan prosesor seri Intel Core i3 tidak menjadi masalah. Namun, beban kerja laptop menjadi lebih berat. Untuk ini, pilih laptop dengan setidaknya prosesor Intel Core i5. Melakukannya akan mengurangi kemungkinan kelambatan atau penundaan respons dalam perangkat lunak yang sedang berjalan.

Anda juga dapat menggunakan prosesor jenis ini untuk pekerjaan desain ringan seperti memotong, membuat logo, atau mendesain poster. Anda pun juga bisa menggunakan laptop dengan prosesor AMD. Sebagai pesaing merek Intel, prosesor AMD relatif murah. Untuk merk prosesor AMD sendiri, pilihlah seri AMD Ryzen 5. Prosesor jenis ini menawarkan performa yang sama dengan Intel Core i5.

Intel Core i7, untuk Profesional dan Pekerjaan Multitasking

Core adalah komponen yang sangat penting dalam sebuah prosesor. Semakin banyak core yang dimiliki prosesor, semakin ringan proses kerja laptop. Anda juga bisa multitasking dengan membuka aplikasi secara bersamaan tanpa takut laptop Anda mengalami lag atau ngebug.

Bahkan, Anda bahkan bisa membuka banyak aplikasi sekaligus dengan laptop Intel Core i3. Namun kecepatannya pasti tidak sebanding dengan laptop Intel Core i7 atau laptop lain dengan fitur setara.

Jika Anda seorang desainer profesional, memilih laptop dengan prosesor Intel Core i7 adalah solusi terbaik. Untuk saat ini, prosesor Intel Core i7 masih menjadi salah satu jenis prosesor tertinggi di kelas Intel. Merek AMD merekomendasikan untuk memilih prosesor AMD Ryzen 7.

Keunggulan kedua prosesor ini terletak pada daya tahannya yang lebih baik. Mesin laptop tidak mudah panas saat aplikasi dibuka secara bersamaan. Juga, keduanya memberikan kecepatan tinggi saat membuka dan menutup perangkat lunak.

Memerhatikan GPU atau Graphic Card

GPU, atau unit pemrosesan grafis, adalah komponen laptop yang berfungsi untuk menghasilkan gambar di layar monitor. Sebuah GPU sering disebut sebagai kartu grafis. Semakin baik jenis GPU yang digunakan, maka gambar di layar akan semakin halus dan tajam. Efeknya terutama terlihat ketika pekerjaan yang terlibat dalam pembuatan model objek dalam rendering dalam 2D ​​atau 3D.

Jadi pilihlah laptop dengan minimum kartu grafis mid-end seperti NVIDIA GeForce, NVIDIA Quadro dan AMD Radeon. Selain ketiga merek tersebut, ada juga merek Intel Graphics yang patut dipertimbangkan. Jenis GPU ini cocok untuk menjalankan perangkat lunak ringan dengan persyaratan desain standar.

Memerhatikan Ukuran dan Resolusi Layar

Laptop dengan layar besar memberi Anda lebih banyak ruang kerja. Namun, itu bisa sangat merepotkan bagi mereka yang menginginkan kepraktisan layar lebar. Jika Anda sering membawa laptop, disarankan untuk menggunakan produk ringan berukuran 13 inci.

Laptop dengan ukuran ini rata-rata memiliki berat 1kg, sehingga tidak terlalu berat untuk dibawa-bawa. Jika Anda sering menggunakan laptop di rumah, Anda dapat menggunakan produk berukuran 14 inci atau lebih besar.

Selain ukuran layar, perhatikan juga ukuran resolusinya. Semakin tinggi resolusi layar, semakin detail dan semakin tinggi kontrasnya. Idealnya, untuk pekerjaan desain grafis, pilih laptop dengan resolusi Full HD (1920 x 1080) atau lebih tinggi.

Memilih Laptop dengan RAM Minimal 8 GB

RAM, atau memori akses acak, adalah tempat untuk menyimpan sementara data dan menjalankan berbagai instruksi program. Pada umumnya software desain grafis memakan cukup banyak RAM karena banyaknya proses kerja. Lebih banyak RAM diperlukan untuk ini.

Padahal, menggunakan laptop dengan RAM 4GB tidak masalah. Namun, ini memperlambat proses kerja perangkat lunak dan rentan terhadap penundaan atau crash. Untuk itu, sebaiknya gunakan laptop dengan RAM minimal 8 GB untuk memaksimalkan proses desain.

Memilih Penyimpanan SSD untuk Proses yang Lebih Cepat

Rendering pada software desain grafis biasanya berukuran cukup besar. Hal ini tentunya akan memakan kapasitas media penyimpanan internal laptop Anda. Berbeda jika Anda membeli hard disk eksternal dan memiliki anggaran lebih untuk menyimpan semua file Anda di dalamnya. Dengan mengingat hal ini, pilihlah laptop dengan media penyimpanan minimal 1TB.

Selain itu, jenis media penyimpanan di laptop Anda memiliki dampak yang signifikan terhadap proses pembacaan data. Ada dua jenis media penyimpanan laptop yang ada di pasaran yaitu tipe HDD (Hard Disk Drive) dan tipe SSD (Solid State Drive). Media penyimpanan yang berbeda memiliki kinerja dan harga yang berbeda.

Bagi yang menginginkan pemrosesan pekerjaan ringan dan transfer data, pilihlah media penyimpanan SSD. Sayangnya, harga media penyimpanan SSD di pasaran tiga kali lipat lebih mahal dari harga HHD. Cukup memilih SSD dengan kapasitas 512 GB sebagai solusinya. Selebihnya bisa menggunakan hardisk eksternal.

Laptop Desain Grafis Terbaik

Memilih laptop desain grafis pada dasarnya tidak berbeda dengan memilih laptop gaming. Laptop jenis ini biasanya mahal karena fitur yang ditawarkan jauh lebih banyak daripada laptop produktivitas.

Selain fitur, spesifikasi laptop untuk desain grafis dan pembuat konten juga jelas di kelas atas, dengan beberapa teknologi terbaik untuk mendukung kinerjanya. Nah, agar tidak salah pilih saat membeli, berikut rekomendasi kami laptop untuk desain grafis dan pembuat konten terbaik yang bisa Anda pertimbangkan.

  21 Daftar Rekomendasi Laptop Acer Terbaru 2022

MSI GF65 Thin

Rekomendasi pertama kami adalah MSI GF65 Thin 10SDR-845 dengan layar 15,6 inci dengan resolusi 1920 x 1080 piksel dan sistem operasi Windows 10. Performa laptop Core i7 ini memang tidak perlu diragukan lagi. Hal ini karena didukung memori RAM 8 GB sehingga kinerjanya bisa berjalan dengan lancar.

MSI GF65 Thin 10SDR-845 dilengkapi dengan kartu grafis Nvidia GeForce GTX 1660 Ti yang menghasilkan tampilan yang mulus dan mulus, terutama saat digunakan untuk desain grafis atau editing video.

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 15.6 inch
Resolusi Layar 1920 x 1080 Pixel
Tipe Prosesor Core i7
RAM 8 GB
Kapasitas HDD
Kartu Grafis Intel
Graphic Card Memory Size 6 GB
USB 3.0
OS Windows 10
Tipe Kartu Grafis UHD Graphics, Nvidia GeForce GTX 1660 Ti

ASUS ZenBook Pro Duo

Dari daftar laptop murah untuk desain grafis yang disebutkan di daftar ini, ASUS ZenBook Pro Duo sepertinya paling keren tampilannya. Itu juga dilengkapi dengan dua layar, yang sangat berguna untuk desainer grafis.

Tentu saja, kedua layar tersebut akan mendukung aktivitas multitasking yang biasa dilakukan desainer untuk menemukan referensi desain tanpa harus menutup jendela tugas utama. Laptop untuk desain grafis dan editing video ini akan semakin memudahkan pekerjaan Anda karena spesifikasi yang ditawarkan tidak main-main.

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 15.6 inch
Resolusi Layar 3840 x 2160 Pixel
Tipe Prosesor Core i9
RAM 32 GB
SSD/eMMC
Kartu Grafis NVIDIA
Tipe Kartu Grafis GeForce MX350
Graphic Card Memory Size 8 GB
USB 3.0
OS Windows 10

Acer Nitro 5

Rekomendasi kami selanjutnya untuk laptop Core i5 adalah Acer Nitro 5 AN515-56, laptop gaming yang menawarkan performa handal dan mumpuni di kelasnya. Laptop Acer ini dibekali dengan layar seluas 15,6 inci yang mampu memberikan kualitas gambar yang cukup nyaman, terutama saat bermain game.

Tampilan layar didukung oleh salah satu prosesor grafis (GPU) terbaik yang tersedia saat ini, NVIDIA GeForce GTX1650 dan memori grafis 4GB. Prosesor Intel Core i5 onboard memiliki kecepatan quad-core 3.1GHz. Memiliki RAM 8 GB dan memori internal 512 GB untuk mendukung kinerja prosesor.

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 15.6 inch
Resolusi Layar 1920 x 1080 Pixel
Tipe Prosesor FX-Series
RAM 8 GB
Kapasitas HDD 1 TB
Kartu Grafis AMD
Graphic Card Memory Size 4 GB
USB 3.0 1 Port(s)
OS Linux
Tipe Kartu Grafis Radeon RX 550

Apple MacBook Pro 15

Laptop Apple Macbook dikenal dengan kemampuannya mendukung berbagai kebutuhan desain grafis. Inilah sebabnya mengapa sebagian besar desainer grafis memilih laptop Apple ini untuk pekerjaan desain mereka.

Apple Macbook Pro 15 inci dapat mendukung tugas desain yang menuntut karena spesifikasinya yang luar biasa, terutama dalam hal RAM dan kapasitas baterai. Macbook Pro Generasi ke-9 ini ditenagai oleh prosesor Intel Core i7.

Tampilan di layar Apple Macbook Pro 15 inci ini jernih dan detail, memanjakan mata berkat kartu grafis Iris Pro Graphics dengan memori RAM 16GB. Dengan memakai laptop untuk desain grafis dan multimedia ini, mata Anda tidak akan mudah lelah, sehingga Anda dapat memakainya dengan nyaman sepanjang hari.

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 15.4 inch
Resolusi Layar 2880 x 1800 Pixel
Tipe Prosesor Core i7
RAM 16 GB
SSD/eMMC 256 GB
Kartu Grafis Intel
Tipe Kartu Grafis Iris Pro Graphics
Graphic Card Memory Size
USB 3.0 2 Port(s)
OS Mac OS X

Acer Predator Helios 300

Laptop Acer Predator Helios 300 memang ditujukan untuk para gamer. Karena spesifikasi diutamakan di target pasar tersebut. Namun, kami merekomendasikan laptop ini jika Anda memiliki persyaratan desain grafis yang tinggi.

Ditenagai oleh prosesor Intel Core i7, laptop ini tidak mudah lemot, memungkinkan Anda menyelesaikan berbagai tugas desain grafis dengan cepat, sehingga cukup nyaman digunakan. Meski demikian, Acer Predator Helios 300 memiliki satu kekurangan.

Untuk laptop yang ditujukan untuk para gamer, performa baterainya tergolong lemah yang artinya hanya sekitar 3-4 jam pemakaian. Karena itu, untuk penggunaan jangka panjang, Anda harus tetap dekat dengan steker.

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 15.6 inch
Resolusi Layar
Tipe Prosesor Core i7
RAM 16 GB
SSD/eMMC 128 GB
Kartu Grafis NVIDIA
Tipe Kartu Grafis GeForce® GTX 1060Ti
Graphic Card Memory Size 6 GB
USB 3.0 1 Port(s)
OS Windows 10

Dell XPS 15-9575

Dengan harga di kisaran senilai Rp. 30 juta, Dell XPS 15 9575  layak untuk dimasukkan dalam daftar laptop untuk desain grafis terbaik. Rekomendasi ini dibuat karena laptop ini menggunakan prosesor Intel Core i7 yang performanya tidak main-main. Dari segi estetika, Dell XPS 15 9575 memiliki tampilan layar hampir penuh.

Layar ini dimungkinkan berkat teknologi layar InfinityEdge generasi terbaru. Sudut pandang diperlebar dengan panel IPS. Jadi, menurut kami, ini adalah salah satu laptop terbaik untuk mahasiswa desain grafis. Dan performa baterai bertahan hingga 15 jam. Jadi, jika Anda bosan, Anda bisa mengubah mood tanpa bingung mencari colokan.

Dell XPS 15 9575 dibanderol dengan harga Rp. 30 juta. Namun, harganya cukup masuk akal karena beragam keunggulan dan spesifikasi yang ditawarkan. Apalagi jika laptop ini memungkinkan Anda menyelesaikan desain dengan cepat.

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 15.6 inch
Resolusi Layar 1920 x 1080 Pixel
Tipe Prosesor Core i7
RAM 16 GB
SSD/eMMC
Kartu Grafis AMD
Tipe Kartu Grafis Radeon RX Vega 870
Graphic Card Memory Size 4 GB
USB 3.0
OS Windows 10

Microsoft Surface Pro 6

Rekomendasi laptop Microsoft Surface yang cocok untuk pekerjaan desain grafis, kali ini kami merekomendasikan Microsoft Surface Pro 6, yang memiliki fitur dan kinerja yang dibutuhkan siswa desain grafis.

Surface Pro 6 Microsoft, yang dirilis pada tahun 2018, lebih cepat dari versi sebelumnya (Surface Pro 2017), menjadikannya produk yang dapat dipercaya dan diandalkan oleh desainer grafis. Masa pakai baterai juga telah meningkat.

Secara estetika, desain laptop Surface Pro 6 Microsoft sangat tipis sehingga dapat dengan mudah dibawa kemana-mana. Laptop untuk desain grafis pemula ini memberikan keuntungan bagi pengguna yang sering berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain selama bekerja.

Kriteria Spesifikasi
Screen Size 12.3 inch
Screen Resolution 2736 x 1824 Pixel
RAM 16 GB
OS Windows

ASUS ZenBook Pro 14

Dirilis pada Mei 2019, laptop ini memiliki layar berukuran 14 inci dengan resolusi 4K. Jadikan salah satu rekomendasi kami dan masukkan daftar laptop kami untuk desain grafis terbaik. Layar mengadopsi teknologi NanoEdge, yang membuat bezel sangat tipis hanya 5.2mm.

Rasio screen-to-body laptop Asus ini mencapai 86%, memberikan kenyamanan saat menggunakannya. Sebagai laptop profesional, ASUS ZenBook Pro 14 UX480 ditenagai oleh prosesor Intel Core i7 dan kartu grafis Nvidia GeForce GTX 1050. Semua pekerjaan desain grafis Anda akan terasa mulus ketika Anda memilih laptop ini.

  11 Rekomendasi Laptop Mahasiswa Teknik 2022
Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 14 inch
Resolusi Layar 1920 x 1080 Pixel
Tipe Prosesor Core i7
RAM 16 GB
SSD/eMMC 500 GB
Kartu Grafis
Tipe Kartu Grafis NVIDIA GeForce GTX1050 Max-Q
Graphic Card Memory Size 2 GB
USB 3.0
OS Windows 10

LG Gram 14

Rekomendasi laptop lain untuk desain grafis adalah LG Gram 14, laptop 2-in-1 yang bisa diubah menjadi perangkat tablet. Fitur ini sangat cocok untuk pengguna yang lebih suka bekerja di luar ruangan tanpa keyboard yang merepotkan.

Daya tahan baterai laptop LG Gram 14 juga cukup mengesankan. Dalam keadaan standby, laptop untuk desain grafis dibawah 10 juta ini bertahan hingga 21 jam di antara pengisian daya.

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 14 inch
Resolusi Layar 1920 x 1080 Pixel
Tipe Prosesor Core i7
RAM 16 GB
SSD/eMMC 512 GB
Kartu Grafis Intel
Tipe Kartu Grafis UHD Graphics 620
Graphic Card Memory Size
USB 3.0
OS Windows 10

Huawei MateBook X Pro

Huawei Matebook X Pro merupakan laptop dengan keunggulan layar pelindung Corning Gorilla glass dan layar sentuh 10 titik dengan lapisan anti sidik jari. Keunggulan ini membuat navigasi lebih leluasa dan nyaman saat digunakan. Desainnya sangat bergaya dan dapat menyembunyikan kinerja yang andal.

Laptop Huawei Matebook X Pro dilengkapi dengan prosesor Intel Core i7 generasi ke-8 untuk memastikan kenyamanan saat digunakan. Laptop untuk desain grafis 2022 ini akan memanjakan Anda melakukan pekerjaan desain berkat resolusi layar dan ukuran RAM-nya yang besar.

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 13.9 inch
Resolusi Layar 3000 x 2000 Pixel
Tipe Prosesor Core i7
RAM 8 GB
SSD/eMMC 256 GB
Kartu Grafis NVIDIA
Tipe Kartu Grafis GeForce MX150
Graphic Card Memory Size 2 GB
USB 3.0
OS Windows 10

Gigabyte Aero 15

Dalam daftar semua laptop untuk desain grafis di atas, bisa dikatakan bahwa Gigabyte Aero 15 memiliki tampilan layar paling keren. Ini berkat teknologi layar 4K AMOLED Samsung.

Secara umum, jika laptop untuk desain grafis menjadi target utama para gamer, maka Gigabyte Aero 15 justru sebaliknya. Laptop ini untuk pekerjaan desain dengan memberikan tampilan yang mewah.

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 15.6 inch
Resolusi Layar 1920 x 1080 Pixel
Tipe Prosesor Core i7
RAM 16 GB
SSD/eMMC 512 GB
Kartu Grafis NVIDIA
Tipe Kartu Grafis GTX 1070
Graphic Card Memory Size 8 GB
USB 3.0
OS Windows 10

Acer Swift 3

Laptop Acer Swift 3 menawarkan keunggulan berupa kenyamanan dalam penggunaan. Laptop ini sangat cocok untuk berbagai tugas desain grafis. Bobotnya yang ringan menjadi salah satu keunggulan lain dari laptop Acer ini.

Dalam hal keamanan dalam penggunaan, laptop Acer Swift 3 memiliki kemampuan untuk mengaktifkan pemindai sidik jari. Fitur ini sangat berguna bagi pengguna yang tidak terbiasa memasukkan kata sandi atau nomor PIN.

Untuk transfer data, Acer Swift 3 dilengkapi dengan berbagai port, termasuk USB Type-C. Tentu saja, ini memberikan opsi tambahan yang memungkinkan pengguna untuk memindahkan file atau dokumen dengan mudah.

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 14 inch
Resolusi Layar 1920 x 1080 Pixel
Tipe Prosesor Core i5
RAM 8 GB
SSD/eMMC
Kartu Grafis NVIDIA
Tipe Kartu Grafis GeForce MX150
Graphic Card Memory Size 2 GB
USB 3.0
OS Windows 10

Microsoft Surface Laptop 4

Microsoft Surface Laptop 4 merupakan laptop yang memudahkan pekerjaan desain grafis. Menurut Techradar.id, prosesor Intel Core i5 generasi ke-11 dapat menjalankan berbagai aplikasi Adobe tanpa masalah.

Tak hanya itu, jumlah RAM-nya pun cukup besar dan bervariasi, dengan berbagai pilihan antara lain 8GB, 16GB, dan 32GB. Kapasitas penyimpanan SSD juga mulai dari 256 GB dan 512 GB, hingga 1 TB. Dan layar 13,5 inci memungkinkan Anda melihat hasil desain dengan jelas dan jernih.

Google Pixelbook Go

Rekomendasi laptop untuk desain grafis murah 2022 yang perlu dipertimbangkan juga adalah Google Pixelbook Go. Laptop ini memiliki prosesor Intel Core i5 atau i7 generasi ke-8 dengan kapasitas RAM 8GB hingga 16GB. Kapasitas penyimpanan adalah 128 GB atau 256 GB SSD.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan performa karena laptop ini memiliki spesifikasi yang cukup tinggi dan dapat menjalankan aplikasi desain grafis dengan lancar. Tak hanya itu, baterainya tahan hingga 12 jam, dan layar HD serta layar sentuh memudahkan untuk memperhatikan detail saat membuat desain grafis.

Apple MacBook Air

Tentu saja, jika menyangkut masalah desain grafis, Apple MacBook Air adalah salah satu laptop yang perlu dipertimbangkan. Chip M1 Apple membuat desain grafis bekerja dengan cepat dan mudah. Baterai laptop untuk desain grafis murah ini juga bertahan hingga 11 jam.

MacBook Air juga menawarkan RAM 8GB hingga 16GB dan opsi penyimpanan SSD 256GB atau 2TB. Tidak hanya itu, bahkan jika Anda perlu melakukan editing video, laptop ini sudah mendukung resolusi 4K, sehingga tampilan gambar sangat jernih.

Lenovo ThinkPad X1 Yoga Gen 6

Laptop bagus berikutnya untuk pekerjaan desain grafis adalah Lenovo ThinkPad X1 Yoga Gen 6. Dengan dukungan prosesor Intel Core i5 atau i7 Generasi ke-11 dan kapasitas RAM dari 8GB hingga 16GB, Anda dapat dengan mudah melakukan tugas-tugas berat di laptop Anda.

Terlebih lagi, penyimpanan laptop ini juga berupa SSD dengan kapasitas 256GB atau 512GB. Laptop untuk desain grafis murah 2021 ini juga dilengkapi layar berukuran 14 inci dengan resolusi 1920 x 1.200 piksel, sehingga Anda dapat melihat hasil desain grafis Anda dengan jelas.

LG Gram 17

Jika Anda ingin bekerja pada desain grafis, Anda harus mempertimbangkan laptop LG Gram 17. Tampilan gambar atau desain terlihat jelas pada layar berukuran 17 inci dengan resolusi 2.500 x 1.600.

Tidak hanya itu, dengan prosesor Intel Core i7 Generasi ke-10, RAM 16GB, dan penyimpanan SSD 512GB, Anda tidak perlu khawatir menjalankan aplikasi desain grafis. Laptop ini juga tidak cepat panas dan menawarkan daya tahan baterai hingga 9,5 jam.

HP Envy x360

Laptop lain yang cocok untuk dipertimbangkan saat melakukan pekerjaan desain grafis adalah HP Envy x360. Dengan prosesor AMD Ryzen 7 4700, kecepatan laptop ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Menurut beritafintech.com, kecepatannya mengalahkan laptop dengan prosesor Intel Core i7 Generasi ke-8.

Laptop ini memiliki RAM 16 GB atau 32 GB dan penyimpanan SSD 512 GB hingga 2 TB. Sehingga laptop ini dapat menjalankan aplikasi desain grafis dengan lancar. Layarnya yang berukuran 15 inci dengan resolusi hingga 1920 x 1080 juga membuat tampilan layar menjadi tajam.

Lenovo Legion 7

Laptop Lenovo Legion 7 yang dikutip dari rekomendasiteman.com adalah laptop yang perlu dipertimbangkan jika Anda benar-benar ingin menjalankan aplikasi desain grafis. Prosesor terbaru hingga AMD Ryzen 9 5900, RAM hingga 32GB, dan penyimpanan SSD hingga 2TB memudahkan untuk menangani tugas-tugas desain grafis.

  Laptop Terlaris di Dunia 2022 Pilihan Kami

Tidak hanya itu, dengan kartu grafis terbaik, GPU Nvidia RTX 3060, RTX 3070, atau RTX 3080 memastikan kualitas grafis yang mulus. Layar 14 inci dengan resolusi hingga 2.560 x 1.600 dan baterai yang tahan hingga 8 jam membuat laptop ini layak untuk dipertimbangkan.

HP Spectre x360

Jika Anda membutuhkan laptop untuk menjalankan aplikasi desain grafis Anda dengan lancar, Anda harus mempertimbangkan HP Spectre x360. Laptop ini memiliki prosesor Intel Core i5 atau i7 Generasi ke-10, RAM 8GB atau 16GB, dan kapasitas penyimpanan SSD dari 256GB hingga 2TB.

Jadi menjalankan berbagai aplikasi desain grafis bukanlah masalah besar di laptop ini. Dan dengan layar touchscreen 13 inci dan resolusi hingga 1.920 x 1.080, kualitas, desain dan performa laptop ini tidak perlu diragukan lagi.

Gigabyte Aero 17

Dibekali prosesor Intel Core i7 atau i9 Generasi ke-9, GPU AMD Radeon Pro 5300M atau 5500M, dan RAM 16GB, performa laptop ini tidak perlu diragukan lagi, terutama saat menjalankan aplikasi desain grafis. Selain itu, layar 17,3 inci memungkinkan Anda melihat gambar lebih jelas dan jernih.

Notebook ini memiliki berbagai port yang memungkinkan Anda untuk menghubungkan notebook ke berbagai perangkat lain seperti smartphone dan card reader. Tentu saja, fitur serba guna dan spesifikasi yang mewah membuat laptop ini cocok digunakan oleh para desainer grafis.

HP Elite Dragonfly

Laptop yang satu ini juga menjadi pertimbangan untuk pekerjaan desain grafis. HP Elite Dragonfly dilengkapi dengan prosesor Intel Core i5 atau i7 generasi ke-8, RAM 8GB atau 16GB, dan penyimpanan SSD 256GB.

Jadi menjalankan berbagai aplikasi desain bukanlah beban besar pada laptop ini. Layar 13 inci juga membantu Anda melihat gambar atau tampilan desain dengan jelas.

Dell XPS 17

Laptop Dell lain yang perlu dipertimbangkan untuk desain grafis adalah Dell XPS 17. Dell XPS 17 dilengkapi dengan prosesor Intel Core i9 Generasi ke-11, GPU RTX 3060, dan RAM 32GB atau 64GB, menjadikannya laptop yang sempurna untuk desainer grafis.

Spesifikasi tersebut juga membuat laptop ini cocok untuk mengedit video dalam resolusi 4K. Layar 17 inci dengan resolusi hingga 1920 x 1.200 juga menjadikan laptop ini salah satu pertimbangan utama kami.

Dell XPS 15 9500

Laptop Dell XPS 15 9500 adalah salah satu pilihan yang dapat dipertimbangkan untuk aktivitas desain grafis Anda. Dengan layar 15,6 inci dan GPU GTX 1650 Ti, laptop ini adalah pilihan yang sangat baik untuk desainer grafis.

Dengan prosesor Intel Core i5 atau i7 Generasi ke-10, RAM 16GB, 32GB dan 64GB, dan kapasitas penyimpanan mulai dari 256GB hingga 2TB, laptop ini adalah pilihan yang solid. Layar 15,6 inci dengan resolusi hingga 1920 x 1.200 membuat gambar lebih tajam.

MacBook Pro 2021

MacBook Pro 2021 dianggap sebagai laptop terbaik untuk desain grafis saat ini. Dengan prosesor M1 Pro dengan performa cepat dan RAM 16 GB, 32 GB atau 64 GB, kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Ia juga menawarkan kapasitas penyimpanan SSD dari 512GB hingga 8TB sehingga Anda dapat menyimpan desain yang sudah jadi tanpa khawatir kehabisan ruang. Layar 14 inci dengan teknologi Liquid Retina display juga menampilkan warna dengan sangat akurat.

Tips Merawat Laptop untuk Desain Grafis

Seperti halnya manusia, laptop juga membutuhkan perawatan agar awet dan tidak mudah rusak. Selain itu berfungsi sebagai senjata untuk bertahan hidup, sehingga diperlukan kehati-hatian saat menggunakannya. Agar tidak salah kaprah, sebaiknya pahami beberapa cara merawat laptop untuk desain grafis.

  • Jangan gunakan laptop Anda di tempat tidur. Bekerja di tempat tidur memang menyenangkan. Namun, tanpa disadari menghalangi sirkulasi udara dan menghalangi area pembuangan panas laptop. Selain itu, debu halus dari kasur dapat masuk ke saluran sirkulasi.
  • Jangan meletakkan benda di atas laptop. Berat benda dapat menyebabkan masalah pada keyboard dan merusak layar.
  • Hapus file sampah. Banyak orang sering lupa untuk menghapus cache atau file sampah dari sisa pemrosesan data. Saat cache menumpuk, HDD dapat terisi dan akhirnya memperlambat laptop Anda untuk desain grafis.
  • Terlalu banyak tab yang terbuka. Membuka terlalu banyak tab browser saat bekerja dapat memengaruhi kapasitas RAM. Akibatnya, RAM Anda tidak akan bekerja secara maksimal dan akhirnya akan berjalan lebih lambat.
  • Jarang memperbarui sistem operasi. Laptop yang jarang memperbarui sistem operasinya memiliki risiko kerusakan yang lebih besar. Saat memperbarui, pengembang memperbarui kemampuan untuk membuat laptop lebih tahan terhadap serangan virus.
  • Laptop tidak mati dengan benar. Karena seringnya pekerjaan menumpuk, laptop sering dinyalakan tanpa dimatikan dengan benar. Kebiasaan ini akan menyebabkan laptop Anda cepat panas dan perangkat kerasnya aus.
  • Makan di dekat laptop. Desainer grafis menghabiskan banyak waktu di depan laptop mereka, termasuk makan. Jika Anda tidak hati-hati, menumpahkan minuman dan merusak laptop Anda dapat mengubah segalanya menjadi malapetaka.
  • Charger laptop semalaman. Jika Anda mengisi baterai laptop Anda terlalu lama, itu bisa menjadi panas. Akibatnya, baterai bisa rusak dan laptop tidak bisa dihidupkan tanpa koneksi ke listrik.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa pilihan laptop untuk desain grafis yang beredar di pasaran. Ketahui prioritas Anda saat memilih laptop yang tepat untuk Anda. Bagaimana? Apakah Anda menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda?

Jika Anda berencana membeli laptop yang membutuhkan desain grafis, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Pada dasarnya spesifikasi laptop untuk desain grafis hampir sama dengan laptop gaming. Jenis prosesor, jumlah RAM dan media penyimpanan relatif terhadap ukuran layar bukanlah persyaratan mutlak.

Namun demikian, laptop dengan spesifikasi tinggi adalah solusi cerdas untuk menyelesaikan proyek desain grafis dengan cepat. Jika Anda juga ingin tahu laptop untuk desain grafis harga 10 jutaan, laptop untuk desain grafis harga 3 jutaan, dan laptop untuk desain grafis harga 5 jutaan, tetap ikuti dan pantau terus Tukar Pikiran ya.

error: This content is protected by DMCA